Dataran Tinggi Silancur, nikmati keindahan alam Magelang dari ketinggian - WisataHits
wisatahits

Dataran Tinggi Silancur, nikmati keindahan alam Magelang dari ketinggian

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 05.00–23.00 WIB, Alamat: Dadapan, Mangli, Kec. Kaliankrik, Kab. Magelang, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Dataran Tinggi Silancur adalah salah satu tujuan wisata alam yang paling populer di Magelang, Jawa Tengah. Destinasi ini tak hanya menyuguhkan panorama yang indah, namun juga beragam aktivitas menarik yang bisa Anda lakukan di sana. Hal inilah yang membuat para pecinta alam muda sering berkunjung ke destinasi ini.

Sama seperti tempat wisata alam lainnya, destinasi ini memberikan Anda panorama sunrise atau sunset terbaik. Apalagi wilayahnya yang luas juga dipenuhi dengan berbagai jenis bunga yang indah dan menarik. Jadi Anda bisa merasakan panjat tebing dengan pemandangan indah di setiap perjalanan.

Sebagian besar wisatawan datang ke Dataran Tinggi Silancur untuk mengambil foto lingkungan sekitar yang akan menghasilkan foto dengan kualitas background terbaik. Bahkan, jika Anda membagikan foto pemandangan di media sosial, akan membuat destinasi ini semakin terkenal dan banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Daya tarik Dataran Tinggi Silancur

Daya tarik Dataran Tinggi SilancurKredit gambar: Instagram Rudiyanto (Oeding)

1. Matahari terbenam yang indah

Dataran Tinggi Silancur merupakan salah satu destinasi wisata alam di Jawa Tengah yang memiliki segudang keindahan. Salah satunya adalah panorama sunset yang indah. Anda bisa melihat momen golden sunrise yang sangat populer di kalangan wisatawan. Jangan lupa untuk mengabadikannya dalam sebuah foto dengan kenangan terbaik.

Selain itu, Anda juga bisa melihat keindahan matahari saat terbit dari tiga gunung yang mengelilinginya. Biasanya wisatawan berkumpul untuk melihat panorama matahari terbit ini sambil mengambil video atau foto. Dari tempat wisata ini, Anda bisa melihat sinar matahari dengan jelas dan cemerlang.

2. Kebun Bunga di Dataran Tinggi Silancur

Keindahan lain yang dimiliki Dataran Tinggi Silancur adalah adanya perkebunan bunga di sekitar gunung. Untuk melihat berbagai jenis bunga, Anda perlu pergi ke sebuah tempat bernama Desa Mangli di sekitar destinasi wisata ini. Bunga-bunga cantik berpadu dengan pesona langit juga bisa dijadikan background foto yang menarik.

Padahal, bunga yang terdapat di desa di destinasi wisata ini adalah tanaman biasa. Namun karena terawat dengan baik dan memiliki sistem penanaman yang tepat, maka dijadikan sebagai spot foto populer bagi wisatawan. Selain bunga, ada juga koleksi tumbuhan lain yang tertata rapi di destinasi wisata ini.

3. Lihat lima gunung sekaligus

Objek Wisata Dataran Tinggi SilancurKredit gambar: Twitter Dolan Yoko

Saat berkemah di wisata alam yang disebut Dataran Tinggi Silancur ini, Anda tentu akan melihat keindahan lima gunung sekaligus. Keindahan matahari dengan awan tebal dan pemandangan lima gunung ini membuat gambar yang menakjubkan. Tentu Anda ingin berlama-lama di lokasi wisata, atau bahkan berkemah.

Lima gunung yang mengelilingi destinasi wisata ini adalah Gunung Merapi, Merbabu, Sumbing, Andong dan Telemoyo. Karena yang paling dekat dengan destinasi wisata ini hanya Gunung Sumbing. Namun, keindahan kelima gunung tersebut akan terlihat saat matahari terbit, meski jaraknya cukup jauh dari masing-masing lokasi.

4. Ada rumah hobbit dan tempat perkemahan

Perlu Anda ketahui bahwa destinasi wisata ini memiliki lokasi untuk berkemah. Hal inilah yang membuat wisatawan semakin tertarik dimana Anda bisa berkemah selama seminggu sambil melihat pemandangan yang indah setiap saat. Yang harus Anda lakukan adalah meminta izin untuk menggunakan salah satu ruang besar tujuan wisata.

Apalagi destinasi wisata ini juga memiliki rumah hobbit. Dengan lokasi ini, Anda bisa mengetahui seperti apa rumah manusia kerdil yang lucu dan unik. Anda juga tidak perlu jauh-jauh ke beberapa negara barat untuk melihat rumah tersebut. Berkunjung saja ke tempat ini saja sudah bisa melihat desain rumah Hobbit ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Dataran Tinggi SilancurKredit gambar: Google Maps Arif

Dataran Tinggi Silancur sendiri terletak di kota Magelang di Provinsi Jawa Tengah. Destinasi wisata alam ini tepatnya berada di kawasan Dadapan, Desa Mangli, Kecamatan Kaliangkrik. Untuk menuju destinasi wisata ini akan lebih mudah jika Anda menggunakan kendaraan pribadi untuk masuk. Ini karena jalan menuju tempat ini masuk ke pegunungan.

Untuk rutenya sendiri, jika Anda datang dari pusat kota Magelang, Anda harus menuju ke kawasan Alun-alun. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke arah barat menuju kawasan Bandongan. Berhenti dulu mobil di area pasar daerah bandongan. Kemudian Anda hanya perlu mengendarai mobil langsung ke Tanobyo dan kemudian Kalegen.

Setelah itu, Anda akan menemukan pertigaan dan mengarahkan kendaraan Anda ke kawasan Mangli. Anda hanya perlu mengemudikan kendaraan menyusuri desa Mangli hingga menemukan dua perempatan jalan. Di kedua perempatan tersebut, Anda tinggal mengambil arah lurus hingga menemukan tanda yang menunjukkan tempat wisata ini.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Highland SlancurKredit gambar: Twitter situs_wix

Untuk bisa menikmati Dataran Tinggi Silancur, Anda hanya perlu membayar tiket seharga 15.000 rupiah per orang. Biaya masuknya benar-benar cukup murah dimana kamu bisa menikmati berbagai keindahan alam. Anda hanya membutuhkan biaya transportasi karena disarankan menggunakan kendaraan pribadi.

Destinasi wisata ini juga buka setiap hari, namun tidak dalam waktu 24 jam. Jam bukanya mulai pukul 05:00 hingga 23:00. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena ada fasilitas camping yang memungkinkan Anda bermalam di destinasi wisata ini dan membuat liburan Anda semakin memuaskan.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Dataran Tinggi Silancur

Aktivitas di Dataran Tinggi SilancurKredit Gambar: Google Maps Tolak Yudanto

1. Menikmati matahari terbit dan terbenam

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, destinasi wisata alam ini menawarkan panorama terbaik saat matahari terbit dan terbenam. Anda bahkan bisa melihat dua panorama duduk santai di bangku yang telah disediakan. Memang, destinasi ini menawarkan situs papan kayu dengan dua kursi yang menghadap langsung ke gunung.

Selain itu, Anda juga bisa memanjakan mata dengan pesona awan dan langit di atas destinasi wisata ini. Hal ini dikarenakan pemandangan yang disediakan sangat menakjubkan dan membuat wisatawan ingin segera berkunjung untuk merasakan sensasinya. Anda juga bisa menikmati keindahan matahari terbit sambil minum teh hangat di sana.

2. Kegiatan berkemah

Kegiatan utama yang bisa dilakukan di tempat wisata ini adalah berkemah bersama teman-teman yang sangat seru dan menyenangkan. Kegiatan camping ini tentunya memberikan pengalaman liburan yang jauh lebih berkesan dan berharga. Pastikan untuk membawa perbekalan yang cukup saat Anda pergi berkemah di destinasi wisata ini.

Untuk berkemah di Dataran Tinggi Silancur, Anda harus terlebih dahulu meminta izin kepada panitia setempat atau masyarakat di daerah tersebut. Pastikan juga untuk tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan selama kegiatan camping. Jaga kebersihan destinasi wisata ini agar semakin terkenal di kalangan wisatawan.

3. Menikmati keindahan kota di malam hari

Saat berkemah, Anda dapat menikmati keindahan alam tidak hanya dari pagi hingga siang hari, tetapi juga pada malam hari. Anda bisa melihat keindahan Kota Magelang secara keseluruhan dari dataran tinggi ini. Banyaknya lampu rumah yang menghiasi kota bisa Anda abadikan dengan berfoto di malam hari.

Namun, Anda juga tidak perlu khawatir meski tidak bisa berkemah di destinasi wisata ini. Anda masih bisa merasakan keindahannya karena destinasi ini akan tutup pada pukul sebelas malam. Jadi Anda bisa berkunjung dari sore hingga malam hari untuk melihat matahari terbenam dan pemandangan kota yang menakjubkan.

4. Ambil gambar

Aktivitas Menarik di Dataran Tinggi SilancurKredit gambar: Google Maps Mentek adhen

Aktivitas menarik lainnya dari destinasi wisata Dataran Tinggi Silancur ini adalah berfoto di berbagai spot favorit. Seperti diketahui, anak muda tidak pernah melewatkan aktivitas foto ini setiap kali mengikuti wisata ini, apalagi saat mengunjungi destinasi yang satu ini. Anda dapat mengambil foto dengan latar belakang berbeda yang sangat keren dan mempesona.

Anda juga akan memiliki banyak koleksi foto terbaik setelah mengunjungi destinasi ini. Karena destinasi ini memiliki banyak keindahan, baik itu sunrise, sunset, taman bunga, rumah hobbit dan spot foto lainnya. Fasilitas spot foto memastikan Anda akan merasa nyaman dan tidak menyesal selama liburan di sini.

5. Kunjungi taman bunga

Destinasi Dataran Tinggi Silancur ini juga memiliki taman bunga yang sangat menarik. Berbagai jenis bunga ditanam dengan sangat hati-hati sehingga menjadi salah satu spot foto terbaik. Banyak juga pohon-pohon tinggi yang membuat destinasi ini semakin sejuk dan tenang.

Destinasi ini juga sangat cocok dikunjungi wisatawan yang ingin menenangkan diri dari hiruk pikuk suasana kota. Anda juga bisa menjernihkan otak setelah lelah beraktivitas. Menyaksikan keindahan bunga dalam suasana yang tenang dan pemandangan yang menakjubkan merupakan kegiatan favorit para wisatawan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Dataran Tinggi SilancurKredit gambar: Google Maps Princess Dana

Dataran Tinggi Silancur sendiri memiliki berbagai fasilitas memadai yang dapat membuat liburan semakin nyaman. Fasilitas tersebut antara lain Gazebo yang digunakan untuk bersantai bersama rombongan teman-teman saat berlibur. Anda bisa menikmati sejuknya angin sambil menikmati pemandangan indah dari gazebo.

Selain itu, terdapat fasilitas Camping Ground yang memudahkan Anda ketika ingin berkemah di destinasi wisata ini. Anda tidak perlu lagi membawa banyak barang saat ingin berkemah karena tersedia fasilitas camping yang cukup lengkap. Fasilitas tersebut juga memudahkan Anda yang ingin berlibur dalam waktu lama.

Destinasi wisata ini juga memiliki fasilitas umum lainnya seperti mushola dan toilet yang sangat nyaman dan bersih bagi wisatawan. Ada juga tempat parkir yang cukup aman untuk menyimpan kendaraan Anda selama berhari-hari. Anda juga bisa lebih nyaman berlibur dengan segala fasilitas yang tersedia di sini.

Demikian beberapa penjelasan mengenai berbagai keindahan alam, fasilitas, biaya, rute dan aktivitas dari destinasi wisata dataran tinggi Silancur ini. Tentunya keindahan alam yang satu ini wajib kamu coba jika sedang berada di Kota Magelang dan sekitarnya. Anda juga bisa merencanakan liburan keluarga yang lebih menyenangkan dan berkesan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button