Pulau Cinta Teluk Jering, destinasi wisata bahari yang menawan di Kampar - WisataHits
wisatahits

Pulau Cinta Teluk Jering, destinasi wisata bahari yang menawan di Kampar

Biaya kunjungan: Dari Rp 2.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Teluk Kenidai, Kec. Milikku, Kab. Kampar, Riau; Kasus: Verifikasi lokasi

Pulau Cinta Teluk Jering memiliki keindahan wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ini menampilkan berbagai pemandangan alam dan tanah yang terlihat menakjubkan. Uniknya, terdapat sungai berpasir yang berbeda dengan destinasi alam lainnya.

Pengunjung yang berlibur juga bisa menikmati berbagai wahana air di sepanjang sungai. Selain itu, kawasan wisata ini menawarkan persewaan wahana air mulai dari perahu hingga banana boat. Ini pasti akan membuat Anda senang berlibur.

Destinasi Pulau Cinta juga diberkahi dengan hamparan tanaman hijau. Traveler bisa menjadikan tempat itu sekadar untuk bersantai. Jangan lupa untuk melihat-lihat tempat wisata alam ini untuk menikmati suasana sekitar.

Daya Tarik Utama Pulau Teluk Jering Suka

Obyek wisata Pulau Cinta Teluk JeringKredit gambar: Google Maps Yogi Indragiri

1. Sungai pasir

Destinasi alam Pulau Cinta dikenal dengan sungai pasirnya yang lembut. Sungai yang berasal dari aliran air Kampar ini terlihat begitu jernih dan bersih. Pasir ini berwarna putih karena selalu bersih. Diharapkan juga agar wisatawan yang datang tidak membuang sampah di area pasir agar warna pasirnya tidak hitam.

Keindahan sungai berpasir menjadi daya tarik tersendiri yang membuat para pelancong selalu berkunjung. Apalagi keanehan ini jarang ditemui di daerah lain karena umumnya aliran air dari sungai tidak disertai pasir. Apalagi sungai berpasir di pulau ini juga sering digunakan untuk bermain wahana air yang membuat liburan menjadi seru.

2. Wisata yang indah

Di area sekitar wisata terdapat pepohonan yang rimbun dan berbagai tumbuhan hijau. Hal ini bertujuan untuk mempercantik Pulau Cinta dan dijadikan sebagai daerah aliran sungai. Tak hanya itu, ada juga hamparan rumput hijau yang terlihat begitu luas. Biasanya traveler sering menggunakannya sebagai tempat bersantai sambil menikmati kesejukan destinasi.

Tanaman di sana dirawat dengan baik oleh para agen sehingga bisa dinikmati setiap saat. Anda yang datang tidak boleh merusak atau mengotori agar keindahan kunjungan ini tetap terjaga. Banyak juga wisatawan yang menggunakan rerumputan sebagai tempat mengabadikan momen karena indah dan estetis.

3. Taman bunga

Taman Bunga Pulau Cinta Teluk Jering adalah tempat yang wajib dikunjungi selama liburan. Taman ini menampilkan berbagai jenis bunga dengan pola warna-warni dan penampilan mekar. Ada bunga matahari, eceng gondok, anggrek dan masih banyak lagi. Udara di sekitar menjadi segar karena terdapat taman bunga yang begitu asri.

Traveler tak hanya bisa melihatnya, tapi juga menjadikannya spot foto yang instagramable. Apalagi pada siang hari, warna bunga menjadi lebih indah karena ada sinar matahari. Selain itu, biasanya pada bulan-bulan tertentu terdapat bunga yang mekar secara bergantian. Hal inilah yang membuat taman bunga menjadi tempat populer yang tidak pernah sepi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Wisata Pulau Cinta Teluk JeringKredit gambar: Google Maps Hendrik Ronald

Lokasi Pulau Cinta Teluk Jering berada di Dusun Teluk Jering, Riau. Lokasi wisata ini sangat dekat dengan pusat kota sehingga mudah dilalui oleh siapa saja. Bagi Anda yang berasal dari luar kota bisa terbang dengan singgah di Bandara Sultan Syarif Khasim II. Kemudian Anda dapat menyewa perjalanan atau menggunakan transportasi umum yang melewati tujuan pulau.

Dari Pekanbaru, wisatawan bisa langsung menuju Jalan Kharuddin. Kemudian Anda akan melewati Jalan Taluk Kuntan yang berjarak beberapa kilometer menuju kawasan pulau. Ikuti petunjuk jalan yang ada dengan melihat rambu-rambu jalan agar mudah sampai ke tempat tersebut. Saat berada di kawasan wisata, Anda bisa melihat tanda selamat datang.

Wisatawan yang baru pertama kali berkunjung ke Pekanbaru tidak perlu khawatir karena rutenya mudah diakses melalui Google Maps. Tak hanya itu, pengunjung juga bisa menanyakan lokasi wisata kepada penduduk setempat. Jalan aspal yang sudah diperbaiki dijamin membuat Anda nyaman saat berkendara menuju lokasi pulau.

Biaya perjalanan ke pulau

Biaya Wisata Pulau Cinta Teluk JeringKredit gambar: Google Maps Felicia Austin

Mengunjungi Pulau Cinta Teluk Jering tidak membutuhkan banyak biaya. Memang di area pintu masuk wisata ini tidak dikenakan biaya tiket alias gratis. Anda bisa menikmati keindahan destinasi ini dari pagi hingga malam hari. Biasanya pada saat liburan, kawasan wisata alam ini akan dipadati oleh tamu dari berbagai daerah dan wisatawan mancanegara.

Bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi bisa meletakkannya di tempat parkir. Harga tiketnya masih tergolong murah, Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk roda empat. Tidak hanya itu, tempat ini juga menawarkan beberapa persewaan peralatan bermain air. Harganya terjangkau, mulai dari Rp 10.000 hingga Rp 30.000.

Biaya yang murah ini membuat wisata pulau ini selalu ramai dikunjungi wisatawan massal bersama keluarga. Ditambah lagi, keindahan alam yang masih terlihat alami di sana akan membuat Anda betah. Maka dari itu, jangan lupa untuk berlibur di kawasan pulau untuk melihat panorama sambil melakukan aktivitas seru bersama orang tersayang.

Hal seru yang bisa dilakukan di pulau cinta

Kegiatan wisata di pulau Teluk Jering CintaKredit gambar: Google Maps Focus Riau (Aroel Sakai)

1. Naik perahu

Kawasan Pulau Cinta Teluk Jering menawarkan penyewaan perahu untuk berkeliling sungai. Perahu ini dapat menampung 4 hingga 8 penumpang. Ada juga petugas yang akan menjaga Anda saat berkeliling pulau untuk memastikan keselamatan Anda. Jangan lupa menyusuri sungai dengan menyewa perahu yang disediakan pengelola.

2. Mainkan banana boat

Banana boat merupakan wahana air yang banyak dinikmati oleh masyarakat terutama anak muda. Anda dapat menyewa banana boat di sekitar wisata untuk membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Apalagi, wisatawan tidak perlu khawatir karena wahana air ini dilengkapi dengan pelampung. Ajak kerabat menikmati wahana banana boat yang seru.

3. Ambil gambar

Panorama alam yang ada membuat destinasi ini sering dijadikan spot foto. Ada sungai yang terlihat jernih dengan pasir putihnya yang bisa membuat foto semakin estetik. Ada juga taman bunga yang bisa dijadikan background untuk hasil foto yang bagus. Pengunjung bisa membawa kamera atau smartphone untuk mengabadikan momen tersebut.

4. Main sepeda gunung

Kegiatan lain yang bisa dilakukan saat berlibur di Pulau Teluk Jering adalah bermain sepeda gunung bersama teman-teman. Ini menawarkan penyewaan sepeda gunung yang memungkinkan pelanggan untuk bergerak di sekitar area berpasir. Sepeda gunung ini juga dijaga oleh agen agar tidak takut terjatuh. Nikmati liburan seru berkeliling wisata menggunakan sepeda gunung yang disediakan.

5. Piknik

Hamparan rerumputan hijau di sekitar pulau banyak digunakan untuk piknik. Selain itu udara di sini sangat sejuk dan pada siang hari tidak akan panas karena banyak pepohonan yang rimbun. Para tamu dapat membawa tikar dan makanan ringan agar piknik semakin menyenangkan.

6. Permainan pasir

Pasir pulau yang terlihat putih dan bersih sangat cocok untuk tempat bermain. Traveler bisa membangun istana pasir atau bermain voli. Anda juga tidak perlu menggunakan sepatu karena pasirnya sangat lembut. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mencoba permainan pasir di kawasan wisata.

7. Mencicipi kuliner

Di sudut lain pulau, beberapa warung menjajakan aneka kuliner. Rasanya sangat nikmat karena diolah oleh warga setempat dengan bumbu-bumbu yang khas. Anda bisa singgah untuk ngemil sekaligus melihat sungai berpasir yang begitu indah.

Fasilitas yang tersedia di area pulau

Fasilitas Wisata Pulau Cinta Teluk JeringKredit gambar: Google Maps Oryza Agam

Kawasan rekreasi Pulau Cinta ini menawarkan fasilitas pendukung untuk dinikmati pengunjung. Ada persewaan peralatan untuk bermain air di pesisir pulau. Anda bisa menyewa perahu, banana boat dan ATV yang bisa membuat liburan Anda semakin seru. Peralatan tersebut juga dilengkapi dengan jaket pelampung untuk keselamatan.

Di sudut lain terdapat kamar mandi tempat Anda bisa mandi setelah bermain air. Kamar mandinya gratis karena tidak dijaga oleh penjaga, tetapi wisatawan tidak boleh mengotorinya. Ada juga beberapa tempat duduk di sekitar pantai sungai. Biasanya banyak traveler menghabiskan waktu bersantai di kursi ini.

Pulau Cinta juga menawarkan tempat parkir yang cukup luas. Tempat ini dapat menampung sepeda motor, mobil, dan bus yang diamankan oleh petugas. Selain itu, di kawasan wisata ini terdapat warung makan yang menjual makanan ringan dan minuman. Fasilitas yang ada harus membuat pelanggan merasa nyaman.

Nah itulah beberapa penjelasan singkat tentang pulau Teluk Jering yang begitu indah. Traveler yang berada di sekitar Pekanbaru bisa singgah di kawasan wisata tersebut. Ajak keluarga atau orang tersayang untuk menikmati aktivitas seru selama menginap dan jangan lupa membawa kamera.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button