Malam Tahun Baru di Lereng Merapi, Ada Kali Talang Night Camp di Balerante Klaten - Solopos.com - WisataHits
Jawa Tengah

Malam Tahun Baru di Lereng Merapi, Ada Kali Talang Night Camp di Balerante Klaten – Solopos.com

SOLOPOS.COM – E-Flyer Kegiatan Kali Talang Night Camp di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang. (Istimewa/Juliyanto)

Solopos.com, KLATEN–Praktisi wisata di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang menggelar Kali Talang Night Camp sejak Sabtu (31/12/2022) hingga Minggu (1/1/2023).

Selain pesta malam tahun baru di lereng Gunung Merapi, tour operator lokal menawarkan ratusan cangkir kopi gratis sambil memperkenalkan potensi lokal yaitu Kopi Balrante.

Promosi Kartu Tokopedia menjadi Kartu Kredit Terbaik Versi Asian Banker Awards 2022

Salah satu pelaku wisata Balerante, Juliyanto mengatakan, kegiatan ini juga membahas potensi desa Balerante lainnya.

Tidak hanya dari segi pariwisata di Kali Talang, Desa Balerante memiliki potensi ekonomi lokal seperti kopi. Kali Talang Night Camp juga mengenalkan potensi bencana Gunung Merapi dan cara mengantisipasinya.

“Kemudian sebagai objek wisata, selain Kali Talang, kami juga akan menampilkan film dokumenter Merapi dan media informasi dan edukasi tentang Merapi dan erupsinya,” kata Juliyanto dalam wawancara. Solopos.comSenin (12/12/2022).

Baca juga: Selamat! 2 destinasi wisata di Klaten raih API Award, Juara I Gir Pasang

Juliyanto mengatakan, potensi ekonomi lokal yang dikelola petani Balerante adalah kopi. Selama ini, para petani lokal menanam dan membudidayakan kopi sendiri dan mengusung label Balerante Coffee.

Operator tur menawarkan paket perjalanan bagi pengunjung yang tertarik menghadiri Kali Talang Night Camp. Dua paket acara ditawarkan.

Dengan harga Rp 100.000 per orang, pengunjung bisa menggunakan salah satu fasilitas tersebut minuman selamat datangapi unggun, penganiayaan wisata, cinderamata, harga pintuMakan, snack, tenda gudangkasur dan lampu tenda.

Biaya tersebut sudah termasuk tiket masuk dan parkir. Sementara itu, pengunjung bisa menggunakan salah satu fasilitas tersebut dengan harga Rp 60.000 per orang selamat datang minumapi unggun, penganiayaan wisata, cinderamata, harga pintu, makanan dan snack. Biaya tersebut sudah termasuk tiket masuk dan parkir.

Sementara rangkaian acara diisi dengan pesta malam tahun baru, tempat perkemahanapi unggun, kelas kopi, hidup musikdiskusi lingkungan, aksi bersih, penganiayaan tur berpemandu, kembang api, 500 Cangkir gratis kopi Balerante serta pemutaran film dokumenter berjudul Maha Guru Merapi.

Baca juga: Hari Pariwisata Dunia, Disbudporapar Klaten tanam 2.000 pohon di lereng Merapi

Kali Talang merupakan kawasan di ketinggian 1.120 meter di atas permukaan laut (mdpl) dan berjarak sekitar 4 km dari puncak Gunung Merapi.

Selain pemandangan udara sejuk di kawasan yang dipenuhi pepohonan, Kali Talang dianggap sebagai salah satu tempat terbaik untuk menikmati pemandangan puncak Gunung Merapi dan alam sekitarnya.

Belum lama ini, Kali Talang mendapatkan penghargaan dari Anugerah Pesona Indonesia 2022 (API).

Sebelumnya, dua objek wisata Klaten di lereng Gunung Merapi, yakni Gir Pasang di Desa Tegalmulyo, Kabupaten Kemalang dan Kali Talang di Desa Balerante, Kabupaten Kemalang, mendapat pengakuan di API Awards 2022.

Gir Pasang meraih juara pertama pada kategori Dataran Tinggi. Sementara itu, Destinasi Wisata Bikepark Kali Talang di Desa Balerante, Kabupaten Kemalang meraih juara 3 untuk kategori Wisata Olahraga dan Petualangan.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button