MONT KELUD: tiket dan 5 aktivitas seru - WisataHits
wisatahits

MONT KELUD: tiket dan 5 aktivitas seru

Harga Tiket Masuk Gunung Kelud: Rp 10.000 – Rp 40.000 Jam Buka: 08:00 – 16:30 No Telp: -Alamat: Ringinrejo, Karangrejo, Garum, Blitar, Jawa Timur, Indonesia, –

Ada berbagai jenis kegiatan rekreasi yang dapat dilakukan di pegunungan. Paling populer tentu saja hiking atau panjat tebing. Namun terkadang tidak semua orang bisa menikmati kegiatan ini. Berbeda dari di gunung keludbukan hanya pendaki saja yang bisa menikmati keindahan alamnya.

Gunung Kelud merupakan gunung berapi yang sudah populer sebagai tujuan wisata. Khususnya bagi masyarakat Kediri, Blitar dan sekitarnya. Gunung ini memiliki pesona yang menggoda untuk didaki. Selain itu, gunung ini juga menawarkan berbagai pengalaman rekreasi ramah keluarga lainnya.

Tiket masuk Gunung Kelud

Harga tiket masuk kunjungan ke Gunung Kelud memang sangat terjangkau. Tarif belum termasuk biaya parkir bagi yang membawa kendaraan pribadi. Biaya tour juga cukup murah, seperti mendaki gunung pada umumnya.

Tiket masuk
Tiket masuk Rp 10.000
PP Ojek Kawah Rp 40.000

Baca: Kecantikan Rambut Monte Blitar Diselimuti Misteri

Informasi penting sebelum mengunjungi Mont Kelud Tourisme:

  • Kepatuhan dengan protokol kesehatan 3M.
  • Pengunjung bisa masuk jika sudah divaksin dan menggunakan aplikasi PeduliLindung.
  • Pindai kode QR di pintu masuk domain.

Jam buka

Bagi yang ingin mendaki, pendaftaran audisi bisa dilakukan setiap hari. Sementara itu, wisata Gunung Kelud buka setiap hari dari pagi hingga malam. Rekomendasi waktu terbaik adalah saat musim kemarau jika ingin melihat pemandangan kawah yang terbaik.

Jam operasional
Mendengarkan rekaman Setiap hari 06.00 – 23.00 WIB
wisata gunung kelud 08.00 – 16.30 WIB

Kenyamanan di Mont Kelud

Lembah Gunung KeludMeski merupakan gunung berapi aktif yang cukup menantang, namun gunung ini memiliki pesona alam yang indah dan mencolok – Foto: Google Maps/Faishal Rahman Akbar

Gunung Kelud merupakan salah satu gunung berapi di Jawa Timur. Ketinggiannya sekitar 1.731 meter di atas permukaan laut dan memiliki kawah yang terbentuk saat letusan tahun 2014. Gunung ini memiliki tiga puncak, yaitu Puncak Kelud, Sumbing dan Gajahmungkur.

Letusan 2014 ternyata cukup kuat untuk mengubah beberapa penampilannya. Sekarang ada kawah di puncaknya. Kawah inilah yang kemudian menjadi daya tarik tersendiri. Turis dan pendaki bersaing untuk mencapai puncak untuk menyaksikan langsung kemegahannya.

Selain kawah, masih banyak lagi daya tarik dari gunung berapi ini. Lokasi wisata memang sengaja didirikan untuk mengembalikan kejayaan Gunung Kelud sebagai destinasi wisata. Yuk cari tahu kegiatan dan apa saja yang bisa ditemukan di sini.

Baca: 14 Tempat Wisata Terbaik di Blitar

Rute pendakian

Gunung Kelud tidak luput dari incaran para pecinta alam dan pendaki. Setidaknya ada dua jalur utama yang sering menjadi jalur pendakian. Rute ini terletak di Kabupaten Blitar. Perlu diketahui jika ingin mencapai puncak, relawan base camp biasanya akan memberikan jasa guide atau pemandu.

Rute pertama melewati Tulungrejo. Ini adalah rute termudah dan tercepat yang terletak di bagian timur gunung. Ditambah lagi, medan pendakiannya juga tidak terlalu ekstrim. Beberapa tempat yang akan dilalui di sini adalah Dragon’s Back Path dan Air Terjun Kilisuci.

Rute kedua melewati Karangrejo yang cenderung lebih tenang. Jalurnya memang lebih panjang dengan medan yang lebih sulit. Salah satu titik yang akan menguji ketahanan adalah jalur vertikal. Jalur ini cukup sulit karena Anda harus menaiki anak tangga terlebih dahulu.

Kedua jalur tersebut membawa pendaki masuk ke area kawah. Pendakian Gunung Kelud biasanya diselimuti kabut. Jika kurang beruntung, kawah akan sulit dilihat karena tertutup oleh lapisan kabut ini. Pada hari yang cerah, pemandangan sekitar seperti Gunung Kawi dan panorama Arjuno juga dapat dilihat dari sini.

Baca: Tiket Masuk Puncak MAHAMERU dan Berbagai Pesona yang Menakjubkan

Kawah Kelud

kawah gunung keludKawasan puncak gunung memiliki kawah yang luas dengan warna kehijauan yang eksotis dan memikat – Foto: Google Maps/nur fikri

Kawah di puncak Gunung Kelud merupakan danau yang baru terbentuk. Letusan dahsyat pada tahun 2014 mengikis area puncak. Hasilnya adalah kawah belerang yang tinggi. Panorama kawah ini bisa dilihat secara keseluruhan dari Puncak Kelud.

Banyak yang menyandingkan keindahannya dengan Danau Kelimutu dan Kawah Tangkuban Perahu. Kandungan belerang rupanya mempengaruhi tampilan kawah sehingga berwarna hijau. Pada siang hari, saat terkena sinar matahari, permukaan kawah akan berwarna kekuningan. Pemandangan eksotis ini menjadi incaran para wisatawan dan pendaki.

Baca: Tiket Masuk MONT ARJUNO, Itinerary dan Beragam Kegiatannya

tebing terbelah

Celah tebing pinggir jalanWisatawan menyebrang jalan yang melintasi kawasan Tebing Sumbing, salah satu puncak tertinggi – Foto: Google Maps/Syamsul Arifin

Tebing Sumbing atau Cleft Peak merupakan salah satu dari tiga titik tertinggi Gunung Kelud. Tebing ini terlihat seperti anjing dengan ujung yang tajam. Di sisi lain, bagian tebingnya tumpul dan membulat.

Tebing ini terdiri dari susunan bebatuan besar. Meski tampak padat, batuan ini sebenarnya sangat rapuh dan mudah pecah. Oleh karena itu, wisatawan tidak diperbolehkan terlalu dekat dengan lokasi tebing.

Baca: Tiket Masuk KAMPUNG COKLAT Blitar dan Aktivitas

Jalan Misteri

Jalan Gunung Kelud yang MisteriusJalur yang terlihat menanjak, namun sebenarnya hanya ilusi – Foto: Google Maps/Syamsul Arifin

Jalan Misteri adalah sebagian kecil dari jalur menuju Gunung Kelud. Jalan ini termasuk dalam kawasan wisata yang aksesnya melalui Kediri. Dengan demikian, wisatawan yang pergi ke kantong parkir pasti akan melewatinya.

Disebut jalan misteri karena ada keanehannya. Jalan ini terlihat seperti jalan menanjak. Namun, ada kekhasan jika wisatawan meletakkan benda yang bisa menggelinding di permukaan jalan. Benda tersebut akan menggelinding dan bergerak maju seolah-olah ditarik oleh suatu gaya yang tidak terlihat.

Padahal, jalan ini merupakan jalan landai yang menciptakan ilusi mata. Wisatawan yang membawa kendaraan disarankan untuk mematikan mesin di sini. Anda akan melihat kendaraan seolah-olah naik dengan sendirinya. Pengalaman menarik yang tidak selalu bisa didapatkan, bukan?

Baca: PANTAI SERANG Blitar: tiket masuk dan pesona pantai

Taman agro-agro Margomulyo

Taman Bunga Matahari Kilisuci di Taman Pertanian MargomulyoMenikmati keindahan lereng gunung ditemani bunga-bunga indah di Taman Agro Margomulyo – Foto: Google Maps/afit nesia

Jika menuju puncak Gunung Kelud melalui Kediri, wisatawan akan melewati objek wisata ini. Taman Agro Margomulyo merupakan tempat rekreasi keluarga berupa taman bunga. Selain itu, taman ini juga memiliki taman bermain anak dan area foto.

Taman ini dipagari dengan pemandangan alam yang indah dari kawasan Gunung Kelud. Udaranya sejuk dan nyaman sebagai lokasi piknik singkat. Daya tarik utama adalah penyajian berbagai bunga menarik sebagai spot foto. Koleksi bunga di taman ini antara lain bunga matahari, krisan, mawar.

Di sisi lain taman, ada area yang disebut Taman Lembu Suro. Daerah ini ditandai dengan patung manusia berkepala kerbau. Taman Lembu Suro berisi wahana-wahana sederhana untuk anak-anak seperti ayunan dan perosotan. Ada juga spot selfie dengan instalasi kreatif menghadap panorama pegunungan.

Gunung Kelud.

Untuk panjat tebing ada base camp dengan fasilitas lengkap. Base camp ini meliputi pos informasi, area camping, area parkir, toilet dan mushola. Selain itu, terdapat warung dan persewaan peralatan hiking atau camping. Sedangkan fasilitas yang tersedia di Taman Agro Margomulyo antara lain area parkir, toilet, mushola dan kantin.

Lokasi Gunung Kelud

Lokasi Gunung Kelud jatuh di tiga kabupaten yakni Blitar, Kediri dan Malang. Base camp pendakian paling populer terletak di Tulungrejo dan Karangrejo di Kabupaten Blitar. Sementara itu, Agro Park Margomulyo terletak di Desa Sugihwaras, Kecamatan Ngancar, Kabupaten Kediri. Ikuti saja jalur lurus dari taman ini untuk sampai ke kawasan wisata di lereng Gunung Kelud.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button