Pantai Jampue, pantai yang indah dan ditemukannya adat istiadat masyarakat lokal di Pinrang - WisataHits
wisatahits

Pantai Jampue, pantai yang indah dan ditemukannya adat istiadat masyarakat lokal di Pinrang

Pantai Jampue, pantai yang indah dan ditemukannya adat istiadat masyarakat lokal di Pinrang

Pantai Jampue merupakan wisata alam yang cukup menarik di Sulawesi Selatan. Lautnya biru dengan banyak pohon kelapa. Apakah Anda berniat untuk datang ke sini? Ini alamatnya.

Harga tiket: Rp 10.000 Jam operasional: 24 jam, Alamat: Lanrisang, Kec. Lanrisang, Kab. Pinrang, Sulawesi Selatan; Kasus: Verifikasi lokasi

Mengisi waktu luang dengan mengunjungi pantai tentunya akan sangat menyenangkan. Salah satu pantai indah yang bisa dikunjungi adalah Pantai Jampue. Pesona laut dengan pasir putihnya mampu memanjakan mata para wisatawan. Ketika mengunjungi Pinrang di Sulawesi Selatan, kunjungi pantai yang indah ini.

Ada banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Padahal, harga tiket masuknya cukup terjangkau yakni murah. Wisatawan bisa menikmati pengalaman berlibur dekat dengan alam di pantai cantik ini. Berbagai fasilitas juga bisa dinikmati. Semua fasilitas terpelihara dengan baik, jadi Anda harus menjaganya tetap bersih dan tidak rusak.

Jika ingin ke sini, sebaiknya datang pada hari biasa dan saat jam sepi agar tidak terlalu ramai pengunjung. Sebelum menuju ke pantai cantik ini, sebaiknya cari tahu dulu informasi selengkapnya di artikel berikut ini.

Daya Tarik Pantai Jampue

Atraksi Pantai JampueFoto Rugbye Jie di Google Maps

Setiap pantai memiliki keindahan dan pesona tersendiri, termasuk pantai indah ini. Apa saja tempat wisata yang membuat wisatawan penasaran untuk berkunjung ke sini?

✦ Pesona Laut Biru

Daya tarik utamanya tentu saja pesona laut biru yang sangat menawan. Siapa pun yang menginjakkan kaki di Jampue akan merasakan surga dunia. Keindahan laut biru yang masih tergolong jernih siap memukau wisatawan. Jika beruntung, pengunjung bisa melihat berbagai ikan berenang di tengah pantai.

Lautnya yang biru bersih menjadi rumah bagi berbagai makhluk laut. Pesona laut biru ini akan semakin sempurna dengan pasir putihnya. Wisatawan bisa memanfaatkannya untuk bersantai sambil melepas beban pikiran.

✦ Deretan pohon kelapa

Cari tempat nongkrong yang romantis? Jadi, tepat untuk mengunjungi pantai ini. Deretan pohon kelapa yang menjulang tinggi bisa menjadi daya tarik tersendiri. Begitu juga saat berkunjung ke pantai pada sore hari menjelang malam. Ini akan menambah suasana romantis, karena ada lampu di sekitar pantai.

✦ Kebiasaan setempat

Daya tarik lain dari pantai ini adalah adat istiadat masyarakat setempat. Sulawesi Selatan tentu memiliki budaya khusus yang tidak dimiliki provinsi lain. Sebagian besar masyarakat yang tinggal di pesisir pantai masih memegang teguh tradisi dan adat istiadat setempat. Jangan takut, masyarakat akan memberikan informasi yang diperlukan dengan ramah.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai JampueFoto Budi Haryadi di Google Maps

Pantai Jampue terletak di wilayah Pinrang Sulawesi Selatan. Karena pantainya cukup luas, wisatawan bisa menemukannya dengan mudah. Penduduk setempat juga mengenal pantai yang menarik ini karena sangat terkenal.

Untuk menuju ke sini, pengunjung bisa menggunakan mobil pribadi atau sepeda motor. Gunakan saja bantuan Google Maps untuk sampai ke sini. Namun, jika Anda bingung dengan rutenya, Anda bisa menggunakan angkutan umum. Jika menggunakan angkutan umum, wisatawan bisa menuju terminal bus terdekat di desa Lanrisang. Kemudian melanjutkan perjalanan dengan naik moto-taxi.

Selama perjalanan, mata akan dimanjakan dengan pemandangan khas pedesaan. Banyak pepohonan hijau yang indah dan menyegarkan. Wisata Sulawesi Selatan ini sangat cocok bagi wisatawan yang membutuhkan suasana tenang.

Harga tiket masuk dan jam buka

Menikmati keindahan pantai Sulawesi Selatan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam. Biaya masuknya relatif murah dan cocok untuk semua kalangan. Untuk weekdays dan public holiday harganya sama, hanya Rp 10.000. Namun, ini belum termasuk biaya parkir, makanan, dan aktivitas. Harga dapat berubah setiap saat.

Sebaiknya hubungi pihak pantai terlebih dahulu dan tanyakan harga tiket masuknya untuk menghindari kesalahpahaman. Ketahui juga waktu-waktu tersibuk apa saja agar tidak perlu membeli tiket ke pantai dengan sia-sia.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Aktivitas seru di pantai JampueFoto Budi Haryadi di Google Maps

Tujuan utama liburan adalah untuk menghilangkan rasa bosan sejenak. Oleh karena itu, di tempat liburan sebaiknya wisatawan mencari aktivitas yang menyenangkan agar tidak bosan. Banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan di Pantai Jampue, seperti:

1. Berenang

Berkunjung ke pantai tentunya kurang lengkap jika tidak berenang. Pantai ini memiliki tingkat kedalaman yang cukup, sehingga wisatawan disarankan untuk tidak berenang terlalu jauh. Bermain air di pantai saja sudah bisa menyegarkan tubuh.

Jika memang tujuan kunjungan Anda adalah untuk berenang, pastikan membawa perlengkapan renang, seperti baju renang, kacamata renang dan sejenisnya. Bahkan, Anda bisa membawa perlengkapan snorkeling untuk pengalaman berenang yang lebih menyenangkan. Ingatlah untuk selalu berhati-hati dan utamakan keselamatan, terutama jika Anda membawa anak kecil.

2. Bermain pasir

Aktivitas lain yang bisa Anda coba di Pantai Jampue adalah bermain pasir. Pesona alam dan keindahan pasirnya tentu tak boleh dilewatkan. Agar lebih seru, ajak teman atau keluargamu untuk berlomba membangun istana pasir. Butiran pasir yang ada disini juga halus, sehingga aman untuk anak kecil. Namun, pastikan anak selalu dalam pengawasan.

3. Memancing

Kegiatan selanjutnya cocok bagi wisatawan yang gemar memancing. Sumber daya laut pantai cantik ini masih kaya dan perawan. Jenis ikannya banyak sekali, sehingga memanjakan para pemancing. Selain itu, masyarakat setempat juga menyediakan kolam khusus untuk memancing. Ukuran kolam ini cukup besar, sehingga tidak akan membatasi ruang gerak para pemancing.

Namun, untuk memancing di sini pengunjung harus membawa alat pancing sendiri. Sesuaikan dengan ukuran kolam agar joran bisa leluasa menangkap ikan. Kegiatan ini tentunya sangat menyenangkan dan dapat mengusir rasa bosan.

4. Perjalanan dengan perahu

Apakah Anda datang sebagai keluarga atau sebagai pasangan? Cobalah naik perahu saat Anda berlayar melintasi area bakau yang luas. Momen ini bisa mempererat hubungan, sehingga lebih berkesan. Harga wahana perahu di Pantai Jampue bervariasi. Biasanya pemasok perahu adalah masyarakat setempat. Rata-rata harganya berfluktuasi antara Rp 75.000 untuk perjalanan selama 30 menit.

Sekedar saran, sebaiknya jangan naik perahu saat cuaca tidak mendukung. Selain itu, saat hujan deras atau badai petir. Tentunya hal ini akan sangat beresiko bagi keselamatan wisatawan maupun penduduk lokal yang membawa perahu layar.

5. Kuliner

Setelah puas bermain pasir, berenang, memancing, dan berperahu, wisatawan perlu mengisi perut untuk mengisi tenaga. Jangan khawatir, di sekitar pantai terdapat rumah makan milik masyarakat setempat. Pilihan menu biasanya cukup banyak dan harganya terjangkau.

Masakan pantai yang menawan ini sangat lezat karena menggunakan rempah-rempah dan resep rahasia tradisional. Sebagian besar menu berasal dari generasi resep. Hidangan tradisional khas Sulawesi Selatan, masakan Indonesia pada umumnya, hingga seafood tersedia di sini.

6. Piknik

Kegiatan lain yang bisa dilakukan adalah piknik. Untuk melakukan kegiatan ini, bawalah tikar satu sama lain. Jangan lupa untuk membeli jajanan atau makanan dari para UMKM di sekitar pantai. Piknik keluarga dengan pemandangan pantai tentu akan menambah keakraban. Disarankan untuk piknik saat matahari terbenam agar suasana lebih syahdu.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai JampueFoto oleh Andi Colly Poji di Google Maps

Saat mengunjungi sebuah sirkuit, hal pertama yang harus diperhatikan adalah fasilitasnya. Pantai indah ini menawarkan fasilitas yang cukup lengkap. Saat masuk, kendaraan dapat diparkir di area yang luas. Tarif parkir juga terjangkau dan kendaraan dijamin aman.

Kemudian wisatawan bisa menjumpai toilet bersih, tempat ibadah dan kursi-kursi di sekitar pantai untuk beristirahat. Saat lapar, wisatawan bisa menikmati kuliner di sekitar pantai. Banyak sajian khas Sulawesi Selatan yang ditawarkan dengan harga beragam. Bahkan, kawasan sekitar pantai juga menawarkan akomodasi untuk bermalam.

Pantai Jampue menyimpan kekayaan alam yang bisa memanjakan wisatawan. Jangan lupa ajak anggota keluarga atau orang tersayang ke pantai cantik ini. Apalagi dengan tarif terjangkau tersebut, wisatawan sudah bisa menikmati pesona dan berbagai aktivitas menarik di sana.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button