Pantai Lampuuk, Pantai Pasir Putih Eksotis, Saksi Sejarah Tsunami Aceh - WisataHits
wisatahits

Pantai Lampuuk, Pantai Pasir Putih Eksotis, Saksi Sejarah Tsunami Aceh

Harga tiket: Rp3.000, Jam operasional: 08.00 – 18.30 WIB, Alamat: Masjid Meunasah, Kec. Lhoknga, Kab. Aceh Besar, Aceh; Kasus: Cek lokasi

Pantai Lampuuk merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang terletak di provinsi Aceh. Terletak di bagian barat Aceh, pantai ini berjarak sekitar 17 kilometer dari pusat kota Banda Aceh. Diperkirakan jarak ini dapat ditempuh hanya dalam waktu 30 menit menggunakan kendaraan pribadi bagi pengunjung.

Lampuuk dikenal dengan keindahannya yang luar biasa. Banyaknya pepohonan yang tumbuh di sekitar pantai menjadikan kunjungan ini sangat indah dan rimbun. Pepohonan hijau dengan air laut yang jernih dan pasir putih yang terhampar jauh membuat panorama Lampuuk semakin indah dan khas.

Fakta mengejutkan dari pantai Lampuuk adalah saat terjadi tsunami Aceh tahun 2004 pada tanggal 26 Desember, pantai ini juga ikut hanyut oleh gelombang tsunami. Dan seiring berjalannya waktu, Lampuuk mulai membersihkan puing-puing dari tsunami yang bisa diatasi, dan Lampuuk perlahan kembali.

Atraksi Pantai Lampuuk

Pantai LampukKredit Gambar: Instagram Vincent Jo

Lampuuk merupakan salah satu destinasi wisata pantai yang terkenal terletak di bagian barat Aceh. Setelah berkabung tsunami di Aceh pada tahun 2004, Lampuuk kini kembali dalam keadaan luar biasa bersih. Pemandangan yang disuguhkan akan memanjakan setiap orang yang mengunjungi wisata ini.

1. Berhasil pulih dari tsunami 2004 di Aceh

Bencana tsunami Aceh tahun 2004 termasuk dalam tsunami terbesar yang terjadi di seluruh dunia. Banyak pihak mengalami kerugian mulai dari ratusan hingga miliaran rupiah. Ratusan ribu korban berjatuhan akibat bencana alam tsunami ini. Hal ini juga berimbas pada keberadaan wisata Lampuuk saat itu.

Tsunami raksasa yang terjadi pada tahun 2004 ini memusnahkan wilayah Aceh, tak terkecuali Lampuuk. Letaknya yang berada di dekat pabrik semen, membuat pantai ini nyaris tak terlihat. Namun, seiring berjalannya waktu dan terus dibersihkan, Lampuuk mulai pulih dan kembali cantik.

2. Pemandangan Pantai yang Menakjubkan

Tidak diragukan lagi bahwa pantai terkenal di Aceh ini menawarkan pemandangan pantai yang sangat indah. Hamparan pasir putih bersih yang halus membentang di kawasan pantai dengan air pantai yang jernih, menciptakan sisi lain dari pantai Lampuuk yang sangat indah, asri dan menakjubkan.

Pengunjung dapat melihat keindahan kehidupan bawah laut hanya dengan melihat di atas permukaan pantai. Selain itu pasir halus akan sangat cocok digunakan sebagai tempat bermain anak dalam jarak aman. Jika Anda ingin berlibur bersama keluarga, Lampuuk bisa menjadi pilihan.

3. Deretan pinus

Daya tarik selanjutnya yang tak kalah menarik adalah deretan pohon pinus yang berdiri kokoh hampir di seluruh area pantai ini. Dengan adanya pohon pinus di sekitar pantai, suasana di sekitar Lampuuk semakin asri dan rindang. Ini juga menciptakan suasana sejuk di siang hari.

Tak heran jika pohon pinus di pinggir pantai menjadikannya spot foto alam yang sangat menyatu dengan alam. Pengunjung bisa berfoto di sekitar pohon pinus ini saat berkunjung ke perairan Lampuuk. Anda juga bisa menikmati pemandangan pantai pada siang hari di bawah pohon pinus secara langsung.

Alamat dan petunjuk arah menuju lokasi pantai Lampuuk

Alamat Pantai LampuukKredit gambar: Instagram Aneuk Aceh Travel

Secara geografis, kawasan pantai Lampuuk terletak di Jalan Raya Lampuuk yang merupakan bagian dari kawasan desa Masjid Meunasah. Desa ini terletak di Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar, Nangroe Aceh Darussalam. Daerah ini dekat dengan tempat wisata Aceh lainnya seperti Pulau Weh, Danau Laut Tawar dan Dataran Tinggi Takengon.

Untuk mengunjungi wisata Lampuuk, wisatawan dapat menggunakan kendaraan pribadi. Dengan menempuh waktu tempuh antara 20 hingga 30 menit, Anda bisa sampai ke pantai ini dari pusat Kota Bandar Aceh. Selain kendaraan pribadi, pengunjung juga bisa naik angkutan umum Aceh bernama Labi-labi dengan waktu tempuh sekitar 40 menit.

Secara umum, ada empat jalan atau jalur yang bisa ditempuh wisatawan untuk menuju kawasan Lampuuk. Jalan tersebut diberi nama Jalan Babah Satu ke Jalan Babah Empat. Seringkali jalur Babah Satu dan Dua menjadi jalur Lampuuk bagi wisatawan lokal. Dua jalur berikut ini merupakan jalur bagi wisatawan asing.

Jalur menuju pantai ini cukup bagus dan memadai. Bagi masyarakat agar memberikan akses kendaraan pribadi bagi pengunjung yang ingin datang pada wisata Aceh ini. Pengelola pantai menyediakan tempat parkir bagi pengunjung yang membawa kendaraan pribadinya ke pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Lampuuk

Harga Tiket Pantai LampuukKredit gambar: Twitter agnala

Berlibur di tempat wisata pantai yang indah dengan budget yang murah, murah dan terjangkau tentunya menjadi dambaan setiap orang. Anda juga bisa melakukannya di perairan Pantai Lampuuk. Pengelola pantai mengenakan biaya masuk yang sangat terjangkau dan tidak sebanding dengan keindahan yang disuguhkan.

Untuk bisa menikmati indahnya pemandangan Lampuuk, wisatawan bisa merogoh kocek sebesar Rp3.000,00 per orang. Namun, perlu diingat jika Rp 3.000.00 itu hanya tiket masuk. Biaya tempat parkir di fasilitas yang disediakan dan disewakan menjadi tanggung jawab Anda. Biayanya cukup murah dan terjangkau.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Lampuuk

Kegiatan yang dilakukan di Pantai LampuukKredit gambar: Facebook Rio Aditama

1. Nikmati pemandangan pantai yang indah

Garis pantai di perairan Lampuuk cukup panjang. Memiliki panjang hingga 5 kilometer, menciptakan teluk kecil yang membuat Lampuuk semakin indah dan asri. Warna air lautnya yang biru cenderung hijau menambah keindahan pantai di Aceh ini. Tak heran jika saat liburan, pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan.

2. Berselancar

Karakteristik gelombang di perairan Pantai Lampuuk tergolong besar, namun masih dalam batas aman. Ombak jenis ini sangat baik digunakan sebagai spot surfing. Tak heran jika Lampuuk dimotori oleh para pecinta olahraga papan, baik wisatawan lokal maupun mancanegara. Seolah-olah Lampuuk adalah Kuta-nya Aceh.

3. Berenang

Meski ombak di perairan Lampuuk cukup besar, namun pantai ini tetap bisa dijadikan tempat berenang yang aman. Ini akan menjadi kegiatan yang menyenangkan selama liburan tamasya Lampuuk Anda. Pengelola juga menawarkan fasilitas penyewaan pelampung yang dapat dimanfaatkan pengunjung dengan harga sewa yang murah dan terjangkau.

4. Naik Jet Sky

Aktivitas di Pantai LampuukKredit gambar: Facebook Henni Mentari Rambe I

Aktivitas menarik lainnya adalah penyewaan fasilitas jet sky. Pengunjung dapat menaiki jet sky untuk menikmati keindahan perairan pantai Lampuuk yang mengelilingi kawasan pantai yang luas. Ombak akan menciptakan sensasi tersendiri yang bisa Anda nikmati saat menaiki wahana mendebarkan ini.

5. Sewa banana boat

Berlibur ke pantai tidak lengkap rasanya tanpa menaiki banana boat. Pengunjung yang menyukai wahana adrenalin bisa menyewa banana boat yang disediakan. Ikuti tur ini bersama teman-teman Anda. Ingatlah untuk menggunakan peralatan keselamatan yang telah disediakan agar keselamatan tetap terjaga dan tetap aman.

6. Ada penangkaran penyu

Selain kegiatan seru di atas, ada kegiatan edukasi menarik yang bisa dilakukan di wisata Lampuuk, yaitu budidaya penyu. Konservasi ini terletak di kawasan jalan Babah Dua yang biasa digunakan oleh wisatawan lokal. Penangkaran ini dapat dijadikan sebagai salah satu cara mendidik anak, sekaligus pentingnya menjaga kelestarian alam.

Penginapan murah di sekitar pantai

Akomodasi di sekitar pantaiKredit gambar: Twitter Tripadvisor

1. Panglima Pole Aceh

Panglima Polem Aceh dikenal sebagai hostel dengan pelayanan yang ramah, serta kamar yang bersih dan nyaman. Penawaran gratis yaitu parkir gratis banyak dicari oleh wisatawan. Hostel ini cocok untuk Anda jadikan referensi.

2. Rumah Rudi

Penginapan selanjutnya di sekitar kawasan pantai Lampuuk adalah rumah Rudi. Tata letak kamar yang estetis dengan akses langsung ke pantai dan akses WiFi 24 jam menjadikannya tempat menginap yang sangat direkomendasikan.

3. Joel’s Bungalows Lampuuk

Selanjutnya, Joel’s Bungalows Lampuuk. Hostel ini merupakan hostel yang paling dekat dengan pantai. Ada fasilitas snorkeling dan diving yang sengaja disediakan oleh pengelola. Joel’s Bungalows sangat cocok untuk penggemar snorkeling.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Lampuuk, Aceh Besar

Fasilitas di Pantai LampuukKredit gambar: Twitter @iloveaceh

Berbagai fasilitas yang disediakan oleh pengelola Pantai Lampuuk bisa dinikmati dengan leluasa oleh wisatawan. Fasilitas tersebut meliputi berbagai jalan-jalan pantai dengan biaya sewa yang sangat terjangkau. Pelayanan yang diberikan tentunya sangat nyaman dan membuat wisatawan betah berada di Lampuuk.

Wisatawan juga dapat memanfaatkan fasilitas penunjang lainnya, seperti tempat parkir, warung dan tempat makan yang tersedia. Ada berbagai menu khas yang disuguhkan oleh tempat-tempat ini. Ini juga merupakan bentuk pelayanan bagi wisatawan yang menghabiskan liburannya di sini.

Informasi pantai Lampuuk diatas bisa dijadikan referensi saat berkunjung ke wisata perairan Aceh ini. Berkunjung ke destinasi wisata satu-satunya ini dijamin akan terbuai dengan Lampuuk yang luar biasa. Tiket masuk yang terjangkau juga menjadi daya tarik tersendiri.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button