Pantai Cucukan, pantai pasir hitam dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Gianyar Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Cucukan, pantai pasir hitam dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Gianyar Bali

Pantai Cucukan, pantai pasir hitam dengan pemandangan alam yang menakjubkan di Gianyar Bali
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Medan, Kec. Gianyar Selatan, Kab. Gianyar, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Cucukan Gianyar merupakan salah satu pantai di Bali yang terletak di Desa Cucukan, Kabupaten Gianyar. Pantai ini merupakan tujuan wisata yang tersembunyi dan belum banyak dikunjungi wisatawan. Namun keindahannya tidak kalah dengan pantai-pantai populer lainnya di Bali, mulai dari pasir, air laut yang jernih, dan ombak yang tenang.

Meski banyak pantai di Bali, namun Anda tidak akan pernah bosan saat mengunjunginya. Memang setiap pantai memiliki ciri khas tersendiri. Untuk pantai ini misalnya, Anda tidak akan menemukan butiran pasir putih. Pasir di sini berwarna hitam dan teksturnya sangat halus, cocok untuk dijadikan pijakan saat berjalan.

Ombak yang datang kebanyakan tenang dan tidak tinggi, jadi tempat yang bagus untuk berenang atau bermain air. Wisata pantai di Bali ini memang tidak terlalu ramai di hari biasa, namun pengunjungnya cukup banyak saat liburan. Mengunjungi pantai Cucukan yang eksotis ini memiliki banyak manfaat, salah satunya adalah penyembuhan untuk menyegarkan pikiran.

Atraksi Pantai Cucukan

Atraksi Pantai CucukanFoto oleh skellyVision flickr.com

Daya tarik Pantai Cucukan tak lepas dari keindahan alamnya yang bisa dinikmati oleh siapa saja yang datang. Karena tidak terlalu ramai dibandingkan dengan pantai-pantai di Bali pada umumnya, suasananya tenang dan damai. Selengkapnya, berikut beberapa tempat wisata yang bisa Anda gambar sebelum berkunjung!

✦ Pemandangan alam yang indah

Pesona alam menjadi daya tarik pertama yang dikunjungi wisatawan. Dari sekian banyak pantai yang ada di Bali, hampir semuanya memiliki pemandangan alam yang indah. Pantai ini termasuk karakter landai, dimana banyak posisi menjorok ke laut, di pantai terdapat berbagai jenis tumbuhan yang membuat suasana semakin hijau.

Salah satu tumbuhan yang pasti ada di Pantai Cucukan Gianyar adalah pohon kelapa. Dengan riak daun lontar, suasana liburan semakin menyenangkan. Sedangkan jika Anda datang pada sore hari, Anda akan disuguhi pemandangan matahari terbenam yang indah. Warna kuning yang perlahan berubah menjadi jingga begitu indah dan memukau wisatawan.

✦ Karakter gelombang tenang

Pantai Bali umumnya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Itu yang membuat ombaknya tinggi, jadi cukup berbahaya. Namun berbeda dengan pantai indah yang kita bahas kali ini. Meski sama dengan pantai pada umumnya, namun ombak yang datang tidak terlalu tinggi, bahkan tergolong rendah.

Sesekali ada ombak tinggi saat angin tidak bersahabat, tapi tidak terlalu kencang. Dengan kondisi tersebut, Pantai Cucukan cocok untuk berbagai aktivitas air. Pada umumnya wisatawan yang datang memanfaatkan pantai indah ini untuk aktivitas berenang dan permainan air di tepian pantai.

✦ Pasir hitam yang lembut

Jika membandingkan pantai pasir putih dan pasir hitam, tentunya yang lebih menarik adalah pasir putihnya. Namun bukan berarti pantai berpasir hitam kehilangan keindahannya. Ada pemandangan lain yang bisa Anda lihat dengan pasir hitam ini, salah satunya adalah kilauan seperti mutiara yang tersebar di beberapa titik.

Cahaya berkilauan ini dihasilkan dari pantulan sinar matahari yang menyinari Pantai Cucukan. Air laut yang membasuh pantai tidak seluruhnya kembali, sebagian terperangkap di antara pasir. Karena adanya kandungan garam, maka akan menimbulkan pantulan cahaya saat terkena sinar matahari, sehingga tampak seperti kilau mutiara.

✦ Suasana tenang dan nyaman

Tak bisa dipungkiri, suasana ramai menjadi daya tarik yang harus diperhatikan saat berwisata. Namun tidak semua orang berpikiran seperti itu, sebagian justru menginginkan suasana yang tenang dan damai. Jika Anda salah satunya, Pantai Cucukan cocok dijadikan tujuan utama Anda.

Pantai eksotis di Bali ini masih tenang sehingga suasananya damai. Dengan pengunjung yang tenang berdatangan, Anda bebas melakukan aktivitas apapun. Kegiatan yang paling tepat dilakukan dalam suasana seperti ini adalah bersantai sambil mengisi ulang tenaga. Selain itu, ditemani angin yang berhembus pelan, suasana yang lebih damai akan Anda rasakan.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai CucukanFoto oleh skellyVision flickr.com

Mengunjungi wisata pantai Bali tentunya tidak sulit karena letaknya yang strategis. Secara administratif beralamat di Desa Medahan, Kecamatan Gianyar Selatan, Kabupaten Gianyar, Bali. Jarak tempuh dari pusat kota Gianyar sekitar 30 kilometer, rata-rata waktu yang dibutuhkan kendaraan dengan kecepatan normal adalah 1 jam.

Pantai Cucukan tidak jauh dari pantai lainnya sehingga lebih mudah ditemukan. Jika lokasi Anda saat ini berada di pusat kota, silakan berkendara melewati Jalan Raya Gentong dan Jalan Raya Andong. Setelah itu silahkan lewat Jalan Raya Mas sampai ketemu patung bayi, lalu belok kiri.

Keramas Water Park yang ada di Jalan Tukad Gurgul bisa kamu gunakan untuk referensi selanjutnya. Dari sini, lanjutkan perjalanan menuju Jalan Raya Medahan hingga sampai di perempatan Jalan Prof. dr. Ida Bagus Mantra. Ambil kiri dan ikuti rambu yang tersedia, Anda akan segera tiba di tempat tujuan wisata.

Perlu diketahui bahwa sampai saat ini Pantai Cucukan masih belum dikelola secara resmi. Oleh karena itu, Anda bisa langsung mencari tempat parkir dan masuk ke area pantai. Artinya, tidak ada biaya masuk yang harus dibayar ketika mengunjungi pantai eksotis ini. Satu-satunya pajak wajib adalah pajak parkir yang sangat murah.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas menarik di Pantai CucukanFoto Kiwi yang tidak dapat tenggelam flickr.com

Dengan berbagai daya tariknya, tentu banyak aktivitas yang bisa dilakukan di pantai cantik ini. Anda bisa berenang, bermain air atau sekedar duduk santai menikmati pemandangan alam yang indah.

1. Berenang di Pantai Cucukan Gianyar

Karena memiliki karakter ombak yang tenang, Anda bisa melakukan aktivitas berenang di Pantai Cucukan. Namun, pastikan untuk memperhatikan kondisi gelombang dan arus laut terlebih dahulu. Yang terbaik adalah berenang di area yang aman dengan air dangkal. Anda bisa mengetahuinya dari perbedaan warna air di sekitar pantai.

Pastikan juga untuk memakai perlengkapan keselamatan, seperti pelampung atau pelampung. Sebisa mungkin, jangan berenang terlalu jauh dari pantai demi keselamatan diri Anda. Jika Anda ragu, ada baiknya bermain air di tepian pantai, karena kegiatan ini juga menyenangkan dan tidak membosankan.

2. Nikmati keindahan alam

Pantai Cucukan dikenal dengan keindahan alamnya yang mempesona. Sayang sekali jika pandangan ini diabaikan, maka Anda harus memanfaatkannya. Pemandangan yang sama belum tentu Anda dapatkan di tempat lain, meski konsep wisatanya sama. Salah satu pemandangan yang paling dinantikan adalah matahari terbenam atau sunset.

3. Berburu spot foto

Bagi yang menyukai fotografi, tempat ini sangat cocok untuk hunting foto. Hal ini tak lepas dari keindahan pemandangan alam, baik berupa laut biru, deburan ombak bahkan suasana hijau pepohonan di sekitar lokasi. Dari sekian keindahan yang ada, pesona sunset menjadi salah satu yang paling banyak dijadikan background foto.

Fasilitas yang tersedia

Fasilitas Pantai CucukanFoto oleh Kiwi yang tidak dapat tenggelam flickr.com

Meski belum ada yang menjalankannya secara resmi, namun fasilitas di Pantai Cucukan Bali sudah cukup memadai. Sebut saja area parkir yang mampu menampung puluhan kendaraan sekaligus. Ada juga toilet bersih, gazebo untuk tempat istirahat, hingga warung makan yang menawarkan berbagai menu dan hidangan khas.

Bali memang terkenal dengan tempat wisata berupa pantai yang memiliki ciri khas tersendiri. Karena banyaknya pantai di sini, Anda mungkin bingung ketika ingin mengunjungi salah satunya. Sebenarnya sangat sederhana, Anda hanya perlu menentukan tujuan utama liburan Anda. Jika ingin mendapatkan ketenangan dan keindahan alam, Pantai Cucukan Gianyar adalah jawabannya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button