Tiket Murah Air Terjun Semirang Ada Kolam Alami - WisataHits
wisatahits

Tiket Murah Air Terjun Semirang Ada Kolam Alami

Biaya masuk Air Terjun Samirang : Rp 10.000Jam buka: 08.00 – 16.00Tidak. Panggilan: Alamat: Loket Tower, Gogik, Ungaran Barat, Semarang, Jawa Tengah, Indonesia, 50551

Air Terjun Semirang merupakan salah satu wisata air terjun di Semarang. Air terjun ini terletak di kaki Gunung Ungaran. Dengan kawasan sekitar yang penuh dengan pohon pinus yang asri. Selain itu, ada juga beberapa hewan kecil yang sering melintas. Wisata air terjun ini memiliki nama lain yaitu Air Terjun Semirang. Tak hanya air terjun, kawasan ini juga dikelola sebagai kawasan wisata buatan.

Ada kolam renang yang terletak di antara pepohonan, seolah berada di tengah hutan. Pada tahun 1955 kawasan ini dibentuk dengan bantuan Perhutani melalui Institution Communautaire Forestière Villageoise (LMDH). Tempat wisata ini berada di atas lahan seluas 10 hektar. Di sini pengunjung juga bisa berkemah di lapangan yang tersedia.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Semirang

Jika ingin berwisata ke sini, pengunjung harus membayar tiket masuk yang cukup terjangkau. Harga ini sudah termasuk wahana kolam renang. Namun harga tersebut belum termasuk biaya parkir dan sewa tenda untuk camping.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Semirang
Tiket masuk Rp 10.000

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi Air Terjun Curug Lawe Benowo Ungaran

Jam Buka Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang mengalir dari pagi hingga sore hari setiap harinya. Waktu terbaik untuk menikmati pemandangan di sini adalah pada siang hari. Meski pada siang hari kawasan ini tidak terasa panas, karena rimbunnya pepohonan di sekitar kawasan.

Jam operasional
Setiap hari 08.00 – 16.00

Menikmati pemandangan Air Terjun Semirang

Pemandangan air terjun di kawasan Eisata dari air terjun SemirangDaya tarik utama di kawasan air terjun Semirang adalah pemandangan air terjun yang tingginya 45 meter Foto: Google Map/Cicilia Nuryati

Daya tarik utama kawasan wisata ini adalah pemandangan air terjun yang menyejukkan mata. Air terjun ini memiliki ketinggian 45 m. Untuk menuju lokasi air terjun, pengunjung harus berjalan kaki sejauh 1 km. Sepanjang jalan Anda akan mendengar gemericik air dan Anda harus menyeberangi sungai kecil yang merupakan muara air terjun. Selama perjalanan, wisatawan dapat menjumpai beberapa hewan kecil seperti burung, biawak, dan tupai ekor panjang. Tupai adalah salah satu dari sedikit hewan yang ada di sini.

Pergi ke air terjun sebaiknya saat cuaca tidak hujan. Memang jalur menuju air terjun cukup terjal dan licin. Saat hujan, jalur akan lebih sulit untuk dilintasi. Meski begitu, di sepanjang jalan menuju air terjun terdapat bangku-bangku untuk beristirahat. Selain itu, ada juga warung dan pedagang kaki lima jika tidak membawa makanan. Pengunjung juga bisa menikmati pemandangan air terjun sambil berkemah. Terdapat area camping serta tempat persewaan tenda dan alat camping.

Baca: Tiket Masuk Coban Parang Tejo Malang dan Ragam Wahananya

Berenang di kolam air hijau

Kolam renang hijau di antara pohon pinusDi kawasan Air Terjun Semirang terdapat sebuah kolam dengan air berwarna hijau yang berasal dari mata air Gunung Ungaran. Foto: Google Maps/Ricky Januart

Selain air terjun, ada juga kolam renang bernuansa alam. Tepi dan dasar kolam ini tidak terbuat dari keramik, melainkan dilengkapi dengan batu. Kesan natural juga ditambah dengan air kolam yang berwarna hijau alami. Meski berwarna hijau, air ini dijamin bersih dan jernih. Pasalnya, air kolam tersebut berasal dari mata air di kaki Gunung Ungaran.

Airnya dingin dan sejuk, jadi berenang di sini bisa membuat tubuh dan pikiran rileks. Kemudian, karena terletak di antara pepohonan pinus yang asri, suasananya pun semakin menyejukkan. Anda bahkan bisa mendengar kicauan burung dan gemericik air dari sungai yang mengelilinginya. Selain berenang, pengunjung juga bisa duduk-duduk di sekitar kolam sambil menikmati segelas es kopi yang dijual oleh kafe-kafe di sekitar kolam.

Baca: Tiket Masuk dan Kegiatan COBAN PELANGI

Seperti lokasi foto yang indah

Berfoto di Rumah Pohon Air Terjun SemirangAda beberapa area yang bisa difoto di Air Terjun Semirang, antara lain rumah pohon dan undakan. Foto: Google Map/Nandang Pitoyo

Ada beberapa spot foto yang bagus di sini. Salah satunya di kawasan air terjun. Menggunakan air terjun sebagai background bisa membuat foto terlihat lebih keren. Selain itu, disini juga terdapat rumah pohon dengan beberapa anak tangga untuk menuju lantai atas. Dari rumah pohon tersebut Anda bisa melihat pemandangan seluruh kawasan wisata dan menarik untuk dijadikan spot foto.

Selain itu, pengunjung juga bisa berfoto di area sekitar kolam atau di jalan setapak dengan pohon pinus di kanan dan kirinya. Dengan mengambil foto di sini, Anda dapat melihat bahwa Anda akan menjelajah ke dalam hutan. Selain itu, bangku-bangku yang tersedia di sepanjang jalan menuju air terjun juga bisa dijadikan spot foto yang menarik.

Baca: 20+ Destinasi Wisata Terbaik di Semarang

Mitos di Air Terjun Semirang

Selain menyuguhkan keindahan alam, Air Terjun Semirang juga menyimpan cerita mistis yang menarik. Pada zaman dahulu, ada seorang wanita yang sudah menikah bernama Sari. Saat itu, Sari sedang mandi di air terjun. Namun, ketika dia selesai mandi dan mengenakan kain jariknya, datanglah jin bernama Barok.

Melihat kehadiran Baroque Jin, Sari kaget dan ingin kabur. Namun, saat hendak melintasi lereng yang dipisahkan jurang, jin itu menarik bajunya. Akibatnya, Sari terpaksa menelanjangi sambil terus melarikan diri. Pencabutan kain jarik dari Sari merupakan awal dari penamaan Semirang. Kata dasar Semirang adalah Wirang yang berarti malu.

Fasilitas di Air Terjun Semirang

Fasilitas umum yang ada di kawasan Air Terjun Semirang adalah kamar kecil, kamar mandi, ruang ganti, mushola, dan tempat parkir. Selain itu, ada juga kolam renang dan banyak ruang foto disini. Tidak hanya itu, terdapat juga kafe, warung makan, dan pedagang kaki lima yang menjajakan berbagai jenis makanan.

Lokasi Air Terjun Semirang

Air Terjun Semirang terletak di Dusun Gintungan, Desa Gogik, Kecamatan Ungaran Barat, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah. Untuk menuju ke sini, pengunjung bisa menggunakan sepeda motor atau mobil. Air terjun ini berjarak 15 km dari kota Ungaran. Kemudikan kendaraan menyusuri jalan raya Semarang-Solo hingga bertemu dengan kampus Stikes Ngudi Waluyo. Dari situ menanjak ke kanan untuk menuju Gunung Ungaran dan tiba di kawasan wisata air terjun ini.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button