Ratusan pengendara sepeda mencoba Rute Pendakian Gua Selarong - WisataHits
Yogyakarta

Ratusan pengendara sepeda mencoba Rute Pendakian Gua Selarong

Harianjogja.com, JOGJA–Ratusan pesepeda dari berbagai kotamadya di Jogja mengikuti kegiatan bersepeda dalam rangkaian acara Road to Pru Ride 2022 pada Sabtu (9/10/2022). Para pesepeda akan menempuh rute pendek sekitar 45 kilometer dari kota Jogja menuju kawasan wisata Selarong, Pajangan, Bantul.

Para pengendara sepeda mulai dari Jogja Bike menuju Jalan RE Martadinata kemudian melanjutkan perjalanan ke Jalan Jogja-Wates di kawasan Gesikan Sedayu, Bantul. Selanjutnya, berkendara ke Jalan Pajangan, Gua Selarong, Bugisan dan kembali ke kota Jogja. Peserta diajak menikmati tempat-tempat menarik terutama di sekitar Gua Selarong, Pajangan, Bantul.

“Untuk ride bareng di Jogja, ini adalah rangkaian jalan menuju Pru Ride Indonesia 2022 yang rencananya akan kami selenggarakan di Bandung pada 29 Oktober mendatang. Omong-omong, di Jogja animo pesepeda sangat tinggi, komunitasnya banyak dan saat ini kami memelihara roadbike yang mengambil rute agak ke selatan kota Jogja,” kata Dian Budiani, Chief Operations & Health Officer Prudential, di Jumat (9.9.2022) di Kota Jogja.

DIDUKUNG: Dilarang Parkir di Jalan Gambiran Jogja yang sempit

Pengendara sepeda bisa menikmati sejumlah jalur di kawasan Pajangan, di mana terdapat spot-spot menarik di beberapa tempat. Selain itu, terdapat beberapa tantangan seperti menanjak dan menurun, sehingga cukup menantang bagi masyarakat khususnya di daerah Selarong, Pajangan dan Bantul. Sejauh jenis tur sepeda jalan yang bersangkutan. Dian mengatakan Jogja adalah kota ketiga untuk pre-event dan telah menunjukkan pesepeda paling tertarik.

Baca juga: Wisata Jogja Bangkit, 350 Pesepeda Akan Revitalisasi Rute 110 Kilometer

“Sebenarnya kami targetkan hanya 100 peserta, tapi peminatnya sangat besar sehingga hingga 173 peserta berasal dari berbagai komunitas bersepeda di Jogja. Tapi fokusnya di roadbike, treknya juga ada tanjakan [kawasan Gua Selarong],” dia berkata.

Ia mengatakan para pebalap di Jogja ditantang untuk mengikuti rute sejauh 135 kilometer untuk kategori balap Gran Fondo dan 70 kilometer untuk Media Fondo di Bandung. Selain fun ride, juga akan ada virtual ride yang bisa dilakukan di kota masing-masing peserta mulai 29 Oktober hingga 6 November 2022. Peserta virtual dapat menyelesaikan tantangan yang telah mereka pilih langkah demi langkah atau secara langsung dan merekamnya melalui aplikasi 99 balapan virtual.

“Tidak hanya balapan yang cepat, tetapi juga menyenangkan di mana model pengendara sering berhenti dan mengambil gambar. Dan kami berharap komunitas sepeda Jogja bisa bergabung. Karena untuk pre-event banyak peminatnya,” ujarnya.

Source: wisata.harianjogja.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button