Setelah direvitalisasi, Situ Gede Tasikmalaya menjadi pusat kekuatan ekonomi - WisataHits
Jawa Barat

Setelah direvitalisasi, Situ Gede Tasikmalaya menjadi pusat kekuatan ekonomi

Setelah direvitalisasi, Situ Gede Tasikmalaya menjadi pusat kekuatan ekonomi

harapanrakyat.com, – Pemerintah Provinsi Jawa Barat baru-baru ini meresmikan revitalisasi dan tata letak Situ Gede, Kota Tasikmalaya, Jawa Barat.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berharap upaya penataan dan revitalisasi Situ Gede dapat mendorong perekonomian masyarakat sekitar yang akan menjadi destinasi wisata alam.

Sebab, menurut Ridwan Kamil, kondisi Situ Gede sebelum revitalisasi tidak tertata dengan baik. Selain itu, kata Gubernur, dengan selesainya tol Cileunyi-Garut-Tasikmalaya (Cigatas), masyarakat umum akan semakin mudah untuk mengunjungi Tasikmalaya, khususnya Situ Gede.

Baca juga: Banyak objek wisata di Kabupaten Bandung yang masih belum memiliki izin

“Situ Gede merupakan industri pariwisata bagi Tasikmalaya. Kota Tasikmalaya harus menjadikan kawasan ini senyaman, aman, dan seekonomis mungkin,” kata Ridwan Kamil di Kota Bandung, Senin (16/1/2023).

Terkait Tol Cigatas yang resmi beroperasi, Ridwan Kamil mengatakan akan mempermudah akses menuju kawasan wisata tersebut. Karena rencananya KELUAR Tol Cigatas berada di kawasan Tasikmalaya.

Sebagai informasi: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan objek wisata Situ Gede pada Sabtu (14/01/2023) setelah dilakukan penataan dan revitalisasi. Ia berharap dengan peresmian tersebut, Situ Gede bisa menjadi destinasi wisata.

Ridwan Kamil pun mengaku optimistis wajah baru Situ Gede di Kabupaten Mangkubumi akan mendongkrak Pendapatan Asli Daerah (PAD) dan perekonomian nasional.

Diakui Gubernur, masyarakat umum sudah familiar dengan objek wisata Situ Gede. Namun sebelumnya, keadaan Situ Gede kurang tertata.

Untuk itu, Pemprov Jabar menetapkan pembangunan Situ Gede sebagai salah satu program strategis provinsi yang diemban Dinas Sumber Daya Air Jabar.

Saat ini, tahap pertama revitalisasi dan desain Situ Gede seluas 2.800 meter persegi telah selesai.

Baca juga: Taman Mangkubumi Tasikmalaya, tempat wisata dengan berbagai wahana

“Revitalisasi dan desain kawasan Situ Gede akan dilanjutkan tahap dua hingga semuanya siap. Ini belum selesai, baru tahap satu. Kami akan menganggarkan lagi sampai semuanya siap,” katanya.

Libatkan investor di Situ Gede

Penataan dan revitalisasi Situ Gede, kata Ridwan Kamil, bertujuan untuk konservasi, pelestarian ekosistem alam dan ekologi serta peningkatan citra kawasan.

Dalam kesempatan yang sama, Ridwan Kamil juga menyarankan agar Pemkot Tasikmalaya mengundang investor ke kawasan Situ Gede. Keikutsertaan para investor ini dimaksudkan untuk mendukung pembangunan fasilitas lain di Situ Gede, seperti pembangunan shelter.

“Kalau di kawasan Situ Gede sudah ada penginapan, mungkin kedepannya banyak wisatawan yang ingin menginap di kawasan Situ Gede sambil menikmati keindahan alam Situ Gede,” katanya. (Ecep/R13/HR-Online)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button