Pantai Kasap Pacitan - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Kasap Pacitan – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Kasap pacitan merupakan surga bahari yang megah tak kalah indahnya dengan Raja Ampat. Pantai ini menawarkan pemandangan pulau-pulau kecil yang menawan.

Harga tiket: Rp 5.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Gumuharjo, Watukarung, Kec. Pringkuku, Kab. Pacitan, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Pantai Kasap memiliki pesona keindahan berupa gugusan pulau dengan panorama yang hijau. Makanya, tempat ini juga dikenal mirip dengan wisata Raja Ampat. Di pantai ini, wisatawan bisa merasakan sejuknya semilir angin yang bertiup. Pantai ini berada di tengah antara dua tebing. Bentuknya berupa teluk berpasir yang melengkung dengan garis pantai yang sempit.

Wisata ini masih tergolong alami dan belum sepenuhnya dikelola oleh pemerintah setempat. Pantai ini memiliki keistimewaan berupa air biru jernih, pasir putih dan keberadaan bebatuan. Lokasinya yang berada di perbukitan menarik wisatawan untuk datang ke sini. Apalagi wisatawan bisa menikmati keindahan pulau-pulau kecil di lautan dari atas bukit.

Untuk sampai ke puncak bukit, Anda harus menempuh jalan setapak selama kurang lebih 15 menit. Padahal, Pantai Kasap masih masuk dalam Kawasan Wisata Watukatung bersama 12 pantai lainnya. Jika dihitung dari pusat kota Pacitan, Anda bisa sampai ke tempat wisata ini dalam waktu sekitar 1 jam dengan menempuh jarak 26 kilometer.

Tempat Wisata Pantai Kasap di Pacitan

Pantai Pacitan KasapKredit gambar: Google Maps Agung Cahyo

1. Kegiatan wisata pantai

Wisatawan yang berkunjung ke Pantai Kasap Pacitan dapat menikmati keindahannya dari berbagai sudut. Anda bisa menjelajahi kawasan wisata ini hingga menemukan tempat yang lebih tinggi. Di tempat ini kamu bisa menemukan spot foto terbaik. Selain itu, Anda juga bisa duduk-duduk santai di pantai dengan pasir putihnya yang indah.

Ombak di sini cukup besar, karena pantai ini termasuk dalam garis pantai selatan. Oleh karena itu, Anda tidak bisa berenang di pantai ini. Berkunjung ke pantai ini bisa menambah pengalaman berwisata Anda karena letaknya yang dekat dengan Sungai Cokel. Jadi Anda juga bisa mengikuti sungai hingga muara menggunakan perahu nelayan.

Di sini, beberapa perahu nelayan terjepit di kawasan sungai. Anda harus mencoba pengalaman wisata ini. Anda tidak perlu khawatir saat mengendarai perahu karena nelayan akan selalu menemani perjalanan Anda di atas perahu.

2. Matahari terbit dan terbenam

Pemandangan matahari terbit di kawasan Pantai Kasap dikenal memiliki pemandangan yang sangat indah. Hal inilah yang membuat wisatawan siap datang di pagi hari untuk menikmati suasana. Saat matahari terbit, Anda akan merasakan hangatnya mentari yang baru bersinar.

Tempat terbaik untuk melihat matahari terbit adalah di puncak Bukit Kasap antara pukul 05:30 dan 06:00. Sedangkan bagi Anda yang ingin menikmati sensasi keindahan sunset, Anda bisa menikmatinya saat senja di sisi kiri pantai, tepatnya di atas bukit dengan padang rumput yang hijau. Dari tempat ini, matahari terbenam akan sangat indah.

3. Spot foto menarik

Pengelola wisata menyediakan spot foto yang didesain sedemikian rupa sehingga menarik untuk dijadikan spot foto bagi wisatawan yang berkunjung. Spot foto ini menjadi pelengkap tempat wisata ini. Salah satu yang menarik perhatian pengunjung adalah pos pengamatan yang terbuat dari kayu dan dilengkapi dengan jembatan dan tangga.

Selain itu, ada juga desain photoboot yang berbentuk seperti gerbang menuju bukit. Photoboot ini terbuat dari akar kayu dan tumpukan dahan. Jika Anda naik Anda akan menemukan sebuah kafe di bukit. Selain itu, ada juga spot foto berupa sepeda dan bentuk hati yang dibuat menggunakan batang pohon yang ditumpuk.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai Kasap

Alamat pantai KasapKredit gambar: Google Maps Novi Paresti

Tempat wisata Pantai Kasap ini terletak di kecamatan Pringkuku, tepatnya di desa Watukarung, di sebelah timur pulau Jawa. Terletak di daerah perbukitan dan tidak jauh dari pantai Watukarung. Tempat wisata ini juga berbatasan dengan Pantai Denombo, Pantai Banteng Mati dan Sungai Cokel di sebelah timur. Sedangkan di sebelah barat berbatasan dengan pantai Jantur.

Jika Anda datang dari Yogyakarta atau Solo, Anda bisa mengambil jalan menuju Goa Gong yang berada di jalan Pacitan-Solo. Sesampainya di Kecamatan Punung yang berada di pertigaan sebelah barat pasar yang berdekatan dengan masjid, sebaiknya belok kanan. Ikuti jalan tersebut hingga menemukan pertigaan di kompleks kawasan Goa Gong. Kemudian belok kanan ke pantai Klayar di desa Kalak.

Anda akan sampai di sebuah perempatan, lalu belok kiri. Tetap di jalan sampai Anda menemukan pertigaan menuju Klayar. Disini kamu tinggal lurus saja menuju Pantai Watukarung atau Pantai Srau hingga sampai di pertigaan, lalu belok kanan hingga masuk ke tempat wisata pantai dari Watukarung.

Untuk menuju Pantai Kasap sebenarnya Anda bisa mengambil jalur yang sama untuk menuju Pantai Watukarung. Hal ini dikarenakan jarak antara kedua pantai tersebut berdekatan. Saat sampai di pantai Watukarung, Anda bisa belok kiri dan mengikuti jalan.

Saat melewati jalan ini harus berhati-hati, karena jalan yang dilalui merupakan jembatan yang cukup sempit jika digunakan oleh kendaraan roda empat. Kemudian Anda bisa melanjutkan perjalanan melalui jalan gudang hingga Anda menemukan papan kecil tidak permanen di sebelah kanan jalan yang menunjukkan arah Pantai Kasap. Kemudian Anda dapat memarkir kendaraan Anda dan menabrak jalan setapak.

Jalannya ada di sebelah kanan, kamu tinggal mengikuti jalan tersebut, sampai tiba di tempat wisata ini. Untuk memudahkan anda menemukan lokasi pantai ini, di sepanjang jalan yang anda ambil sudah ada papan petunjuk yang menunjukkan wisata Pantai Kasap, jadi anda tinggal mengikuti jalan sesuai petunjuk yang diberikan untuk sampai di pantai.

Harga Tiket Masuk Pantai Pacitan Kasap

Harga Tiket Masuk Pantai Pacitan KasapKredit Gambar: Google Maps Sela Azalea

Pengunjung yang berwisata ke kawasan pantai akan dikenakan tarif kurang lebih Rp 3.000 jika berkunjung pada hari biasa dan Rp 5.000 jika berkunjung pada hari libur. Jika wisatawan menggunakan kendaraan, juga akan dikenakan biaya parkir sebesar Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua dan Rp 5.000 untuk kendaraan roda empat.

Saat Anda juga menyusuri sungai menggunakan perahu nelayan, Anda juga akan dikenakan biaya sewa perahu. Harga sewanya dipatok Rp 15.000. Anda bisa naik perahu bersama keluarga atau teman berlibur.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Kasap

Aktivitas menarik di Pantai KasapKredit Gambar: Google Maps aryom ertriary

1. Bermain pasir dan air

Kegiatan ini merupakan salah satu kegiatan favorit wisatawan yang berkunjung ke wisata pantai. Apalagi pasir Pantai Kasap masih tergolong bersih dan putih, sehingga wisatawan yang berkunjung menjadi lebih tertarik, terutama bagi yang masih anak-anak.

2. Bersantai di tepi pantai

Bagi Anda yang ingin menikmati suasana santai, Anda bisa duduk-duduk di tepi pantai sambil menikmati keindahan alam tempat ini. Anda bisa merasakan kesejukan udara di sini, karena tempat ini belum banyak dikunjungi orang, sehingga masih cukup bersih.

3. Menikmati matahari terbenam dan matahari terbit

Pantai menjadi pilihan banyak orang untuk menikmati keindahan matahari terbit dan terbenam. Pancaran jingga begitu indah dilihat dari area pantai. Momen ini sangat diapresiasi dan ditunggu-tunggu oleh para wisatawan. Karena itulah banyak dari mereka yang siap datang pagi-pagi sekali untuk menikmati sunrise atau sunset di sore hari.

4. Turun ke Sungai Cokel

Sungai Cokel masih terhubung dengan wisata Pantai Kasap, sehingga Anda juga bisa menikmati keindahan alam di sekitar sungai. Untuk menjelajah lebih leluasa, Anda bisa menggunakan perahu yang disewa dari seorang nelayan. Saat Anda menyusuri sungai ini, Anda dapat mengabadikan momen dalam bidikan Anda.

5. Menyiapkan tenda

Bagi Anda yang menyukai kegiatan camping, Anda juga bisa mendirikan tenda di sekitar pantai. Anda bisa menikmati keindahan pantai dari dalam tenda, apalagi saat cuaca panas di sore hari. Ini akan memungkinkan Anda untuk berlindung dari matahari yang bisa menyengat Anda di siang hari.

6. Ambil gambar

Kebanyakan wisatawan yang berkunjung pasti selalu berfoto di tempat ini. Apalagi dengan spot foto dan photobooth menarik yang memang sengaja didesain sedemikian rupa. Hal inilah yang mendorong wisatawan untuk berburu banyak gambar untuk menambah koleksi foto mereka.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Kasap Pacitan

Fasilitas di Pantai Pacitan KasapKredit gambar: Google Maps Christian Hartanto

1. Toko Makanan dan Minuman

Di warung ini, ada hidangan khas Pacitan berupa otak-otak tuna dan tahu tuna. Harganya pun cukup terjangkau, yakni hanya Rp 5.000 hingga puluhan ribu. Selain itu, Anda juga bisa mencoba penawaran makanan lainnya.

Saat haus, Anda juga bisa memilih minuman yang tersedia di toko. Anda dapat memanfaatkan semua sajian makanan dan minuman yang ada di lokasi atau mengajak mereka jalan-jalan menikmati keindahan pantai.

2. Toilet

Wisata Pantai Kasap juga dilengkapi dengan toilet. Hal ini cukup penting untuk diramalkan, karena tidak mungkin wisatawan harus mencari toilet yang jauh, sedangkan lokasi pantai ini cukup terpencil.

3. Masjid

Bagi wisatawan yang pindah ke tempat ini pada siang hari, dimungkinkan untuk memasuki waktu salat. Saat masih betah berada di sini, tidak perlu khawatir, karena di sekitar objek wisata telah dibangun musholla. Jadi, setelah selesai beribadah, Anda masih bisa melanjutkan aktivitas wisata Anda di kawasan pantai ini.

4. Area parkir

Area parkir yang tersedia di kawasan Pantai Kasap cukup memadai. Sehingga para wisatawan yang berkunjung tidak perlu bingung untuk memarkirkan kendaraan yang mereka bawa. Berkat fasilitas ini, pengunjung dapat bepergian dengan bebas tanpa takut kehilangan kendaraan. Karena dijaga oleh petugas parkir yang bertugas.

5. Area perkemahan

Karena tempat ini merupakan daerah perbukitan, maka tempat ini juga cocok sebagai tempat berkemah. Oleh karena itu, pengelola wisata juga memfasilitasi pengunjung yang ingin berkemah di lokasi ini.

Itulah deretan pesona keindahan pantai Kasap di Pacitan yang bisa kamu nikmati saat berwisata ke tempat ini. Ada berbagai jenis aktivitas yang bisa Anda lakukan di pantai, tidak hanya di lokasi pantai, tetapi di sisi lain yang berdekatan dan masih dalam satu area dengan pantai Kasap.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also
Close
Back to top button