Pantai Manalusu, pesona pasir putih dan bebatuan eksotis di Garut - WisataHits
wisatahits

Pantai Manalusu, pesona pasir putih dan bebatuan eksotis di Garut

Pantai Manalusu, pesona pasir putih dan bebatuan eksotis di Garut
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Cigadog, Kec. Cikelet, Kab. Garut, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Manalusu merupakan salah satu tempat wisata di Garut yang sangat indah namun belum dialihfungsikan menjadi pantai komersial oleh pemerintah setempat. Hal ini membuat pantai yang indah ini masih memiliki fasilitas yang sangat minim meskipun memiliki keindahan yang luar biasa.

Karena kurang populernya pantai pasir putih ini, pengunjungnya sangat sedikit, bahkan masih ada warga Garut yang belum mengetahui tentang Pantai Manalusu. Garut sendiri merupakan daerah yang terkenal dengan keindahan alamnya terutama pantainya, pantai-pantai tersebut memiliki ciri khas tersendiri.

Salah satu keistimewaan pantai indah di Manalusu ini adalah memiliki ombak yang kecil sehingga wisatawan bisa leluasa bermain air sepuasnya. Apalagi pasir putihnya yang terbentang di sepanjang pantai membuat mata setiap orang terpesona akan keindahannya.

Atraksi Pantai Manalusu

Atraksi Pantai ManalusuFoto oleh Febbyolla Awalliah Berliana di Google Maps

✦ Pasir putih

Daya tarik pertamanya adalah pasir putih yang terbentang di sepanjang pantai. Pasir putihnya masih sangat alami karena bisa dikatakan pantai yang indah ini belum banyak dikunjungi, bukan berarti wisata pantai ini jelek, melainkan karena kurang begitu dikenal oleh wisatawan.

Buktinya pantai Garut ini masih sepi, keberadaan pasir putih di pantai indah ini yang hanya menyisakan dedaunan yang berserakan, karang yang hancur dan rumput laut. Oleh karena itu bagi anda yang sudah menginjakkan kaki di tempat wisata alam ini wajib memperhatikan kebersihan agar keindahan Pantai Manalusu tetap terjaga.

✦ Air laut jernih

Karena salah satu pantai di Jawa Barat ini belum begitu terkenal, sehingga cukup tenang bagi pengunjung, yang membuat air laut pantai ini sangat jernih. Tidak hanya jernih, ombak lautnya juga relatif kecil sehingga sangat cocok untuk wisatawan yang bermain air atau menyelam.

✦ Batuan berwarna hijau

Di kanan kiri pantai yang indah ini terdapat beberapa terumbu karang berwarna hijau yang terbentuk dari alga dan lumut yang menempel di bebatuan. Warna hijau batuan ini sangat jelas terlihat, apalagi jika terkena sinar matahari.

✦ Biota laut

Biota laut atau hewan laut menjadi salah satu daya tarik pantai Manalusu karena memiliki sekitar 400 jenis tumbuhan laut dan 150 jenis ikan yang dapat dengan mudah Anda temukan saat snorkeling. Jika Anda berkunjung saat air pasang, Anda juga akan menjumpai beberapa ikan yang terperangkap di bebatuan pantai.

✦ Kuliner di Pantai Manalusu

Penduduk pesisirnya adalah nelayan, artinya kawasan ini kaya akan hasil laut segar. Maka dari itu, jangan heran jika ada beberapa warung makan yang menjajakan berbagai macam seafood yang sangat lezat. Jadi jika Anda mengunjungi pantai yang indah ini, Anda harus mencoba makanan laut yang satu ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai ManalusuFoto oleh Fauzi Ahsani di Google Maps

Alamat Pantai Manalusu berada di Kecamatan Cikelet, Desa Cigadog, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dekat Pantai Pelabuhan Cimari Muara. Panjang perjalanan menuju pantai indah ini mencapai 98,3 km dan memakan waktu 3 jam 19 menit dengan kendaraan pribadi.

Dari Alun-Alun Garut di Jl. Ahmad Yani barat menuju pertigaan di sebelah Optika Medika lalu belok kiri menuju Jl. Cimanuk terus lurus hingga memasuki Jl. Raya Bayongbong dan ke timur sampai di Alun-alun Bayongbong. Tidak jauh dari Alun-Alun tersebut anda akan menemukan pertigaan, disini silahkan belok kiri menuju Jl. Cigedug.

Ikuti terus Jl. Cigedug sampai ketemu kantor desa Sindangsari Cigedug kemudian belok kiri lurus sampai ketemu perempatan Jl. Raya Cigedug lalu belok kanan. Ikuti Jl. Raya Cigedug sampai pertigaan setelah Alun-alun Cikajang setelah itu belok kiri ke Jl. Cikajang dan ikuti jalan sampai masuk Jl. menghilang.

Tetap di Jl. Runtuh untuk melewati Jl. Raya Cisompet dan temukan pertigaan Jl. Cilauteureun. Dari pertigaan tersebut, Anda harus langsung menuju Alun-alun Pameungpeuk dan temukan destinasi wisata yang ada di kiri jalan.

Harga tiket masuk dan jam buka

Karena pantai indah ini belum dijadikan pantai komersial oleh pemerintah Kabupaten Garut, siapapun bisa masuk ke kawasan wisata ini dengan gratis alias gratis.

Namun bagi wisatawan yang membawa kendaraan pribadi harus membayar tiket parkir sebesar Rp 3.000 hingga Rp 5.000 per kendaraan tergantung jenisnya.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas di Pantai ManalusuFoto oleh Heri supriadi Kim di Instagram

1. Mainkan air laut

Aktivitas menarik pertama yang bisa Anda lakukan di Pantai Manalusu adalah bermain air laut, memang pantai pasir putih ini memiliki air laut yang sangat jernih dan ombak yang kecil.

Oleh karena itu, bagi anda yang sedang mencari tempat wisata pantai di Garut untuk dikunjungi bersama keluarga dan bisa bermain air sepuasnya, Manalusu adalah jawaban yang tepat. Pantai akan memberikan pengalaman bermain air laut yang tak terlupakan karena selain lautnya cocok untuk berenang, pantainya juga tenang.

Karena pantai sepi memberi kesan mengunjungi pantai pribadi. Anda bisa leluasa bermain air sepuasnya tanpa khawatir mengganggu wisatawan lain.

2. Bermain di pasir putih Pantai Manalusu

Keindahan pasir putih di pesisir Pantai Manalusu Kabupaten Garut akan menggugah siapa saja untuk memainkannya. Karena memiliki ukuran pantai yang luas, Anda dan keluarga bisa bermain voli, sepak bola, dan bermain bebas bersama anak-anak Anda.

Selain bermain, ada juga wisatawan yang merebahkan diri dan berjemur di atas pasir putihnya. Anda tidak perlu khawatir dengan sampah karena pantai yang indah ini sangat bersih karena tidak banyak pengunjung.

3. Menyelam

Menyelam atau snorkeling adalah salah satu kegiatan wajib yang harus Anda lakukan saat berkunjung ke pantai dengan biota bawah laut yang menakjubkan ini. Bagi wisatawan yang ingin menyelam, mereka bisa menyewa perahu nelayan untuk mengantarkannya ke tempat-tempat menyelam terbaik.

4. Melihat karang hijau yang indah

Di sisi pantai Manalusu terdapat beberapa batu karang berwarna hijau yang sangat besar. Anda bisa memanjat batu tersebut untuk melihat keindahan batu karang dan keindahan pantai dari titik yang berbeda.

5. Memancing

Seperti yang kita ketahui, pantai yang sangat alami ini menjadi rumah bagi banyak spesies ikan di dasar laut. Bahkan ada ikan yang akan tersangkut di bebatuan saat air pasang.

Selain itu, dengan adanya batu karang yang cukup besar di pinggir pantainya, bagi anda yang hobi memancing bisa menggunakan batu karang tersebut sebagai tempat duduk dan melemparkan umpan ke laut di depan anda. Karena itu, pastikan untuk membawa alat pancing Anda jika mengunjungi pantai yang indah ini.

6. Ambil gambar

Nama liburan tidak akan lengkap jika tidak mengambil foto. Obyek wisata pantai ini memiliki banyak spot cantik yang bisa digunakan untuk berfoto, mulai dari pasir putih, terumbu karang yang hijau, hingga laut jernih yang terbentang sejauh mata memandang.

Oleh karena itu, saat ingin berlibur ke pantai Garut yang indah, sebaiknya siapkan kamera dengan baterai yang terisi penuh dan memori bebas yang banyak. Karena kamu akan sangat menyesal meninggalkan destinasi wisata ini tanpa sempat berfoto.

7. Wisata Kuliner

Kawasan pesisir jelas sarat dengan makanan laut yang segar dan lezat. Begitu juga dengan daerah sekitar Pantai Manalusu Kabupaten Garut yang rata-rata pekerjaan penduduknya adalah nelayan. Maka jangan heran jika banyak warung yang menawarkan seafood sebagai wisata kuliner untuk Anda dan wisatawan lainnya.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai ManalusuFoto oleh Hanifa Noviari di Google Maps

1. Area parkir kendaraan

Fasilitas pertama yang bisa Anda temukan di pantai Manalusu adalah area parkir kendaraan. Areanya cukup luas dan dapat menampung beberapa jenis kendaraan mulai dari roda dua hingga roda empat.

2. Toilet dan kamar mandi umum

Ada juga toilet umum yang bisa digunakan wisatawan untuk buang air kecil atau besar. Sedangkan bagi wisatawan yang ingin bermain air atau sekedar bermain air bisa berganti pakaian di kamar mandi yang telah disediakan. Wisatawan juga bisa sekaligus mandi jika membawa perlengkapan mandi dari rumah.

3. Warung makan

Beralih ke fasilitas berikutnya yang tersedia di pantai indah di Garut ini, yaitu warung makan. Warung makan menawarkan berbagai makanan dan minuman, dengan salah satu makanan favorit wisatawan adalah makanan laut.

Inilah hal menarik dari Pantai Manalusu di Garut yang belum banyak dikenal namun memiliki keindahan yang sangat memukau. Pantai cantik ini buka 24 jam sehari, namun jam bisa berubah sewaktu-waktu.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button