Pantai Tongaci Bangka tempat favorit untuk menikmati keindahan masakan laut - WisataHits
wisatahits

Pantai Tongaci Bangka tempat favorit untuk menikmati keindahan masakan laut

Harga tiket: Rp 10.000, Jam operasional: 08.00-23.00 WIB, Alamat: Kampung Pasir, Jl. Laut, Sinar Baru, Kec. Sungai Liat, Kab. Bangka, Kepulauan Bangka Belitung; Kasus: Cek lokasi

Masyarakat dari Bangka dan luar daerah kerap menjadikan Pantai Tongaci sebagai destinasi wisata keluarga. Kawasan wisata yang menawarkan panorama pantai pasir putih ini memang ramah untuk semua kalangan, dari anak-anak hingga orang dewasa. Semua orang bisa bersantai dan bersenang-senang di pantai ini.

Wisatawan tidak akan bosan saat mengunjungi tempat wisata ini, apalagi dengan berbagai aktivitas seru yang bisa dilakukan. Tidak hanya memamerkan keindahan alam, tempat wisata ini juga menawarkan keseruan yang bisa dilakukan pengunjung, seperti menaiki banana boat, jet ski, dan lainnya.

Wisata alam, wisata kuliner dan wisata sejarah merupakan paket lengkap yang ditawarkan saat mengunjungi Pantai Tongaci, Bangka. Fasilitas yang memadai juga telah disiapkan untuk kenyamanan pengunjung pantai.

Atraksi Pantai Tongaci

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai TongaciKredit gambar: Google Maps (Miranni Kosim)

1. Keindahan pantai pasir putih

Pantai berpasir putih halus dapat ditemukan di Pantai Tongaci, objek wisata favorit penduduk lokal di dalam dan sekitar Bangka. Panorama alam dengan hamparan pasir pantai yang luas dan air laut yang biru menjadi suguhan bagi wisatawan yang datang berkunjung.

Suasana cukup tenang dengan semilir angin dari pepohonan di sepanjang pantai. Pengunjung bisa melihat beberapa kapal tambang hilir mudik di sekitar kawasan wisata ini.

2. Pantai yang dihiasi dengan batu-batu granit

Sebagian besar pantai di Pulau Bangka Belitung terkenal dengan bebatuan besar yang menghiasi garis pantai. Keindahan ini terdapat di kawasan wisata Tongaci ini. Batuan granit besar berjejer di beberapa sisi pantai.

Memberikan tampilan yang lebih baik dan lebih dramatis. Pengunjung juga bisa bermain di bebatuan atau dijadikan background untuk foto-foto liburan.

3. Penangkaran penyu

Selain pemandangan Pantai Tongaci yang eksotis, wisatawan juga bisa melihat penangkaran penyu. Dikelola sebagai kawasan marina untuk penangkaran satwa langka yaitu penyu belimbing dan penyu hijau.

Telur penyu yang dikumpulkan dari beberapa pantai dibawa ke pantai ini untuk ditetaskan. Wisatawan dapat melihat ratusan penyu yang dipelihara di penangkaran.

Hal yang Dapat Dilakukan di Pantai TongaciKredit gambar: Google Maps (Marlita Putri Ekasari)

4. Kunjungi Museum Garuda

Kawasan wisata ini terkenal tidak hanya dengan pantai pasir putihnya, tetapi juga dengan kunjungannya ke museum dan galeri. Setelah puas bermain di laut, pengunjung bisa mengunjungi galeri-museum yang memiliki banyak koleksi menakjubkan.

Museum Garuda memamerkan benda-benda kuno seperti porselen, peninggalan suku Hakka. Kedatangan suku di daerah Bangka Belitung bisa dipelajari di museum ini.

Selain pameran pendidikan sejarah, di dalamnya juga terdapat perpustakaan. Berbagai buku, dari yang tertua hingga yang terbaru, tertata rapi di perpustakaan. Wisatawan yang puas bermain di pantai bisa membaca buku sambil beristirahat.

5. Wisata Kuliner De Locomotief

Wisata Pantai Tongaci yang terkenal lainnya adalah De Locomotif. Tempat pertemuan favorit terutama bagi wisatawan yang datang ke Tongaci. Payung bagus yang tergantung di jalan yang membuat suasana semakin menarik.

Selain sebagai tempat yang asik untuk berfoto, De Locomotief merupakan destinasi wisata kuliner yang menjadi daya tarik utama kawasan wisata pantai ini. Restoran dengan tempat yang nyaman dan bisa menjadi lokasi foto yang menarik. Pengunjung bisa mencoba olahan seafood yang terkenal di tempat ini.

6. Pesta

Pantai ini digunakan untuk mengadakan festival seperti Gelombang Budaya Bangka. Wisatawan yang beruntung datang ke acara tahunan tersebut dapat melihat berbagai pertunjukan budaya yang disajikan dengan gaya modern.

Acara yang berlangsung setahun sekali di kawasan wisata Tongaci ini biasanya berlangsung selama dua minggu. Wisatawan dapat berpartisipasi misalnya dengan melepaskan penyu ke laut, menyaksikan parade lampion dan mengunjungi bazar dan pameran seni.

Alamat Pantai Tongaci, Lokasi Rute dan Harga Tiket

Alamat Pantai TongaciKredit gambar: Google Maps (Bentarz Randa)

Keberadaan pantai pasir putih yang indah ini tidak jauh dari pusat kota Sungailiat di Kepulauan Bangka Belitung. Jarak dari pusat kota ke pantai Tongaci hanya sekitar 12 menit. Akses menuju pantai akan lebih mudah dengan menggunakan kendaraan pribadi, baik sepeda motor maupun mobil.

Bagi wisatawan yang datang dari arah kota Pangkalpinang dapat menggunakan jalan menuju Sungailiat. Pergilah ke Jalan Laut dan ikuti rambu menara Tongaci.

Terkenal sebagai salah satu tempat wisata populer di Bangka, pantai ini juga menjadi objek wisata murah favorit bagi masyarakat sekitar. Tiket masuk untuk wisatawan hanya sekitar Rp 10.000.

Sedangkan bagi pengunjung yang ingin memasuki kawasan penangkaran penyu, dikenakan tiket masuk sebesar Rp 5.000 per orang. Wisatawan sudah bisa melihat dan belajar tentang penyu di penangkaran.

Aktivitas Seru Yang Bisa Dilakukan Di Pantai Tongaci

Aktivitas di Pantai TongaciKredit gambar: Instagram.com @muthianabilah

1. Melihat penyu hijau dan penyu belimbing

Penyu hijau adalah salah satu dari sedikit jenis penyu. Hewan laut ini sering terancam punah, bahkan saat masih berupa telur. Penangkaran di kawasan wisata Tongaci juga telah dibangun untuk membantu menyelamatkan hewan-hewan lucu tersebut.

Selain penyu hijau, penangkaran di pantai ini juga berkontribusi terhadap pelestarian penyu belimbing yang merupakan satwa yang dilindungi. Ada ratusan penyu rapi di penangkaran yang bisa dilihat oleh wisatawan.

2. Kunjungi museum dan perpustakaan

Tidak hanya menawarkan keindahan Pantai Tongaci dengan hamparan pasir putihnya. Kawasan wisata ini juga menawarkan kunjungan menarik, antara lain museum dan perpustakaan. Jadi, selain bermain di pantai, wisatawan juga bisa melakukan aktivitas yang bisa memberikan edukasi dan wawasan tentang museum ini.

Pengunjung dapat melihat berbagai karya seni menakjubkan yang menjadi bagian dari koleksi Museum Garuda. Selain itu, Anda juga dapat melihat dan belajar tentang sejarah orang Hakka yang mengunjungi pulau ini. Berbagai kerajinan keramik dan barang antik disimpan dengan hati-hati di museum.

3. Cobalah olahraga air

Mencoba keseruan naik banana boat bersama teman bisa menjadi aktivitas seru saat berwisata di pantai cantik ini. Perahu berbentuk pisang ini akan membawa 8 orang mengelilingi laut di sekitar pantai. Anda bisa bersenang-senang sambil menikmati pemandangan laut biru dengan lebih puas.

Selain speedboat dan banana boat, olahraga air yang menarik untuk dipraktikkan di sini adalah jet ski. Wisatawan bisa menyewa jetski untuk mengelilingi laut lebih cepat sambil menikmati pemandangan laut lepas.

Aktivitas di Pantai TongaciKredit gambar: Google Maps (Pinto purnomo putro)

4. Nikmati suasana pantai yang tenang

Suasana di Pantai Tongaci relatif tenang sehingga pengunjung bisa lebih nyaman bersantai di atas pasir putihnya. Tenangkan diri dan pikiran ditemani pemandangan laut yang menyegarkan.

Wisatawan yang datang berkelompok juga bisa menggelar karpet atau tikar sendiri di atas pasir pantai. Selain duduk, Anda bisa menikmati makan siang bersama yang dibawa dari rumah.

5. Cobalah berbagai hidangan seafood yang lezat

Aktivitas lain yang tidak boleh dilewatkan selama perjalanan ke pantai ini adalah mencoba gastronomi. Restoran seafood yang terkenal di Bangka terletak di De Locomotief Bangka. Pengunjung dapat mencoba berbagai menu lezat dan berbagai minuman dingin atau panas.

Ruang makan yang disediakan sangat nyaman bahkan instragramable. Oleh karena itu, tidak heran jika wisatawan tidak hanya makan dan minum di kawasan ini, tetapi juga berfoto. Sepanjang jalan setapak tertata rapi dan indah dengan payung-payung kecil yang menggantung.

Akomodasi murah di sekitar pantai Lokasi

Akomodasi di Pantai TongaciKredit gambar: Booking.com

1. Kastil Ansell

Sekitar 15 menit dari Pantai Tongaci terdapat hostel yang nyaman, yaitu Puri Ansell. Tamu yang menginap di tempat ini bisa melihat pemandangan pantai langsung dari kamar. Hostel yang didesain dari kayu ini terletak di dekat penangkaran penyu.

2. Resor Butik Novilla

Akomodasi yang nyaman dan fasilitas lengkap di sekitar Tongaci termasuk Novilla Boutique Resort. Akomodasi dengan kolam renang dan area bermain anak. Cocok untuk anda yang berlibur di kawasan wisata Tongaci bersama anak-anak dan anggota keluarga lainnya.

3. Hotel dan Resor Pantai Parai

Lokasi hostel ini tepat di pinggir pantai yang menghadap ke laut biru. Sebuah kolam renang besar adalah salah satu fasilitas kompleks ini. Menyediakan tempat tinggal yang nyaman dalam suasana yang tenang.

Fasilitas yang tersedia di Tongaci Beach Bangka

Fasilitas Pantai TongaciKredit gambar: Google Maps (Iday Hirata)

Fasilitas penunjang di Pantai Tongaci cukup lengkap. Kamar mandi dan mushola yang nyaman telah disediakan oleh pengelola. Tempat parkir mobil di kawasan wisata ini juga cukup luas untuk menampung semua kendaraan pengunjung.

Kafe dan restoran juga menjadi salah satu fasilitas pendukung yang telah disediakan. Selain sebagai tempat istirahat, makan dan minum, fasilitas ini juga menawarkan spot foto yang menarik bagi pengunjung.

Bagi wisatawan yang ingin bermalam di sekitar pantai yang indah ini, tersedia beberapa bangunan akomodasi, seperti homestay. Kamar yang nyaman dengan harga sewa yang terjangkau untuk pengunjung pantai.

Demikian informasi penting dan menarik tentang Pantai Tongaci, salah satu kawasan wisata populer di Bangka. Bagi anda yang berada di kawasan ini, anda bisa menyempatkan diri untuk berkunjung dan menikmati pesona alam pantai ini.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button