Gubernur Jawa Timur melantik Aries Agung sebagai Pj Walikota Kota Batu - WisataHits
Jawa Timur

Gubernur Jawa Timur melantik Aries Agung sebagai Pj Walikota Kota Batu

Gubernur Jawa Timur melantik Aries Agung sebagai Pj Walikota Kota Batu

Pemerintah Provinsi Jawa Timur (ANTARA) – Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa, Kamis, melantik Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Aries Agung Paewai sebagai Pelaksana Tugas (Pj) Wali Kota Batu di Gedung Negara Grhadi Surabaya.

Pelantikan tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Nomor 100.2.1.3-63344 Tahun 2022 Tanggal 27 Desember 2022 Tentang Pengangkatan Pj Walikota Kota Batu Provinsi Jawa Timur.

Pelantikan Plt Wali Kota Batu dilakukan seiring dengan berakhirnya masa jabatan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Batu, Dewanti Rumpoko dan Punjul Santoso pada 27 Desember 2022.

Sebelumnya, Gubernur Khofifah juga melantik Sekda Kota Batu sebagai Pelaksana Harian (Plh) Walikota Batu Zadim Efisiensi yang merupakan Sekda Kota Batu sesuai Surat Keputusan Gubernur Jawa Timur Nomor 131/1452/. 011.2/2022 tanggal 27 Desember 2022.

Dalam kesempatan itu, Gubernur Khofifah berpesan untuk melanjutkan semua program yang sudah berjalan di Kota Batu, terutama pengembangan sektor pariwisata yang sudah menjadi ikon.

Selain itu, pemerintah provinsi nomor satu Jawa Timur itu berpesan kepada walikota incumbent Batu untuk memperkuat sektor industri kreatif.

“Jika sektor pariwisata lebih digarap dan dikembangkan, maka akan mendorong perkembangan Kota Batu lebih cepat lagi. Mulai dari sektor bisnis, melalui UMKM, hingga industri kreatif di Malang Raya dan Jawa Timur,” ujarnya.

Selain itu, Khofifah mencontohkan program pemerintah pusat terkait Proyek Strategis Nasional (PSN) berdasarkan Perpres 80 Tahun 2019 yang perkembangannya dilaporkan ke pemerintah pusat setiap tiga bulan harus dikawal dengan baik.

“Apa yang menjadi slogan Kota Batu sebagai kota wisata selama ini, tolong dipupuk dan dikembangkan. Karena kalau sektor pariwisata bergerak, maka akan menggerakkan banyak sektor lain seperti perhotelan, UMKM, transportasi dan sektor kreatif di Jatim,” ujarnya.

Gubernur Khofifah meminta Plt Wali Kota Batu segera bekerjasama dan membangun kemitraan dengan seluruh elemen, terutama eksekutif dan legislatif.

Di tempat yang sama, Plt Wali Kota Batu Aries Agung Paewai berkomitmen menjalankan amanah yang diberikan demi kesejahteraan dan penguatan pembangunan di daerah.

“Fokus pertama saya adalah tugas pemerintah pusat, kantor pusat dan gubernur untuk menjalankan pemerintahan selama kekosongan menjelang pemilihan lokal karena saya adalah penjabat walikota,” katanya.

Program yang terpenting adalah Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) di Kota Batu dapat berjalan dengan baik untuk tahun berikutnya sesuai dengan keputusan Kementerian Dalam Negeri.

Selain itu, dalam waktu dekat, pihaknya berupaya menjadikan Kota Wisata Batu sebagai pusat wisata di Jawa Timur yang dapat dikembangkan dan dipromosikan bersama.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button