Menikmati perpaduan alam dan pohon cemara di Pantai Cemara Tuban - WisataHits
wisatahits

Menikmati perpaduan alam dan pohon cemara di Pantai Cemara Tuban

Pantai Cemara Tuban adalah salah satu pantai di kota Tuban di Jawa Timur. Anda bisa bersantai di sana, berburu foto dan menikmati suasana eksotis pantai yang dihiasi pepohonan pinus.

Jam buka: 24 jam
Tiket masuk: Perwakilan –
Nomor telepon:
Aktivitas: Main pasir, foto-foto, main sepeda gunung, jalan-jalan di pinggir pantai, dll.
Waktu terbaik: Pagi atau malam
Perlu membawa: Topi, air minum, ransel, kamera, baju ganti
Larangan: Jangan dibuang
Alamat: Desa Sugihwaras, Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur
Fasilitas umum: Toilet, gazebo, tempat ibadah, warung makan, area parkir yang luas, ATV, dll.
Akses jalan: Baik (Menggunakan kendaraan pribadi)
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Kabupaten Tuban memang kurangpaparan dalam pariwisata. Pesonanya masih kalah bergengsi dibandingkan dengan objek wisata kota lain di Jawa Timur, seperti Kota Batu.

Namun jika ditelisik lebih dalam, ternyata di kawasan ini juga terdapat atraksi yang sangat bagus meski tidak terlalu istimewa. Salah satunya yang akan kita ulas kali ini adalah objek wisata Pantai Cemara Tuban.

Dari namanya, Anda mungkin sudah bisa menebak bahwa yang ditawarkan pantai ini adalah perpaduan antara keindahan pantai dan pepohonan pinus.

Dan ya, ciri khas pantai ini adalah banyaknya pohon pinus yang tumbuh di sekitar pantai.

Nah, untuk lebih mendalami tentang objek wisata Pantai Cemara Tuban, berikut ulasan lengkapnya.

Sekilas Tentang Pantai Cemara Tuban

Pantai ini tidak direkomendasikan bagi kita yang ingin berenang. Karena kondisi air laut di pantai ini tidak bersih dan memiliki pantai yang dangkal.

Namun jika tujuan kita hanya untuk menikmati suasana pantai dengan aktivitas ringan seperti berjalan di pinggir, atau membidik tempat selfienya, maka kisaran ini bisa menjadi pilihan.

Pantai ini dulunya bernama Pantai Tasikharjo. Nama ini terus digunakan setidaknya sampai tahun 1980-an sebelum abrasi menyebabkan kerusakan di wilayah pesisir.

Saat itu, pantai ini sangat indah dan termasuk objek wisata favorit di kota Tuban. Meski tidak ada pohon cemara, kondisi saat itu lebih terjaga dan airnya bersih.

Setelah beberapa lama terbengkalai dan ditinggalkan pengunjung, Pemkot Tuban kemudian melanjutkan penghijauan di sekitar pantai dengan menanam bibit pinus.

Kemudian, setelah pohon pinus tumbuh, suasana pantai kembali menghijau dan wisatawan mulai berdatangan.

Sejak saat itu, nama pantai ini berubah menjadi Pantai Cemara. Beliau merupakan salah satu andalan kota Tuban dalam industri pariwisata.

Meski mungkin tidak seindah dulu, pantai ini terbukti mampu menarik banyak wisatawan, terutama wisatawan lokal yang terus datang setiap hari. akhir pekan atau musim liburan panjang.

Daya tarik dan keunikan

Daya tarik utama yang akan kita temukan di pantai ini adalah deretan pohon pinus yang tumbuh rindang dan rapi di sepanjang pantai.

Selain menyejukkan suasana, kehadiran pohon memberikan rasa nyaman, eksotis dan menyejukkan mata.

Area tempat tumbuhnya pohon cemara ini sering dijadikan tempat berkumpul atau tempat ngobrol para wisatawan. Selain itu, pohon cemara ini juga sering digunakan sebagai Properti dan latar belakang foto.

Di sepanjang pantai kita bisa merasakan belaian lembut angin yang menerpa kulit. Hamparan pasir pantai yang berwarna coklat membuat kita lebih mudah untuk menginjakkan kaki kesana kemari.

Di sekitar pantai kita juga akan menemukan beberapa tempat gambar berupa ayunan dan stand yang dilengkapi dengan ornamen yang indah. Jangan lupa mampir dan coba satu per satu tempat itu.

Kemudian, ketika perut mulai terasa lapar atau tenggorokan terasa kering, mampirlah ke warung-warung sederhana yang berjejer di tepi pantai.

Di warung-warung, orang bisa memesan beberapa jajanan atau makanan berat untuk mengganjal perut. Jangan lupa menikmati es krim kelapa muda segar yang dijual seharga Rp 20.000 per butir kelapa.

Oh ya. Ada juga persewaan sepeda gunung di pantai ini. Bagi Anda yang ingin merasakan sensasi mengendarai ATV di trek berpasir, Anda bisa menyewanya dengan harga beberapa puluh ribu saja.

Jam buka

Pantai ini buka 24 jam sehari. Namun untuk suasana yang lebih teduh dan eksotis, sebaiknya datang pada pagi atau sore hari antara pukul 8 hingga 11, atau antara pukul 3 hingga 5 sore.

Hari Jam buka
Setiap hari 24 jam

Biaya masuk

Saat memasuki pantai ini, kita tidak perlu membeli tiket masuk. Tiket masuk sudah dihitung dengan biaya parkir yang ditetapkan sebesar Rp 3000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Tiket Harga
Tiket masuk Perwakilan –
PARKIR MOTOR Rp.3000
Tempat parkir mobil Rp 5000

Beberapa fasilitas seperti bangku, cabana dan toilet juga gratis tanpa biaya sewa.

Alamat dan rute

Pantai Cemara Tuban terletak di Desa Sugihwaras, Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. Lokasinya tidak jauh dari Alun-Alun Tuban, tepatnya di sebelah Pantai Kembang Putih.

Jarak ke pusat kota Tuban juga cukup dekat, sekitar 6,3 kilometer dan dapat ditempuh hanya dalam waktu sekitar 15 menit jika kondisi jalan normal atau tidak macet.

Lalu, untuk menuju pantai ini, kita bisa menggunakan kendaraan roda dua atau empat. Lokasinya cukup strategis yaitu di jalan pantura sehingga kondisi jalannya juga memadai.

Mengenai rutenya, menuju pantai ini, kita tinggal mengarahkan kendaraan dari pusat Kota Tuban menuju terminal Tuban yang baru. Pantai ini terletak di sebelah barat terminal.

Bagi anda yang masih belum tahu cara menuju Pantai Cemara Tuban silahkan gunakan aplikasi Google Maps untuk menemukan rute.

Tidak jauh dari lokasi pantai ini juga terdapat beberapa tempat wisata yang bisa kita kunjungi.

Tempat wisata tersebut antara lain Pantai Boom, Museum Kambang Putih dan Makam Sunan Bonang.

Baca juga: Pantai Brumbun Tulungagung

Fasilitas umum

Harap dicatat bahwa pantai ini masih milik pribadi. Hal ini membuat pemerintah agak kesulitan dalam hal penyediaan fasilitas atau fasilitas penunjang.

Namun meski begitu, di pantai ini sudah terdapat fasilitas standar seperti:

  • Tempat parkir
  • Toilet
  • ruang sholat
  • Markas besar
  • saung
  • dan Warung

Fasilitas umum berupa toilet tersebar di beberapa titik di sekitar pantai. Namun menurut wisatawan, saat ini ada kondisi yang tidak layak pakai. Jadi, kalau mau buang air besar harus cek dulu status dan ketersediaan airnya.

Pertanyaan dan jawaban

Sebagai tambahan informasi mengenai Pantai Cemara Tuban, berikut rangkuman tanya jawab dari beberapa calon pengunjung:

Kesimpulan

Pantai Cemara Tuban mungkin tidak seindah Pantai Gunungkidul atau pantai di kota lain. Namun mengingat rendahnya biaya akses, kunjungan ke pantai ini juga patut dipertimbangkan.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button