Broken Beach, Pantai Indah yang Dikelilingi Tebing Eksotis di Nusa Peninda - WisataHits
wisatahits

Broken Beach, Pantai Indah yang Dikelilingi Tebing Eksotis di Nusa Peninda

Broken Beach, Pantai Indah yang Dikelilingi Tebing Eksotis di Nusa Peninda
Harga tiket: Rp5.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sakti, Kec. Nusa Penida, Kab. Klungkung, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Broken Beach atau Pasih Uug Nusa Peninda adalah pantai yang dikelilingi tebing berlubang akibat abrasi pantai selama ratusan tahun. Apa daya tariknya?

Masyarakat setempat mengenal Broken Beach dengan sebutan Pasih Uug. Pantai ini dikelilingi tebing yang tingginya mencapai 200 meter. Pantai menawan ini seolah terperangkap dan menjorok ke lautan.

Tebing yang mengelilingi “pantai rusak” ini merupakan hasil abrasi laut ratusan tahun yang lalu. Pada akhirnya, lubang mirip gua raksasa terbentuk secara alami di tengahnya. Pasih Uug atau Broken Beach rupanya sudah sampai ke telinga wisatawan mancanegara.

Para pengunjung mancanegara lah yang menjuluki pantai unik ini sebagai Broken Beach Klungkung. Keindahannya memang layak mengundang wisatawan dari berbagai daerah. Atraksi apa lagi yang dimiliki pantai ini?

Daya tarik yang dimiliki Broken Beach

Alamat pantai rusakKredit gambar: Google Maps Blauer Helfer

Meski dinamai dengan kata “rusak”, pesona pantai ini berhasil memanjakan mata para pendatang. Air laut yang dikelilingi tebing ternyata tidak “rusak”, melainkan kebiruan, sehingga pengunjung bisa melihat biota yang hidup di dasar laut.

1. Padang rumput yang luas

Daerah perbukitan di zona pantai didominasi oleh semak-semak lebat berwarna kehijauan. Wisatawan bisa menjelajahi kawasan perbukitan sebelum berfoto dengan latar tebing berongga.

2. Spot Selfie Menarik

Tak bisa dipungkiri, Broken Beach memiliki panorama yang sangat memukau. Saat datang ke salah satu sisi tebing, wisatawan bisa berfoto dengan latar belakang tebing berlubang. Hasil potret akan semakin bagus seiring gulungan ombak mengiringi dasar tebing.

Selain itu, di sisi lain tebing, wisatawan tidak akan kekurangan tempat untuk berswafoto. Setiap titik menawarkan keindahan yang tak terbatas. Anjuran pose foto yang sering dilakukan adalah membelakangi kamera agar tebing yang berlubang tampak menyatu.

3. Tempat tersembunyi untuk hunting foto

Tak lengkap rasanya jika datang ke sini tanpa menemukan spot foto yang tersembunyi. Di sekitar Pasih Uug terdapat beberapa spot foto yang tersembunyi. Biasanya, pemandu tidak selalu menyarankan tempat ini.

Jadi, wisatawan sebaiknya bertanya terlebih dahulu. Tempat tersembunyi ini menyuguhkan objek fotografi yang tak kalah indahnya seperti tebing berlubang. Karena itu, cobalah untuk menemukan tempat-tempat ini.

4. Samudra Biru

Tidak hanya berbicara tentang tebing berlubang, tetapi wisatawan dapat menyaksikan lautan biru di luar tebing. Pemandangan lautan luas di depan sangat memanjakan mata dan sayang jika tidak tertangkap oleh kamera.

Alamat dan rute menuju lokasi

Atraksi Broken BeachKredit gambar: Google Maps Blauer Helfer

Pasih Uug atau Broken Beach terletak di desa Bunga Mekar, tepatnya di pesisir barat daya pulau Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali. Jalan menuju Pasih Uug sebaiknya dimulai dari pantai Sanur hingga Nusa Penida Bali.

Alat transportasi yang digunakan adalah speedboat. Harga sewa transportasi ini sekitar Rp 75.000 hingga Rp 100.000. Perjalanan memakan waktu sekitar 30 menit. Setelah sampai di Nusa Penida Bali, wisatawan harus kembali melanjutkan perjalanannya.

Jika ingin berwisata sendiri atau bersama beberapa orang, wisatawan bisa menyewa sepeda motor. Namun, jika pergi berkelompok, pengunjung harus menyewa mobil. Harga sewa motor atau mobil berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000.

Perjalanan menuju Pasih Uug akan melalui jalan yang kurang mulus. Dari Pelabuhan Banjar Nyuh atau Toya Pakeha, wisatawan melanjutkan perjalanan menuju Pasih Uug. Meski aksesnya mudah, perjalanan akan memakan waktu sekitar 90 menit.

Harga tiket masuk wisata pantai

Untuk saat ini Broken Beach tidak mematok harga masuk seperti wisata Bali lainnya. Pengunjung hanya perlu membayar biaya parkir. Untuk mobil akan dikenakan biaya sebesar Rp 10.000, sedangkan sepeda motor akan dikenakan biaya sebesar Rp 5.000.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Broken Beach

Kegiatan menarik di Broken BeachKredit gambar: Google Maps Blauer Helfer

Setiap pengunjung memiliki cara berbeda untuk mengagumi keindahan Broken Beach. Sendirian, bersama atau berkelompok, wisatawan bisa melakukan berbagai aktivitas menarik. Kegiatan yang disarankan dapat dilihat pada penjelasan berikut.

1. Selfie dan foto pemandangan

Kegiatan ini mungkin merupakan hal yang biasa dilakukan oleh hampir semua pengunjung. Pasalnya, gradasi kehijauan pada tebing yang dipadukan dengan air laut yang jernih dan kebiruan memang menyuguhkan pemandangan yang begitu memanjakan mata.

Belum lagi tebing berlubang yang menjadi fokus utama pantai cantik ini, akan menambah keunikan potret yang dihasilkan kamera. Dengan demikian, foto yang instagramable juga bisa diekspos di jejaring sosial.

2. Melihat lumba-lumba dan pari (Manta)

Dari atas tebing, wisatawan bisa melihat segala pesona laut, termasuk salah satu biota lautnya, yaitu lumba-lumba lompat. Hewan laut ini berasal dari Dolphin Beach yang terletak di dekat Broken Beach.

Meski jumlahnya tidak banyak, kegiatan ini berhasil menarik pengunjung untuk datang. Apalagi jika beruntung, wisatawan juga bisa mengamati ikan pari (manta). Kesempatan ini bisa dimanfaatkan sebagai edukasi satwa laut bagi wisatawan yang membawa anaknya.

3. Berenang

Berenang juga menjadi kegiatan yang biasa dilakukan saat mengunjungi destinasi wisata air, seperti pantai. Broken Beach menjadi daya tarik tersendiri untuk dijadikan sebagai tempat berenang. Namun, pantainya sendiri terletak jauh di bawah tebing.

Karena itulah, sangat jarang ditemukan pengunjung yang mandi di pantai ini. Jika berminat, wisatawan bisa menghabiskan waktu menuruni tebing ditemani pemandu. Dalam perjalanan akan ada bebatuan yang nantinya harus kamu lewati.

4. Mendaki

Meski merupakan destinasi pantai, wisatawan tidak akan menemukan pasir putih sebagai titik awal untuk berlari dan bermain. Tebing terjal menjadi tempat yang cukup sulit bagi pengunjung yang gemar menjelajah.

Bagi wisatawan yang menyukai petualangan, sejumlah titik di dekat Broken Beach Bali Indonesia bisa dijadikan tempat hiking.

Medannya terdiri dari bebatuan yang cukup terjal. Oleh karena itu, diperlukan kehati-hatian penuh dan sepatu yang nyaman agar mudah bergerak dan tidak mudah terjatuh.

5. Perhatikan matahari terbit dan terbenam

Garis horizon samudera sering digunakan sebagai objek pengamatan matahari terbit dan terbenam. Pasih Uug adalah salah satu tempat yang menawarkannya, karena di luar tebing terdapat lautan luas yang terbentang dengan airnya yang kebiruan.

Kegiatan ini juga menjadi kegiatan yang disukai wisatawan. Di pagi dan sore hari, pengunjung datang untuk menunggu matahari muncul dan terbenam dengan indah. Pertunjukan ini terlalu mahal untuk dilewatkan.

6. Cicipi minuman khas

Belum lengkap rasanya jika berlibur ke Broken Beach tanpa mencicipi kuliner khas masyarakat sekitar pantai. Wisatawan bisa memesan es krim kelapa dengan harga yang sangat murah.

Es krim kelapa mungkin adalah minuman biasa. Namun rasanya akan berbeda jika pengunjung menikmatinya di Pasih Uug sambil menyaksikan deburan ombak yang menerjang lubang di tebing. Penjual makanan masih sangat jarang, disarankan untuk membawa perbekalan sendiri.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Broken BeachKredit gambar: Google Maps Guih Vicentini

Meskipun Broken Beach Nusa Penida Tour ini letaknya cukup jauh dari pusat destinasi wisata Bali, namun pantai ini memiliki fasilitas yang cukup lengkap dan memadai antara lain :

  • Kamar mandi
  • Area parkir
  • Warung makanan lokal
  • Gîte atau homestay, sekitar 500 meter dari pantai.

Restoran atau warung makan memang sengaja dibangun di kawasan pantai. Selain itu, penggunaan toilet umum dikenakan biaya sebesar Rp 2.000 untuk sekali masuk. Namun akses menuju destinasi ini cukup baik dan mudah dilalui

Fasilitas yang ada di Broken Beach cukup memadai bagi pengunjung yang berlibur, meski letaknya cukup jauh dari pusat destinasi wisata Bali. Namun, pantai ini menjadi tempat yang tepat bagi mereka yang ingin menghabiskan liburan dengan budget minim.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button