Mont Salak: Tiket Masuk, Jalur Pendakian, Mitos dan Pantangan Saat Mendaki! - WisataHits
wisatahits

Mont Salak: Tiket Masuk, Jalur Pendakian, Mitos dan Pantangan Saat Mendaki!

Mont Salak: Tiket Masuk, Jalur Pendakian, Mitos dan Pantangan Saat Mendaki!

Gunung Salak – Negara Indonesia sangat kaya akan wisata alam khususnya wisata gunung. Banyak sekali gunung yang terbentang di seluruh Indonesia, bahkan tidak sedikit yang masih aktif.

Pada kesempatan kali ini Tempatwisataseru.com akan membahas tentang informasi Gunung Salak. Gunung ini dikenal sangat angker dan memiliki jalur pendakian yang terjal dan sulit.

Dari segi ekosistem, pegunungan memiliki peran yang sangat penting. Selain sebagai penyeimbang atau penyangga daratan, tentunya pemandangan alam yang indah dan udara yang segar menjadikan gunung sebagai tujuan wisata.

Untuk gunung berapi aktif, letusan lahar dapat membuat tanah menjadi subur. Gunung Salak termasuk dalam kategori gunung berapi aktif di tanah Pasundan.

Misteri / Mitos Gunung Salak

Ini adalah salah satu daya tarik bagi para pendaki untuk menaklukkan Gunung Jawa Barat. Banyak sekali cerita atau mitos misterius tentang hantu gunung salak yang masih menjadi tanda tanya. Karena tidak semua orang memiliki kemampuan untuk melihat yang gaib atau gaib. Berikut beberapa misteri yang perlu Anda ketahui.

  1. Suara gamelan sering terdengar
  2. Penampilan nenek tua
  3. Banyak arwah berkeliaran di Kawah Ratu & Seribu
  4. Pasar Setan Puncak Gunung Salak
  5. Banyak pendaki yang hilang
  6. binatang ajaib
  7. Misteri Puncak Mutiara
  8. Seorang wanita berteriak minta tolong
  9. Larangan memetik bunga anggrek

Kisah mistis Gunung Salak Pasundan

Gunung Salak tidak lepas dari hal mistis atau magis. Menurut beberapa cerita dari pengalaman para pendaki dan informasi dari sesepuh setempat, ada penguasa gaib yang menempati beberapa titik lokasi. Dari kaki gunung hingga setiap puncak memiliki aturan yang berbeda.

Di kaki gunung tersebut dikuasai oleh Ki Baping Mayit. Di puncak penguasa sakti yaitu Mbah Hasan bin KH. Bahyudin bin Pangeran Natamangala bin Pangeran Wirasuta Kuningan. Sedangkan untuk kawasan puncak II ada Eyang Mahaprabu Siliwangi. Selebihnya di Puncak III adalah Eyang Sarean.

Pada dasarnya setiap jengkal bumi ini pasti ada mahluk gaib karena kita hidup berdampingan namun dalam dimensi yang berbeda. Dan tentunya kita harus selalu berhati-hati dan menjaga sopan santun dimanapun kita berada. Ingatlah untuk selalu berdoa sebelum melakukan suatu aktivitas.

informasi Umum

  • Gunung Salak, Pasawahan, Cicurug, Sukabumi, Jawa Barat, Indonesia Lihat petunjuk arah di peta
  • Harga mulai dari Rp 20.000
  • Lama kunjungan terbaik adalah 4 jam

Sejarah Gunung Salak Bogor

Gunung Salak terletak di antara Kabupaten Sukabumi dan Kabupaten Bogor. Secara umum, kawasan pegunungan Bogor ini memiliki 3 puncak. Puncak Salak I memiliki ketinggian sekitar 2211 mdpl. Untuk puncak II dengan ketinggian sekitar 2180 mdpl. Puncak terakhir atau puncak Salak III memiliki ketinggian sekitar 1926 m dpl.

Gunung Bogor ini merupakan salah satu gunung berapi di Pulau Jawa, namun sudah lama meletus atau mengeluarkan lahar panas. Letusan pertama tercatat terjadi sekitar tahun 1600. Adapun letusan terakhir terjadi pada tahun 1938. Berikut beberapa informasi mengenai erupsi atau erupsi Gunung Salak.

  1. Letusan pertama sekitar abad ke-16
  2. Letusan kedua terjadi antara 1668 dan 1699
  3. Letusan ketiga sekitar tahun 1780
  4. Antara tahun 1902 – 1903 terjadi letusan
  5. Pada tahun 1935 terjadi ledakan lagi
  6. Ledakan terakhir terjadi pada tahun 1938

Gunung Salak atau yang sering disebut Gunung Sapto Argo merupakan gunung tua. Banyak orang mengatakan bahwa nama gunung ini berasal dari buah salak. Namun sebenarnya nama gunung ini berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya ‘Perak’.

Lokasi Gunung Sapto Argo

Gunung Salak terletak di Pasawahan, Cicurug, Sukabumi. Gunung ini diapit oleh dua kabupaten, yaitu Bogor dan Sukabumi.

Pilihan rute menuju Gunung Salak

Bagi wisatawan yang berminat mendaki Gunung Salak, bisa menempuh 2 jalur via Bogor atau Sukabumi dengan kendaraan pribadi. Silakan ikuti petunjuk di bawah ini:

Jalur Bogor

Tol Jagorawi – Sentul – Ring Road Bogor Tol Yasmin & Keluar – IPB / Lewiliang Nunggang – Desa Curug Bitung – Desa Wisata Malasari – Kebun Teh Nirmala Agung – Desa Citalahab – Pusat Penelitian Cikaniki – Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Bogor.

Jalur Sukabumi

Jalan Tol Jagorawi – Ciawi – Exit Tol Ciawi – Parung Kuda – Kebandungan – Cikaniki – Citalahab – Taman Nasional Gunung Halimun Salak dengan jarak tempuh sekitar 4-5 jam.

Mengakses

Berikut gambaran jalan yang akan Anda lewati:

  • Rute yang mudah diikuti
  • Dari atas ke bawah
  • Bisa mengendarai sepeda motor
  • Bisa naik mobil

Jalur dan Rute Pendakian Gunung Salak

Jalur dan Rute Pendakian Gunung Salak via DetikJalur dan Rute Pendakian Gunung Salak via Detik

Meski tidak terlalu tinggi, jalur pendakian Gunung Salak tidaklah mudah. Hal ini dipengaruhi oleh fitur medan dan banyaknya jalur pendakian yang terjal. Untuk itu, pendaki pemula tidak disarankan untuk mendaki disini.

Dengan pepohonan yang lebat, rimbun, dan karakter yang lembab, mengharuskan pendaki menggunakan sepatu trekking khusus untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Yang paling sering terjadi adalah banyaknya serangan pacet atau lintah. Memang gigitan pacet tidak sakit, sehingga jarang kita sadari, namun bekas gigitannya menyisakan sensasi gatal yang cukup menyiksa.

Bagi pendaki yang menginginkan tantangan menaklukan puncak gunung, ada beberapa pilihan jalur pendakian yang bisa didaki. Berikut beberapa jalur pendakian Gunung Salak.

  • Jalur Pendakian Cangkuang–Cidahu
  • Jalur Pendakian Pasir Reungit
  • Curug Pilung – Jalur Pendakian Giri Jaya
  • Jalur pendakian Kutajaya – Cimelati

Periksa juga: 12 Gunung Terindah Di Jawa Barat

Pesona keindahan Gunung Salak Bogor

Puncak Manik Gunung Salak Bogor via Climber StoriesPuncak Manik Salak Bogor via Climber Stories

Gunung ini memiliki pemandangan yang menakjubkan. Oleh karena itu, banyak pendaki yang merasa sangat kesulitan untuk mencapai puncak gunung tersebut. Saat ini, mendaki gunung bisa dibilang sebagai gaya hidup yang cukup trendi. Ditambah lagi dengan hadirnya film berukuran 5cm yang menggambarkan perjalanan beberapa sahabat untuk menaklukan puncak gunung.

Gunung Salak merupakan salah satu gunung tertinggi di Jawa Barat. Selain keindahan pemandangannya, wisata alam pegunungan ini juga sarat akan hal mistis. Banyak kejadian yang masih menjadi misteri hingga saat ini.

Tips penting sebelum mendaki

Setiap medan pendakian gunung memiliki karakteristik yang berbeda. Struktur tanah, batuan atau karakter suhu sekitar juga dapat mempengaruhi cara pendakian.

Selain itu, ada juga yang perlu mengetahui pantangan atau pantangan tertentu menurut sesepuh setempat. Untuk itu perlu menggali informasi sebelum mendaki, karena mendaki gunung merupakan hobi atau gaya yang cukup berbahaya, bahkan nyawa menjadi taruhannya.

Selain beberapa kebutuhan pokok yang perlu disediakan, ada pula kebutuhan atau gagasan tambahan yang perlu dipahami terlebih dahulu. Apalagi jika memang tempat pendakian tersebut memiliki sejarah mistis yang cukup kental. Karena segala sesuatu yang menyentuh mistis atau gaib, tidak semuanya dapat dianalisa menurut logika manusia.

Berikut beberapa tips mendaki Gunung Salak yang bisa menjadi pilihan.

  1. Mintalah izin terlebih dahulu kepada kuncen. Dalam hal ini Mbah Idim Dimyati yang menjadi penjaga makam keramat tersebut. *Konfirmasi terlebih dahulu
  2. Sempatkan untuk berziarah ke makam Kyai Eyang Santri dan Muhammad Hasan Basri bin Bahaudi bin Mbah Gunung.
  3. Jangan sombong dan sombong. Ini sebenarnya berlaku di mana saja. Menjaga adab itu sangat penting, apalagi di tempat-tempat yang belum pernah kita kunjungi sebelumnya.
  4. Larangan memetik anggrek selama perjalanan dan larangan menanyakan buah salak.
  5. Persiapkan juga fisik dan mental agar tidak kaget saat mendaki.
  6. Selalu waspada dan hati-hati selama perjalanan, terutama jika Anda mendaki pada musim hujan, karena jalur pendakian yang akan Anda lewati penuh dengan bebatuan dan terjal, saat hujan, jalur pendakian menjadi licin.
  7. Anda harus mengetahui jalur pendakian Gunung Salak lebih detail. Jika Anda belum pernah mendaki Gunung Salak, sebaiknya ajaklah orang yang pernah mendaki Gunung Salak.
  8. Yang terbaik adalah membawa makanan dan minuman bersamamu.
  9. Tetap bersama grup

Penutupan

Mungkin hanya itu yang bisa kami sampaikan mengenai tempat wisata Gunung Salak yang layak untuk dikunjungi. Semoga referensi di atas bisa menjadi pilihan terbaik saat Anda ingin melakukan aktivitas liburan mengunjungi Kota Bogor, Jawa Barat.

Temukan informasi tempat wisata terbaru lainnya di Indonesia dan luar Indonesia dengan terus mengunjungi Tempatwisataseru.com.

Kunjungi juga: 7 Tempat Wisata Terbaik di Lereng Gunung Salak

Source: tempatwisataseru.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button