PULAU INDAH Keindahan pantai dan pulau-pulau eksotis - WisataHits
wisatahits

PULAU INDAH Keindahan pantai dan pulau-pulau eksotis

PULAU INDAH Keindahan pantai dan pulau-pulau eksotis

Harga tiket masuk ke Pulau Berhala: Gratis – Rp 585.000 Jam buka: 24 jam. Nomor telepon: -. Alamat: Kp. Singkep, Sabak Barat, Sabak Barat, Tanjung Jabung Timur, Indonesia, 36764.

pulau berhala merupakan salah satu aset wisata Provinsi Jambi yang terletak di Selat Berhala. Pulau eksotis ini memiliki pasir putih dan gugusan batu besar di sepanjang pantai. Air lautnya berwarna biru jernih dihiasi terumbu karang yang indah di bawah permukaan airnya.

Pulau ini terkenal dengan alamnya yang indah, pantai bersih yang indah, dan penangkaran penyu. Destinasi wisata ini juga sarat dengan situs keramat dan peninggalan sejarah.

Biaya masuk

Untuk memasuki pulau dan pantainya, pengunjung tidak dikenakan tiket masuk alias gratis. Biaya yang dikeluarkan adalah biaya sewa perahu di pulau tersebut.

Biaya masuk
Tiket masuk Untuk membebaskan
Biaya perjalanan ke Idol Island Rp 585.000/orang

Baca: Wisata GUNUNG KERINCI Jambi Tertinggi

Jam buka

Waktu operasional Jam buka
Setiap hari 24 jam

Eksotisme alam Pulau Idola

Menikmati suasana sore Pulau Berhala, Tanjung Jabung, Jambi Timur - Pulau BerhalajambiMenikmati Suasana Sore Pulau Berhala – Foto: Instagram/Idol Island

Pulau Berhala memiliki keindahan alam yang eksotik dengan potensi bahari yang kaya. Wisatawan dapat menikmati keindahan pantai dengan berjalan-jalan menyusuri pantai pasir putih. Berbagai aktivitas wisata bisa dilakukan seperti berenang, snorkeling, dan menyelam.

Wisatawan dihimbau untuk mematuhi kearifan lokal yang berlaku. Beberapa mitos, seperti larangan maksiat, akan berakibat fatal bagi pelanggarnya.

Baca: Berbagai Tempat Wisata Menarik di Jambi

Panorama perairan menuju pulau

Untuk mencapai kawasan pulau, wisatawan biasanya menggunakan transportasi laut berupa perahu (pompong) atau kapal cepat. Perjalanan memakan waktu sekitar dua jam dari Nipah Panjang atau Sadu tergantung jenis dan kecepatan kendaraan.

Penyeberangan air dengan speedboat ke Pulau Berhala Tanjung Jabung Timur Jambi - Bhima WibawaMenyeberangi perairan dengan speedboat menuju Pulau Berhala – foto: GoogleMaps/Bhima Wibawa

Untuk menyeberang, ada dua jenis kapal cepat Dia kapal cepat tipe terbuka dan kapal cepat tipe tertutup. kapal cepat tipe terbuka beratap terpal, sedangkan tipe tertutup dilengkapi dengan toilet, TV, dll. Kapasitas keduanya kira-kira lebih dari 30 orang sekali jalan.

Dari dek atas kapal, wisatawan bisa menikmati udara yang bersih dan segar. Langit di atas air terlihat biru cerah dengan burung-burung yang beterbangan. Wisatawan juga bisa melihat pemandangan hutan dan Sungai Batang Hari, sungai terpanjang di Pulau Sumatera.

Baca: GUNUNG MASURAI Masih Alami dengan 4 Danau

Mendarat di pantai yang eksotis

Tiket Masuk Pulau Idola Tanjung Jabung Timur Jambi - PUTRI SARIPintu masuk Pulau Berhala – foto: GoogleMaps/PUTRI SARI

Wisatawan yang datang ke sini akan disambut dengan pemandangan alam dan eksotik. Wisatawan wajib melapor ke pos TNI yang keberadaannya sangat berguna untuk menjaga keaslian pulau ini. Sikap petugas yang ramah terhadap semua pengunjung pulau membuat suasana liburan menjadi nyaman dan aman.

Setiap turis harus mematuhi aturan ketat tentang konservasi pulau. Antara lain dilarang merusak tanaman dan membunuh hewan di pulau ini. Selain itu, dilarang juga melakukan perbuatan asusila, membawa senjata tajam dan meminum minuman keras.

Baca: JAMBI PARADISE Tiket Masuk dan Wahana Seru

Sepanjang pantai

pantai pasir putih dengan laut biru kehijauanBersantai di sepanjang pantai Pulau Berhala – foto: GoogleMaps/Rahayu Widiastuti

Pulau Berhala memiliki pantai pasir putih alami dan kelestariannya belum tercemar. Gugusan bebatuan besar di sebagian garis pantai membuat pemandangan pulau ini semakin eksotis. Disepanjang pantai terdapat banyak batu kerikil warna warni yang indah dengan pohon kelapa yang tinggi menambah pesonanya.

Pulau ini dikelilingi oleh beberapa pulau kecil dengan pantai yang landai dan air laut yang jernih. Saking jernihnya, wisatawan bisa melihat gradasi warna air laut dari hijau toska hingga biru muda.

Pulau Berhala dikenal sebagai pelarian sementara bagi wisatawan dari hiruk pikuk kota besar. Hanya ketenangan yang dicapai di pulau ini.

Baca: DANAU SIPIN Gratis Tiket Masuk Banyak Kegiatan Menarik

Renang

Segarnya berenang di jernihnya air laut Pulau Berhala, Tanjung Jabung, Jambi Timur - Pulau BerhalajambiSegarnya berenang di jernihnya air laut di sekitar pulau – Foto: Instagram/Pulauberhaljambi

Pantai di sini memiliki kontur yang landai dengan air laut yang bersih dan jernih. Kedalamannya yang relatif dangkal dan pasir putihnya membuat gradasi warna airnya indah.

Banyak wisatawan yang menikmati kesejukan airnya dengan berenang di perairan yang dangkal. Wisatawan juga bisa berenang atau bermain air di tepiannya.

Menikmati pemandangan dari atas bukit

garis pantai di sekitar pulauMenikmati keindahan pemandangan tepi pantai – foto: Instagram/Pulauberhalajambi

Pulau Berhala tidak hanya memiliki pasir putih dan bebatuan yang eksotik, terdapat juga perbukitan yang hijau. Medannya berbukit dan berhutan lebat sebagai habitat berbagai jenis hewan antara lain biawak dan rusa.

Dari atas bukit, wisatawan bisa menikmati pemandangan laut dari ketinggian. Anda bisa melihat panorama laut dan pantainya serta keindahan beberapa pulau kecil di sekitar pulau.

Untuk bisa mencapai puncak bukit, wisatawan bisa mengaksesnya dengan berjalan kaki. Perjalanan hanya memakan waktu sekitar dua puluh menit ke atas bukit. Dari tempat ini, wisatawan juga bisa menikmati angin laut yang berhembus lembut khas.

Snorkeling dan Diving di Pulau Berhala

Snorkeling dan diving menikmati keindahan bawah lautSnorkeling menikmati keindahan alam bawah laut – foto: instagram/islandhalajambi

Pulau Berhala memiliki panorama laut yang masih terjaga keasliannya. Pulau ini juga dikenal kaya akan hutan Akar Bahar dan rumah bagi berbagai jenis terumbu karang. Tak kurang dari 22 spesies dan spesies ikan karang dilindungi dalam ekosistem alam.

Pantai berpasir putih dan laut jernih sangat cocok untuk wisata bahari. Snorkeling dan menyelam sangat populer di kalangan wisatawan. Menyelam di perairan membawa wisatawan untuk berinteraksi dengan keindahan pemandangan alam bawah laut.

Kawasan Konservasi Penyu Pulau Berhala

Pasir putih dan laut biru kehijauan, Pulau Berhala, Tanjung Jabung Timur, Jambiarlan - foto: GoogleMaps/dahriPasir putih dan laut biru kehijauan, Pulau Berhala, Tanjung Jabung Timur, Jambiarlan – foto: GoogleMaps/dahri

Pulau Telur merupakan salah satu pulau yang dekat dengan Pulau Berhala. Kawasan tersebut merupakan kawasan peneluran penyu musiman. Pulau dengan luas sekitar 2,5 km2 ini juga menjadi tempat pemeliharaan penyu.

Di awal dan akhir tahun, pantai di sini menjadi surga bagi penyu untuk bertelur. Hewan ini bertelur untuk bereproduksi. Saat musim hujan adalah waktu terbaik untuk melihat kehidupan penyu.

Kunjungi Pulau Mercusuar

Pulau mercusuarMercusuar yang kokoh menjadi pemandu kapal-kapal di sekitar Pulau Berhala – foto: GoogleMaps/Misbah Asror

Pulau Berhala merupakan wisata pantai berbasis pulau karena posisinya dikelilingi oleh gugusan pulau-pulau kecil. Wisatawan yang datang ke tempat ini bisa melihat mercusuar yang berdiri kokoh.

Mercusuar di pulau ini dibangun untuk menjadi pemandu bagi kapal-kapal yang berlayar di Selat Berhala. Pulau Mercusuar adalah pulau tempat mercusuar kawasan Pulau Berhala berada.

Telusuri jejak sejarah pulau ini

Makam Keramat Datuk Paduka BerrhalaMakam keramat Datuk Paduka Berrhala – foto: GoogleMaps/Bhima Wibawa

Pulau Berhala merupakan kawasan bersejarah dengan potensi arkeologi yang sangat berharga. Ada makam keramat, dapur, dan meriam peninggalan Jepang selama Perang Dunia II. Ketiganya merupakan bagian dari cagar budaya yang berada di bawah naungan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Sumbar.

Nama pulau ini diambil dari nama mantan raja Jambi, Datuk Paduka Berhala. Makam tokoh yang menjadi cikal bakal sejarah Islam Jambi ada di pulau ini. Untuk menuju ke sana, wisatawan harus menaiki anak tangga sepanjang 20 meter.

Beberapa benda cagar budaya ditemukan kembali pada 19 September 2018. Barang-barang tersebut antara lain guci, mangkok, guci besar dan kecil, serta gelang patah. Temuan itu dilaporkan ke Pemerintah Kabupaten Lingga dan disimpan di Museum Linggam Cahaya Lingga.

Saksikan momen matahari terbenam

menikmati matahari terbenam di pantai pulau idolaMenikmati indahnya sunset – foto: Instagram/Pulauberhalajambi

Pulau Berhala memiliki pemandangan sunset yang sangat bagus. Di penghujung hari, wisatawan biasanya bersantai sambil menikmati keindahannya matahari terbenam.

Salah satu tempat favorit ada di bagian barat pulau yaitu pantai Lekuk di Medan. Di dekatnya ada bukit berbatu untuk menikmati matahari terbenam di cakrawala laut. Tempat ini adalah tempat yang tepat untuk berfoto matahari terbenam untuk penggemar fotografi.

Malam di pulau Berhala

Banyak wisatawan yang memilih menginap untuk menikmati liburan lebih lama di pulau ini. Menghabiskan waktu menikmati suasana pantai di malam hari memang begitu romantis.

Malam di tenda dekat pantaiMemasang tenda menjadi pilihan alternatif bagi wisatawan yang ingin bermalam – foto: GoogleMaps/Ikmal Akbar

Untuk akomodasi wisatawan, ada banyak homestay yang ditawarkan. Atau wisatawan juga bisa mendirikan tenda di pinggir pantai dan membuat api unggun.

Tempat wisata Pulau Idola

Obyek wisata ini terletak di Kp. Singkep, Kec. Sabak Barat, Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Jambi 36764.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button