Tempat Wisata di Sumedang, Alamnya Bikin Rindu, Cek Juga Harga Tiketnya - WisataHits
Jawa Barat

Tempat Wisata di Sumedang, Alamnya Bikin Rindu, Cek Juga Harga Tiketnya

EINFALL24.COM – Sumedang adalah sebuah kabupaten di Jawa Barat, kabupaten ini memiliki sejuta pesona dan panorama alam yang menakjubkan dan masih banyak yang tersembunyi.

Terletak di kawasan barat Majalengka dan timur Bandung, Sumedang memiliki banyak tempat wisata keren mulai dari situs budaya hingga air terjun yang memanjakan mata.

1. Kolam goyang Ranca

Dapat dikatakan bahwa tempat wisata Rancagoda di Sumedang memiliki pesona keindahan yang menarik. Dan akan sangat disayangkan jika anda datang ke Kota Sumedang untuk tidak mengunjungi wisata air ini.

Tempat wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin mengisi kegiatan liburan anda dengan menyenangkan bersama keluarga. Karena wisata ini sangat mudah dijangkau, Anda akan menemukan iklan untuk lembaga publik.

Harga tiket: Rp20.000

2. Desa Toga

Destinasi wisata Kampung Toga cukup unik dan tidak semua tempat memiliki destinasi wisata tersebut. Di desa ini banyak dijumpai berbagai tanaman obat keluarga atau bisa juga disebut toga.

Anda juga bisa berlibur sambil belajar jika berkunjung ke objek wisata ini. Terdapat beberapa fasilitas di Desa Toga, seperti villa, kolam renang, ruang makan, ruang pertemuan dan lesehan square.

Harga tiket: Rp 5.000

Meskipun air terjun Cinulang ini berada di perbatasan, namun cukup jauh dari pusat kota, namun setiap hari akhir pekan tidak pernah sepi pengunjung. Apalagi dengan keindahan alam para peserta, udara yang segar akan membuat Anda melupakan hiruk pikuk kota.

Di antara fasilitas tempat wisata ini, mulai dari toilet umum, terdapat mushola dan juga beberapa warung makan. Jadi Anda tidak perlu khawatir jika merasa lapar atau haus.

Harga tiket: Rp 10.000

Alamat : Jl. Sindulang, Kec. Cimanggung, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

4. Pemandian Air Panas Sekarwangi

Jika Anda ingin merasakan pengalaman mandi air hangat, maka mengunjungi Pemandian Air Panas Sekarwangi adalah pilihan yang tepat. Di sini Anda akan merasakan betapa nikmatnya berendam di air panas atau hangat sambil merenungkan pemandangan alam di sekitar Anda.

Berendam di sini juga bisa meningkatkan kesehatan tubuh karena airnya mengandung belerang. Beberapa manfaat mandi di area ini adalah dapat mengobati penyakit kulit dan gejala stroke ringan, serta menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

Harga tiket: Rp 3.000

Alamat : Kec. Konggeang, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

5. Taman Endog

Taman Endog Sumedang.(Instahram/#tamanendogsumedang)

Destinasi wisata ini memiliki nama yang agak unik karena di tengah taman terdapat bangunan tugu berbentuk seperti telur raksasa. Di bawah ini adalah dua tangan yang digunakan untuk memegang telur.

Sebenarnya taman ini dibangun untuk menjadi simbol yang menjelaskan Wawacan Endog sapatalang. Yang di dalamnya terkandung kandungan proses penciptaan alam semesta oleh Tuhan Yang Maha Esa.

Harga tiket: –

Alamat : Jl. Mayor Abdurahman, Kotaaler, Kec. Sumedang Utara, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

6. Batu Dua Gunung Lingga

Objek wisata ini berbentuk dataran luas yang memiliki ketinggian 930 meter di atas permukaan laut. Batu Dua Gunung Lingga menyuguhkan pemandangan alam yang hijau, asri dan sejuk. Jika Anda berkunjung ke tempat wisata ini, sebaiknya Anda juga mencoba olahraga yang ditawarkan di sini, seperti paralayang.

Anda bisa melihat pemandangan alam dari langit di bawah. Yang juga unik di sini adalah titik panas bumi yang dapat melepaskan gas sehingga memungkinkan paraglider terbang lebih lama.

Harga tiket: Rp 30.000

Alamat : Jl. Cimarga, Cisitu, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

7. Perkemahan Kiara Payung

Bagi Anda yang sangat menyukai kegiatan camping, Anda bisa datang ke Kiara Umbrella Campground. Tempat ini sering dijadikan sebagai tempat camping backpacker dan juga berfungsi sebagai tempat kegiatan anak sekolah.

Bumi perkemahan ini terletak di kaki Gunung Manglayang yang juga berbatasan langsung dengan Gunung Geulis di sebelah timur. Berada di kaki gunung, tidak heran jika daerah ini sangat dingin dan suasananya cukup tenang.

Harga tiket: Rp 10.000

Alamat : Jl. Kiarapayung, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

8. Situ Biru Cilembang


Situ Biru Cilembang. (Instagram/#situbirucilembang)

Destinasi wisata alam terdekat adalah Situ Biru Cilebung, sebuah danau air yang jernih dan alami. Air di danau ini sangat jernih, sehingga Anda bisa melihat dasar danau dan ikan-ikan yang berenang di sana.

Buat kamu yang mau ke Situ Biru Cilembang, jangan coba-coba berenang disana karena dilarang keras, tapi kalau mau cuci muka juga nggak apa-apa. Selain itu, wisatawan tidak diperbolehkan datang pada hari Selasa dan Jumat.

Harga tiket: Rp 2.000

Alamat : Jl. Kecamatan Hariang. Buahdua, Kab.Sumedang, Jawa Barat.

9. Menara Pondok Jatinangor

Menara ini kini telah menjadi Loji Park yang terletak di kawasan Institut Teknologi Bandung. Menara Loji sebenarnya memiliki fungsi untuk bisa memberi tanda kepada para pekerja perkebunan. Namun karena berdiri kokoh, seringkali menarik perhatian pengunjung.

Ada juga jembatan lingkar di taman menara ini. Penerjemah ini awalnya dibangun oleh perusahaan kereta api Belanda pada tahun 1918 untuk memudahkan pengangkutan hasil perkebunan.

Harga tiket: –

Alamat : Jl. kabupaten sayang Jatinangor, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

10. Museum Raja Geusan Ulun


Museum Raja Geusan Ulun. (Instagram/#museumprabugeusalun)

Selain destinasi wisata alam, di Sumedang juga terdapat objek wisata budaya, sejarah dan edukasi yang bernama Museum Prabu Geusan Ulun. Pada awalnya tempat ini merupakan salah satu tempat tinggal bupati dan kerabatnya. Namun, kini menjadi objek wisata.

Berikut beberapa benda bersejarah yang pernah ditemukan di daerah Sumedang. Terdapat beberapa bangunan di tempat ini seperti Ruang Srimanganti, Ruang Bumi Kaler, Ruang Bumi Gendeng, Gedung Gamelan dan Gedung Cagar Budaya.

Harga tiket: Rp 3.000

Alamat : Jl. Raja Geusan Ulun No. 40, Regol Wetan, Kec. Sumedang Selatan, Kab. Sumedang, Jawa Barat.

Oleh karena itu, pilihlah tempat wisata di Sumedang yang menjadi destinasi terbaik untuk liburan berkualitas bersama keluarga dan teman.***

Source: www.insiden24.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button