3 desa wisata di jogja rekomendasi local listing - WisataHits
Yogyakarta

3 desa wisata di jogja rekomendasi local listing

Sedesa.id Yogyakarta terkenal dengan ragam destinasi wisatanya yang beragam mulai dari kunjungan wisatawan mancanegara seperti Tugu Jogja, Kraton Yogyakarta, Malioboro, Prambanan, Palangtritis, Gunung Api Purba dan berbagai destinasi wisata lainnya. Tidak ketinggalan pula keberadaan desa wisata di Joga.

Sebuah desa wisata tumbuh di Yogyakarta. Keberadaan alam yang indah, seni, tradisi dan budaya perkampungan menjadi daya tarik utama kegiatan desa wisata. Desa wisata banyak bermunculan dalam beberapa tahun terakhir. Ditambah dengan adanya UU Desa yang memberikan banyak kesempatan kepada masyarakat desa untuk mengatur desanya.

Selain itu, keberadaan Kelompok Sadar Wisata dan Badan Usaha Milik Desa atau BUMDes juga berperan sangat penting dalam pengembangan destinasi wisata desa. Desa Wisata BUMDes misalnya, menjadi cara baru bagi desa untuk mengelola dan mengembangkan potensi wisata lokalnya.

Iklan. Gulir untuk membaca lebih lanjut.

Pada kesempatan kali ini ada 3 desa wisata di jogja yang menarik untuk kita lihat. Rekomendasi ini datang dari website daftarlokal.id yang mencantumkan keragaman lokal di sekitar kita, mulai dari destinasi wisata dan produk UMKM. 3 desa wisata di jogja mana saja yang direkomendasikan untuk local list kali ini?

Desa wisata Bumi Mataram Pleret

Bumi Mataram Pleret merupakan salah satu desa wisata di Kabupaten Bantul Yogyakarta yang menawarkan berbagai atraksi wisata khas desa. Tour ini memungkinkan Anda untuk menikmati keindahan alam, seni dan budaya Yogyakarta.

Desa Wisata Bumi Mataram Pleret berhasil masuk 500 besar dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2022 yang diumumkan langsung oleh Menteri Parekraf, Bapak Sandiaga Uno.

Desa Pleret memiliki banyak potensi dan destinasi wisata sejarah dan alam. Situs sejarah Kraton Mataram Islam di Desa Pleret merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari keberadaan Desa Wisata Bumi Mataram Pleret.

Yang penting adalah bagaimana pengelolaan potensi tersebut dapat berjalan dengan baik. Sehingga nantinya bisa menjadi penggerak pariwisata Desa Pleret. Langkah tersebut telah dan sedang berjalan dengan adanya pengurus desa wisata yaitu Pokdarwis dan Bumdes.

Desa Wisata Bumi Mataram Pleret lahir dari kesadaran akan potensi yang ada. Sebagai bentuk kelembagaan di tingkat masyarakat, yang keanggotaannya terdiri dari pemangku kepentingan pariwisata yang memiliki kepedulian dan tanggung jawab serta bertindak sebagai pengelola wisata di Desa Pleret.

Kelembagaan desa ini juga mendukung terciptanya iklim yang kondusif bagi pertumbuhan dan perkembangan pariwisata serta memanfaatkannya untuk kesejahteraan masyarakat sekitar.

Apa yang ditawarkan oleh Desa Wisata Bumi Mataram Pleret?

  1. Banyak pilihan keluarga angkat. Pertama ada Homestay Ndalem Purwa Atmajan. Harga mulai dari 100.000. Homestay Ndalem Purwa Atmajan memiliki 3 kamar yang nyaman dan otentik. Lalu ada Homestay Ndalem Kedaton. Harga mulai 75.000. Homestay Ndalem Kedaton memiliki 3 kamar. Yang ketiga adalah Selo Jowo Homestay. Harga mulai dari 100.000. Informasi harga lengkap dapat berubah sewaktu-waktu.
  2. Parkir mobil luas, ATM mudah ditemukan, ada ruang pertemuan untuk kegiatan.
  3. Kantin lengkap dengan toilet umum
  4. Kios souvenir, aneka kuliner, ada area selfie dan WiFi

Untuk informasi lengkap tentang Desa Wisata Bumi Mataram Pleret, kunjungi: Desa Wisata Bumi Mataram Pleret

Desa Wisata Umbulrejo

Salah satu desa wisata dengan kawasan wisata yang diakui UNESCO sebagai salah satu Geosite dari Geopark Gunungewu.

Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta terkenal dengan berbagai jenis wisata alam dan budaya. Ada beragam wisata yang menawarkan potensi alam antara lain pantai, goa, sungai dan perbukitan.

Topografi Kabupaten Gunungkidul yaitu kawasan pesisir pantai selatan dan rangkaian perbukitan karst Gunung Sewu merupakan keunggulan dari segi keanekaragaman potensi wisata alam. Salah satunya di Desa Umbulrejo.

Desa Umbulrejo adalah sebuah desa di Kecamatan Ponjong, Prefektur Gunungkidul. Sebagai desa wisata yang memiliki kawasan wisata yang dekat dengan alam dan telah diakui oleh UNESCO sebagai salah satu Geosite Gunungewu Geopark.

Selain pemandangan alamnya, Desa Wisata Umbulrejo juga mencoba menjual potensi masyarakat yang tertanam dalam tradisi dan budaya. Keberhasilan ini tidak lepas dari keterlibatan kelompok masyarakat; Kelompok petani dan pekebun, kelompok ternak, kelompok kesenian dan kelompok pengolahan khusus.

Desa Umbulrejo merupakan desa wisata yang sangat menarik untuk dinikmati keindahan alamnya. Desa Umbulrejo terletak di Kecamatan Ponjong, Prefektur Gunungkidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Terdapat 4 (empat) wisata di kawasan desa Umbulrejo diantaranya :

  1. Bendungan beton
  2. rongga plak
  3. Goa (Luweng) Cokro
  4. Bukit Mardeda Melikan
  5. Mario’s Homestay Room merupakan salah satu fasilitas yang ada di Desa Wisata Umbulrejo
  6. Harga mulai 150.000
  7. Ada juga lembaga publik seperti
  8. area parkir
  9. balai pertemuan
  10. kamar mandi umum

Untuk informasi lengkap mengenai Desa Wisata Umbulrejo silahkan kunjungi: Desa Wisata Umbulrejo

Desa Wisata Samberembe Mina Padi

Selain Bantul dan Gunung Kidul, ada juga Kabupaten Sleman dengan wisata yang beragam. Salah satu wisata yang ada di Kabupaten Sleman adalah Desa Wisata Samberembe.

Iklan. Gulir untuk membaca lebih lanjut.

Desa Wisata Samberembe memiliki Desa Mina Padi sebagai destinasi unggulannya. Destinasi wisata Mina Padi mengusung konsep wisata edukasi berbasis teknologi perikanan dan pertanian.

Karena mengusung konsep wisata edukasi, tentunya wisata ini bisa menjadi pilihan tepat bagi wisatawan yang tidak hanya ingin berwisata. Wisatawan yang ingin memperoleh pengetahuan dari kegiatan wisata.

Konsep utama desa wisata ini adalah Kampung Mina Padi. Adanya konsep ini muncul dari inisiatif warga sekitar saat menjadi tuan rumah Pekan Andalan Kontak Tani-Nelayan Daerah (Peda-KTNA) tingkat DIY pada pertengahan tahun 2019 lalu.

Yang semula kegiatan KTNA bagi Peda terus menjadi bisnis serius. Maka lahirlah Desa Wisata Kampung Mina Padi yang saat ini menjadi salah satu destinasi wisata unggulan. Khususnya pada wisata edukasi di Kabupaten Sleman.

Kuliner khas Desa Samberembe menjadi bagian tak terpisahkan yang patut Anda nikmati. Desa Mina Padi menyumbangkan kuliner dengan konsep sawah, berbagai olahan lokal bisa menjadi pilihan menu bagi pengunjung.

Bisa dibayangkan bagaimana rasanya menikmati kuliner tepat di dekat sawah menjadi nuansa yang berbeda. Selain itu, bahan dasar olahan makanan dari masakan yang akan kita nikmati ini berasal dari daerah Samberembe.

Ada juga berbagai kegiatan lain yang bisa kita lakukan seperti: B. Outbond, edukasi budidaya dan perikanan, homestay dan souvenir hasil perikanan.

Apa saja fasilitas yang ada di Desa Wisata Samberembe?

  1. area parkir
  2. aula pertemuan
  3. kamar mandi umum
  4. Kuliner
  5. Musholla
  6. keluar
  7. zona selfie
  8. tempat foto
  9. Tempat-tempat untuk makan
  10. 10. Area Wi-Fi

Untuk informasi lengkap mengenai Desa Wisata Samberembe Mina Padi kunjungi : Desa Wisata Samberembe Mina Padi

Catatan Registri Lokal

Pendataan tempat merupakan upaya untuk mendokumentasikan dan mempromosikan berbagai potensi lokal yang ada. Mulai kuliner, wisata, produk umkm dan berbagai potensi lokal lainnya. Kami melakukan ini melalui platform terbaru Anda, daftarlokal.id. Sobat bisa mendaftar berbagai potensi lokal langsung di website registerlokal.id atau hubungi nomor kontak kami untuk mendaftar.

Iklan. Gulir untuk membaca lebih lanjut.

Manfaat memasukkan potensi lokal kalian semua di registerlokal.id adalah semakin banyak informasi yang dibagikan kepada masyarakat luas, khususnya di ranah internet. Selain itu, platform ini gratis. Sebuah langkah untuk bersama-sama menciptakan area promosi dan pemasaran potensi daerah setempat.

Demikian pembahasan kita kali ini tentang 3 desa wisata di jogja yang berbasis alam, kuliner dan budaya. Semoga bisa menjadi rekomendasi daftar teman-teman lokal untuk dikunjungi. Baca artikel tentang wisata lainnya melalui website desa wisata. Mungkin berguna. Semangat membangun desa. Salam. Ari Sedesa.id

Source: news.google.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button