Pantai Jolosutro, pantai pasir hitam eksotis yang unik di Blitar - WisataHits
wisatahits

Pantai Jolosutro, pantai pasir hitam eksotis yang unik di Blitar

Harga tiket: Rp 7.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Ringinsari, Ringenrejo, Kec. Wates, Kab. Blitar, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Indonesia dikenal memiliki banyak destinasi alam yang menakjubkan. Salah satunya di kawasan Blitar yang memiliki icon wisata menarik yaitu pantai Jolosutro. Wisata ini memiliki keunikan tersendiri disetiap daerahnya yang membuatnya dilirik oleh banyak orang. Di tengahnya terdapat udang rebon yang tertata rapi jika dilihat dari atas bebatuan.

Sedangkan di sudut timur terdapat pohon pinus lebat yang biasa dijadikan tempat berteduh. Oleh karena itu, pada siang hari tidak akan terik meskipun terik matahari. Konon wisata ini hanya diketahui sebagian kecil masyarakat saja. Namun saat ini sudah banyak pengunjungnya, mulai dari wisatawan lokal maupun dari berbagai belahan dunia.

Meski bisa dikatakan destinasi ini sering dijadikan destinasi keluarga, namun keindahannya tetap terjaga. Anda bisa berjalan ke arah barat untuk melihat perbatasan antara pantai Jolosutro dan pantai Karang Nritep. Sejauh mata memandang, Anda tidak akan pernah bosan merenungkan luasnya lautan. Nikmati kesegaran yang tidak akan Anda dapatkan di kota.

Tempat Wisata Jolosutro. Pantai

Aktivitas di Pantai JolosutroKredit Gambar: Instagram Galeri Saya

Berbagai pemandangan alam di pantai Jolosutro memberikan pesona tersendiri. Keunikannya jarang ditemukan di wisata sejenis lainnya. Hal inilah yang membuat para pejabat setempat ingin terus melestarikan keberadaannya.

1. Pasir Hitam Eksotis

Salah satu pemandangan yang bisa dilihat di kawasan ini adalah pasirnya yang halus dan warnanya yang eksotis. Meski tidak berkulit putih, namun banyak yang terpesona saat melihatnya. Hamparannya yang luas membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Tidak ada sampah yang berserakan karena ada penjaga yang selalu membersihkannya.

Pasirnya lembut jika dirasakan dengan kaki yang tidak menggunakan sepatu atau sandal. Pengunjung dapat memainkan beberapa permainan seperti istana pasir, menggali lubang dan membuat cetakan pasir. Orang muda hingga orang tua akan merasakan kesenangan melakukan kegiatan tersebut.

2. Dikelilingi perbukitan hijau

Saat memasuki tur, kehijauan alam akan ditampilkan. Lautnya dikelilingi perbukitan hijau di atas bebatuan karang. Pada siang hari, angin bertiup dan warna bukit cocok dengan warna air pantai. Bahkan di sore hari, bukit itu terlihat seperti lukisan siluet dengan langit jingga.

Selain itu, pinus dan cemara di sekitarnya menambah keteduhan tempat itu. Kayu gelondongan sering digunakan oleh masyarakat sekitar sebagai bahan pembuatan gazebo. Nuansa hijau alami ini tak hanya sejuk dipandang mata, tapi juga udaranya enak untuk dihirup. Tak heran jika pengelola memiliki program menanam bibit pohon agar lebih rindang.

3. Jangkauan luas

Area pantai Jolosutro yang cukup luas membuat kunjungan memiliki beberapa daratan. Beberapa digunakan sebagai tempat parkir, tempat penjualan dan penghijauan. Meski banyak orang yang datang berlibur, namun Anda tidak perlu khawatir karena tempat di sini cukup luas. Sarana dan prasarana cukup memadai di seluruh kawasan wisata ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai JolosutroKredit gambar: Google Maps Syamsul Arifin

Kawasan Rekreasi Pantai Jolosutro terletak di Desa Ringenrejo, Kecamatan Wates, Kabupaten Blitar, Jawa Timur. Lokasinya berjarak 45 km dari pusat Kota Blitar dan dapat ditempuh dalam waktu sekitar 1 jam. Pengunjung akan melewati kabupaten Wanigoro, terus ke Binangun untuk sampai ke Wates. Jalannya mudah dinavigasi dengan sepeda atau mobil karena sudah beraspal mulus.

Selain itu, jika wisatawan berangkat dari kota Malang dapat melewati Bendungan Karangkates. Setelah sampai di Kesamben, Anda bisa menuju ke selatan untuk mencari jolosutro. Papan petunjuk akan tersedia di semua jalan raya yang mendekati pantai. Pengunjung pertama kali juga dapat mengaksesnya di Google Maps.

Lokasinya yang strategis dapat diakses dengan transportasi umum yang tersedia. Wisatawan yang tidak membawa kendaraan dapat naik bus dari pusat kota dan berhenti di terminal Ringenrejo. Setelah kedatangan Anda, akan ada ojek pengantar ke tujuan. Penyewaan travel juga tersedia untuk langsung menuju pantai.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Pantai JolosutroKredit gambar: Google Maps Anggun Yasica

Berlibur ke pantai Jolosutro tidak membutuhkan budget yang besar. Biayanya sangat murah, hanya Rp 7000 per orang di hari biasa dan hari libur. Wisatawan dapat menikmati keindahan wisata dari pagi hingga sore hari. Tak heran banyak yang menjadikannya sebagai destinasi keluarga.

Sebelum masuk, agen akan menanyakan harga tiket parkir. Mulai dari Rp 2.000 untuk roda dua dan Rp 5.000 untuk roda empat. Biasanya rombongan yang membawa bus akan memiliki harga tiket yang berbeda. Wisatawan tidak perlu khawatir karena biayanya dijamin tidak akan mengosongkan kantong.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di pantai Jolosutro

Kegiatan di Jolosutro.  PantaiKredit Gambar: Keberhasilan Kinerja Google Maps yang Berkelanjutan

1. Perkemahan

Apalagi hari Sabtu dan Minggu di sepanjang pantai dipenuhi oleh para pekemah muda. Pengunjung bisa mendapatkan izin dari pengelola pantai sebelum mendirikan tenda. Peralatan lain seperti peralatan masak dan tempat tidur bisa disiapkan di rumah. Anda akan melihat matahari terbit dan terbenam saat berada di sini.

2. Beli produk kuliner

Tidak lengkap rasanya jika Anda sedang berlibur tetapi tidak menyukai masakan lokal. Produk hasil laut seperti gurita, cumi dan ikan bakar dijual oleh pedagang dengan harga terjangkau. Cita rasanya yang khas mampu memanjakan lidah para tamu. Tak heran jika toko ini sangat populer dan antriannya cukup panjang di hari libur nasional.

3. Jalan-jalan di pantai

Kegiatan ini terutama dilakukan untuk menikmati pemandangan alam dengan lebih leluasa. Wisatawan dapat mengelilingi area yang rindang dengan menginjak pasir. Anda akan melihat orang-orang lewat dari kanan ke kiri. Ajak kerabat agar kegiatan ini tidak membosankan.

4. Berenang

Aktivitas Menarik di Pantai Pantai JolosutroKredit gambar: Pendapatan Google Maps untuk kota Blitar

Pantai Jolosutro Blitar dikenal memiliki ombak yang besar. Namun jangan khawatir, wisatawan yang sedang berlibur tetap bisa berenang di pinggirannya. Pengelola menyarankan Anda untuk berhati-hati karena terkadang angin laut dapat mempengaruhi ombak yang cepat. Perlengkapan seperti pelampung harus disiapkan di rumah karena di kawasan ini tidak ada persewaan.

5. Bersantai di gazebo

Jumlah gazebo yang tertata rapi sangat cocok digunakan untuk keluarga. Anda akan disuguhi pemandangan air laut yang disinari matahari yang begitu indah. Desain bangunannya berwarna coklat menggunakan kayu yang mengelilinginya.

6. Foto bersama kerabat

Banyaknya spot foto Jolosutro membuat pengunjung ingin mengabadikannya. Dari pohon pinus, pasir dan bebatuan bisa dijadikan background. Oleh karena itu, persiapkan kamera agar tidak ketinggalan kegiatan ini. Traveler juga bisa membuat video bersama kerabat atau keluarga untuk menghabiskan waktu di pantai cantik ini.

Penginapan murah dekat pantai

Akomodasi di dekat Pantai JolosutroKredit gambar: Google Maps Supri Yatno

1. Hotel Tugu Blitar

Bangunan hotel ini terbilang unik karena mengambil tema abad ke-19. Anda akan merasa seperti melangkah mundur ke masa lalu ketika melihat perabotan di dalamnya. Dilengkapi dengan kulkas, TV kabel dan berbagai pilihan menu sarapan. Berlokasi strategis di sebelah alun-alun, supermarket, dan stasiun kereta api.

2. Hotel Puri Perdana dan Gedung Kongres

Hostel Puri Perdana cukup dekat dengan pantai Jolosutro karena hanya membutuhkan waktu satu jam perjalanan. Para agen pelayanan sangat ramah dengan para wisatawan yang datang. Harganya juga berkisar Rp 250.000 per malam dengan pilihan 145 kamar. Fasilitas yang ditawarkan mulai dari area bermain anak, kolam renang dan tempat karaoke.

3. Hotel Patria Plaza

Patria menjadi salah satu rekomendasi akomodasi karena masakannya yang terkenal enak. Area di sekitar wisma dikelilingi oleh pepohonan sehingga tempatnya asri. Di sudut lainnya terdapat ruang pertemuan yang disewakan sebagai tempat pertemuan. Wisatawan juga dapat menyewa layanan antar-jemput mobil yang disediakan oleh hotel.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di Jolosutro.  PantaiKredit gambar: Google Maps ILHAM ALI SHODIQ

Wisata liburan di Pantai Jolosutro memiliki beberapa fasilitas penunjang. Wisatawan dapat menggunakan toilet di sekitar area tersebut. Fasilitas ini dibayar mulai dari Rp 2.000. Petugas pantai biasanya akan mengawasi pembersihan secara rutin agar para tamu merasa nyaman memakainya.

Tersedia tempat parkir yang cukup luas di area pintu masuk depan sehingga dapat menampung hingga 50 kendaraan. Akan ada partisi untuk sepeda dan mobil untuk memudahkan parkir kendaraan. Bagi pengunjung yang ingin salat, bisa mengunjungi musholla kecil yang ada di pojok lokasi wisata. Di bagian depan dilengkapi dengan tempat wudhu dengan air mengalir.

Banyak gazebo akan terlihat di sepanjang jolosutro sehingga orang yang datang bisa bersantai. Banyak yang menghabiskan waktu di kursi ini sambil menikmati keindahan alam pantai. Ada juga toko pedagang kecil yang menjual makanan khas. Tempat sampah juga tersebar di beberapa sudut untuk menjaga kebersihan area.

Demikian gambaran destinasi bahari dari Pantai Jolosutro hingga Blitar yang banyak dilirik wisatawan. Anda yang berkunjung ke Blitar bisa menjadikannya sebagai persinggahan liburan untuk bersantai. Persiapkan liburan dengan matang dan bawalah barang-barang yang diperlukan saat berada di pantai.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button