Pulau Cangke, pulau romantis dengan kisah cinta legendaris di Pangkep - WisataHits
wisatahits

Pulau Cangke, pulau romantis dengan kisah cinta legendaris di Pangkep

Biaya kunjungan: Mulai dari Rp50.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Pulau Cangke, Kab. Pangkajene dan Kepulauan, Sulawesi Selatan; Kasus: Cek lokasi

Sulawesi Selatan memiliki berbagai keindahan alam dan salah satunya adalah Pulau Cangke di Kabupaten Pangkep. Sebuah pulau kecil yang memiliki pemandangan alam yang indah dan eksotis. Pantai pasir putih dan air laut yang sangat jernih. Area laut dangkal di sekitar pulau ini juga cukup luas yang menambah eksotisme tempat ini.

Tidak hanya menarik perhatian wisatawan dengan pemandangan alamnya, tetapi juga suasana dan keadaan pulaunya yang masih sangat alami. Oleh karena itu, banyak wisatawan yang menyukai tempat sepi memilih pulau ini sebagai salah satu tujuan wisatanya.

Selain terkenal dengan alamnya yang indah, Pulau Cangke juga terkenal dengan sejarah romantis yang mengelilinginya. Sepasang suami istri yang telah hidup bersama selama beberapa dekade dan merupakan satu-satunya penghuni pulau itu.

Tempat Wisata Pulau Cangke

Aktivitas Pulau CangkeKredit gambar: Google Maps Cinikironk

1. Pantai pasir putih

Pantai-pantai eksotis dengan pasir putih yang lembut menjadi daya tarik tersendiri dari keindahan pulau Kepulauan Pangkajene ini. Salah satu sisi pulau ini memiliki pantai berpasir yang cukup luas dan landai. Wisatawan bisa bersantai dan penat dengan duduk santai di atas pasir pantai.

2. Perairan yang jernih dan dangkal

Salah satu daya tarik Pulau Cangke adalah airnya yang begitu bersih dan jernih. Selain pasir putih, pulau ini juga dikelilingi perairan laut dangkal yang cocok untuk aktivitas bermain air.

Pemandangan bebatuan dasar laut juga bisa terlihat dengan sangat jelas. Menghasilkan warna segar yang indah yang dapat dinikmati langsung oleh wisatawan.

3. Hutan cemara yang rindang

Meski merupakan pulau gersang, kondisinya kini berbeda. Wisatawan yang datang akan disambut dengan rimbunnya pohon pinus dan beberapa jenis pohon lainnya. Membentuk hutan kecil di tengah lapangan.

4. Suasana tenang dan asri

Ombak yang landai dan suasana yang tenang akan disuguhkan kepada pengunjung pulau ini. Jauh dari kebisingan kota dan tentunya tanpa polusi. Sangat cocok untuk dijadikan tempat pelarian sementara bagi Anda yang harus menghadapi hiruk pikuk kota setiap hari.

Keberadaan hutan kecil di tengah pulau juga membawa kesejukan kawasan ini. Udara yang lebih sejuk dan angin sepoi-sepoi yang bertiup akan membantu menyegarkan pikiran dan juga tubuh Anda.

5. Pemandangan matahari terbit dan terbenam

Tempat Wisata Pulau CangkeKredit gambar: Twitter desa pangkep

Keindahan sunrise dan sunset merupakan paket lengkap yang ditawarkan oleh Pulau Cangke. Di pagi hari atau saat matahari mulai terbit, wisatawan bisa melihat semburat merah menghiasi langit. Pemandangan matahari terbenam di tempat ini tidak kalah indahnya. Langit mengambil warna senja, yang akan meningkatkan dekorasi yang ada.

6. Tempat bertelur penyu

Pulau kecil ini memiliki daya tarik lain, yaitu lokasinya yang sering menjadi tempat bertelur penyu. Pada waktu-waktu tertentu, penyu akan berburu pulau ini untuk bertelur di pantai.

7. Kisah cinta Daeng Abu dan istrinya

Pulau ini sangat lekat dengan kisah cinta sepasang suami istri yang begitu setia. Kisah Daeng Abu yang menjadi penduduk pulau bersama istrinya memang sudah terkenal. Mereka yang terpaksa tinggal di pulau ini, menemukan tempat tinggal seperti surga di bumi.

Ketika dia pertama kali tiba, pulau itu tidak berpenghuni dan gersang. Daeng Abu dan Maidah menanami pulau itu dengan pohon-pohon seperti cemara. Sekarang pulau yang dulu gersang itu berubah menjadi hijau dan lebih teduh.

Alamat, lokasi, rute dan biaya perjalanan

Alamat Pulau CangkeKredit Gambar: Instagram sulsel yang luar biasa

Lokasi Pulau Cangke mudah dijangkau oleh wisatawan yang berkunjung ke Sulawesi Selatan. Jika Anda datang dari kota Makassar atau luar daerah, rute yang harus dilalui adalah menuju pelabuhan Paotere.

Di pelabuhan Paotere, beberapa perahu nelayan bisa disewa untuk menyeberang ke Cangke. Perahu tradisional ini akan mengantar wisatawan ke pulau dengan lama perjalanan sekitar tiga jam. Penyeberangan Anda akan ditemani pemandangan laut biru dan pulau-pulau yang tampak kecil.

Sebelum sampai di Cangke, perahu atau boat bisa singgah dulu di Pulau Karanrang. Biasanya di pulau ini wisatawan bisa membeli peralatan dan perlengkapan yang diperlukan.

Wisata pulau ini bisa menjadi pilihan liburan yang sangat terjangkau. Wisatawan bisa menikmati seluruh area pulau sesuka hati, gratis atau gratis. Anda hanya perlu menyiapkan dana untuk menyeberang, biasanya antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000 untuk pulang pergi.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pulau Cangke

Aktivitas Pulau CangkeKredit gambar: Instagram Open Trip Makassar

1. Bermain pasir

Aktivitas menyenangkan dan santai yang bisa dilakukan adalah bersantai di atas pasir putih yang lembut. Menikmati pemandangan hijau dan air laut yang biru akan menyegarkan pikiran dan tubuh Anda. Wisatawan juga bisa bermain game seperti membuat istana pasir atau lainnya.

2. Jalan Laut Dangkal

Wisatawan dapat bermain sedikit lebih jauh dari pantai. Laut di sekitar Pulau Cangke cukup dangkal sehingga pengunjung juga bisa berkeliling dan melihat ikan-ikan kecil berenang di sekitar bebatuan.

3. Snorkeling

Jika belum puas berjalan di perairan dangkal, wisatawan bisa pergi lebih jauh ke tengah laut untuk snorkeling. Ombak di sekitar kawasan ini tidak terlalu besar sehingga cukup aman untuk snorkeling. Namun, wisatawan harus membawa peralatan sendiri karena di tempat ini tidak ada persewaan peralatan snorkeling.

4. Ambil gambar

Ada banyak spot foto yang bisa dipilih pengunjung. Pantai pasir putih halus menjadi tempat wajib yang wajib diabadikan oleh kamera. Pemandangan pasir putih dan air laut yang jernih akan menjadi background foto yang bagus.

Spot foto lainnya adalah jembatan kayu di ujung pulau. Sebuah jembatan yang menghubungkan pulau dengan laut, meski tidak terlalu panjang, jembatan ini bisa menjadi spot selfie atau foto yang menarik.

5. Perkemahan

Kegiatan menarik di Pulau CangkeKredit Gambar: Instagram tentang Sulawesi Selatan (S3)

Kegiatan camping sepertinya menyenangkan untuk dilakukan di pulau yang masih sangat alami. Perlengkapan camping seperti tenda tentunya harus disiapkan dan dibawa dari rumah.

Wisatawan yang bermalam di Pulau Cangke bisa menikmati panorama matahari terbit di pagi hari. Pengalaman yang tidak biasa tentunya melihat matahari terbit di tepi pantai saat bangun tidur.

6. Jalan-jalan di hutan

Para pecinta alam tidak boleh melewatkan aktivitas seru di pulau ini seperti berjalan kaki melintasi hutan. Meski tidak terlalu luas, kawasan hutan yang ditumbuhi pepohonan rindang bisa menjadi tempat menyatu dengan alam. Nikmati udara segar hingga suasana begitu tenang.

7. Memancing

Kegiatan yang tidak kalah menyenangkan saat liburan di pulau kecil ini adalah memancing. Jangan lupa siapkan alat pancing saat berkunjung ke pulau ini. Ada banyak area atau spot untuk kegiatan memancing. Jika Anda berhasil mendapatkan ikan segar, Anda bisa memasaknya seperti memanggangnya di pantai.

8. Di Sekitar Pulau

Pulau eksotis ini memiliki luas hanya sekitar 10 meter persegi. Ukurannya yang kecil memungkinkan wisatawan untuk berkeliling pulau. Hampir seluruhnya dikelilingi pantai pasir putih, sangat mudah untuk diikuti wisatawan.

Akomodasi murah terdekat

Akomodasi di dekat CangkeKredit gambar: Google Maps Swiss-Belhotel Makassar

1. Swiss Belhotel Makassar

Akomodasi terdekat di pulau eksotis ini hanya bisa ditemukan di sekitar Makassar, seperti Swiss Belhotel Makassar. Kamar nyaman dengan fasilitas lengkap untuk tamu hotel. Hostel ini juga menawarkan fasilitas pembatalan gratis dengan kondisi tertentu.

2. Fox Lite Royal Bay Makassar

Sekitar 3 km dari Pelabuhan Paotere, terdapat sebuah hostel yang bisa menjadi tempat menginap bagi Anda yang berkunjung ke Pulau Cangke. Tempat tidur yang nyaman, televisi layar datar, pancuran, dan akses wifi gratis adalah beberapa layanan yang ditawarkan.

3. Hotel Aston Makassar

Akomodasi terdekat dari Cangke adalah di sekitar Pelabuhan Paotere, seperti Aston Makassar Hotel & Convention Center. Menyediakan banyak tempat tidur nyaman dengan fasilitas kamar tidur lengkap. Hostel ini juga menawarkan fasilitas kolam renang untuk para tamu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas di kawasan wisataKredit gambar: Google Maps Denmark Salsa

Pulau Cangke masih merupakan tempat wisata yang sangat alami, hal ini terlihat dari fasilitas umum yang belum tersedia. Toilet dan warung makan tidak akan berlokasi di sini. Oleh karena itu, wisatawan dapat menyiapkan makanan sendiri selama perjalanan ke pulau tersebut.

Tidak ada fasilitas akomodasi seperti homestay apalagi hotel. Alternatif bagi wisatawan yang ingin menikmati sensasi bermalam di pulau ini adalah berkemah. Namun, ingatlah untuk membawa tenda sendiri dan perlengkapan berkemah lainnya dari rumah.

Tidak ada alat transportasi di pulau ini karena tidak diperlukan. Luas pulau tidak begitu besar sehingga tidak perlu bus atau angkutan umum lainnya. Wisatawan cukup berjalan kaki di pulau ini. Namun, fasilitas penyeberangan ke pulau sudah tersedia dengan menggunakan perahu nelayan.

Merupakan destinasi wisata eksotik Pulau Cangke yang menyimpan banyak pesona dan keindahan. Wisatawan akan benar-benar diajak untuk berbaur dengan alam yang berbeda dari kehidupan modern.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button