Goa Jomblang, Goa Vertikal Eksotis di Gunung Kidul Jogja - WisataHits
wisatahits

Goa Jomblang, Goa Vertikal Eksotis di Gunung Kidul Jogja

Gua Jomblang adalah salah satu destinasi terberat dan terindah di Gunung Kidul, Jogja yang cocok bagi pecinta aktivitas ekstrim. Gua vertikal yang menawarkan pemandangan alam yang indah dan gua yang menarik untuk dijelajahi.

Harga tiket: Rp450.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jetis, Pacadejo, Kec. Semanu, Kab. Gunung Kidul, DI Yogyakarta; Kasus: Cek lokasi

Destinasi Gua Jomblang sering disebut sebagai gua vertikal oleh orang-orang di sekitarnya. Hal ini karena gua ini memiliki mulut yang terletak di tanah. Oleh karena itu, untuk dapat memasukinya, Anda harus memiliki kemampuan “memainkan” tali agar dapat mengakses dasar gua.

Gua ini sangat cocok bagi anda yang menyukai tantangan atau memiliki adrenalin yang tinggi. Di sana, pengunjung akan disuguhkan panorama yang bisa membuat mata terbelalak dengan panorama tersebut. Tak heran jika banyak orang yang mengatakan bahwa Goa merupakan salah satu tempat wisata yang unik.

Pengunjung bukan hanya orang-orang di Indonesia. Namun banyak pengunjung asing yang datang karena penasaran dengan tempat wisata ini saja. Bahkan, beberapa artis mancanegara juga sudah dipastikan mengisi liburan dengan jalan-jalan ke Goa. Untuk lebih jelasnya, yuk simak berbagai informasi mengenai tempat tersebut di bawah ini.

Atraksi Gua Jomblang

Objek wisata Gua JomblangKredit gambar: Twitter @fnuhaaq

1. Kedalaman bervariasi

Kedalaman goa ini diberkahi dengan kedalaman yang sangat bervariasi. Bahkan, tidak suam-suam kuku karena bisa mencapai antara 15 hingga 80 meter. Ini adalah salah satu objek wisata yang jarang dimiliki oleh gua-gua lain. Namun, dengan kedalaman yang begitu dalam, Anda pasti harus berhati-hati agar tidak jatuh.

2. Banyak kursus petualangan tersedia

Selama wisata gua ini, pengunjung dapat menikmati serunya petualangan melewati kawasan gua dengan aman. Tetapi untuk melakukan ini, Anda perlu menentukan paket akses yang berbeda seperti A, B, C dan VIP.

Akses A memungkinkan pengunjung untuk berjalan naik turun dari ketinggian 80 meter, Paket B dari ketinggian 60 meter, Paket C dari ketinggian 40 meter, dan Paket VIP dari ketinggian 20 meter. Ada juga koridor sepanjang sekitar 300 meter dan dihiasi dengan stalagmit, stalaktit, dan kristal.

3. Pesona Hutan di Goa

Siapa sangka di Goa Jomblang ini terdapat hutan yang rimbun. Orang-orang di sana menyebut hutan itu sebagai hutan purba. Pasalnya, tanaman yang ada memiliki ukuran besar yang terlihat seperti tanaman tua.

Hutan berasal dari tumbuhan yang hidup di atasnya, namun karena runtuhnya tanah, tumbuhan tersebut tumbang dan berkembang biak di dalam gua.

4. Goa Menembus Sinar Matahari

Atraksi Gua JomblangKredit gambar: Twitter Gummymongia

Tidak hanya hutan purba, sinar matahari yang masuk ke gua melalui berbagai celah hutan juga menciptakan pemandangan indah di bawahnya. Momen ini sering disebut sebagai “cahaya dari surga” oleh pengunjung yang menyaksikannya. Sinar matahari juga membuat perasaan di bawah gua sedikit hangat.

5. Udara segar

Tidak dapat dipungkiri bahwa sebuah tempat wisata memiliki hamparan alam yang sangat luas. Oleh karena itu, udara yang akan Anda hirup di sana tentu masih sangat segar.

Hal ini tentunya dapat membuat liburan atau perjalanan Anda semakin nyaman dan menyenangkan. Apalagi jika Anda adalah masyarakat perkotaan yang kemungkinan besar dekat dengan polusi udara.

Alamat dan rute menuju lokasi

Tiket Gua JomblangKredit Gambar: Google Maps Muhammad Lutfi

Alamat lengkap tempat wisata Goa Jomblang ini terletak di Desa Jetis Wetan, Paddyjo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Meski rutenya sendiri terbilang mudah dinavigasi, hanya saja ada banyak belokan.

Dari pusat kota Yogyakarta nol kilometer, kendaraan Anda harus menuju ke timur melalui Jl.Panembahan Senopati dan kemudian langsung menuju Jl.Kusumanegara. Setelah sampai di perempatan, belok ke selatan lewat Jl.Gedong kuning. Sampai lagi di perempatan jalan ke timur lewat Jl Wonosari, lurus terus ke Jl Nationale RTE 3 dan Jl Jogja-Wonosari.

Lurus terus sampai ketemu pertigaan, lalu belok ke Jl. Kyai Legi. Setelah melewati Jl.KRT Judodiningrat, ikuti jalan tersebut hingga menemukan papan petunjuk arah Goa Jomlang. Dengan cara ini, berarti Anda telah tiba di daerah yang dekat dengan tempat wisata.

Waktu yang dibutuhkan dari nol kilometer Yogyakarta menuju kawasan wisata ini sekitar 1 jam 40 menit dengan jarak tempuh sekitar 49 kilometer. Jangan khawatir jika Anda tersesat, karena ada banyak orang yang bisa Anda tanyakan di sepanjang jalan. Selain itu, Anda juga dapat menikmati aplikasi peta yang disediakan oleh smartphone.

Harga Tiket Masuk Jomblang Cave Extreme Tour

Harga Tiket Gua JomblangKredit gambar: Google Maps Andrew Fisher

Untuk mengunjungi tempat wisata di Goa Jomblang ini, pengunjung perlu menyiapkan nominal uang yang tidak sedikit. Biaya yang bisa dikeluarkan juga bervariasi, mulai dari Rp 450.000 hingga Rp 1 juta untuk satu orang.

Bedanya nanti tergantung fasilitas yang bisa didapatkan. Misalnya, akan sedikit mahal jika menggunakan jasa operator dan pemandu wisata.

Meski biayanya cukup tinggi, Anda tidak perlu khawatir karena pengalaman tak terlupakan yang Anda dapatkan saat berjalan-jalan di Gua Jamblang. Hal ini tentunya sangat proporsional dengan nominal uang yang perlu dikeluarkan.

Namun, masih ada biaya lain yang harus dibayar berupa parkir jika pengunjung membawa kendaraan. Biaya parkir murah hanya 3000 untuk sepeda motor.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Gua Jomblang

Aktivitas di Gua JomblangKredit Gambar: Instagram Teja Wisata

1. Jelajahi Goa

Hingga saat ini, aktivitas penjelajahan gua masih menjadi salah satu aktivitas outdoor yang paling berbahaya atau ekstrim. Meski begitu, pengalaman memacu adrenalin juga menjadi hal yang disukai banyak orang. Menariknya, jika Anda menjelajahi gua ini, berbagai jenis akses telah disediakan seperti yang disebutkan sebelumnya.

2. Fotografi

Fotografi merupakan kegiatan menarik yang sayang jika dilewatkan saat liburan di goa jomblang. Pasalnya, keindahan alam di sekitar gua bersejarah ini bisa membuat foto lebih bagus lagi. Selain itu, tebing dan berbagai pemandangan di bawah goa juga layak untuk diabadikan dalam bentuk foto.

Dijamin kamu tidak akan melewatkan spot foto atau barang apapun saat melakukan aktivitas fotografi di tempat wisata yang satu ini. Bahkan, tempat wisata ini terkenal pernah menyabet predikat Best Photo The Weather Channel.

Pengunjung bisa berfoto di atas stalagmit yang berdiri kokoh di dasar gua. Hutan purba yang rimbun dengan banyak tanaman besar di dalam gua juga cocok sebagai objek utama untuk berfoto. Foto juga bisa terlihat lebih baik dengan cahaya yang tepat bersinar di atas stalagmit.

3. Rappelling

Aktivitas Seru di Gua JomblangKredit gambar: Twitter Majalah perjalanan dunia

Abseiling merupakan kegiatan yang harus berhasil diselesaikan untuk sampai ke Gua Jomblang. Kegiatan ini sendiri tentu bisa menguji nyali pengunjung. Meski begitu menakutkan, namun jika dilakukan dengan fokus, tidak gugup, dan rasa tenang bisa menjadi kegiatan yang sangat menarik.

Kegiatan ini menggunakan tali panjang yang digantungkan dari ketinggian di atas tanah di dalam goa. Anda tidak perlu khawatir dan bingung karena semuanya dijamin.

4. SRT (teknik tali tunggal)

Selain abseiling, tentunya ada juga kegiatan menarik yang disebut SRT. SRT atau Single Rope Tehnique adalah kegiatan yang dilakukan untuk keluar atau keluar dari gua. Pengunjung tentunya juga akan mengambil rute yang sama seperti pada saat reminder sebelumnya.

Alat yang digunakan juga selalu sama yaitu berupa tali yang akan digunakan untuk naik ke mulut goa. Jika jumlah pengunjung banyak, operator akan menggunakan teknik hauling yaitu menarik beberapa pengunjung ke puncak.

Fasilitas yang tersedia di Goa Jomlang Jogja

Fasilitas Gua JomblangKredit gambar: Google Maps Owenn Kesanasini

1. Layanan pemandu

Seperti halnya destinasi wisata lainnya, Goa Jomblang juga telah menyediakan jasa pemandu wisata kepada pengunjung. Di tempat wisata alam yang tergolong ekstrim seperti ini, jasa pemandu wisata sangat diperlukan.

Hal ini tentu saja ditujukan untuk memandu pengunjung yang ingin masuk ke dalam goa. Pengunjung juga menjadi tidak terlalu khawatir dengan kemungkinan tersesat di dalam gua. Apalagi, sangat berbahaya jika pengunjung tidak sempat turun ke dalam goa. Para pemandu juga dibekali keahlian dalam menguasai medan goa.

2. Kamar mandi

Toilet merupakan fasilitas penting yang mutlak dibutuhkan pengunjung di suatu tempat wisata. Sama halnya dengan destinasi wisata, yang satu ini juga menyediakan toilet. Jadi pengunjung tidak perlu bingung mau buang air besar atau yang lainnya. Dengan begitu, aktivitas liburan bisa dilakukan dengan nyaman.

3. Parkir mobil

Bagi pengunjung yang membawa kendaraan berupa sepeda motor, dapat menitipkannya di tempat parkir yang telah disediakan untuk keperluan tersebut. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan keamanan kendaraan Anda. Namun, fasilitas parkir bisa dinikmati dengan membayar sejumlah uang tertentu.

4. Tempat tinggal

Anda juga dapat menemukan akomodasi yang aman dan nyaman di dekat tempat wisata. Tempat menginap akan sangat bermanfaat bagi pengunjung yang ingin menginap agar bisa berlibur panjang. Berbagai fasilitas menarik juga bisa Anda nikmati tergantung dari tempat menginap yang dipilih.

5. Masjid

Jarang sekali ditemukan lokasi wisata goa yang memiliki fasilitas berupa mushola. Namun, jika Anda berkunjung ke Goa Jomblang, akan tersedia musholla yang bisa digunakan oleh pengunjung muslim. Dengan demikian, pengunjung tetap dapat melakukan ibadah meskipun sedang wisata alam.

6. Penjaga

Saat kita sedang berlibur, seringkali kita memiliki terlalu banyak barang untuk dibawa. Ini sering merepotkan dan menjadi tidak fleksibel saat bepergian. Oleh karena itu, ketika mengunjungi gua ini, pengunjung dapat meninggalkan barang-barang mereka di rumah kepala Dukuh.

Padahal, pemilik rumah tidak menetapkan tarif tertentu untuk jasa penyimpanan barang, namun pengunjung bisa dengan ikhlas membayarnya.

Demikian berbagai informasi menarik terkait wisata alam Gua Jomblang di Gunung Kidul Yogyakarta. Tempat wisata yang bisa anda coba kunjungi untuk menghabiskan waktu liburan bersama teman-teman. Berbagai keseruan siap membuat pengunjung ketagihan berwisata ke tempat ini lagi.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button