Selecta Malang - WisataHits
wisatahits

Selecta Malang

Selecta Malang

Taman Selecta Malang atau sering disebut Selecta Malang merupakan salah satu objek wisata alam yang ada di Kota Batu, Malang, Jawa Timur. Obyek wisata ini cukup terkenal di kalangan wisatawan lokal maupun mancanegara karena pesona dan daya tariknya yang tiada tara.

Jika kebetulan Anda sedang berada di Kota Batu atau kota lain di Jawa Timur, terutama dalam perjalanan wisata, maka pastikan untuk mengunjungi tempat wisata Selecta Malang yang merupakan salah satu tempat wisata favorit di Jawa Timur.

Lantas, apa yang menarik dari taman bunga di Malang ini? Yuk, baca terus untuk menemukan jawabannya.

selecta-malang-java-est

Selecta Malang

Taman Selecta Malang menawarkan pesona keindahan dataran tinggi dengan pemandangan alam yang indah, serta udara yang segar.

Taman ini memiliki bentuk lanskap taman yang berisi aneka bentuk dan warna bunga, serta penambahan beberapa permainan untuk memberikan pilihan aktivitas bagi setiap pengunjung yang datang.

Taman ini memiliki luas total sekitar 20 hektar, namun hanya sekitar 8 hektar dari total luas yang dijadikan taman. Nah, di lahan seluas 8 hektar ini dibuat petak-petak taman yang masing-masing berisi bunga dengan jenis berbeda.

Selain menawarkan keindahan taman bunga, tempat wisata di Kota Batu juga menawarkan banyak wahana yang bisa dimainkan.mengeksplorasi pengunjung.

Wahana tersebut antara lain kolam renang, wahana kiddie, sepeda udara, flying fox, ayunan, wahana kuda, bioskop 4D, taman bermain dan masih banyak lagi.

pilih-miskin-gambarmelalui instagram/retno_lia

Perlu diketahui bahwa tempat wisata ini merupakan salah satu tempat wisata legendaris di Jawa Timur. Alasannya tak lain karena Kebun Bunga Selecta Malang bukanlah tempat wisata yang baru dibangun seperti misalnya Ufo Park Malang yang baru diperkenalkan pada Maret 2019 kemarin.

Sama, Taman Selecta Malang sudah ada dan dikenal sebagai tempat wisata jauh sebelum objek wisata Jawa Timur lainnya seperti Jatim Park, Taman Kelinci atau Museum Angkut tampak meramaikan kancah wisata Jawa Timur Jawa Timur.

Menurut data sejarah Selecta Malang, tempat wisata ini sudah berdiri dan dibuka untuk kunjungan wisatawan sejak tahun 1950, setelah menjadi tempat peristirahatan Belanda pada masa penjajahan, dan juga dijadikan tempat persinggahan Presiden Soekarno dan wakilnya. Bung Hatta.

Maka dari itu, tidak heran jika Selecta Malang menjadi salah satu tempat wisata di Jawa Timur yang sangat terkenal dan digandrungi khususnya di Kota Batu.

UNTUK INFORMASI ANDA. Pembangunan taman ini memakan waktu sekitar 8 tahun, dari tahun 1920 hingga 1928. Sebelum menjadi tempat wisata, taman ini hanya untuk orang-orang Belanda yang datang ke Indonesia.

selecta-malang-ticket-2019via instagram/tinuk_apriliana

Lokasi Selecta Malang

Lokasi Selecta Malang berlokasi di Desa Tulungrejo, Bumiaji, Batu, Jawa Timur.

Jika Anda mengaksesnya dari pusat kota Malang, dibutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dengan jarak tempuh 25 kilometer.

Sedangkan jika diakses dari pusat kota Batu, jaraknya cukup dekat sekitar 4 kilometer dan dapat ditempuh hanya dalam waktu sekitar 21 menit berkendara.

Lalu mengenai rute yang bisa ditempuh untuk menuju lokasi wisata Selecta Malang, Anda bisa memilih rute dari pusat kota Malang menuju alun-alun kota yang dilanjutkan ke Jalan Gajah Mada.

Dari Jalan Gajah Mada terus sampai beberapa ratus meter lagi Anda akan menemukan kantor bank BCA. Di sekitar tempat ini anda akan menemukan banyak pemandu yang bisa menjadi pemandu untuk mengarahkan anda ke taman bunga Selecta Malang.

Baca juga : Coban Talun Malang

Selecta-poor-flower-tamanmelalui instagram/thorickmoch

Harga Tiket Masuk Selecta Malang

Harga tiket masuk Selecta Malang cukup terjangkau. untuk masuk anda hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp 25.000 per orang.

Lucunya, jika datang berombongan ke tempat wisata ini, harga tiketnya akan lebih murah yakni hanya Rp 20.000 per orang dengan catatan rombongan lebih dari atau sama dengan 25 orang.

Namun selain membayar tiket masuk, beberapa wahana dan fasilitas di tempat wisata ini juga mengharuskan pengunjung membayar sewa wahana atau tiket sebelum mencobanya.

Dan berikut beberapa wahana berbayar di Selecta Malang beserta harga tiketnya:

  • Sky Bike – Rp 20.000
  • Perahu bebek – Rp 15.000
  • Kora-kora – Rp 10.000
  • Rubah terbang – Rp 20.000
  • Menunggang kuda – Rp 10.000
  • Naik untuk anak-anak – Rp 5.000
  • Mandi air panas – Rp 5.000
  • Taman bermain – Rp 10.000

Selain tiket masuk dan tiket wahana, Anda juga wajib membayar biaya parkir kendaraan dengan tarif sebagai berikut:

  • Sepeda Motor – Rp 5.000
  • Mobil – Rp 10.000
  • Bus – Rp 20.000

pilih-malang-jam bukamelalui instagram/matusqueen94

Fasilitas Malang Selecta

Perlengkapan yang tersedia di lokasi wisata taman bunga Selecta Malang tentu saja itu sudah cukup. Selain fasilitas dan wahana berbayar, terdapat juga fasilitas umum seperti tempat parkir yang luas, mushola, toilet, dan restoran yang menawarkan berbagai kuliner khas Jawa Timur.

Baca juga : Taman Hutan Raya Mojosemi Sarangan

Akomodasi di Selecta Malang

Bagi pengunjung yang ingin menginap di sekitar tempat wisata Selecta Malang, pihak pengelola juga telah menyiapkan beberapa tempat untuk bermalam atau menginap di Selecta Malang. Anda bisa memilih penginapan berupa hotel dengan harga sewa Rp 600.000 per malam, atau bisa juga memilih penginapan berupa cottage dengan tarif lebih mahal Rp 2.300.000 per malam.

Wahana dan aktivitas yang menarik untuk dilakukan

Menjajal semua wahana yang ada di Taman Selecta Malang tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, bagi Anda yang tidak memilikinya anggaran liburan dalam jumlah banyak, beberapa tempat wisata unik dan menarik di bawah ini bisa Anda prioritaskan dibandingkan tempat wisata lainnya.

Berikut wahana menarik di Selecta Malang serta aktivitas yang bisa Anda lakukan:

sepeda langit

Selain menyenangkan, wahana ini juga merupakan wahana yang sangat unik. Oleh karena itu, tidak heran jika wahana ini selalu ramai dikunjungi pengunjung yang datang ke Selecta Malang.

Wahana sky bike berbentuk lingkaran yang dapat dikendarai oleh 2 orang dan akan membuat Anda meluncur di atas taman bunga.

Dari sky bike, Anda bisa menikmati setiap sudut taman bunga sambil sesekali memotret taman bunga atau berfoto.selfie pada latar belakang bunga berwarna-warni.

Ada juga wahana sepeda menuju tempat wisata Kebun Bunga Batu Coban Rais Malang. Tapi bentuknya lebih mirip sepeda aslinya dan bukan yang dari tempat ini.

selecta-malang-2019melalui instagram/akuu_shofie

rubah terbang

Bagi Anda yang menyukai permainan adrenalin, wajib bagi Anda untuk mencoba wahana flying fox di Taman Selecta Malang. Wahana kelelawar buah ini akan membawa Anda melewati taman dengan kecepatan tinggi sambil menikmati suasana dan adrenalin Anda yang meningkat.

Namun jangan khawatir, Anda akan selalu bermain aman di atas kendaraan ini karena dilindungi oleh perlengkapan keamanan yang terjamin.

Taman bunga

Jalan-jalan di taman bunga menjadi daya tarik utama dari objek wisata taman Selecta Malang. Di ruang bunga seluas 8 hektar ini, Anda bebas melihat dan menghargai bunga.

Jangan lupa untuk mengambil foto diri Anda dengan latar belakang bunga-bunga itu. Tapi ingat bahwa Anda hanya diperbolehkan untuk melihat dan membuat konteks berfoto saja, tidak pernah memetik apalagi membawa pulang bunga dari kebun ini.

Baca juga : Sumber Maron Malang

tiket masuk-selekta-malang-2019melalui instagram/silmy.webp

Baca juga tempat menarik lainnya di Jawa Timur seperti Wisata Telaga Sarangan

Kolam renang anak dan wahana air

Bagi Anda yang tiba-tiba merasa gerah, Taman Selecta Malang juga menyediakan kolam renang sebagai spot berenang untuk menikmati segarnya air.

Lalu jika datang dengan anak-anak, ada juga wahananya anak dalam air yang tentunya sangat mereka sukai. Sambil berenang, biarkan anak-anak Anda menikmati keseruan wahananya jet air yang tersedia.

Masih mengenai wahana yang cocok untuk anak-anak. Di Selecta Malang juga terdapat tempat persewaan kuda untuk anak usia 5 tahun ke atas.

Di sini anak-anak bisa belajar menunggang kuda dan akan dibawa ke taman bunga.

Wisata dekat Selecta Malang

Bagi anda yang kurang puas menghabiskan liburan mengunjungi Taman Selecta Malang, anda juga bisa melanjutkan tour tempat wisata di sekitar Taman Selecta Malang.

Baca juga : Agrowisata Perkebunan Teh Wonosari

ticket-selecta-malang-2018melalui instagram/mardalenaa25

Sebagai acuan. Ini beberapa tempat wisata dekat Selecta Malang yang dapat Anda kunjungi:

  • taman kelinci batu
  • Wista memetik apel untuk kemakmuran abadi
  • Taman hiburan predator
  • Taman Jawa Timur 2
  • Alun-alun kota batu
  • Malam Batu yang Spektakuler
  • layang-layang batu
  • museum hewan
  • Bukit Calandra
  • Dan batu rahasia kebun binatang

Selain letaknya yang tidak jauh dari Taman Selecta, tempat wisata diatas juga tidak kalah mempesona dengan tempat wisata Selecta Malang.

Baca juga : Kawah Sikidang Wonosobo, Jawa Timur

Tips berwisata ke Selecta Malang

Agar perjalanan liburan Anda semakin maksimal, berikut beberapa tips wisata Kebun Bunga Selecta Malang yang bisa Anda ikuti.

  • Datang atau pergi lebih awal untuk mendapatkan kesempatan menjelajahi situs-situs tersebut dengan lebih bebas. Karena biasanya taman ini akan sangat ramai dikunjungi pengunjung mulai pukul 11.00 hingga 15.00 WIB. Plus, datang lebih awal juga akan memberi Anda banyak waktu untuk beristirahat sebelum mulai bekerja.mengeksplorasi setiap kendaraan.
  • Untuk menghemat biaya liburan yang akan Anda keluarkan, jika memungkinkan membawa bekal berupa beras atau makanan ringan yang bisa Anda beli di luar kawasan wisata. selain itu silahkan pilih dan tanyakan terlebih dahulu tentang wahana dan harga tiketnya sebelum mencobanya.

hotel-selecta-malangmelalui Instagram/Hendriartha

Temukan juga tempat wisata menarik di daftar tempat wisata di Malang

Tak heran jika Kebun Bunga Selecta Malang di Jawa Timur menjadi salah satu tempat wisata paling populer di Jawa Timur. Dengan berbagai macam wahana dan fasilitas yang disediakan pengelola, julukan tempat wisata favorit memang tidak berlebihan jika disematkan pada salah satu tempat wisata di Kota Batu ini.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button