Pantai Yeh Gangga, pantai pasir hitam eksotis yang unik di Tabanan Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Yeh Gangga, pantai pasir hitam eksotis yang unik di Tabanan Bali

Pantai Yeh Gangga, pantai pasir hitam eksotis yang unik di Tabanan Bali

Ingin mengunjungi tempat wisata alam yang unik di sekitar Bali? Mari kunjungi Pantai Yeh Gangga dan temukan keistimewaannya yang berbeda. Perhatikan juga rute menuju lokasinya.

Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl. Yeh Gangga I, Kec. Tabanan, Kab. Tabanan, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Keindahan pantai Bali sudah tidak diragukan lagi. Semuanya memiliki keindahan dan pesona tersendiri, sehingga banyak wisatawan yang merasa terpesona. Namun jika Anda mencari wisata pantai yang memiliki pesona unik dan suasana tenang, Pantai Yeh Gangga bisa menjadi pilihan.

Pantai cantik di Tabanan ini merupakan salah satu pantai di Bali yang mungkin jumlah pengunjungnya tidak terlalu banyak. Jadi, di pantai ini wisatawan bisa merasakan ketenangan dan suasana yang sangat damai. Hal ini tentunya berbeda dengan pantai-pantai terkenal lainnya di Bali seperti Pantai Kuta dan Pantai Pandawa.

Berkunjung ke pantai cantik ini, wisatawan bisa melupakan sejenak segala rasa penat dan jenuh akibat aktivitas sehari-hari. Semua penat akan hilang berkat suara ombak yang menenangkan. Sama seperti beberapa pantai lainnya, Pantai Yeh Gangga juga memiliki nama lain yaitu Pantai Batu Bolong.

Atraksi yang ditawarkan oleh Pantai Yeh Gangga

Kredit gambar: Google Maps Rainer Bähr

Setiap tempat wisata pasti memiliki aset dan keunikan masing-masing yang bisa ditonjolkan. Begitu juga dengan pantai Tabanan yang indah ini, memiliki banyak daya tarik yang bisa membuat para wisatawan terpesona. Berikut beberapa keunikan Pantai Yeh Gangga yang harus diketahui wisatawan sebelum berkunjung.

✦ Pantai pasir hitam yang eksotis

Salah satu daya tarik Pantai Batu Bolong yang unik adalah pasir hitamnya yang eksotis. Panjang pantai ini cukup landai sehingga pasir hitam ini sangat indah di pagi hari. Saat terkena sinar matahari, pasir hitam tersebut akan terlihat sangat berkilau.

✦ Spot Menyenangkan untuk berselancar

Selain menikmati pemandangan yang indah, wisatawan yang berkunjung ke pantai ini juga bisa mencoba berselancar. Karena ombak disini tidak terlalu besar namun arusnya cukup kuat. Hal ini menantang para peselancar untuk menaklukkan ombak di pantai ini.

Karena ombaknya relatif besar, pantai ini tidak aman untuk berenang. Jadi jika ingin bermain air di pantai, sebaiknya jalan kaki saja menyusuri pantai dan jangan terlalu jauh ke tengah.

✦ Pura Batu Bolong

Pura Batu Bolong terletak di atas batu besar di tengah lautan. Jarak antara pantai dan pura sekitar 30 meter, dapat ditempuh dengan berjalan kaki jika pantai surut. Keberadaan candi ini membuat pemandangan semakin indah. Saat matahari terbenam, cahaya menembus antara bangunan candi dan bebatuan.

✦ Pantai Suci

Daya tarik selanjutnya yang membuat Pantai Yeh Gangga begitu berbeda adalah pantai ini dianggap keramat oleh masyarakat setempat. Pantai ini umumnya digunakan untuk upacara adat seperti pelepasan abu setelah ngaben dan upacara melasti. Jadi jangan heran jika pantai ini terkesan lebih damai dan menyejukkan.

✦ Pemandangan perahu nelayan yang berjejer

Saat Anda berada di Pantai Batu Bolong, ingatlah untuk memperhatikan bagian barat pantai ini. Karena di sisi barat terdapat perahu-perahu nelayan yang berjejer dan terlihat sangat rapi. Perahu tersebut menjadi pertanda bahwa pantai ini merupakan tempat yang sangat cocok untuk memancing atau menangkap ikan.

Dibandingkan dengan pantai lain di Bali, salah satu kelebihan dan keunikan Pantai Yeh Gangga adalah suasananya yang lebih tenang. Suasana tenang ini akan langsung terasa saat wisatawan datang dan mulai menjelajahi pantai. Angin sepoi-sepoi, suara ombak dan keindahan pemandangan akan menenangkan pikiran Anda.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Kredit gambar: Google Maps Vladimir Butov

Pura Batu Bolong di Pantai Yeh Gangga terletak di Desa Sudimara, Kecamatan Tabanan, Kabupaten Tabanan, Provinsi Bali. Bagi wisatawan yang tidak memiliki kendaraan pribadi, disarankan untuk menyewa kendaraan jika ingin ke Pantai Batu Bolong. Namun jika harga sewa kendaraan terlalu mahal, menggunakan ojek bisa menjadi solusi.

Dengan demikian, wisatawan bisa naik bus umum menuju kabupaten Tabanan dan menuju pantai dengan ojek. Jika perjalanan dimulai dari pusat kota Tabanan maka jarak tempuh untuk menuju pantai Batu Bolong sekitar 11 kilometer. Keberadaan pantai cantik ini juga tidak jauh dari objek wisata Tanah Lot, hanya berjarak 9 kilometer saja.

Jika ingin berkunjung ke Pantai Yeh Gangga, wisatawan tidak perlu khawatir soal biaya. Karena pantai ini bisa dikunjungi secara gratis tanpa harus membayar tiket masuk. Datang ke sini, wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir. Untuk parkir mobil tarifnya Rp 5.000 sedangkan parkir motor Rp 2.000.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Aktivitas di Pantai Yeh GanggaFoto oleh I Nengah Januartha di Flickr

Kegiatan yang sangat menarik dan wajib dilakukan oleh para wisatawan di pantai ini adalah menikmati sunset. Tapi selain menikmati pemandangan pantai, masih banyak lagi yang bisa dilakukan di sini. Berikut beberapa aktivitas yang tak kalah seru dan wajib dilakukan di Pantai Yeh Gangga.

1. Saksikan para nelayan kembali melaut

Sore harinya, wisatawan bisa langsung melihat para nelayan yang baru pulang dari melaut, termasuk hal yang sangat istimewa bagi wisatawan. Karena saat ini tidak semua pantai di Bali bisa digunakan untuk kegiatan memancing.

2. Belajar berselancar

Bagi wisatawan yang memiliki hobi surfing, wajib dicoba berselancar di Pantai Yeh Gangga. Karena pantai ini tidak terlalu besar namun ombaknya masih kuat. Oleh karena itu, kondisi ini sangat cocok untuk peselancar pemula, karena ombaknya jauh lebih aman.

3. Mengunjungi Pura Batu Bolong

Aktivitas menarik terakhir yang juga bisa dilakukan wisatawan adalah mengunjungi Pura Batu Bolong. Namun sayangnya hal ini hanya bisa dilakukan dengan mudah saat pantai sedang surut. Dengan demikian, wisatawan hanya bisa sampai ke pura dengan berjalan kaki dan menikmati suasana tenang kawasan pura.

Melihat aktivitas para nelayan yang kembali melaut dan mengunjungi Pura Batu Bolong akan membuat liburan wisatawan menjadi lebih berkesan. Dan bagi wisatawan yang menyukai aktivitas seru dan memacu adrenalin, Anda bisa mencoba berselancar di sini.

Fasilitas yang tersedia di area pantai

Fasilitas Pantai Yeh GanggaKredit gambar: Google Maps Ni Putu Ardani

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, saat berkunjung ke pantai cantik ini, wisatawan tidak perlu membayar tiket masuk. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir dengan fasilitas yang tersedia di sini. Berikut beberapa fasilitas yang tersedia di objek wisata Pantai Yeh Gangga.

1. Parkir

Karena untuk menuju ke sini wisatawan tidak bisa menggunakan angkutan umum, tempat wisata ini memiliki tempat parkir yang luas. Dengan demikian, wisatawan tidak perlu khawatir kehabisan tempat untuk memarkirkan kendaraannya. Nantinya tempat parkir ini akan dijaga dan diatur oleh petugas yang bertanggung jawab.

2. Kamar mandi

Keberadaan kamar mandi dan WC di objek wisata juga tidak kalah pentingnya. Apalagi setelah bermain di pantai, kaki dan tangan pasti kotor karena terkena pasir dan berbagai hal lainnya. Nah di pantai cantik ini terdapat toilet umum yang bisa digunakan dengan nyaman oleh pengunjung.

3. Restoran dan Makan Malam

Berkunjung ke pantai berpasir hitam yang eksotik ini, wisatawan tidak perlu khawatir akan kelaparan. Karena di sekitar pantai terdapat beberapa rumah makan dan rumah makan yang menawarkan berbagai macam masakan. Dari makanan ringan, minuman atau makanan berat, semuanya tersedia di sini.

Dengan biaya yang sangat murah hanya untuk transportasi dan parkir, wisatawan sudah bisa menikmati keindahan dan ketenangan Pantai Yeh Gangga. Jadi jangan ragu untuk segera merencanakan kunjungan ke pantai ini. Rasakan ketenangan dan kedamaian sejenak di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button