Pantai Bukit Berahu, pantai indah dengan bebatuan granit eksotis di Belitung - WisataHits
wisatahits

Pantai Bukit Berahu, pantai indah dengan bebatuan granit eksotis di Belitung

Pantai Bukit Berahu, pantai indah dengan bebatuan granit eksotis di Belitung
Harga tiket: Rp 2.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Bugis, Tanjung Binga, Kec. Sijuk, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Bukit Berahu merupakan salah satu pantai di Kepulauan Bangka Belitung dengan pemandangan alam yang eksotis. Memang tidak begitu terkenal dibandingkan dengan pantai-pantai lain di kepulauan yang sama. Namun, setiap pengunjung yang datang pasti dibuat takjub dengan fenomena alam yang unik dan tidak biasa.

Setiap harinya, lebih dari ratusan pengunjung datang untuk menikmati pesona alamnya. Bahkan, jumlahnya selalu bertambah seiring bertambahnya polaritas, terutama saat liburan. Seperti halnya pantai-pantai di Pulau Belitung, kekhasannya adalah Anda bisa menemukan bebatuan granit yang tersebar di beberapa titik yang tidak rata.

Mungkin anda bingung dengan yang namanya pantai dan bukit. Padahal, pantai ini terletak di balik bukit, sehingga Anda harus turun sedikit untuk sampai ke sana. Berahu dalam bahasa setempat berarti perahu, nama itu diambil karena bukit tempat persembunyian pantai indah ini terlihat seperti perahu terbalik.

Objek Wisata Pantai Bukit Berahu

Daya Tarik Pantai Berahu Bukit BelitungFoto oleh Andaru Pinasthika di Google Maps

Selain kemungkinan memiliki pertanyaan tentang nama Pantai Bukit Berahu, mungkin Anda juga bertanya apa daya tariknya. Setiap objek wisata tentunya memiliki daya tarik tersendiri. Hal inilah yang membuat pantai eksotis ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama yang tinggal di kawasan sekitar.

✦ Keindahan Pantai Bukit Berahu

Keindahan adalah daya tarik utama yang bisa Anda dapatkan saat berkunjung ke tempat wisata ini. Objek pertama yang bisa diapresiasi keindahannya adalah hamparan pasir putih yang luas. Dari kejauhan terlihat pasir putihnya sedikit memeluk pantulan cahaya saat terkena sinar matahari. Tekstur pasirnya yang lembut dan berbutir halus menambah kenyamanan saat Anda berjalan di atasnya.

Belum sempat saya berhenti mengagumi, bongkahan batu granit dengan berbagai ukuran turut menghiasi keindahan Pantai Bukit Berahu. Meski tidak terlalu banyak seperti di pantai-pantai lain di Bangka Belitung, namun keberadaannya menambah panorama alam yang terbentuk secara alami.

Pada sore dan malam hari, perahu-perahu nelayan yang berlabuh di bibir pantai tidak mengurangi keindahannya. Justru perahu dengan ukuran yang cukup besar menjadi pemandangan lain yang layak untuk dinikmati. Pada malam hari, perahu nelayan keluar mencari ikan dengan lampu berwarna sebagai alat pengaman.

✦ Cat air yang menawan

Daya tarik selanjutnya adalah keindahan air di pantai yang indah ini. Jika di tempat lain hanya ada satu atau dua warna, di sini Anda mendapatkan tiga warna sekaligus. Di tepi pantai Bukit Berahu dengan air berwarna biru tua, agak ke tengah airnya berwarna hijau tosca dan di tengah pantai airnya berwarna biru muda.

Terkadang tiga warna air menjadi satu warna, sehingga tidak terlihat keindahannya. Namun kejernihan airnya tetap sama, pengunjung bisa melihat biota dasar laut yang sebagian besar dihuni oleh terumbu karang dan ikan-ikan kecil yang mengelilinginya. Pesona airnya tidak berhenti sampai disitu, gulungan ombak di air laut menambah eksotisme pantai yang menawan ini.

✦ Perbukitan yang indah

Jika Anda pernah melihat Gunung Tangkuban Perahu, bukit itulah yang menyembunyikan keindahan pantai ini. Anda bisa melihat pesonanya dari jauh saat menuju lokasi. Bukan berarti keindahannya hilang saat tiba di tempat kejadian. Seperti perbukitan, berbagai pepohonan rindang menghiasi setiap sudutnya.

Sedikit berbeda dengan pantai di tempat lain yang sebagian besar didominasi oleh pohon kelapa. Namun, keindahan hijaunya pohon cukup memanjakan mata. Jarak dari bukit ke Pantai Bukit Berahu tidak jauh, pengunjung hanya perlu berjalan kaki menuruni bukit dalam beberapa menit.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Bukit Berahu, BelitungFoto Porthos Hananto di Google Maps

Meski lokasinya terpencil dan cukup sulit dijangkau, bukan berarti tidak bisa ditemukan. Alamat lengkapnya di Jl. Bugis, Tanjung Binga, Kecamatan Sijuk, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Dari pusat kota Tanjung Pandan membutuhkan waktu sekitar 45 menit dan jarak tempuh sekitar 30 kilometer.

Anda disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau rental selama berkunjung. Pasalnya, angkutan umum di Pantai Bukit Berahu masih sangat minim. Bagi Anda yang berasal dari luar Kepulauan Bangka Belitung, silakan terbang ke Bandara Hanandjoeddin. Mulai saat itu, silakan gunakan kendaraan sewaan yang banyak tersedia.

Khusus wisatawan lokal dan menggunakan kendaraan pribadi, arahkan kendaraan ke Jalan Sudirman. Setelah sampai, lanjutkan perjalanan ke Jalan Tanjung Pandan. Temukan dan masuki desa Tanjung karena tempat wisata kali ini ada di desa ini. Jika Anda sudah memasuki desa, Anda harus mendengar suara deburan ombak.

Harga tiket masuk dan jam buka

Menikmati panorama alam Pantai Bukit Berahu tidak mengharuskan Anda mengeluarkan biaya yang mahal. Untuk tiket masuk, Anda hanya membutuhkan 2000 rupee per orang. Tidak ada perbedaan harga antara dewasa dan anak-anak, kecuali untuk wisatawan mancanegara yang mungkin sedikit lebih mahal. Dana tersebut digunakan untuk pengembangan potensi wisata yang semakin dihargai.

Selain harga tiket masuk yang disebutkan di atas, harus ada biaya lain yang harus dikeluarkan. Tuduhan yang dimaksud menyangkut parkir kendaraan. Cukup murah tentunya hanya 2.000 untuk roda dua dan 5.000 untuk mobil. Tentu saja tiket parkir yang dimaksud hanya berlaku bagi Anda yang datang dengan membawa kendaraan pribadi.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas di Pantai Berahu Bukit BelitungFoto oleh Aaron Lisandrio di Google Maps

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan saat mengunjungi Pantai Bukit Berahu. Mulai dari aktivitas ringan hingga berat, semua bisa Anda lakukan di sini. Selain itu, sebagian besar kegiatan dapat dilakukan secara berkelompok. Nikmati kegiatan yang telah kami rangkum di bawah ini!

1. Menikmati keindahan Pantai Bukit Berahu

Dengan kelengkapan panorama alam tersebut di atas, sayang jika kegiatan ini tidak dilakukan. Keindahan pantai yang menyatu dengan bukit ini tentu jarang ditemui di tempat lain. Di depan pemandangan, ada ombak yang berlari menuju pantai. Terkadang ombak menghantam bebatuan granit di tepiannya.

Perahu nelayan yang berlabuh tampil cantik dengan berbagai warna cat yang cerah. Keindahan semakin terlihat ketika sinar matahari mencoba menembus cat perahu. Sedangkan di belakang Anda bisa melihat pesona indah bukit yang terlihat seperti perahu terbalik. Di sisi bukit dihiasi dengan berbagai pohon rindang. Bukit ini juga dilengkapi dengan berbagai fasilitas pendukung untuk wisatawan.

2. Menunggu matahari terbenam

Aktivitas paling tidak menyenangkan menanti, Anda pasti setuju dengan itu. Tapi sambil menunggu matahari terbenam di Pantai Bukit Berahu, worth to wait. Keindahan matahari yang mundur menjadikan pesona indah yang ditunggu-tunggu oleh banyak wisatawan.

Cahaya yang semula terang perlahan berubah menjadi kuning jingga. Awan yang menghiasi langit menambah panorama terindah. Sinar matahari yang menyinari awan sepertinya tidak mampu menembusnya. Keindahan tidak hanya sampai disitu, coba lihat pantulan cahaya jingga di air laut, sungguh indah dan membuat suasana semakin syahdu.

3. Berburu spot foto

Salah satu kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat berada di Pantai Bukit Berahu adalah mencari spot foto. Tidak ada spot khusus yang sengaja dibangun, semua spot liar. Namun, keindahannya tidak bisa diabaikan. Contohnya adalah tumpukan batu granit di pantai. Mengambil laut sebagai latar belakang, bidikannya pasti sangat indah.

Contoh selanjutnya adalah mengambil background perahu nelayan. Variasi warna perahu tentu saja bisa mempercantik warna latar belakang foto. Apalagi jika Anda mengambil foto di sore hari, saat itu adalah fenomena alam yang ditunggu-tunggu, yaitu matahari terbenam.

4. Berenang di kolam renang

Meskipun Anda bisa berenang langsung di pantai Bukit Berahu, alangkah baiknya jika Anda melakukannya di kolam. Inilah salah satu perbedaan dengan pantai di tempat lain. Di atas bukit terdapat kolam renang yang bisa Anda lakukan aktivitas menarik lainnya.

Walaupun kolam yang tersedia tidak banyak, setidaknya bisa menambah keseruan liburan Anda. Apalagi jika bisa melihat pemandangan pantai dari atas bukit. Jika cuaca sedang cerah, keindahan yang ditampilkan akan semakin menakjubkan. Angin sepoi-sepoi khas pantai indah ini juga semakin terasa saat berada di kolam renang di puncak bukit ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Berahu Bukit BelitungGambar oleh Peternakan Tour_Travel di Twitter

Seperti objek wisata di tempat lain, pantai eksotis ini juga dilengkapi fasilitas untuk memenuhi kebutuhan wisatawan. Toilet atau kamar mandi tersedia dalam kondisi bersih dan terawat.

Tersedia pula musholla dan parkir luas yang sepenuhnya menjadi tanggung jawab pengelola. Bagi anda yang ingin menginap, silahkan menggunakan fasilitas villa yang tersedia di atas bukit.

Itulah beberapa hal yang harus Anda ketahui sebelum mengunjungi Pantai Bukit Berahu. Mulai dari atraksi, alamat, harga tiket masuk, hingga aktivitas menarik, semuanya dijelaskan. Keindahan dan eksotismenya tentu sayang untuk dilewatkan. Jadi pastikan untuk mengunjungi ketika Anda berada di dekat lokasi wisata yang dimaksud.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button