Pantai Laskar Pelangi, pesona eksotisme pantai pasir putih dan bebatuan granit di Belitung - WisataHits
wisatahits

Pantai Laskar Pelangi, pesona eksotisme pantai pasir putih dan bebatuan granit di Belitung

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 06.00-18.00 WIB, Alamat: kecamatan Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Verifikasi lokasi

Kepulauan Bangka Belitung dikenal wisatawan dengan keindahan pantainya yang identik dengan pasir putih halus, gradasi air laut yang biru dan deretan bebatuan granit. Keindahan pantai yang tidak biasa dan berbeda membuatnya berbeda dari pantai lain di Indonesia. Pesona pantai yang identik dengan bebatuan granit ini juga dimiliki pantai Tanjung Tinggi atau biasa dikenal dengan pantai Laskar Pelangi.

Alasan kenapa pantai ini dikenal dengan nama Laskar Pelangi adalah karena pada tahun 2005 pernah dijadikan lokasi syuting film berjudul Laskar Pelangi. Setelah film diputar di bioskop, penonton bioskop terkagum-kagum dengan keindahan Pulau Bangka, yang membuat penonton terkagum-kagum dengan keindahan pantai di film tersebut. Penonton yang penasaran dengan keindahan pantai sudah siap ke sana untuk menikmati pesona pantai.

Sedangkan asal usul nama pantai Tanjung Tinggi berarti pantai dengan bebatuan yang tinggi, nama ini diambil dari kata tanjung yang berarti semenanjung. Dan kata tinggi diambil dari bongkahan batu granit yang tinggi. Dengan keunikannya tersebut membuat Pantai Tanjung Tinggi menjadi salah satu destinasi yang menarik untuk dikunjungi.

Daya tarik itu milik Pantai Laskar Pelangi

Atraksi Pantai Laskar PelangiKredit gambar: Google Maps Aryo Sanjaya

1. Pasir putih dan air laut yang jernih

Sudah menjadi ciri khas tersendiri bahwa hampir semua pantai di Bangka Belitung memiliki pasir putih yang indah dan air laut yang jernih. Saking jelasnya terkadang Anda bisa melihat ikan-ikan kecil berenang ke tepian.

2. Pesona Pantai Bawah Laut

Selain memiliki keindahan pantai di permukaan Pantai Laskar Pelangi juga memiliki pesona bawah laut yang jarang orang rasakan. Cocok bagi Anda yang hobi snorkeling, semakin ke tengah dan semakin dalam Anda akan menemukan karang-karang yang masif. Jika Anda menyelam lebih dalam, Anda akan menemukan jenis terumbu karang lainnya.

Saat menyelam ke kedalaman pantai ini, Anda akan menemukan bahwa terumbu karang di sana memiliki kondisi yang tidak sehat. Kondisi terumbu karang di sini secara fisik terekspos atau bisa dikatakan kering saat air surut. Beberapa jenis terumbu karang antara lain follose, massive coral, dll.

Saat menyelam, Anda juga akan menemukan ribuan ikan kecil yang membentuk formasi berkelompok. Terdapat pula padang lamun dengan berbagai jenis dan lapisan makroalga. Terkadang Anda juga bisa menjumpai ubur-ubur, meski cantik, hewan ini wajib untuk diwaspadai.

3. Batu granit

Pantai Laskar Pelangi selalu identik dengan bongkahan batu granit yang menjulang tinggi dan besar. Tidak jarang Anda menjumpai batu granit seukuran bangunan rumah, hal yang biasa Anda jumpai saat berkunjung ke beberapa pantai di Bangka Belitung. Jika Anda melihat di film Laskar Pelangi ukuran batunya cukup besar, Anda wajib datang ke sini dan menyaksikan kemegahan bebatuan granit tersebut.

Batuan granit di sini berumur sekitar 60 hingga 200 juta tahun, yang berarti batuan di kawasan pesisir ini memiliki sejarah yang panjang. Beberapa semenanjung di sekitar pantai ini juga memiliki deretan batu-batu granit besar. Ini adalah daya tarik yang unik dan Anda mungkin tidak menemukannya di tujuan wisata mana pun.

4. Jelajahi pantai

Daya tarik itu milik Pantai Laskar PelangiKredit gambar: Google Maps Arie Kusnady

Jika Anda pernah mengunjungi destinasi ini, Anda harus meluangkan waktu untuk menjelajahi kawasan pantai ini. Memiliki banyak objek wisata yang menarik untuk dijelajahi satu persatu, dengan luas sekitar 80 hektar dan dikelilingi oleh deretan batu-batu granit.

Yang membuat pantai ini memiliki beberapa tempat tersembunyi karena aksesnya tertutup oleh bebatuan granit. Terkadang ada akses masuk yang sempit, dengan posisi tersembunyi, yang membuat tempat ini menarik untuk dijelajahi sendiri.

5. Tempat terbaik untuk melihat matahari terbenam

Seperti halnya pantai lain yang memiliki pesona sunset saat wisatawan datang ke sini, Anda juga akan menemukannya. Hanya saja pantai ini memiliki suasana sunset yang lebih indah dari pantai kebanyakan.

Bebatuan granit yang terdapat hampir di semua tepian pantai memang menawarkan nilai estetika dan keindahan. Bagi wisatawan yang menyukai seni fotografi, pasti akan mendapatkan banyak sekali foto yang indah dengan nilai estetika.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket

Alamat Pantai Laskar PelangiKredit gambar: Twitter belitunglandscape

Pantai Laskar Pelangi terletak di Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung, Kabupaten Sijuk. Destinasi ini terletak di bagian utara Pulau Belitung, sekitar 30 km dari pusat kota Tanjung Pandan. Untuk mencapai destinasi ini dari Kota Tanjung Pandan, Anda membutuhkan waktu sekitar 40 menit.

Sedangkan jika Anda melakukan perjalanan dari kota Pangkal Pinang akan menempuh perjalanan yang cukup lama. Bagi wisatawan dari Bandara HAS Hanandjoeddin membutuhkan waktu sekitar 40-60 menit untuk sampai ke lokasi tujuan wisata ini.

Ada beberapa jalur untuk menuju pantai indah ini, salah satunya adalah jalur Tanjung Pandan-Tanjung Kelayang. Untuk jalur ini, perjalanan akan memakan waktu sedikit lebih lama, namun Anda akan melewati banyak fasilitas umum seperti restoran, ATM dan fasilitas lainnya. Fasilitas ini mutlak diperlukan bagi wisatawan untuk membeli semua perlengkapan yang diperlukan.

Untuk masuk ke destinasi ini, Anda hanya perlu membayar Rp 10.000, namun belum termasuk biaya parkir kendaraan. Pantai ini memiliki jam buka mulai pukul 06.00 hingga 18.00. Destinasi wisata ini biasanya akan ramai dikunjungi wisatawan saat akhir pekan.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Laskar Pelangi

Aktivitas Seru di Pantai Laskar PelangiKredit gambar: Google Maps oleh Rizky Fadillah

1. Snorkling

Tidak hanya pesona pantainya yang indah, pasir putihnya dan deretan bebatuan granitnya, pantai ini juga memiliki keindahan bawah lautnya, ternyata destinasi ini memiliki keindahan dasar lautnya dimana kita menemukan berbagai jenis terumbu karang. Selain itu, terdapat ribuan gerombolan ikan kecil di dasar pantai ini yang membuat tempat ini cocok sebagai spot snorkeling.

2. Santai

Kawasan pantai Laskar Pelangi memiliki suasana yang sejuk dan tenang karena untuk memasuki kawasan pantai, wisatawan harus masuk melalui sebuah gang. Jadi pantai yang indah ini jauh dari jalan-jalan yang sibuk sehingga Anda bisa merasakan ketenangan untuk bersantai.

Anda juga bisa bersantai di pantai sambil bermain air atau sekedar menikmati deburan air laut saat mengenai kaki Anda. Jika ingin bersantai sambil menjelajahi pantai, Anda bisa menyewa kano dan bersantai dengan tenang.

3. Menikmati matahari terbenam

Aktivitas Seru di Pantai Laskar PelangiKredit Gambar: Google Maps jumnan kuswandana

Saat berkunjung ke destinasi wisata tepi pantai wajib untuk menantikan momen indah ini, sebagai keharusan untuk menikmati keindahan sunset. Namun pantai ini berbeda karena di sini Anda akan menemukan sunset yang lebih indah dari biasanya. Karena di pantai ini menikmati keindahan sunset akan semakin estetis dengan adanya bebatuan granit.

4. Abadikan momen

Saat berkunjung ke Pantai Laskar Pelangi, Anda akan mendapatkan banyak spot foto yang menarik. Spot foto dengan latar belakang keindahan alam di sini, beberapa wisatawan yang datang selalu mencari spot foto yang menurut mereka paling bagus. Ada yang berfoto saat sunset sambil berkano, ada yang mengabadikan momen saat mendaki bongkahan batu granit dan masih banyak lainnya.

Penginapan murah dekat pantai

Penginapan murah dekat pantai laskar pelangiImage credit: Google Maps Hotel Santika Premiere Beach Resort Belitung

1. Santika Premiere Beach Resort Belitung

Berjarak kurang lebih 4,3 km dari pantai, hostel ini termasuk akomodasi dengan kisaran standar biaya sewa. Biaya sewa mulai dari Rp 800.000 – Rp 2.700.000 Dengan biaya tersebut anda akan mendapatkan fasilitas seperti private beach, jacuzzi, spa dan lain-lain.

2. Hotel Lorin Belitung

Hostel ini berjarak sekitar satu mil dari Pantai Laskar Pelangi, jarang cukup dekat dengan destinasi pantai yang indah. Biaya sewa kamar di sini juga relatif terjangkau sekitar Rp 390.000. Fasilitas yang ditawarkan di sini antara lain wifi gratis, transportasi ke terminal ferry dan masih banyak lagi fasilitas lainnya.

3. Pelangi Lake Resort & Hotel Belitung

Hostel ini berjarak sekitar 2,22 km dari Pantai Laskar Pelangi. Hostel ini memiliki bentuk kamar yang unik dan menarik. Beberapa tipe kamar antara lain Regular Cottage, Deluxe Cottage, Super Deluxe, Turtle House, Conch House dan Nias House, masing-masing tipe kamar memiliki fasilitas yang berbeda. Biaya sewa kamar berkisar antara Rp 400.000 hingga Rp 2.000.000.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Memasang Pantai Laskar PelangiKredit Gambar: Prawnche Instagram #FOODVENTURER

Bisa dibilang fasilitas pantai ini sudah memenuhi semua kebutuhan wisatawan. Hanya saja lokasi pantai ini agak jauh dari fasilitas umum seperti ATM dan semacamnya. Beberapa fasilitas tersedia seperti toilet, warung, persewaan perahu dan lain-lain.

Pantai Laskar Pelangi merupakan salah satu destinasi bahari Belitung dengan segudang keindahan yang jarang diketahui wisatawan, baru setelah menjadi lokasi syuting banyak wisatawan yang datang. Sebaiknya jenis destinasi dengan sedikit eksposur ini dipromosikan secara gencar sehingga dikenal dan mendatangkan keuntungan dari segi ekonomi.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button