Kabupaten Tasik belum memiliki wisata unggulan meski potensinya cukup besar - WisataHits
Jawa Barat

Kabupaten Tasik belum memiliki wisata unggulan meski potensinya cukup besar

Tasikmalaya

Potensi wisata di Kabupaten Tasikmalaya belum tergarap secara maksimal. Kawasan yang terbentang dari Gunung Galunggung hingga pantai selatan Jawa Barat ini belum memiliki objek wisata unggulan.

Padahal potensinya besar. Hal itu diakui Wakil Bupati Tasikmalaya Cecep Nurul Yakin. “Ya kita belum punya tur unggulan,” kata Cecep, Senin (12/12/2022).

Empat titik objek wisata pantai di pesisir selatan Tasikmalaya saat ini kondisinya memprihatinkan, sarana prasarananya dalam keadaan rusak. Empat objek wisata pantai tersebut adalah Pantai Karang Tawulan, Pantai Sindangkerta, Pantai Cipatujah dan Pantai Ciheras.

“Saat ini kita sedang menata pantai Karang Tawulan, sekarang secara bertahap mulai kita rancang,” kata Cecep.

Ia mengakui, fasilitas di tiga pantai lainnya saat ini kondisinya memprihatinkan atau kurang representatif untuk melayani wisatawan yang datang.

Cecep mengatakan, mengingat keterbatasan anggaran yang dimilikinya, pihaknya saat ini sedang mengubah pola pembangunan. “Kami tidak memiliki pariwisata unggulan karena kami tidak punya banyak uang. Misalnya, dulu kita punya Rp 10 miliar yang dibagi empat objek wisata. Jadi tidak cukup, sekarang kita ubah kebijakannya,” kata Cecep.

Dia menjelaskan, pihaknya kini akan fokus menata objek wisata satu per satu agar pembangunan bisa selesai sekaligus. “Sekarang karang Tawulan kita rencanakan sampai 2023. Setelah itu kita susun pantai Sindangkerta lebih jauh ke Ciptujah,” kata Cecep.

Terkait penataan objek wisata di Gunung Galunggung yang juga menunggu sentuhan pemerintah, Cecep mengatakan pihaknya saat ini fokus ke pantai terlebih dahulu.

“Belum di Galunggung, tapi ke depan akan kami lakukan. Galunggung memiliki banyak energi untuk diperbaiki karena terdiri dari banyak pihak. Ada Perhutani dan kelompok kepentingan lainnya, sehingga konsolidasi harus memakan banyak energi,” ujarnya kepada Cep.

Ia juga berharap upaya penataan objek wisata di Kabupaten Tasikmalaya dapat didukung oleh masyarakat dan pelaku industri pariwisata. Sehingga upaya pemerintah dapat berjalan beriringan dengan dukungan masyarakat. “Ya, mari bersinergi memajukan pariwisata di Kabupaten Tasikmalaya yang memiliki potensi dan keindahan yang besar,” kata Cecep.

(mso/mso)

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button