Tiket PANTAI PANGANDARAN dan 9 Aktivitas Seru - WisataHits
wisatahits

Tiket PANTAI PANGANDARAN dan 9 Aktivitas Seru

Harga tiket masuk pantai pangandaran : Rp 10.000 – Rp 515.000 Jam buka : 09:00 – 21:00 No. Telepon: -Alamat: Pananjung, Pangandaran, Ciamis, Jawa Barat, Indonesia, 46396

Pantai Pangandaran merupakan wisata pantai yang berlokasi di daerah Ciamis tepatnya di Desa Pananjung. Pantai ini dinobatkan oleh AsiaRooms sebagai pantai terbaik di provinsi Jawa Barat. Juga, telah diusulkan untuk menjadi UNESCO Global Geopark untuk menjadikannya pariwisata kelas dunia.

Pantainya landai dengan pasir putih dan air yang jernih. Jarak antara pasang dan surut relatif jauh, sehingga aman untuk berenang. Destinasi wisata ini memungkinkan wisatawan untuk menikmati sunrise dan sunset dari satu tempat yang sama.

Harga Tiket Masuk Pantai Pangandaran

Untuk memasuki kawasan wisata pantai, pengunjung perlu menyiapkan tiket masuk. Harga tiket masuknya cukup murah dan berlaku sama setiap harinya. Tidak ada perbedaan tiket antara anak-anak dan orang dewasa.

Biaya masuk
Tiket masuk pejalan kaki Rp 10.000
Tiket masuk sepeda motor Rp 20.000
Tiket masuk Jeep/Sedan Rp60.000
Tiket masuk minibus kecil Rp 95.000
Tiket Masuk Big Mini Bus Rp 135.000
Tiket masuk bus kecil Rp 205.000
Tiket masuk bus sedang Rp 295.000
Tiket masuk bus besar Rp515.000

Baca: Tiket Masuk Pantai Timur Pangandaran dan Aneka Wahananya

Jam buka

Pantai ini terbuka untuk umum dari pagi hingga sore hari. Bagi yang tidak ingin berenang bisa berkunjung sore hari untuk menikmati suasana pantai yang lebih tenang.

Waktu operasional
Senin minggu 09.00 – 21.00

Aktivitas dan wahana

Obyek wisata Pantai Pangandaran merupakan pantai terindah di Jawa Barat. Daerah ini juga memiliki taman laut dengan ikan dan biota laut yang mempesona. Pantai ini selalu menjadi incaran wisatawan dari berbagai daerah, terutama pada puncak perayaan tahun baru.

Wisatawan dapat menyaksikan matahari terbit di pantai timur Pangandaran dan matahari terbenam di pantai barat. Berbagai kegiatan seperti berenang, berperahu pesiar, memancing, dan menyusuri pantai dilakukan di sini. Berbagai acara sering diadakan seperti upacara Hajat Laut dan festival layang-layang internasional.

Jelajahi sepanjang pantai

wisatawan dapat berjalan-jalan di sepanjang pantai dengan menunggang kudaWisatawan dapat melakukan aktivitas berkuda di sepanjang garis pantai. Foto: Google Maps/Juli Astuti

Di Pantai Pangandaran, wisatawan bisa menikmati cakrawala Samudera Hindia dengan nuansa semilir angin laut. Pantai ini terkenal dengan keindahan pasir hitam dan pasir putihnya.

Wisatawan bisa menyusuri pantai untuk merasakan tekstur pasirnya. Berjalan-jalan, wisatawan bisa menikmati keindahan alam Pantai Pangandaran dan segarnya udara pantai. Anda juga bisa menyewa sepeda atau menunggang kuda di sepanjang pantai.

Baca: Tiket Masuk Pantai Santolo dan 9 Aneka Kegiatan Wisata Seru

Berenang di pantai pasir putih

Pangandaran merupakan bagian dari pantai selatan pulau Jawa yang terkenal dengan ombaknya yang besar. Namun, pantainya landai dengan waktu yang relatif lama antara pasang dan surut. Hal ini memungkinkan wisatawan untuk berenang di pantai yang dangkal dengan ombak yang tenang.

Banyak juga wisatawan yang bermain di pasir pantai karena suasananya yang sejuk.

Kendaraan Olahraga bahari di pantai Pangandaran

wahana banana boatBanana Boat adalah salah satu pendukung kegiatan air bagi wisatawan. Foto: Instagram/pangandaran_beach_sule

Pantai Pangandaran memiliki berbagai fasilitas yang mendukung aktivitas olahraga air bagi para wisatawan. Salah satunya adalah kendaraan perahu pisang dan jet ski yang juga merupakan sarana untuk berkeliling di perairan pantai.

Wisatawan juga bisa menikmati keindahan bawah laut dan terumbu karang di atas pasir putih. juga bisa melakukannya lompat pantai‘melompat’ dari pantai ke pantai di sepanjang pantai.

Pemandangan bawah laut Pantai Pangandaran

Panorama bawah laut yang megah juga menjadi salah satu daya tarik wisata Pantai Pangandaran. Bentang alam bawah lautnya lengkap dengan terumbu karang dan beragam ikan berwarna-warni.

Untuk menyaksikan alam bawah laut, wisatawan bisa pergi ke pantai pasir putih. Tempat ini terkenal dengan pasir putihnya yang indah. Alih-alih ke sana, wisatawan bisa berkeliling cagar alam atau menggunakan perahu.

Keanekaragaman biota di taman laut dapat dieksplorasi dengan berbagai cara.tuba atau di kapal pesiar. Wisatawan juga bisa menikmati keindahan pasir putih dan sejuknya keindahan hutan cagar alam.

Matahari terbenam dan matahari terbit di pantai Pangandaran

sunset dan sunrise di pantai PangandaranDi bagian barat Pantai Pangandaran pada sore hari, wisatawan bisa melihat indahnya matahari terbenam. Foto: Instagram/pnd_photography

Pesona pantai pangandaran yang selalu diburu oleh para wisatawan adalah momennya Matahari terbit dan matahari terbenam. Secara khusus, dua momen ini bisa dinikmati dari satu tempat. Di sini wisatawan bisa menyaksikan dan mengagumi indahnya matahari terbit dan terbenam.

Jika wisatawan datang pada pagi hari, mereka berkesempatan untuk melihat matahari terbit di sebelah timur. Sedangkan di pantai barat pada sore hari anda akan melihat sunset yang indah.

Pengangkutan ikan hasil tangkapan nelayan

berlayar dan menangkap ikan bersama nelayanWisatawan dapat merasakan serunya berlayar dan memancing jaring di Pantai Pangandaran. Foto: Google Maps/juna 168

Pantai Pangandaran dikenal sebagai dermaga pemancingan karena banyak nelayan yang berlayar mencari ikan. Di pantai selatan juga terdapat tempat pelelangan ikan hasil tangkapan langsung ke nelayan setelah melaut, selain itu wisatawan dapat merasakan sensasi berlayar dan menangkap ikan di pantai ini.

Salah satu kegiatan rutin di pantai ini adalah mengumpulkan ikan dan warga sekitar di pantai. Jaring Arad/Ered/Tarik adalah alat tangkap yang jaringnya ditarik dari sisi kanan dan kiri. Setiap kamp terdiri dari 6 hingga 10 orang yang menarik jaring dari pantai.

Wisatawan juga dapat mengikuti kegiatan membantu menarik hasil tangkapan nelayan Pangandaran. Saat perahu nelayan hendak berlabuh di pantai, puluhan orang berbondong-bondong menarik perahu tersebut. Suasana begitu riuh, para nelayan yang baru kembali melaut saling membantu.

Berbagai event nasional dan internasional

Festival Layang-Layang Internasional Pangandaran di Pantai PangandaranFestival Layang-Layang Internasional Pangandaran biasanya berlangsung pada bulan Juni atau Juli.
Foto: Instagram/crazy_art_photography

Kadang-kadang, beberapa acara berlangsung di Pantai Pangandaran. Berbagai perayaan dan festival tahunan diselenggarakan oleh pemerintah daerah melalui pengelola dan anggota masyarakat. Hal ini menambah daya tarik Pantai Pangandaran dan meningkatkan jumlah wisatawan yang semakin banyak.

Menyelenggarakan acara adat seperti Hajat Laut sebagai upacara membuang sesaji ke laut lepas, para nelayan Pangandaran menganggapnya sebagai wujud rasa syukur mereka atas rahmat Tuhan Yang Maha Esa. Acara ini biasanya berlangsung setiap tahun di bulan Suro pada penanggalan Jawa.

Sedangkan acara wisata bertaraf internasional di pantai pangandaran yaitu international kite festival. Festival Layang-Layang Internasional Pangandaran Ini biasanya diadakan setiap bulan Juni atau Juli. Puluhan ribu turis lokal dan mancanegara berduyun-duyun datang ke festival yang dimeriahkan konser musik dan ronggeng tersebut.

Wisata Kuliner di Pantai Pangandaran

Di Pantai Pangandaran, wisatawan bisa mencoba berbagai jenis olahan seafood. Berbagai jenis olahan ikan, cumi, kepiting, udang dan hasil laut lainnya menjadi santapan wajib. Aneka menu seafood tersedia di restoran dan warung makan yang ditawarkan di kawasan pantai.

Dengan harga yang ekonomis, Pantai Timur merupakan surganya penikmat makanan laut atau seafood makanan laut.

Kunjungi 3 spot Prima Donna

  1. Pantai Pananjung, terletak di sisi barat dengan ombak yang akrab di hutan perbukitan. Daerah dengan gua alami dan bunker Jepang ini adalah tempat perlindungan bagi monyet dan rusa. Mendaki bukit, Anda bisa melihat air terjun yang indah dan luasnya keindahan Pantai Pananjung.
  2. Pantai Timur, memanjakan wisatawan dengan kelezatan seafood, mulai dari warung makan hingga restoran yang menyajikan menu-menu basic seafood, dilengkapi dengan pasar ikan, tempat ini menjadi pilihan wisatawan untuk membeli ikan segar sebagai oleh-oleh. Wahana air seperti jet ski dan perahu pisang juga ditawarkan di sini.
  3. Belanja suvenirMakanan khas Pangandaran yaitu ikan asin Jambal Roti menjadi oleh-oleh yang diincar wisatawan. Bagi pecinta karya seni, ada pernak-pernik berbahan kulit kerang dan sejenisnya. Selain itu, ada juga kaos, topi, celana pendek dan baju renang.

Meredakan

Fasilitas pendukung obyek wisata di Pantai Pangandaran cukup lengkap. Seperti tersedianya tempat parkir yang cukup luas, lifeguard, pemandu wisata dan pusat informasi. Selain itu, ada layanan pos, telekomunikasi dan penukar uangkafe, berbagai penginapan.

Penyewaan sepeda atau kendaraan bermotor roda empat dapat ditemukan di seluruh kawasan. Delman atau kereta ekskursi dan kapal ekskursi juga digunakan untuk menikmati panorama pantai dengan nyaman.

Lokasi Pantai Pangandaran

Destinasi wisata primadona di Jawa Barat ini terletak di Desa Pananjung, Kecamatan Pangandaran, Kabupaten Ciamis.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button