Batu Mahpar, destinasi wisata alam eksotik dengan sejuta pesona di Tasikmalaya - WisataHits
wisatahits

Batu Mahpar, destinasi wisata alam eksotik dengan sejuta pesona di Tasikmalaya

Batu Mahpar, destinasi wisata alam eksotik dengan sejuta pesona di Tasikmalaya
Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 08.00-17.00 WIB, Alamat: Sukamulih, Kec. Sariwangi, Kab. Tasikmalaya, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Batu Mahpar merupakan tempat wisata alam di Tasikmalaya yang menawarkan sejuta pesona. Tempat ini selalu ramai dikunjungi pengunjung, bahkan ada yang datang dari luar daerah. Saat hari libur, para wisatawan datang berdesak-desakan seolah memenuhi semua kecamatan. Bukan tanpa sebab, semua karena daya tarik yang dimilikinya, terutama dari segi kecantikan.

Seperti diketahui, banyak tempat wisata yang terletak di Tasikmalaya. Masing-masing memiliki daya tarik tersendiri, ada yang menawarkan keindahan, wahana bermain, konsep taman air, dan lainnya. Sebelum berkunjung, Anda harus menentukan terlebih dahulu apa tujuan liburan Anda.

Mengingat apa yang dimilikinya, Batu Mahpar cocok dijadikan destinasi utama jika ingin melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Keindahan alamnya tidak dapat ditemukan di tempat lain meskipun memiliki konsep yang sama. Batuan eksotis, pepohonan rindang yang membuat suasana hijau, bahkan air terjun menanti Anda.

Daya Tarik Batu Mahpar

Atraksi Batu MahparKredit gambar: Google Maps Deni Hidayat

Sebelum dikenal sebagai tempat wisata dan banyak dikunjungi wisatawan, tempat ini dianggap angker oleh warga setempat. Namun, anggapan ini berangsur-angsur menurun, hingga akhirnya menjadi tempat peristirahatan. Tentu saja, ada berbagai hal menarik yang bisa ditemukan di sini, sekaligus menjadi alasan bagi yang datang.

1. Mahpar Batu Eksotis

Batu Mahpar merupakan gugusan batuan yang terbentuk akibat letusan Gunung Galunggung beberapa dekade silam. Aliran lava mengalir dari berbagai titik, salah satunya menuju sungai. Saat mengalir melalui sungai, lahar yang mengendap lama kelamaan menjadi batu karang. Panjangnya diperkirakan mencapai 400 meter, terlalu jauh untuk dijelajahi dengan berjalan kaki.

Meskipun awalnya sungai, hari ini hanya sejumlah kecil air yang mengalir. Sebaliknya, aliran air berubah menjadi bebatuan yang terlihat sangat eksotis. Batu ini juga berbentuk sungai yang di beberapa bagiannya terdapat ombak. Pengunjung bebas melakukan apa saja mulai dari bersantai di atas batu hingga berjalan menyusurinya.

2. Pemandangan alam yang indah

Sebagai salah satu wisata alam, daya tarik Batu Mahpar selanjutnya tentu saja pemandangan di sekitarnya. Tempat ini begitu indah karena banyak terdapat semak belukar yang mengelilinginya. Dekorasinya serba hijau, hanya bebatuan yang tampak abu-abu. Suasananya begitu asri, kondusif untuk kegiatan penyembuhan bagi yang ingin melepas penat.

Dekorasi hijau semakin disempurnakan dengan kehadiran hewan liar yang menghuni sirkuit ini. Tidak terlalu banyak, hanya kicauan burung yang berterbangan, serta beberapa serangga yang memeriahkan suasana. Mengunjungi tempat ini dijamin membuat Anda betah, siapapun pasti akan ragu untuk pulang.

3. Air terjun yang indah

Keindahan pemandangan alam dan eksotisme aliran lahar tua bukan satu-satunya daya tarik Batu Mahpar. Selain itu, tempat wisata di Tasikmalaya ini memiliki air terjun yang sangat indah. Bukan hanya satu, melainkan empat air terjun dengan ciri khasnya masing-masing. Meski debit airnya tidak terlalu deras, namun keindahannya masih terlihat jelas.

Empat air terjun yang dimaksud adalah Curug Manawah, Curug Kahuripan, Curug Mahkota dan Air Terjun Niagara Sunda. Menariknya, Anda tidak perlu melakukan perjalanan jauh untuk mengunjungi semuanya karena letaknya yang berdekatan. Semua air terjun tersebut memiliki kolam air yang jernih dan tenang, cocok untuk permainan air.

4. Wahana tersedia

Batu Mahpar memang layak untuk dijadikan jalan memutar untuk mengisi liburan bersama keluarga atau kekasih. Tidak ada kekurangan yang bisa ditemukan di sini, Anda bahkan bisa menemukan wahana yang cocok untuk anak-anak. Beberapa taman bermain yang tersedia antara lain seluncuran, rumah pohon, dan ayunan.

Selain itu, ada juga wahana ekskursi yang cocok sebagai sarana edukasi. Tur populer ini mencakup kebun binatang mini dengan koleksi hewan yang jinak, lucu, dan menyenangkan. Tidak hanya itu, ada juga kolam renang yang dilengkapi seluncuran air. Bagi yang suka foto silahkan menggunakan spot foto yang disediakan pengelola.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Batu MahparKredit Gambar: Google Maps alif M

Tak sulit menemukan tempat wisata alam Batu Mahpar Galunggung, meski lokasinya jauh dari perkotaan. Ini karena lokasi sudah ada di aplikasi Google Maps atau peta digital, jadi tinggal mengetikkan nama tujuan. Alamat lengkapnya ada di Desa. Sukamulih, Kecamatan Sariwangi, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Jarak dari pusat kota cukup jauh, membutuhkan waktu 1 jam perjalanan. Waktu yang dibutuhkan untuk menempuh jarak kurang lebih 25 kilometer. Silahkan datang dengan kendaraan pribadi, sepeda motor atau mobil, karena selama ini beberapa daerah tidak dilintasi kendaraan umum.

Harga Tiket Masuk Wisata Alam

Sebelum memasuki kawasan wisata Batu Mahpar, Anda harus menyiapkan dana untuk membeli tiket masuk. Terdapat perbedaan harga antara tempat wisata pada umumnya, tergantung hari kunjungan. Jika Anda datang dari Senin hingga Jumat, biaya masuk yang diperlukan adalah 20.000 rupee.

Berbeda jika Anda datang pada hari Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, biaya masuknya naik menjadi 25.000 rupiah. Tempat ini buka setiap hari dengan jam buka yang sama yaitu buka dari pukul 08:00 sampai 17:00 WIB. Namun khusus hari Jumat, tempat ini buka mulai pukul 13.00 dengan waktu tutup yang sama.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Batu Mahpar

Kegiatan menarik di Batu MahparKredit Gambar: Saluran Google Maps Udar1der

Berkunjung ke Batu Mahpar Galunggung dijamin bikin betah, seperti yang sudah kami jelaskan tadi. Selain atraksi yang ada di properti, banyak juga aktivitas menarik yang bisa dilakukan. Berikut adalah beberapa aktivitas yang dimaksud!

1. Nikmati pemandangan alam yang indah

Karena keindahannya, sayang sekali jika hanya memandangnya dengan sebelah mata. Keindahan tempat wisata ini patut diapresiasi dan setiap orang pasti akan merasakan kedamaian. Eksotisme bebatuan yang terbentuk di sepanjang aliran sungai menjadi yang utama. Ditambah dengan pepohonan hijau yang rindang, pesonanya semakin sempurna.

2. Piknik Santai

Batu Mahpar cocok untuk semua kalangan, baik bersama keluarga, kekasih atau bahkan teman dekat. Namun yang pasti tempat ini lebih cocok jika dikunjungi dengan rombongan. Kegiatan yang paling cocok adalah piknik santai, sambil menikmati bekal yang dibawa dari rumah atau dipesan oleh warga setempat, dijamin kegiatan ini akan lebih seru.

3. Berburu spot foto

Bersantai sambil menikmati pemandangan alam adalah suatu keharusan di sini. Namun ada yang lebih menarik dan tidak boleh ketinggalan yaitu berburu spot foto. Pengelola menawarkan beberapa spot khusus bagi yang menyukai fotografi. Misalnya, tempat bernama Gelodog Asih didesain menyerupai konsep singgasana.

4. Berenang di kolam renang

Aktivitas seru selanjutnya di Batu Mahpar adalah berenang di kolam. Tidak terlalu luas, hanya terdapat beberapa kolam yang disesuaikan dengan usia pengunjung. Namun, kolam renang ini dilengkapi dengan fasilitas yang memadai, misalnya seluncuran air mini untuk anak-anak. Selain itu juga terdapat ruang tunggu orang tua, ruang ganti dan toilet.

Fasilitas yang tersedia

Pabrik Batu MahparKredit gambar: Google Maps 21 katazi

Sebuah tempat wisata lebih layak untuk dikunjungi jika memiliki fasilitas yang memadai. Selama Anda berkunjung ke sini, sebenarnya tidak ada yang perlu dikhawatirkan. Pasalnya, ada banyak fasilitas yang bisa Anda gunakan berdasarkan fungsinya. Misalnya tempat parkir yang luas, toilet untuk bersih-bersih diri, mushola dan permainan. Selain itu, terdapat pula warung yang menawarkan berbagai menu makanan dan gazebo untuk beristirahat.

Ada banyak hal yang perlu diperhatikan sebelum mengunjungi suatu destinasi wisata. Mulai dari daya tarik yang dimiliki properti tersebut, dari akses jalan untuk mengaksesnya, hingga fasilitas yang tersedia. Jika melihat semua ulasan di atas, Batu Mahpar adalah salah satu tempat yang harus Anda kunjungi. Ditambah lagi, tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk menikmati semua keindahan dan aktivitas seru di sana.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button