Pantai Tanjung Pendam, pantai indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Belitung - WisataHits
wisatahits

Pantai Tanjung Pendam, pantai indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Belitung

Pantai Tanjung Pendam, pantai indah dengan pemandangan matahari terbenam yang menakjubkan di Belitung
Harga tiket: Rp 2.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Kemuning, Parit, Kec. Tanjung Pandan, Kab. Belitung, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai merupakan tempat wisata alam yang menarik untuk dikunjungi, seperti halnya Pantai Tanjung Pendam. Berlokasi strategis di Kota Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, kawasan ini banyak dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Hembusan angin membentuk deburan ombak, suara ombak, pohon yang melambai, pasir putih yang lembut, membuat suasana pantai selalu diinginkan.

Apalagi saat matahari terbenam, alam seolah menunjukkan kepada manusia bahwa setelah terang datanglah kegelapan, setelah kesulitan datanglah kemudahan. Ada berbagai atraksi di Pantai Tanjung Pendam. Anda juga bisa melakukan aktivitas menarik bersama teman atau keluarga, selain itu fasilitas yang disediakan juga memadai.

Karena alasan ini, banyak wisatawan berkunjung. Apalagi saat hari libur, suasananya selalu ramai dan ramai. Bagi Anda yang menyukai keramaian, pantai eksotis yang indah ini wajib dikunjungi. Agar lebih meyakinkan, berikut kami rangkum beberapa hal penting yang bisa dijadikan alasan utama untuk mengunjungi tempat wisata ini!

Objek Wisata Pantai Tanjung Pendam

Objek Wisata Pantai Tanjung Pendam BelitungFoto oleh Franciscus Stefanno di Google Maps

Wajar jika seseorang tertarik pada sesuatu, karena ada daya tarik tertentu disana. Seorang pria tertarik pada wanita karena mereka cantik, tajam, dll. Begitu pula dengan wisata alam yang banyak dikunjungi orang karena memiliki daya tarik tersendiri di sana. Oleh karena itu, inilah beberapa tempat wisata di Pantai Tanjung Pendam yang penting untuk Anda ketahui!

✦ Pemandangan alam Pantai Tanjung Pendam

Pemandangan alam di pegunungan menjadi salah satu tempat favorit para wisatawan, terutama bagi mereka yang gemar mendaki gunung. Sedangkan pemandangan alam di pantai, meski tanpa harus berjalan jauh dan mendaki, pemandangan alam juga bisa dinikmati.

Inilah bedanya melihat pemandangan alam di pegunungan dengan menikmati pemandangan alam Tanjung Pendam. Tanpa perlu jauh-jauh mendaki, Anda bisa menikmati hijaunya pepohonan, hembusan angin, berburu burung camar, nelayan mencari ikan dan masih banyak lagi yang bisa dinikmati di pantai.

✦ Sebagai tempat istirahat dan relaksasi

Menikmati pemandangan alam di pantai merupakan kegiatan yang sangat digemari dan menjadi alternatif bagi banyak orang. Nuansa perkotaan yang bising, kemacetan berujung polusi, membuat rutinitas menjadi melelahkan. Saat itulah bercengkrama dengan alam di pantai menjadi alternatif.

Menghirup udara segar, mendengar deburan ombak sambil berjalan di atas pasir putih, merupakan relaksasi yang bisa dilakukan di pantai. Selain itu, bersantai dengan minum kopi dan merokok atau minum teh panas sambil melihat pemandangan alam merupakan kegiatan yang menarik untuk dilakukan.

✦ Ada panggung terbuka

Lokasi pantai yang dekat dengan kota menjadi nilai tersendiri karena panorama alamnya yang indah dan banyak orang bisa melihat aktivitas wisata di sana. Tempatnya sangat cocok dan sering digunakan untuk konser musik. Panggung terbuka yang menjulang dengan suara musik yang keluar dari sistem PA, mengundang banyak orang untuk menonton live music tersebut.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai Tanjung Pendam BelitungFoto oleh April Popy di Google Maps

Suasana desa yang masih menjadi idola karena suasana alamnya seperti Pantai Tanjung Pendam. Tempat ini terletak di Desa Tanjung Pendam, Kecamatan Tanjungpandan, Kabupaten Belitung, Kepulauan Bangka Belitung. Bagi wisatawan lokal, tempat ini mudah diakses karena letaknya yang strategis di pusat kota. Jalan raya menuju lokasi juga sudah beraspal tanpa lubang atau hambatan berarti.

Bagi wisatawan dari luar pulau atau berangkat dari bandara, jarak tempuh dari H.AS. Hanandjoeddin – Tanjungpandan sekitar 14,3 km. Jarak ini setidaknya memakan waktu sekitar 25 menit. Setelah dari Tanjungpandan, jarak menuju tempat wisata sekitar 4 km dan hanya membutuhkan waktu sekitar 9 menit.

Harga tiket masuk dan jam buka

Pantai Tanjung Pendam sangat berkualitas dengan berbagai fasilitas yang memuaskan wisatawan. Namun tiket masuk ke lokasi hanya 2000 per orang. Harga tiket masuknya memang sangat murah, namun kualitas yang disuguhkan di tempat ini tidak murahan, bahkan bisa dibilang sangat memuaskan.

Untuk memberikan kenyamanan dan pelayanan yang memuaskan kepada wisatawan, pantai ini tidak pernah tutup, dalam artian buka setiap hari dengan jadwal buka 24 jam. Turis bisa datang kapan saja, kapan saja, dan cocok banget buat kamu yang bingung karena kepengen.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas Menarik Pantai Tanjung Pendam BelitungGambar Bowo MD di Google Maps

Sebagus apapun tempat wisata, jika tidak ada aktivitas menarik yang dilakukan, pasti akan membuat Anda merasa jenuh dan jenuh sehingga ingin segera pulang. Oleh karena itu, kegiatan menarik sangat penting diketahui sebelum pergi berlibur agar berbagai persiapan bisa dilakukan. Berikut beberapa aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Tanjung Pendam!

1. Jogging track dan taman bermain

Selain pasir putih bersih yang terhampar sempurna di pinggir pantai, kawasan ini juga dilengkapi dengan tempat jogging. Selain itu, ada juga lapangan atau jalur sepeda bagi yang ingin berolahraga sambil mengagumi panorama yang indah dan udara yang segar.

Ada juga tempat bermain anak yang asik, sejuk dan nyaman. Jadi anda bisa mengunjungi keluarga tercinta untuk melepas penat. Apalagi jika taman tersebut bisa dibilang aman dari berbagai resiko, seperti sekedar bermain di pantai.

2. Nikmati memasak

Masyarakat pesisir atau yang tinggal di sekitar pantai memiliki keahlian dalam mengolah hewan laut, seperti ikan dan lain-lain. Ini membuat persiapan makanan mereka sangat tidak menyenangkan jika dilewatkan. Oleh karena itu, kegiatan menarik yang bisa Anda lakukan saat liburan bersama keluarga di Pantai Tanjung Pendam adalah menikmati kuliner.

Antara masyarakat sekitar dengan wisatawan terjadi hubungan simbiosis mutualisme, saling menguntungkan. Saat wisatawan merasa perut lapar setelah melakukan berbagai aktivitas, saat itu masyarakat setempat menyediakan atau menjual makanan khas daerah untuk anda nikmati.

3. Perburuan artisanal

Bagi wisatawan yang ingin membeli oleh-oleh atau sedang mencari barang-barang tertentu untuk dijadikan oleh-oleh, pantai cantik ini memiliki toko kerajinan. Masyarakat sekitar pantai memiliki keahlian menganyam bambu dengan berbagai bentuk yang unik dan menarik. Misalnya seperti slot untuk sendok, sarang untuk lampu, slot untuk obat nyamuk bakar dan sejenisnya.

Sebagian besar hasil kerajinan mereka dijual di toko galeri yang bersangkutan. Wisatawan penasaran yang ingin membeli barang-barang ini dapat mengunjungi toko galeri dan berbelanja di waktu senggang mereka. Tidak sedikit wisatawan yang melakukan kegiatan ini, terutama wisatawan mancanegara.

4. Lihat keunikan budaya Buang Jong

Membuang berarti melepaskan atau membuang, sedangkan Jong adalah perahu layar. Buang Jong yaitu melepaskan atau melempar perahu layar kecil berukuran sekitar satu sampai dua meter. Ini merupakan upacara adat yang dilakukan oleh suku Sawang Tanjungpandan, Kabupaten Belitung.

Kegiatan ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Bahkan, banyak wisatawan yang mengabadikan aktivitas ini dengan mengambil foto menggunakan kamera DSL atau ponsel mereka.

5. Melihat keindahan sunset di Pantai Tanjung Pendam

Yang selalu menjadi favorit wisatawan saat berkunjung ke pantai adalah melihat matahari terbenam atau sunset. Apalagi bagi wisatawan yang biasa tinggal di perkotaan, gedung-gedung tinggi yang mereka lihat seringkali menghalangi sunset. Berbeda dengan pantai, melihat fenomena alam matahari terbenam sangat jelas dengan mata telanjang.

Bagi para fotografer yang sedang mencari foto, memotret sunset di pantai adalah tempat yang tepat. Di sana matahari terlihat jelas, perlahan langit berwarna jingga hingga benar-benar hitam. Ambil kamera atau ponsel terbaik, abadikan fenomena alam ini untuk menghiasi jejaring sosial Anda.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai Tanjung Pendam BelitungFoto oleh Rakhmad Ramadhanjaya di Google Maps

Terdapat fasilitas penunjang untuk kenyamanan wisatawan saat berkunjung ke Pantai Tanjung Pendam. Ketersediaan WiFi cocok untuk kalangan milenial yang gemar bermain game online. Anda bisa bermain bersama teman sambil menikmati segarnya udara dan keindahan alam pantai. Ada juga toilet yang bisa digunakan kapan saja untuk buang air besar.

Berikutnya adalah Musholla yang bisa dijadikan tempat ibadah bagi umat Islam. Di tempat ini juga tersedia fasilitas warung yang menjual berbagai jenis makanan. Sebagian besar makanan yang disediakan berjenis seafood karena lokasinya yang memang berada di pinggir pantai. Fasilitas lain yang sangat vital adalah parkir dengan biaya yang relatif murah.

Untuk fasilitas penunjang, Anda bisa menemukan panggung sebagai tempat hiburan. Tentu Anda juga setuju bahwa tidak semua pantai menawarkan fasilitas tersebut. Meski tidak terlalu penting bagi sebagian wisatawan, keberadaan arena olahraga merupakan pelengkap dari fasilitas yang tersedia. Anda bisa menikmati suasana khas pantai sambil menyehatkan tubuh dengan berolahraga tanpa terganggu polusi udara.

Berbagai atraksi yang ada di Pantai Tanjung Pendam membuat orang semakin penasaran untuk mengunjungi tempat ini. Apalagi jika Anda bisa melakukan aktivitas menarik selama berada di sana, baik sendiri, bersama teman atau keluarga. Apabila fasilitas utama dan fasilitas pendukung sudah memadai maka akan menambah ketenangan, keamanan dan kenyamanan wisatawan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button