Pantai Mutun, pantai pasir putih yang terkenal di Lampung - WisataHits
wisatahits

Pantai Mutun, pantai pasir putih yang terkenal di Lampung

Pantai Mutun adalah salah satu objek wisata tepi laut yang populer di Pesawaran, Lampung, yang layak untuk dijelajahi. Pantai berpasir putih, keindahan bawah laut dan berbagai wahana menarik yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan.

Harga tiket: Rp25.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Sukajaya Lempasing, Kec. Lapangan Cermin, Kab. Pesawaran, Lampung; Kasus: Cek lokasi

Indonesia merupakan negara yang dihuni oleh ribuan pulau. Tidak heran banyak fitur alamnya adalah perairan. Hal ini pula yang membuat puluhan pantai indah Indonesia dikenal luas hingga mancanegara. Salah satu pantai Indonesia yang bisa menjadi tempat liburan yang epic adalah Pantai Mutun.

Pantai ini terletak di daerah yang cukup terpencil, tentunya jauh dari keramaian. Jadi bagi yang mencari ketenangan akan sangat terpuaskan saat berada di Pantai Mutun. Namun seperti tempat wisata pada umumnya, pada akhir pekan dan hari libur, pantai ini ramai dikunjungi wisatawan. Baik dalam negeri maupun luar negeri.

Anda juga akan menemukan beberapa kapal pengangkut di sini yang berlayar ke Tangkil. Pantai Mutun memiliki ciri khas tersendiri mulai dari daya tarik, aktivitas pantai dan fasilitasnya. Bagi Anda yang penasaran, Anda bisa memasukkan pantai eksotis ini dalam daftar liburan Anda tahun ini.

Atraksi Pantai Mutun

Tempat Wisata Pantai MutunKredit gambar: Google Maps Ben Kumoring

1. Pantai yang indah

Salah satu alasan wisatawan mengunjungi Pantai Mutun adalah pantainya yang indah. Jadi sayang untuk dilewatkan. Apalagi dengan pemandangan deretan kapal di pelabuhan yang tentunya akan sangat menarik untuk disimak. Pantai berpasir yang luas, laut biru dengan awan yang mengambang di langit akan membuat Anda takjub.

Tanpa melupakan deburan ombak laut yang seolah memiliki harmoni tersendiri. Anda juga bisa merasakan angin sepoi-sepoi bertiup di atas tubuh Anda, seolah-olah sensasi dingin menyelimuti Anda.

2. Keindahan Pulau Tangkil bisa dilihat dari Pantai Mutun

Perlu Anda ketahui bahwa pantai ini berada di satu tempat yang sama dengan kawasan Teluk Lampung. Jadi jangan heran di sini, kamu bisa melihat pemandangan indah Pulau Tangkil. Pulau ini juga sering menjadi pusat perhatian para wisatawan saat mengunjungi wisata pantai ini. Area pulau yang dikelilingi pepohonan hijau akan benar-benar memukau pandangan Anda.

3. Tempat Instagrammable untuk Media Sosial

Daya tarik selanjutnya yang dimiliki Pantai Mutun adalah menjadi spot favorit untuk berfoto. Bagaimana tidak, dengan pemandangan laut yang eksotis, pantai ini menjadi tempat terbaik untuk mengekspresikan diri. Buat kenangan Anda sebanyak mungkin dengan menyediakan kamera pro.

Alamat, lokasi, rute dan harga tiket masuk Pantai Mutun

Alamat Pantai MutunKredit gambar: Google Maps Abban Surya

Bagi anda yang memang ingin ke destinasi wisata alam Pantai Mutun bisa langsung menuju ke Sukajaya Lempasing, Padang Cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung. Untuk rute itu sendiri, beberapa opsi tersedia untuk Anda.

Jika ingin menuju Pantai Mutun dimulai dari kota Bandar Lampung, perjalanan dapat ditempuh dalam waktu satu jam. Pasalnya, jarak dari Bandar Lampung ke pantai itu sendiri sekitar 19 km. Pengunjung akan mengambil jalan RE Martadinata ke arah barat daya dengan tujuan Teluk Betung.

Kemudian Anda akan menemukan tanda dengan tulisan Pantai Mutun yang terpasang di jalan tiga arah. Dalam perjalanan menuju tempat ini, wisatawan akan disuguhkan dengan penampakan pantai-pantai lainnya. Jadi, meskipun sedang berada di jalan, Anda tidak akan bosan karena pemandangan alam yang indah di sekitar Anda.

Untuk setiap pengunjung yang masuk ke destinasi wisata pantai ini akan dikenakan biaya sebesar Rp25.000. Biaya ini berlaku untuk setiap mobil yang masuk, jadi berapa pun jumlah penumpangnya, biayanya akan tetap sebesar ini. Jam buka tur itu sendiri tidak terjadwal, artinya buka 24 jam sehari.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Mutun

Aktivitas di Pantai Mutun LampungKredit Gambar: Bioskop Balap Google Maps

1. Nikmati indahnya pasir putih

Kegiatan yang bisa dilakukan di Pantai Mutun adalah menikmati pasir putihnya. Di pantai inilah garis pantai terbentuk begitu luas dan indah. Rasakan tekstur pasir saat Anda berjalan di sepanjang pantai. Apalagi dengan tampilan air laut yang tenang. Belum lagi penampakan awan di langit yang seolah menuju ke suatu tempat.

Karena termasuk wisata pantai yang berada di pelosok, pasir putihnya masih cukup bersih. Oleh karena itu cocok juga sebagai tempat wisata keluarga, terutama bagi anak-anak yang suka bermain pasir. Meski begitu, pastikan untuk membawa alat permainan sendiri karena pengelola pantai tidak menyediakan tempat persewaan permainan pantai.

Tentu saja, bermain pasir di pantai akan terasa berbeda dengan bermain pasir di rumah. Semilir angin yang sejuk dan deburan ombak laut akan menemani aktivitas Anda di pantai ini.

2. Piknik keluarga kecil

Selain bermain pasir, aktivitas lain yang bisa dilakukan di Pantai Mutun yaitu piknik. Apalagi bagi Anda yang memang ingin bersantai, bawalah alat piknik seperti tenda dan perbekalan yang cukup. Piknik di pantai tentu akan menjadi pengalaman yang tak terlupakan. Apalagi bagi Anda yang bepergian bersama keluarga.

Piknik bisa dilakukan sesaat setelah tiba di wisata pantai ini. Jadi sebelum kamu mulai bermain, kamu bisa menimbun amunisi terlebih dahulu dengan makan bersama. Ditambah lagi dengan semilir angin yang sejuk menerpa kulit. Pikiran harus tenang karena tidak mendengar dengungan kendaraan ditambah dengan udara yang bersih.

3. Lumpur air

Perlu Anda ketahui bahwa Pantai Mutun memiliki fasilitas seru dan keren berupa wahana air. Wahana ini bisa dicoba bahkan untuk anak-anak. Meski begitu, tetap dalam pengawasan orang tua ya.

Waterboom ini hanya bisa digunakan untuk anak-anak berusia tujuh tahun, karena letaknya yang agak tinggi. Jadi untuk anak-anak yang masih di bawah tujuh tahun, akan sangat berisiko. Untuk dapat mencoba fasilitas ini, pengunjung harus membayar biaya tambahan. Meski begitu, biayanya masih cukup terjangkau untuk ukuran sebuah tempat wisata, yakni Rp 11.000.

Bermain game pantai tidak pernah membosankan. Waterboom memiliki perosotan yang cukup panjang dan berkelok-kelok. Apalagi jalannya juga langsung menuju laut pesisir yang eksotis ini. Meski begitu, pengelola selalu memilih titik aman untuk anak-anak berenang.

4. Berkano

Kano adalah kapal kecil yang dikendalikan menggunakan dayung. Alat ini bisa digunakan untuk menjelajahi kawasan laut Pantai Mutun. Pasalnya, mengunjungi pantai tentu tidak tepat bukan untuk menjelajah laut, dengan sampan pengunjung bisa berjalan-jalan dengan santai.

Untuk fasilitas ini sendiri sudah tersedia di pantai ini, jadi anda tidak perlu bingung lagi jika ingin berpindah-pindah perairan. Meski begitu, tetap ada biaya sewa bagi pengunjung yang ingin berkano sekitar Rp 30.000 per orang.

5. Main banana boat

Selain berenang dan berkano, ada wahana lain yang bisa Anda coba di Pantai Mutun, yaitu banana boat. Bisa dibilang aktivitas ini memang cukup memacu adrenalin, sehingga wajib untuk dicoba.

Banana boat adalah perahu berbentuk pisang yang ditarik menggunakan perahu mesin atau yang biasa disebut speed boat. Jadi, pengunjung bisa merasakan cipratan air secara langsung saat berkendara melewati fasilitas yang satu ini.

Penginapan murah terdekat dengan lokasi pantai Mutun

Akomodasi di Pantai MutunKredit gambar: Google Maps Radisson Lampung Kedaton

1. Radisson Lampung Kedaton

Salah satu hostel yang dekat dengan pantai adalah Radisson Lampung Kedaton. Tempat menginap ini berada di Kedaton, Lampung. Jika dihitung, jarak dari hostel ke pantai Mutun adalah 2,2 km. Sehingga perjalanan yang dilakukan tidak terlalu lama.

Seperti akomodasi pada umumnya, Radisson Lampung Kedaton menjamin fasilitas bagi pengunjungnya. Karena harga per malamnya sendiri masih berkisar Rp 500.000,- jadi anda bisa bekerja sama untuk bisa menikmati masa menginap anda di tempat ini agar lebih hemat biaya.

2. Hotel dan Resor Bukit Randu

Akomodasi terdekat berikutnya adalah Bukit Randu Hotel and Resort. Hostel ini terletak di kawasan Tanjung Karang Timur. Jarak dari kawasan Pantai Mutun ke Bukit Randu Hotel and Reaort sendiri adalah 3,55 km. Hostel ini bisa menjadi alternatif sebagai tempat menginap pilihan. Selain itu, harga kamar untuk satu malam tetap terjangkau.

Pengunjung tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam untuk bermalam di sini. Karena harga kamar untuk semalam selalu kurang dari Rp 500.000. Dari segi fasilitas, Bukit Randu Hotel and Resort cukup lumayan. Mulai dari kolam renang, free wifi zone dan restoran-restoran yang akan Anda temukan di tempat ini.

3. Emersion Hotel and Resort Lampung

Sebagai perbandingan, jarak dari Emersia Hotel ke Resort Lampung memang jauh jika dibandingkan dengan akomodasi sebelumnya. Karena jarak dari pantai Mutun ke hostel ini sekitar 4,46 km.

Harga sewa per kamar per malamnya masih terjangkau sekitar Rp 400.000. Dengan harga tersebut, pengunjung mendapatkan fasilitas berupa restoran, free wifi zone, sweet room, cleaners dan free parking.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Mutun Lampung

Fasilitas Pantai Mutun LampungKredit gambar: Google Maps Bustomi Tomi

1. Toilet umum

Setelah berenang tentunya Anda ingin segera bersih dan mengenakan pakaian yang bersih bukan? Kini, untuk memudahkan pengunjung, pengelola Pantai Mutun telah membangun deretan toilet umum yang bisa digunakan. Jadi Anda tidak perlu lagi bingung mencari toilet untuk kebutuhan pribadi Anda. Apalagi keberadaan fasilitas tunggal ini sangat dibutuhkan para wisatawan yang datang.

2. Belvedere

Bosan dengan aktivitas pantai, pasti menyenangkan bisa duduk santai menikmati pemandangan. Di kawasan pantai ini terdapat tempat peristirahatan berupa gazebo yang bisa digunakan sebagai tempat piknik atau untuk berkenalan dengan pengunjung lain.

3. Sewa peralatan renang

Bagi pengunjung yang suka berenang tapi tidak mau harus membawa perlengkapannya dari rumah. Tenang, Pantai Mutun juga memiliki fasilitas berupa tempat persewaan peralatan renang. Di sini Anda bebas menggunakan peralatan dengan biaya sendiri.

4. Parkir mobil luas

Bagi anda yang ingin segera mengunjungi pantai dengan membawa kendaraan pribadi. Pengelola pantai telah menyediakan tempat parkir pribadi untuk penyimpanan kendaraan Anda. Apalagi dengan pantai yang cukup luas untuk dijadikan sebagai tempat parkir. Pengunjung tidak perlu bingung harus meletakkan kendaraan di mana agar tetap aman.

Berbagai hal tentang Pantai Mutun di atas pasti membuat Anda ingin berlibur ke sana. Apalagi dengan berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan untuk menghabiskan waktu liburan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button