Pantai Kuta Lombok, Pesona Pantai Eksotis Penuh Legenda - WisataHits
wisatahits

Pantai Kuta Lombok, Pesona Pantai Eksotis Penuh Legenda

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Kuta, Pujut, Kab. Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat; Kasus: Cek lokasi

Jika membicarakan Pantai Kuta, orang cenderung mengaitkannya dengan salah satu pantai di Bali. Namun ternyata banyak sekali nama pantai yang hampir menyerupai pantai indah ini, seperti Pantai Kuta, Lombok.

Seperti namanya, pantai ini terletak di pulau Lombok. Menurut informasi kami, nama pantai ini diambil dari letak desa tempatnya berada yaitu desa Kuta. Di kalangan wisatawan, pantai yang memiliki panjang yang begitu besar ini sangat populer dan sering dikunjungi oleh pengunjung.

Selain menyuguhkan pemandangan yang memanjakan mata, Pantai Kuta juga menawarkan beberapa keunggulan yang tidak dapat ditemukan di tempat lain. Tak heran jika pantai ini begitu populer di kalangan pecinta alam dan pengunjung yang ingin berwisata dengan bebas.

Atraksi Pantai Kuta

Aktivitas Pantai KutaKredit gambar: Twitter Selesai Adi Dharmawan

Bagi Anda yang menyukai pemandangan pantai yang indah, tidak ada salahnya jika Anda memilih berlibur ke sini karena tempat ini memiliki atraksi yang menakjubkan.

1. Suasana pantai yang terjaga

Berbicara tentang daya tarik Pantai Kuta tidak lengkap jika tidak menyertakan suasana pantai yang begitu unik dan alami. Bisa dibilang suasana yang menyelimuti pantai ini merupakan perpaduan antara perasaan kesepian, damai, gembira dan tak lupa keindahan. Banyak yang mengunjungi pantai ini dengan tujuan menyegarkan, dan itu hal yang benar.

Sebab, pantai ini tidak akan mengganggu pengunjung dengan suara bising yang sering terdengar di perkotaan. Sebaliknya, pengunjung hanya akan dimanjakan dengan suara deburan ombak yang datang silih berganti serta semilir angin yang bertiup sepoi-sepoi.

2. Bentuk Pantai Yang Indah

Tak bisa dipungkiri, pantai ini memiliki bentuk yang cukup indah dan sangat cocok dijadikan sebagai latar belakang untuk pemotretan. Pantainya cukup panjang, sekitar 7 kilometer. Kawasan ini mampu menampung begitu banyak pengunjung, terutama saat hari libur.

Hamparan pantai ini pasti akan memukau siapa saja yang melihatnya. Apalagi dilihat dari ketinggian menggunakan dengung atau mendaki Bukit Mandalika, orang akan melihat dengan jelas betapa indahnya pantai ini disertai dengan penampakan lautan biru yang luas. Hanya pengunjung dengan mata telanjang yang bisa melihat keindahannya.

3. Cat air yang menakjubkan

Air laut di sekitar Pantai Kuta begitu eye catching karena warnanya yang begitu indah dan bersih. Anda berhak mendapatkan air laut yang bebas dari kotoran atau plastik, sehingga pengunjung dapat berenang atau beraktivitas sesuka hati menggunakan air laut tersebut.

Warna pantai ini terlihat biru cerah dan pada siang hari warnanya akan sangat cerah. Hal ini terjadi karena air laut telah terkena sinar matahari dari langit, yang membuat air laut tampak bercahaya. Pengunjung yang melihatnya pasti akan merasa takjub dengan keindahan yang dihasilkan oleh pantai ini.

4. Legenda Drama

Objek wisata milik Pantai KutaKredit gambar: Twitter UGM Clapeyron

Tidak hanya keindahan alamnya, namun latar belakang atau legenda yang melingkupi pantai ini pun tak kalah menarik. Ada sebuah legenda yang membuat pantai ini sangat populer di kalangan masyarakat sekitar karena ceritanya terdengar sedikit dramatis dan dapat menyentuh hati siapa saja yang mendengarnya.

Legenda tersebut menceritakan kisah seorang putri dengan wajah cantik bernama Mandalika. Saking cantiknya, banyak orang dari berbagai daerah yang ingin menikahi sang putri menjadi seorang istri. Suatu hari, Putri Mandalika dilamar oleh seseorang yang memiliki pengaruh sangat tinggi terhadap kerajaan, yaitu raja sendiri.

Namun, sang putri tidak memiliki keinginan untuk menerima lamaran raja. Maka, Putri Mandalika memutuskan untuk menghilang dengan cara menceburkan diri ke laut, setelah itu diyakini bahwa sang putri berubah menjadi cacing bernama Nyale. Oleh karena itu, setiap tahun masyarakat setempat menyelenggarakan upacara Nyale untuk berterima kasih kepada sang putri.

5. Dikelilingi oleh pepohonan yang rimbun

Di sekitar pantai, pengunjung dapat melihat bahwa pantai ini dikelilingi oleh kumpulan pepohonan yang rimbun dari ketinggian yang begitu megah. Pohon itu sudah tumbuh cukup lama dan masih dilindungi oleh pengelola pantai agar selalu dalam kondisi aman agar udara di pantai bisa selalu segar dan segar.

Tak hanya itu, pohon juga memiliki peran yang sangat penting untuk menjauhkan pengunjung dari terik matahari di siang hari. Untuk itu banyak pengunjung yang memanfaatkan keberadaan pepohonan tersebut untuk duduk santai sambil menikmati keindahan pantai yang begitu mempesona.

6. Pasir putih bersih

Daya tarik terakhir yang dimiliki Pantai Kuta Lombok adalah hamparan pasir putih yang begitu bersih dan terlihat menakjubkan. Hamparan pasirnya sangat luas dan menutupi seluruh pantai, dan warnanya begitu menarik. Perpaduan warna putih yang begitu bersih akan membuat semua orang betah.

Selain itu, pasir pantai ini memiliki tekstur yang sangat lembut dan sedikit kering. Untuk itu, pengunjung bisa leluasa berjalan di atas pasir ini bahkan tanpa menggunakan sandal atau sepatu.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Kuta LombokKredit gambar: Google Maps Nurrahman Putra Waluyo

Pantai Kuta memang menjadi salah satu pantai primadona yang sering dibanggakan masyarakat Lombok. Pantai yang juga terkenal dengan wisata kulinernya ini memiliki lokasi yang sangat strategis yaitu di Kuta, salah satu pusat kota Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Untuk menuju pantai ini, Anda tidak perlu khawatir karena akses menuju lokasi tidak terlalu sulit, jika tidak cukup mudah untuk diakses. Cukup memulai perjalanan dari pusat kota Lombok, kemudian menggunakan mobil atau angkutan umum dengan dipandu oleh pemandu yang sudah mengetahui daerah luar dalam.

Dari pusat kota, Anda bisa langsung mengarahkan kendaraan ke Jalan Mataram. Perjalanan menuju pantai dari Jalan Mataram akan memakan waktu sekitar 90 menit, sehingga Anda tidak akan merasa terlalu lelah dalam perjalanan. Setibanya di venue, Anda akan langsung dimanjakan dengan pemandangan yang begitu mempesona.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai Kuta LombokKredit gambar: Google Maps syarifudin rodiansyah

Selama ini pengunjung yang berniat mengunjungi Pantai Kuta Lombok tidak perlu khawatir dengan biaya tiket yang perlu dikeluarkan. Sebab, untuk menikmati pemandangan pantai ini, pengunjung tidak perlu membayar tiket masuk, dan cukup membayar parkir saja.

Bagi Anda yang membawa kendaraan pribadi seperti sepeda motor, akan dikenakan biaya parkir sebesar Rs 5.000. Sedangkan untuk kendaraan roda empat akan dikenakan biaya yang lebih tinggi, yakni Rp 10.000.

Jika Anda menyewa kendaraan untuk menuju pantai ini, harganya mungkin masih cukup bersahabat, yaitu di kisaran harga hanya 150.000 untuk sehari. Oleh karena itu, ada baiknya Anda memilih layanan paket liburan yang lebih efektif dan efisien untuk berlibur di sini.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Kuta

Kredit gambar: Google Maps Deedee Chantique

1. Hadiri ritual aroma

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, di Pantai Kuta ada kegiatan unik yang diadakan setiap tahun, yaitu ritual Bau Nyale. Ritual ini dilakukan dengan mencari cacing Nyale yang diyakini sebagai perwujudan Putri Mandalika.

Jika Anda beruntung, Anda dapat mengamati penduduk setempat yang melakukan ritual ini di sekitar pantai. Biasanya ritual ini berlangsung pada bulan Februari atau Maret dan berlangsung hanya satu hari. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengunjungi pantai yang indah ini selama bulan ini agar pengalaman yang Anda miliki semakin menyenangkan.

2. Berenang atau menyelam

Aktivitas menarik selanjutnya yang bisa dilakukan di kawasan ini adalah berenang di laut yang cukup tenang. Ingatlah untuk selalu menghormati aturan dan batasan yang telah ditentukan agar selalu berada di ujung jari Anda.

3. Nikmati taman bermainnya

Di kawasan Pantai Kuta terdapat beberapa wahana yang sangat seru dan tidak boleh diabaikan. Wahana yang dihadirkan berupa olahraga air yang sangat seru, seperti selancar angin, jet ski, pelampung ditarik, dan wahana lainnya.

Semua wahana ini bisa disewa dengan harga tertentu, tergantung usia dan tinggi orang. Selain itu, ada juga wisata petualangan yang belum lama ini diresmikan yaitu paralayang. Anda akan memanfaatkan jalan-jalan untuk memaksimalkan pemandangan di pantai ini.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai KutaKredit gambar: Google Maps Agung Rinjani

1. Harmony Villas Lombok

Hostel pertama ini tidak terlalu jauh dari Pantai Kuta Lombok yang hanya berjarak sekitar 700 meter. Ada beberapa fasilitas menarik yang sayang untuk dilewatkan, seperti kolam renang pribadi yang sangat cocok bagi Anda yang mencari ketenangan.

2. Kies Villas

Kies Villas juga hanya sekitar 800 dari pantai, jadi tidak akan memakan waktu lama untuk sampai ke sana. Hostel ini tidak terlalu ramai, sehingga sangat cocok bagi Anda yang ingin berwisata dengan santai dan tenang.

3. Resor Pipa Dream Villas

Hampir sama dengan hostel diatas, Pipe Dream Villas Resort juga jaraknya cukup dekat dengan pantai yaitu hanya sekitar 900 meter. Pengunjung yang ingin menginap di sini dapat memilih kamar yang sesuai dengan kebutuhan karena ada beberapa tipe kamar yang berbeda.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas di area pantai Kuta LombokKredit gambar: Google Maps Widia Indar

Hampir seperti pantai pada umumnya, pengelola kawasan tepi pantai ini juga menawarkan fasilitas yang mampu memuaskan pengunjungnya. Ada tempat parkir yang bagus, toilet dan beberapa warung makan yang mudah ditemukan di sekitar pantai.

Tak hanya itu, ada juga fasilitas modern yang sangat membantu pengunjung, yaitu ATM. Berkat fasilitas ini, pengunjung dapat menarik uang dengan lebih mudah dan tidak perlu pergi ke pusat kota terlebih dahulu.

Ini dia status pantai Kuta Lombok kekinian yang bisa kamu jadikan referensi saat ingin ke sana. Tentunya ulasan di atas akan menginspirasi siapa saja untuk mengetahui betapa indahnya pantai ini jika dilihat secara langsung.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button