Pantai Klayar - WisataHits
wisatahits

Pantai Klayar

Pantai Klayar

Pantai Klayar merupakan salah satu objek wisata pantai di Kota Pacitan Jawa Timur. Meski dulu mungkin hanya sedikit orang yang mengetahui keberadaannya, namun setelahnya besar sekalimiliknya menyesuaikan diri berbagi foto tempat wisata di jejaring sosial, pantai Klayar kini semakin terkenal dan mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Terutama setelah manajemenmemanipulasi oleh pemerintah setempat, pantai ini dibenahi dan diharapkan menjadi salah satu tempat wisata favorit di Jawa Timur.

Nah, bagi Anda yang sudah merencanakan liburan ke pantai ini, simak dulu ulasan lengkapnya. kunjungan yang baik mengenai pantai pacitan klayar selanjutnya.

pantai-klayar-pacitan

Pantai paling menggoda di Klayar

Mendekati Kota Pacitan dari segi properti daya tarik wisatanya hanya akan terfokus pada dua objek wisatanya yang sudah lama dikenal, yaitu Goa Gong dan Goa Tabuhan.

Saking populernya, gua-gua ini bahkan dianggap sebagai gua terindah di Asia. Jika Anda belum pernah mengunjungi salah satu atau keduanya, sebaiknya rencanakan waktu luang untuk berkunjung agar Anda bisa langsung membuktikan betapa indahnya kedua gua tersebut.

Namun di sisi lain, kota Pacitan yang wilayahnya berhadapan langsung dengan Samudera Hindia membuat kawasan pesisirnya menjadi pantai yang indah dan eksotis. Dalam hal ini, salah satu rentang yang layak dijadikan contoh adalah Pantai Klayar.

Ditambah dengan lokasinya yang berada di pesisir selatan, pantai ini akhirnya mewarisi pesona pantai selatan dengan ciri khas pasir pantainya yang putih lembut dan ombak yang menantang.

pantai-klayar-pacitan-2018via instagram/pantaiklayarpacitan

Tapi itu tidak semua yang membuat, tentu saja Pantai Klayar Naik daun setelah foto-fotonya viral di media sosial, ternyata ada hal lain selain pasir halus atau ombak besar yang membuatnya semakin memikat.

Unsur utama yang perlahan menjadi ikon pantai Klayar adalah karang besar yang tingginya hampir setara dengan pohon kelapa yang terdapat di sisi timur pantai. Terumbu karang ini sering menjadi objek hunting para wisatawan yang datang ke sini sekedar untuk bersantai sambil mengagumi hamparan laut Pantai Klayar yang megah, atau bahkan sebagai lokasi foto yang bagus. instagenic.

Batu karang ini meskipun tinggi namun dilengkapi dengan tangga sehingga pengunjung dapat menaikinya dengan mudah.

Lalu ada juga batu besar yang disebut patung sphinx di salah satu sisi pantai. Disebut patung sphinx karena batu karang (tebing karang) ini persis seperti patung sphinx di Mesir sana. Konon pada saat-saat tertentu dari arah batu ini terdengar suara menyerupai suara gamelan yang kadang terdengar sampai ke pemukiman warga.

Atraksi lain yang menghiasi Pantai Klayar adalah fenomena yang disebut Ocean Streamer. Fenomena ini pada saat-saat tertentu, seperti saat awal pasang, akan menyemburkan air hingga ketinggian 15 meter di belakang tebing.

klayar-jawa-pantai-timurvia instagram/pantaiklayarpacitan

Semburan itu tercipta karena adanya lubang kecil di sisi bawah tebing, yang bila dihantam gelombang besar masuk air laut yang kemudian akan disalurkan atau disemburkan ke atas, sehingga terkadang disertai dengan suara keras mirip suara seruling. Hal inilah yang menjadi dasar penamaan fenomena ini dengan nama ocean streamer.

Asal Usul Nama Pantai Klayar

Kata klayar yang digunakan sebagai nama pantai Klayar berasal dari cerita masa lalu yang terjadi di pantai ini. Menurut beberapa referensi, setidaknya ada dua alasan kenapa kata klayar akhirnya dipilih sebagai nama.

Pertama, di pantai ini dulu (menurut cerita masyarakat setempat) ada perahu yang terdampar di pantai setelah berjuang menghadapi ganasnya ombak di tengah lautan.

Kata klayar sebenarnya diambil dari istilah tersebut “silau” (dalam bahasa Jawa) yang mengacu pada keadaan kapal yang terguncang saat diterjang ombak laut sebelum akhirnya terdampar di pantai. Nah, dulu pantai ini dikenal dengan nama “Pantai Glayar”, yang kini menjadi Pantai Klayar.

harga-tiket-masuk-ke-pantai-klayarvia instagram/pantaiklayarpacitan

Kedua, kata klayar merupakan singkatan dari istilah tersebut “klayar-kluyur” (dalam bahasa jawa) yang artinya berjalan. Sehingga pantai ini sering dijadikan tempat wisata oleh warga yang tinggal di sekitar pantai. Kemudian seiring berjalannya waktu masyarakat secara alami menggunakan istilah klayar sebagai nama pantai Klayar.

Baca juga : Sumber Maron

Lokasi Pantai Klayar

Pantai Klayar bukan di Lamongan, Lokasi Pantai Klayar terletak di Desa Kalak, Kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur.

Jika diakses dari pusat Kota Pacitan, dibutuhkan waktu sekitar 50 menit berkendara dengan jarak tempuh sekitar 30 kilometer.

Anda harus berhati-hati dan menjadi Perhatian bahwa jalan menuju pantai Klayar dalam kondisi kurang baik. Selain ukurannya yang sempit, kontur jalan juga naik turun dan berkelok-kelok. Bisa dibilang jalur yang akan dilalui cukup ekstrim. Oleh karena itu, mohon periksakan kesehatan kendaraan dengan baik dan usahakan juga untuk selalu berkonsentrasi saat berkendara agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Sedangkan untuk rute menuju pantai Klayar, anda bisa dipandu dengan peta lokasi pantai Klayar dari Peta Google berikut ini. Rute diatur dari pusat kota Pacitan ke pantai Klayar.

Baca juga : Pantai Melasti Bali

Harga tiket masuk ke pantai Klayar

tiket-masuk-pantai-klayar-pacitanvia instagram/pantaiklayarpacitan

Harga tiket masuk ke pantai klayar selalu sangat terjangkau, tiket dijual dengan harga Rp 5000 per orang dari hari senin sampai jumat. Pada hari libur (Sabtu-Minggu), harga tiketnya sedikit lebih mahal, yakni Rp 10.000 per orang.

Ada juga tiket atau biaya parkir bagi pengunjung yang datang dengan kendaraan pribadi. Tarif parkirnya Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Baca juga : Gili Ketapang Probolinggo

Fasilitas Pantai Klayar

Fasilitas Pantai Klayar sekarang sudah mulai dilengkapi, jika sebelumnya hanya tersedia tempat parkir, kini anda bisa menemukan fasilitas umum seperti gazebo, mushola, rest area selain gazebo, warung makan dan wahana bermain.

Selain itu, akomodasi juga mulai mudah ditemukan di sekitar pantai. Jadi bagi anda yang berencana untuk menginap, tidak perlu lagi khawatir dan bingung mencari penginapan.

pondok-di-pantai-klayar-pacitanvia instagram/pantaiklayarpacitan

Harga sewa penginapan di pantai Klayar Pacitan juga relatif murah. Anda bisa menginap di hotel dengan fasilitas lengkap dengan harga sewa mulai dari Rp 350.000 saja per malam.

Baca juga tempat menarik lainnya di Jawa Timur seperti Wisata Telaga Sarangan

Jika Anda tidak mampu membayar harga sewa hotel, Anda dapat memilih untuk tinggal di asrama dalam bentuk homestay yang tersedia dan juga disewakan oleh penduduk sekitar pantai. Harga sewa homestay tentunya akan jauh lebih murah.

Aktivitas wisata di pantai Klayar

Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk menikmati liburan pantai di Klayar, Jawa Timur. selain berjalan di pasir pantai yang lembut dan indah seperti di Pantai Clung UpAnda juga bisa berfoto di atas bukit berbatu atau di sekitar patung sphinx.

Di pinggir pantai juga terdapat beberapa warung yang menjual makanan khas dari Pacitan dan Jawa Timur, jadi anda juga bisa berwisata kuliner di pantai ini. Kemudian, saat hari mulai menjelang sore, Anda bisa menikmati fenomena sunset yang indah dan mempesona dan bisa Anda lihat dengan sangat jelas dari tepi pantai.

bahaya-pantai-klayar-pacitanvia instagram/pantaiklayarpacitan

Oh iya, hati-hati jika ingin menikmati keindahan Pantai Klayar sambil berjalan-jalan di pinggir pantai, ombak besar Pantai Klayar bisa berubah menjadi bahaya yang nyata jika terlalu dekat dengan pantai. Gunanya untuk mengukur agar jarak Anda dari pantai tidak terlalu dekat.

Baca juga : Pantai Pandawa Bali

Wisata dekat pantai Klayar

Jika anda ingin berlibur ke tempat wisata lainnya setelah liburan pantai Klayar Pacitan, ada beberapa tempat wisata di dekat pantai Klayar yang dapat Anda kunjungi. Beberapa di antaranya adalah Pantai Watu Karung, Pantai Sendiki, Goa Gong, Pantai Banyu Tibo, Pantai Srau, Pantai Buyutan, Pantai Kasep dan Pantai Baron Wetan.

kerang-pantai-gambarvia instagram/pantaiklayarpacitan

Masih belum puas? Cek dan baca daftar tempat wisata di Jawa Timur lainnya : Tempat Wisata Alam di Lumajang

Dengan demikian, pemeriksaan tentang Pantai Klayar Pacitan Jawa Timur. Jika Anda berada di Jawa Timur, pastikan untuk mengunjungi pantai eksotis yang indah ini.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button