Pantai Gondo Mayit, sebuah pantai pasir putih yang dikelilingi perbukitan hijau di Blitar - WisataHits
wisatahits

Pantai Gondo Mayit, sebuah pantai pasir putih yang dikelilingi perbukitan hijau di Blitar

Pantai Gondo Mayit, sebuah pantai pasir putih yang dikelilingi perbukitan hijau di Blitar

Pantai Gondo Mayit sebenarnya tidak seseram namanya. Di sisi lain, pantai pasir putih Blitar ini menawarkan pemandangan alam yang indah dan bikin betah.

Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Krajan, Tambakrejo, Kec. Wonotirto, Kab. Blitar, Jawa Timur; Kasus: Verifikasi lokasi

Berkunjung ke Kota Proklamator, Blitar tidak akan lengkap tanpa mengunjungi Pantai Gondo Mayit. Selain terkenal sebagai kota bersejarah, kota ini juga merupakan tempat kelahiran tokoh legendaris Bung Karno. Blitar juga memiliki kawasan wisata alam yang dijamin memesona mata karena keindahannya.

Salah satu tempat wisata andalan Blitar yang menjadi andalan dan wajib dikunjungi adalah pantai Gondo Mayit yang berpasir putih. Meski namanya cukup seram, ternyata berbanding terbalik dengan pesonanya. Tak heran jika pantai ini ramai dikunjungi wisatawan dari berbagai daerah saat musim liburan.

Di pantai pasir putih ini pengunjung tidak hanya akan disuguhi panorama yang bisa memanjakan mata. Namun Anda juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru yang akan membuat liburan Anda semakin berkesan. Dari pendakian yang mengasyikkan di pantai hingga piknik yang menyenangkan bersama orang yang Anda cintai.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Gondo Mayit

Objek Wisata Pantai Gondo MayitFoto: Google Maps/Phi_Phi

Selain menampilkan keindahan alam seperti pantai pada umumnya, Pantai Gondo Mayit juga memiliki beberapa spot unik yang membuatnya berbeda. Karena tidak semua pemandangan Pasetran Gondo Mayit berada di kawasan pesisir lainnya. Lantas, apa saja daya tarik pantai Blitar yang indah ini? Temukan jawaban lengkapnya di sini!

✦ Dikelilingi perbukitan hijau

Pantai pasir putih ini memang sangat strategis karena dikelilingi perbukitan karang yang ditumbuhi pepohonan rimbun sehingga menimbulkan kesan bukit hijau yang asri. Bukit di sebelah timur juga menjadi pembatas antara Pantai Tambakrejo dan Gondo Mayit karena keduanya berdampingan.

✦ Hamparan pasir putih dan lautan biru sejauh mata memandang

Sesampainya di pantai menawan ini, wisatawan akan disambut oleh hamparan pasir putih bertekstur lembut yang nyaman untuk dilalui meski tidak menggunakan sepatu. Di atas pasir pantainya, pengunjung juga bisa melakukan berbagai aktivitas seru, termasuk piknik bersama keluarga dan pasangan.

Saat berjalan-jalan atau sekedar duduk-duduk di atas pasir pantai, wisatawan akan ditemani suara deburan ombak yang cukup kencang. Sementara di kejauhan, air dengan nuansa hijau dan biru dijamin menghipnotis mata. Keindahan pemandangannya juga mampu memberikan rasa damai bagi jiwa.

✦ Sudut Pandang Bukit Karang

Ada banyak cara untuk menikmati keindahan Pantai Gondo Mayit. Hal tersebut tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain bisa mencicipi keindahan pantai dan sejuknya air laut, pengunjung juga bisa bersantai di atas tebing. Tidak perlu khawatir dengan masalah keamanan karena sudah ada jalur pendakian yang bisa dijadikan panduan.

✦ Wisma di Atas Bukit

Pantai indah ini sering disebut penduduk setempat sebagai Pasetran Gondo Mayit karena adanya rumah tamu (petilasan) di sisi timur bukit. Untuk menuju pantai, wisatawan hanya perlu mendaki sekitar 100 meter. Pada waktu-waktu tertentu, guest house ini biasanya ramai dikunjungi peziarah dari seluruh Indonesia.

✦ Mitos nama Gondo yang sudah mati

Sebagian orang dari suku Jawa mungkin sudah mengenal nama Gondo Mayit. Kami tahu bahwa Gondo berarti Bau dan Cadavre adalah Cadavre. Jadi kalau digabungkan, namanya berarti Smell of Corpse. Namun, nama tersebut tidak ada hubungannya dengan pantai karena pantai ini tidak berbau sama sekali.

Apalagi, nama Gondo Mayit sebenarnya mengacu pada aroma kemenyan atau bunga yang sering diletakkan di atas kuburan puncak bukit. Umumnya aroma harum akan sampai ke pantai karena terbawa angin. Jadi, jangan heran jika wisatawan mencium wanginya saat berkunjung ke pantai yang memesona ini.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat Pantai Gondo MayitFoto: Google Maps/V M.

Pantai Gondo Mayit terletak di Desa Tambakrejo, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar – Jawa Timur. Lokasinya berada di bagian timur pantai Tambakrejo. Bahkan, bisa ditempuh dengan berjalan kaki. Bila punya waktu lebih, tidak ada salahnya mengunjungi dua pantai utama Kabupaten Blitar ini.

Bagi wisatawan yang datang dari pusat kota Kabupaten Blitar jaraknya sekitar 35 km atau sekitar 1 jam 5 menit melalui Jalan Raya Trisula. Rutenya sama untuk menuju pantai Tambakrejo. Hanya saja, menuju Tambak Rejo pengunjung harus belok kiri, lalu menuju Gondo Mayit, jalurnya ada di sebelah kanan.

Biaya yang harus dibayar untuk bisa menikmati keindahan pantai Pasir Putih relatif murah, mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 10.000 per orang. Sedangkan untuk anak-anak tidak dikenakan biaya masuk (gratis). Jadi Anda tidak perlu khawatir jika mengajak anak-anak Anda berlibur ke sini.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Kegiatan di Pantai Gondo MayitFoto: Google Maps/Ahmad Fajar

Ada banyak kegiatan menarik yang tidak boleh dilewatkan selama liburan di pantai Gondo Mayit. Mulai dari hunting foto, berenang, keindahan panorama alam, wisata religi hingga pura yang terletak di sisi timur bukit. Saat kamu berkunjung ke pantai keren ini, jangan lupa lakukan aktivitas seru berikut ini agar liburanmu semakin menyenangkan.

1. Menikmati keindahan pantai

Perpaduan antara pantai berpasir putih dan air laut berwarna biru kehijauan merupakan pemandangan eksotis yang mampu menghadirkan kedamaian. Angin sepoi-sepoi dan deru ombak juga bisa membuat tubuh dan pikiran lebih rileks. Keindahan pantai Gondo Mayit sangat cocok bagi mereka yang membutuhkan ketenangan dan kenyamanan.

2. Trekking ke puncak bukit

Bosan dengan pemandangan pantai yang buruk? Wisatawan dapat mendaki bukit karang untuk menikmati suguhan alam yang berbeda. Dari atas tebing yang menjulang tinggi, pengunjung bisa melihat betapa megahnya pantai Gondo Mayit dan Tambak Rejo.

3. Berburu Foto

Spot foto yang ditawarkan di sekitar pantai cukup bervariasi, sehingga wisatawan memiliki lebih banyak pilihan. Mulai dari berfoto di pantai dengan latar belakang lautan atau perbukitan, hingga foto-foto keren di pinggir tebing yang di bawahnya terbentang lautan luas. Bagi pecinta fotografi, pantai ini wajib masuk dalam daftar kunjungan.

4. Mainkan air

Liburan ke pantai tidak akan lengkap tanpa melakukan aktivitas yang satu ini. Karena ombaknya yang cukup tenang, pantai unik ini bisa menjadi pilihan yang tepat sebagai tempat berenang. Setelah asyik menikmati air laut yang sejuk dan jernih, wisatawan bisa menghabiskan waktu dengan bercengkerama santai sambil menikmati kuliner khas Blitar.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Gondo MayitFoto: Google Maps/Kukuh Ari Pambudi

Pantai populer di Blitar ini memiliki fasilitas umum yang cukup lengkap, sehingga wisatawan tidak perlu khawatir jika ingin berkunjung ke sini. Di Pantai Gondo Mayit tersedia fasilitas seperti:

  • Area parkir
  • Kamar mandi dan toilet
  • Belvedere dengan kursi
  • Mushola, bumi perkemahan
  • warung makan
  • Toko suvenir dan hadiah

Pantai Gondo Mayit tidak hanya menawarkan eksotisme alam yang mampu memanjakan lidah Anda, tetapi juga segudang aktivitas menarik untuk dilakukan. Wajar jika pengunjung yang sudah menginjakkan kaki di destinasi ini selalu merasa ketagihan untuk kembali lagi. Selain itu, akses jalan menuju pantai pasir putih juga sudah baik.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button