Kegiatan Pengabdian Masyarakat UC Surabaya pada wisata 'Susur Kali Mas' dan 'Kya-kya Surabaya' - WisataHits
Jawa Timur

Kegiatan Pengabdian Masyarakat UC Surabaya pada wisata ‘Susur Kali Mas’ dan ‘Kya-kya Surabaya’

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Surabaya telah membuka kembali beberapa kawasan wisata untuk mendongkrak perekonomian daerah pascapandemi Covid-19. Universitas Ciputra atau UC Surabaya, Fakultas Arsitektur dan Bisnis Hotel dan Pariwisata (HTB) telah berkolaborasi dalam diskusi perencanaan dan desain kota yang juga terkait dengan pariwisata.

Ni Putu Aryani, ST., MT., PhD, dari Universitas Ciputra yang diwakili oleh Jurusan Arsitektur, melakukan diskusi aktif dan studi lapangan dengan Pemerintah Kota Surabaya yang diwakili oleh Ibu Sarah dan tim, dari Departemen Kebudayaan, Pemuda , dan olahraga dan pariwisata.

Pada pertemuan pertama tanggal 6 April 2022 dilakukan diskusi bersama di Taman Prestasi untuk merevitalisasi wisata Susur Kali Mas. Wisata Kali Mas Susur dibuka pada tanggal 31 Mei 2022 oleh Walikota Surabaya dengan armada 7 buah perahu dengan kapasitas masing-masing 12 orang.

wisata-kalimas.jpg

Rute dimulai dari Monkasel yang berperan penting sebagai landmark kota Surabaya, menuju Tunjungan (sebelum Siola). Pengunjung dikenakan tarif sebesar mRp untuk satu rute. 5000.00. Sejak dibuka, animo masyarakat sangat tinggi, sehingga Pemkot Surabaya berencana menambah armada angkutan air ke depan.

Acara diskusi kembali diadakan pada tanggal 18 Agustus 2022 di Dinas Kebudayaan, Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Jl. Tunjungan Surabaya. Prof.Ir. Johan Silas dan beberapa akademisi terkait. Pembicaraan diadakan untuk merevitalisasi “Kya-kya Surabaya” yang berlokasi di Jl. Bunga Jepang, Surabaya.

Pada 10 September 2022, Walikota Surabaya meresmikan “Kya-kya Surabaya” yang dihadiri oleh sekitar 60 UMKM yang setengahnya merupakan warga Kembang Jepun. Untuk sementara, Kya-kya Surabaya hanya buka setiap Jumat hingga Minggu malam dari pukul 18:00 hingga 22:00 WIB.

Selain itu, Pemkot Surabaya juga meramaikan wisata malam dengan dekorasi becak wisata untuk memandu wisatawan berkeliling kota tua. Salah satu tujuan wisata becak adalah Kampung Kota Tua Surabaya, Pura dan Rumah Abu Han.

**)

Dapatkan update informasi harian terpilih dari TIMES Indonesia dengan bergabung di Grup Telegram TI Update. Suka, klik tautan ini dan bergabung. Pastikan Anda telah menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button