Pantai Nunggalan, pesona pasir putih dan bebatuan eksotis di Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Nunggalan, pesona pasir putih dan bebatuan eksotis di Bali

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Batu Nunggalan, Pecatu, Kec. Kuta Selatan, Kab. Badung, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Bagi kebanyakan orang, tujuan utama yang ingin mereka kunjungi saat berada di pulau Bali adalah bermain di pantai. Banyak sekali pantai indah yang belum terlalu ramai dikunjungi wisatawan, termasuk Pantai Nunggalan.

Pantai yang keindahannya masih tersembunyi ini tidak bisa diabaikan begitu saja. Dibandingkan dengan pantai-pantai lain di Bali, banyak sekali keunikan yang membuat pengunjung terkagum-kagum saat mengunjunginya.

Bagi anda yang berencana ke Bali, tidak ada salahnya menjadikan pantai indah ini sebagai destinasi utama anda. Berikut beberapa tempat wisata dan informasi lain tentang Pantai Nunggalan yang perlu Anda ketahui.

Objek Wisata Pantai Nunggalan

Objek Wisata Pantai NunggalanKredit gambar: Google Maps Daniel Permana Putra

Destinasi bahari ini merupakan bagian dari jajaran pantai yang masih cukup memadai diremehkan dan tidak sepopuler pantai lainnya seperti Pantai Kuta, Pantai Dewata, dll. Namun, bukan berarti pantai cantik ini tidak memiliki pesona yang memikat. Sebaliknya, ada berbagai atraksi yang pasti bikin penasaran.

1. Batu Indah

Daya tarik pertama yang dimiliki Pantai Nunggalan adalah keberadaan batu karang yang cukup memukau pengunjung. Bagaimana tidak, batu karang tersebut memiliki bentuk yang begitu indah dan megah, sehingga pengunjung yang tidak begitu paham dengan terumbu karang pasti akan merasa terpesona.

Tidak hanya itu, batu tersebut terdiri dari jumlah yang tidak terlalu banyak. Hal ini tentunya akan membuat pengunjung merasa tidak kesulitan untuk berenang di laut karena terlalu banyak batu karang terkadang akan membahayakan pengunjung saat berenang.

2. Suasana Pantai yang Tenang

Berbeda dengan pantai-pantai di Bali yang selalu ramai dengan kunjungan wisatawan, pantai sepi ini justru menawarkan suasana yang sangat damai dan cenderung sepi. Anda tidak akan mendengar suara kendaraan lain yang cukup keras dan mengganggu indra pendengaran Anda karena jumlah pengunjung yang relatif sepi.

Hal ini tentu membuat pantai yang belum banyak dijangkau orang ini menjadi surga bagi pengunjung yang ingin mencari pantai indah dengan suasana tenang. Bagi Anda yang sedang mencari tempat bersantai yang tepat, tidak ada salahnya mengunjungi tempat wisata yang sepi ini.

3. Pemandangan yang menakjubkan

Meski tidak terlalu ramai, keindahan yang ditawarkan pantai damai ini tidak bisa diremehkan. Apalagi di malam hari, Anda akan terkagum-kagum dengan pemandangan menakjubkan seperti matahari yang perlahan menghilang dan semburan warna yang indah di langit.

Oleh karena itu, banyak fotografer yang berusaha mengunjunginya agar bisa mendapatkan bidikan yang bagus.

Apalagi keindahan pemandangannya tentu akan membuat pengunjung betah berlama-lama beristirahat. Kapan lagi kita bisa menikmati indahnya pemandangan pantai yang sepi dari kunjungan wisatawan?

4. Tempat berkemah

Jika Anda berencana untuk berkemah di sekitar Pantai Nunggalan, sekarang adalah waktu yang tepat untuk kesana. Karena disekitarnya sudah tersedia hotel-hotel yang begitu unik karena berbentuk seperti balon atau gelembung. Anda dapat menggunakan hotel untuk beristirahat di malam hari.

Suasana camping semalaman di sekitar pantai tentunya akan menjadi pengalaman tersendiri, apalagi jika sebelumnya Anda belum pernah melakukannya. Karena itu, pastikan untuk mencoba mengunjungi hotel gelembung atau Hotel gelembung di sekitar pantai dan rasakan sendiri bagaimana rasanya berkemah di sekitar pantai yang indah.

5. Pasir putih yang nikmat

Pantai Nunggalan tergolong objek wisataKredit gambar: Peta Google Filip Korycan

Keunggulan lain yang membuat pantai istimewa ini begitu digemari wisatawan lokal maupun mancanegara adalah pasir putihnya yang lembut dan bersih. Tekstur pasirnya tentu akan memikat hati semua orang dan bisa dijadikan penunjang bermain pasir bersama anak.

Tak hanya itu, hamparan pasir putihnya akan semakin indah ketika memasuki sore hari. Bagaimana tidak, teriknya sinar matahari akan membuat pasirnya semakin berkilau, sehingga jika dilihat dari atas tebing, pantai ini akan terlihat sangat indah bak surga dunia.

6. Pantai berada di bawah tebing dan perbukitan

Jika sebagian besar pantainya dikelilingi pepohonan atau bakau, maka Pantai Nunggalan tidak diremehkan. Pantai ini sebenarnya berada tepat di bawah tebing yang cukup tinggi sehingga membuat mata Anda terbelalak. Namun, tidak perlu khawatir karena pengunjung tetap bisa beraktivitas di sekitar pantai dengan aman.

Selain tebing, pantai cantik ini juga dikelilingi perbukitan yang terlihat menakjubkan. Bukit-bukitnya ditumbuhi rerumputan begitu bersih meski penjaga pantai tidak pernah merawatnya. Anda bisa memanfaatkan keberadaan bukit tersebut untuk melihat pantai dengan lebih jelas.

7. Gelombang Besar

Jika Anda adalah orang yang suka melakukan menyelam atau selancar, maka ini adalah pantai yang sempurna untuk dijadikan sebagai tempat hiburan ini. Memang ombak yang berasal dari laut bisa dibilang cukup besar dan bisa membuat aktivitas surfing menjadi lebih seru.

Namun, karena ombaknya cukup besar, pastikan untuk berhati-hati saat melakukannya. Dengan memperhatikan peraturan tersebut, Anda dan pengunjung lainnya dipastikan dapat berselancar dengan aman tanpa harus menghadapi bahaya yang mengancam.

8. Bangkai Tenggelam

Bisa dibilang, itulah daya tarik utama yang dimiliki Pantai Nunggalan. Di sekitar pantai, pengunjung dapat menemukan kapal karam berukuran cukup kecil. Meski kecil, bangkai kapal tersebut dianggap sebagai ikon yang menggambarkan keberadaan pantai rahasia ini.

Wisatawan yang berkunjung ke pantai ini akan menggunakan bangkai kapal ini sebagai backdrop foto. Karena bentuknya yang unik dan kemampuannya untuk memanjat, tidak mengherankan jika bangkai kapal yang tenggelam ini menarik begitu banyak perhatian orang. Selain bangkai kapal masih ada spot lain seperti ini Instagrammable.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai NunggalanKredit gambar: Google Maps Marco Krause

Pantai Nunggalan terletak di Kecamatan Kuta Selatan, Kabupaten Badung, tepatnya di Desa Pecatu. Lokasinya masih berada di kawasan yang berdekatan dengan tempat wisata populer di Uluwatu. Anda bisa memulai perjalanan dari Pantai Uluwatu menuju ke sana karena jaraknya hanya sekitar 2,8 km.

Untuk mencapai tempat ini pengunjung harus berjalan kaki karena pantai ini berada di tempat yang cukup dalam. Anda akan melihat betapa indahnya pantai ini karena Anda harus berjuang untuk keluar dari hutan dan jalanan yang cukup sulit untuk dilalui.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Masuk Pantai NunggalanKredit gambar: Google Maps Putrayasa Wayan

Meski tidak dipungut biaya untuk masuk ke Pantai Nunggalan, Anda tetap harus membayar sejumlah biaya untuk bisa sampai ke sana. Apalagi jika menggunakan rental mobil atau jasa travel, biaya yang harus dikeluarkan sekitar Rp 500.000.

Jika Anda membawa mobil pribadi, Anda akan dikenakan biaya parkir yang bervariasi. Terkadang kendaraan beroda dikenakan biaya lebih rendah, tetapi untuk mobil terkadang dikenakan biaya sekitar Rs 10.000.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Nunggalan

Aktivitas seru di Pantai NunggalanKredit gambar: Google Maps Ragman Fachrie

1. Selfie

Kegiatan menarik pertama yang bisa dilakukan di Pantai Nunggalan tentu saja berswafoto. Banyak sekali spot foto menarik yang bisa dijadikan latar belakang pemotretan.

2. Jelajahi perbukitan

Aktivitas lain yang bisa Anda lakukan di pantai rahasia ini adalah menjelajahi perbukitan. Anda dapat menggunakan bukit yang luas ini untuk menggerakkan kaki dan tubuh Anda.

Namun, akan lebih jika Anda mengundang Pemandu wisata untuk membantu Anda menjelajahi bukit agar tidak tersesat. Ini karena perbukitan di sekitar pantai memiliki rute yang membingungkan dan dapat membawa Anda ke area lain.

3. Berenang di kolam kecil

Di sekitar pantai terdapat kolam kecil yang bisa digunakan untuk berenang. Anda tidak perlu khawatir dengan kedalaman kolam karena kolam ini bisa digunakan untuk anak kecil.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai NunggulanKredit Gambar: Google Maps thomi soju

Berbagai fasilitas tersedia di Pantai Nunggalan, beberapa di antaranya adalah tempat berjemur dan payung dengan ukuran yang memadai. Pengunjung dapat menggunakan fasilitas tersebut untuk duduk-duduk di sekitar pantai dan menikmati suasana sekitar.

Meski fasilitas yang tersedia masih belum sebanding dengan pantai lain, namun tetap ada hal yang bisa memuaskan pengunjung. Seperti restoran di sekitar pantai yang membantu perut terasa kenyang setelah berenang.

Anda juga dapat menggunakan bantuan Pemandu wisata untuk membantu sampai ke pantai. Anda tidak akan dikenakan biaya apa pun saat memanfaatkan bantuan mereka.

Berikut beberapa informasi tentang Pantai Nunggalan di Bali yang dapat Anda pahami. Karena belum terlalu terkenal dan belum tercemar, akan lebih baik jika pantai tersembunyi dan indah ini menjadi salah satu tujuan wisata utama Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button