Pantai Melasti, pantai unik dengan pemandangan menakjubkan di Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Melasti, pantai unik dengan pemandangan menakjubkan di Bali

Pantai Melasti satu dari wisata bahari di balik bukit kapur indah di pulau bali. Pantai-pantai eksotis dengan pesona alam dan pemandangan matahari terbenam yang menarik dieksplorasi saat berlibur.

Harga tiket: Rp 8.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Melasti Ungasan, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Kasus: Cek lokasi

Bagi Anda yang berencana ke Badung, Pantai Melasti bisa menjadi salah satu tempat wisata utama yang masuk dalam daftar wisata Anda. Pantai yang terletak di bagian selatan pulau Bali ini saat ini sedang populer dan diincar sebagai tujuan wisata oleh wisatawan domestik maupun mancanegara.

Pantai yang masih terjaga ini menawarkan pemandangan laut yang alami dan indah, Laut biru yang luas akan menyambut wisatawan yang berkunjung ke tempat ini.

Pantai Melasti menawarkan pemandangan matahari terbit dan terbenam yang eksotis pada waktu-waktu tertentu sehingga para wisatawan terpukau untuk menyaksikan keindahannya. Tak hanya itu, jalan menuju lokasi tepi pantai ini berada di antara tebing karang putih yang memukau. Jadi itu benar-benar layak untuk berada di daftar ember Anda.

Atraksi Pantai Melasti

Aktivitas Pantai MelastiKredit gambar: Google Maps Silvanus Januar Sabatian

1. Pesona pantai di selatan Bali

Pesona surga bahari dengan pasir putih yang dihiasi bebatuan ini menawarkan pemandangan yang indah. Di area pantai, wisatawan dapat menemukan laguna alam yang indah. Saat air laut surut, wisatawan bisa melihat ikan-ikan kecil berenang dengan jelas.

Terdapat bukit kapur dengan ketinggian sekitar 150 meter di atas permukaan laut yang dapat didaki wisatawan untuk menikmati panorama pantai dari atas secara keseluruhan. Gua batu kecil yang bisa menampung hingga sepuluh orang melengkapi dan memperindah kawasan tepi laut ini.

Pantai yang indah ini menawarkan perjalanan yang berbeda karena untuk mencapai lokasinya, wisatawan akan menempuh jalan berkelok-kelok di atas tebing kapur yang menakjubkan.

2. Ekosistem bawah laut yang eksotis

Selain keindahan di atas permukaan air, pesona kehidupan bawah laut Pantai Melasti juga tak kalah menarik. Memiliki air yang jernih, wisatawan akan disambut oleh ekosistem bawah laut dengan biota laut yang bervariasi dan terumbu karang yang eksotis. Wisatawan dapat menggunakannya untuk melakukan aktivitas snorkeling.

3. Lokasi upacara keagamaan

Hal menarik lainnya sekaligus yang membedakan dengan wisata tepi laut lainnya adalah tempat ini masih digunakan sebagai tempat pelaksanaan upacara keagamaan. Tempat ini merupakan tempat upacara keagamaan seperti ritual Melasti menjelang hari raya Nyepi.

Di tepi pantai terdapat sebuah bangunan berupa pura. Dari atas, wisatawan dapat melihat dengan jelas bahwa pantai ini memiliki peron yang menjorok ke tengah laut, pendopo ini bertujuan untuk memudahkan masyarakat dalam melakukan ritual keagamaan.

4. Dekat dengan tempat wisata lainnya

Ada beberapa objek wisata lain di sekitar pantai ini untuk dikunjungi wisatawan seperti Pantai Pandawa, GWK, Pantai Nyang-Nyang, Pantai Batu Pageh, Pura Uluwatu, dll.

Alamat dan Rute Menuju Lokasi Pantai Melasti

Alamat Pantai MelastiKredit gambar: Google Maps Chiary Simon

Pantai Melasti terletak di Bali tepatnya di Desa Ungasan, Kuta Selatan, Badung, Bali. Destinasi wisata ini tidak mengenal hari libur nasional atau buka setiap hari terutama saat musim liburan, sehingga tempat ini menjadi cukup ramai. Selama jam buka, kawasan wisata ini dapat diakses 24 jam sehari.

Pantai eksotis ini mudah dijangkau, Anda bisa menuju ke sana dengan kendaraan roda dua atau roda empat. Wisatawan dapat menggunakan kendaraan umum atau kendaraan pribadi untuk menuju tempat wisata ini. Ada beberapa rute yang bisa dipilih wisatawan untuk mencapai pantai ini.

Jika wisatawan memilih untuk berangkat dari Bandara Ngurah Rai, maka rute yang ditempuh adalah melalui Jalan Goa Gong dengan jarak tempuh sekitar 18 km dan waktu tempuh sekitar 39 menit. Kemudian sesampainya di perempatan Jimbaran, ambil arah kanan menuju Garuda Wisnu Kencana atau GWK.

Kemudian setelah GWK, belok kiri menuju Jalan Pura Batu Pangeh. Selain itu, setelah melewati GWK, wisatawan dapat belok kiri menuju Jalan Pura Batu Pageh kemudian ke Balai Banjar Kelod. Dari Balai Banjar Kelod lanjutkan perjalanan hingga tiba di Jalan Melasti. Dari jalan ini ambil jalan lurus sampai menemukan Bayan Tree Hotel & Resort.

Ada pertigaan menuju hotel, dari sana belok kiri ke alun-alun desa Ungasan. Dari darat menuju lokasi pantai Melasti berjarak sekitar 3 km. Wisatawan dari darat bisa langsung menuju lokasi pantai.

Jika memilih rute dari Kuta, wisatawan dapat menempuh perjalanan dengan waktu tempuh sekitar 25 menit dan jarak tempuh sekitar 9 km. Jika wisatawan singgah atau menginap di kawasan Nusa Dua Bali, perkiraan waktu tempuh sekitar 40 menit dan jarak tempuh sekitar 12 km.

Sedangkan jika menginap di kawasan Canggu, wisatawan harus menempuh jarak sekitar 26 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam 20 menit.

Harga Tiket Masuk Pantai Melasti Ungasan

Harga Tiket Melasti Beach UngasanKredit Gambar: Google Maps sage masroni

Tiket masuk ke tempat ini dibagi menjadi dua kategori, yaitu untuk dewasa dan anak-anak. Wisatawan dewasa akan dikenakan tiket masuk sebesar Rp 8.000 per orang, sedangkan wisatawan anak dikenakan biaya sebesar Rp 3.000 per orang. Biaya masuknya cukup terjangkau mengingat keindahan pantainya yang tiada tara.

Selain biaya masuk, wisatawan juga harus membayar biaya tambahan seperti biaya parkir kendaraan bermotor. Untuk sepeda motor biayanya Rp 2000 per sepeda motor dan untuk parkir dikenakan biaya Rp 5000 per mobil.

Bagi anda yang takut panas dan terik matahari, anda juga bisa menyewa payung dari jasa sewa dengan harga sekitar Rp 50.000.-.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Melasti

Aktivitas di Pantai MelastiKredit gambar: Google Maps Rika Rahmania

1. Ambil foto Ria

Pantai eksotis ini menawarkan tempat di permukaan air dan bawah air yang eksotis sehingga bisa dijadikan media bagi wisatawan yang suka berfoto. Wisatawan bisa berfoto di depan Pura Pantai Melasti. Selain candi, terdapat gua alam dan laguna yang juga bisa dimanfaatkan wisatawan.

Perpaduan keindahan alam tempat ini akan semakin sempurna jika ditambah dengan cahaya jingga dari pertemuan laut serta matahari terbit dan terbenam. Tak heran jika tempat ini cocok untuk spot foto prewedding.

Objek wisata dengan panorama yang unik dan menawan dapat dijadikan sebagai media untuk melakukan kegiatan yang menarik dan berkesan. Bagi pengunjung yang akan menikah atau berencana untuk menikah, tempat ini bisa menjadi pilihan untuk foto konsep Sebelum pernikahan.

2. Saksikan panorama dari atas tebing

Wisatawan bisa menikmati panorama pantai ini dari sisi lain, yaitu dari atas tebing. Dari atas tebing, seluruh pantai terlihat. Anda bisa melihat hamparan pasar dan laut yang sangat indah, apalagi jika melihat matahari terbenam. Matahari terbenam yang megah akan membius semua wisatawan yang berada di tebing.

3. Kunjungi gua

Tempat wisata ini belum selesai menyuguhkan hal-hal menarik bagi wisatawan, wisatawan bisa berkunjung ke goa. Wisatawan dapat bersantai atau menggunakan goa ini sebagai latar untuk berfoto.

4. Bersantai dan berjemur

Aktivitas keren yang bisa kamu lakukan di Pantai Melasti adalah duduk-duduk atau berjemur di tepi pantai. Sambil bersantai dan berjemur, Anda bisa menikmati panorama indah dan gulungan ombak yang memberikan ketenangan bagi wisatawan untuk bersantai.

Di penghujung sore, wisatawan bisa mengagumi keindahan langit jingga saat matahari terbenam. Tempat ini sangat cocok digunakan sebagai pelepas penat dan untuk menghabiskan waktu serta bercengkrama dengan orang tersayang.

5. Berenang dan rekreasi di pantai

Aktivitas utama yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi pantai ini adalah berenang. Pantai dengan perairan luar yang cukup dangkal dan ombak yang tidak terlalu besar sangat ideal untuk berenang.

Selain berenang, masih banyak hal menarik lainnya yang berhubungan dengan air, seperti bermain permainan air. Wisatawan bisa leluasa bersantai di tempat ini.

6. Snorkeling

Memiliki panorama bawah laut yang indah dengan air yang jernih, wisatawan bisa melakukannya snorkeling. Keindahan kehidupan bawah laut pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai lainnya.

Wisatawan bisa snorkeling di permukaan air, menikmati panorama bawah laut, bermain ikan hilir mudik, dan mengamati biota laut dari objek wisata ini. Ini akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

7. Berselancar

Marah snorkeling, hal keren lainnya yang bisa dilakukan saat ombak tidak terlalu besar adalah berselancar. Wisatawan bisa berselancar keren dengan ombak yang menggulung. Ombak pantai ini sangat cocok untuk kegiatan selancar, terutama bagi pemula karena ombaknya tidak terlalu besar.

8. Paralayang

Objek wisata ini menawarkan aktivitas menarik berupa paralayang. Saat paralayang, wisatawan bisa melihat keindahan Pantai Melasti dari atas dengan hamparan pasir putih yang kontras dengan hamparan laut biru. Bukit tinggi di belakang pantai menjadi titik lepas landas.

Penginapan murah di sekitar pantai Melasti

Akomodasi Pantai MelastiKredit gambar: Google Maps Yosep Sugiarto (Otjep)

1. Penginapan Nazeki

Nazeki Hostel adalah akomodasi yang terletak 1,27 km dari Pantai Melasti. Hostel ini menawarkan berbagai fasilitas antara lain restoran, pendingin ruangan (AC), dll.

2. Villa Ungasan Gita

Ungasan Gita Villa adalah sebuah penginapan yang terletak 1,32 km dari pantai. Hostel ini menawarkan berbagai fasilitas antara lain resepsionis 24 jam, restoran, penyejuk ruangan (AC), dll.

3. Villa Nazeki

Nazeki Villa adalah akomodasi yang terletak 1,27 km dari pantai eksotis ini. Hostel ini menawarkan berbagai fasilitas antara lain restoran, kolam renang, pendingin ruangan (AC), dll.

Fasilitas yang tersedia di Melasti Beach Bali

Fasilitas Pantai MelastiKredit Gambar: Google Maps diah kusuma

Kawasan wisata Pantai Melasti ini menawarkan berbagai fasilitas di sekitar destinasi. Fasilitas yang tersedia antara lain toilet, tempat makan, tempat ibadah, kamar mandi, ruang tamu dan ruang ganti.

Selain itu juga tersedia fasilitas penunjang lainnya, seperti tempat parkir mobil dan motor yang cukup luas, area bilas dan toko seni. Fasilitas yang tersedia bertujuan untuk membuat para wisatawan lebih nyaman menikmati kunjungannya ke tempat ini.

Itulah ulasan mengenai destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi di Pantai Melasti, Bali. Selain menawarkan keindahan alam yang memukau, pantai ini juga dikaruniai berbagai fasilitas menarik yang sayang untuk tidak dicoba. Jadi, jika Anda berada di Kuta Selatan, Anda tidak boleh melewatkan kunjungan ke tempat wisata cantik ini.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button