Pantai Kuta - WisataHits
wisatahits

Pantai Kuta

Pantai Kuta

Pantai Kuta Lombok – Sedikit orang yang tahu bahwa Lombok juga memiliki pantai alami yang indah bernama Pantai Kuta. Bisa dimaklumi karena kebanyakan orang sekarang tahu bahwa satu-satunya pantai bernama Pantai Kuta ada di Pulau Dewata, tepat di Bali.

Yup, tidak ada salahnya, tidak ada dosa jika tidak mengetahuinya.

Jadi, tapi sekarang bagi Anda yang sampai di sini dan membaca artikel ini, setelah membaca artikel ini seharusnya melaporkan atau setidaknya mengonfirmasi jika seseorang bertanya kepada Anda apakah memang ada rentang yang disebut Pantai Kuta di Lombok.

Dengan begitu anda telah membantu mempromosikan dan menghadirkan pantai ini agar semakin dikenal oleh calon wisatawan.

gambar pantai kuta-lombok

Pantai Kuta Lombok

Lombok merupakan salah satu daerah di Indonesia yang memiliki banyak tempat wisata. Dari ujung barat hingga ujung timur, dari utara ke selatan, Anda akan menemukan deretan tempat wisata yang menarik dan tentunya sulit dijelajahi di pulau yang menyandang julukan pulau seribu masjid ini.

UNTUK INFORMASI ANDA. Daftar lengkap tempat wisata di Lombok telah kami ulas mulai dari wisata pantai hingga wisata edukasi yang tersebar di Lombok Utara, Lombok Barat dan Mataram, Lombok Tengah, Lombok Timur dan Lombok Selatan.

Untuk informasi wisata Lombok lainnya silahkan baca artikelnya Pemandangan & Tengara di Lombok.

Pantai Kuta Lombok bagi wisatawan lokal merupakan salah satu dari sekian banyak destinasi wisata favorit di Lombok yang selalu menjadi tujuan liburan mereka setiap akhir pekan atau saat liburan panjang.

pasir-lada-pantai-kuta-lombok

Dengan suasana pantai yang bersih, alami, segar dan tenang, pantai ini menjadi tempat yang sangat nyaman untuk bersantai dan menghanyutkan segala beban dan penat keseharian.

Pantai Kuta Lombok memiliki garis pantai yang panjang dengan jalur yang berkelok-kelok. Pasir pantainya berwarna putih dan sedikit lebih besar dari kebanyakan pantai berpasir lainnya.

Banyak yang mengatakan bahwa butiran pasir sebesar merica di pantai Kuta di Lombok merupakan tempat bersarangnya cacing nyal (ini terkait dengan legenda Putri Mandalika) yang biasanya tiba di pantai pada bulan-bulan tertentu.

Kemudian pantai ini memiliki suasana yang lebih indah berkat perbukitan hijau yang mengelilingi hampir seluruh areanya. Tempat yang paling terkenal dan menjadi salah satu tempat untuk mengamati bentangan pantai Kuta adalah Bukit Mandalika yang terletak di sisi barat pantai.

pantai seger-kuta-lombok

Kemudian kegiatan yang biasa dilakukan wisatawan yang datang ke pantai ini adalah duduk santai di atas pasir putih atau berbaring di beberapa kursi yang disediakan pengelola sambil menikmati pantai. melihat pantai mandalaka yang indah. Selain itu, ada juga yang berenang, surfing, snorkeling dan olahraga air lainnya.

Legenda Putri Mandalika di Pantai Kuta Lombok

Ada cerita turun temurun dan melegenda di kalangan masyarakat Pantai Kuta, Lombok Selatan, tentang pantai ini. Konon, dahulu kala, seorang putri bernama Putri Mandalika tidak sengaja tenggelam di pantai Kuta ini.

Kejadian bermula ketika sang putri cantik, anggun dan menawan menjadi rebutan setiap pria dan pangeran di Lombok. Tidak ingin persaingan laki-laki menimbulkan hal yang tidak diinginkan, sang putri akhirnya mendaki bukit di sebelah barat pantai (sekarang disebut Bukit Mandalika) dan melompat ke lautan yang kemudian menelan tubuhnya.

Yang menarik dalam cerita legenda ini adalah adanya keterkaitan antara perkataan atau janji sang putri sebelum terjun dari bukit ke air laut, dengan munculnya cacing nyale di pantai ini. Konon sebelum terjun, sang putri berjanji akan kembali setahun sekali dan membawa rejeki atau berkah bagi masyarakat.

bukit-mandalika-pantai-kuta-lombok

Memang, dari bulan Februari hingga Maret, cacing nyale yang tak terhitung jumlahnya akan muncul di pantai ini dan akan diburu oleh masyarakat dari berbagai penjuru Lombok.

Cacing nyale ini diyakini sebagian warga Lombok sebagai wujud janji Putri Mandalika. Menurut penduduk setempat, cacing Nyale ini percaya atau tidak berasal dari rambut Putri Mandalika.

Alamat Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok terletak di desa Pujut, pusat Lombok, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Wisatawan mancanegara terkadang menyebutnya Pantai Kuta Lombok Selatan karena letaknya di selatan Lombok namun masih masuk dalam wilayah Kabupaten Lombok Tengah.

Jalan menuju Pantai Kuta

Ada beberapa alternatif jalur menuju pantai kuta lombok yang bisa kita pilih tentunya tergantung dari mana anda berasal atau dimana anda berada saat ini. Jika diukur dari ibu kota provinsi, jarak Kota Mataram dengan Pantai Kuta Lombok kurang lebih 47,3 kilometer. Anda bisa sampai di sana dalam waktu sekitar 1-1,5 jam melalui jalan darat melewati Bandara Internasional Lombok.

Sedangkan jika Anda mengaksesnya dari Bandara Internasional Lombok sendiri, waktu tempuh yang dibutuhkan pun lebih singkat yaitu sekitar 27 menit dengan mobil dengan jarak tempuh sekitar 13,2 kilometer saja.

Kondisi jalan yang akan Anda tempuh menuju pantai ini cukup baik. Hanya saja saat ini jalanan masih agak sepi dan jarang ada angkutan umum. Kalaupun ada, biasanya para sopir angkutan akan mengenakan biaya yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, bagi Anda yang berasal dari luar kota atau Mataram sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi atau menggunakan taksi bandara. Atau, pilihan lainnya adalah berlibur ke pantai Kuta dengan mengikuti paket wisata yang ditawarkan oleh banyak jasa travel.

putri-mantalika-pantai-kuta-lombok

Kemudian dalam perjalanan sebelum sampai di Pantai Kuta, anda akan melewati salah satu desa wisata Pulau Lombok. Desa ini disebut desa Sade. Jika berkenan dan jika memungkinkan, singgahlah sejenak di desa tersebut untuk melihat proses pembuatannya atau membeli beberapa helai kain tenun khas Lombok. Selain kain tenun, banyak juga hal menarik yang bisa Anda temukan di desa ini.

Fasilitas di Pantai Kuta Lombok

Fasilitas umum di Pantai Kuta, Lombok bisa dibilang cukup lengkap. Beberapa dari mereka adalah:

  1. Parkir mobil luas untuk kendaraan bermotor
  2. Warung atau kios yang menjual makanan
  3. Kamar mandi dan toilet
  4. DI M
  5. Tempat Ibadah (Masjid)
  6. Akomodasi
  7. Lokasi persewaan ski jet dan alat olahraga Air lainnya.

fasilitas-kuta-lombok-pantai

Untuk tempat menginap, di sekitar pantai ini sudah tersedia beberapa hotel dan bungalow dengan berbagai pilihan perlengkapan dan harga yang bisa anda sesuaikan dengan keinginan dan kemampuan anda. Tiga di antaranya adalah Cockatoo Bungalows, Kuta Indah Lombok Hotel, dan Novotel Carolia Lombok.

Saran kami, jika memang tidak ingin bermalam, jangan kembali dari pantai ini setelah jam 6 sore. Hal ini demi kenyamanan dan keamanan Anda saat kembali ke rumah nanti.

Harga Tiket Masuk Pantai Kuta, Lombok

Kabar baik dan kelebihan dari Pantai Kuta Lombok adalah untuk masuk dan menikmati apa yang ada di dalamnya saat ini tidak dipungut biaya alias gratis tanpa tiket masuk. Namun jika Anda datang dengan kendaraan pribadi, Anda harus dan akan dikenakan biaya parkir mobil sebesar Rp 10.000 dan parkir motor sebesar Rp 5.000.

Objek dan aktivitas menarik di Pantai Kuta Lombok

Ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di Pantai Kuta, Lombok yang disebut dalam bahasa Inggris pantai Kuta ini.

Seperti yang tertulis di atas, di pantai ini Anda bisa bersantai di pinggir pantainya yang bersih dan berpasir putih, tubabermain di air dan berenang, berselancar, bermain perahu pisang dan ski jetuntuk menikmati keindahan matahari terbenam saat sore hari.

pantai kuta-lombok-selatan

Lalu, jika Anda sempat, tidak jauh dari pantai Kuta yang terletak di sebelah timurnya terdapat sebuah pantai yang juga sangat menarik untuk dikunjungi. Pantai ini sering disebut dengan Pantai Seger Kuta Lombok dan berada di garis pantai yang sama dengan Pantai Kuta.

Suasana di Pantai Seger juga sangat asri. Ada banyak kegiatan wisata yang juga bisa Anda lakukan di sana. lebih jika Anda suka tuba dan berselancar, maka pantai ini adalah tempat yang paling cocok untuk anda.

Mandalika dari Pantai Kuta di Lombok memang tempat liburan yang sangat menarik dan menyenangkan. Selain menikmati keindahan alam dan kesejukan kawasan, kita juga bisa mempelajari sejarah kuno legenda Putri Mandalika. Kemudian jika ada kesempatan kita juga bisa melakukan kunjungan budaya ke Desa Sade yang tidak jauh dari pantai ini. Jadi sekali menyelam akan melewati dua sampai tiga pulau, he he. Itu saja sobat, selamat berlibur!

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button