Lihat Gunung Krakatau, gunung terkuat di Selat Sunda - WisataHits
wisatahits

Lihat Gunung Krakatau, gunung terkuat di Selat Sunda

Gunung yang pernah meletus hebat itu kini menyisakan bentang alam dan bawah laut yang menawan, yaitu Gunung Krakatau.

Jam buka: 24 jam
Tiket masuk:
Nomor telepon:
Aktivitas: Kunjungan, hiking, snorkeling
Waktu terbaik: Pagi atau malam
Perlu membawa: Topi, air minum, ransel, kamera, baju ganti
Larangan: Dilarang mendekati gunung dan mendaki gunung tanpa izin dari pihak berwenang
Alamat: Gunung Krakatau, Selat Sunda, Indonesia
Fasilitas umum: Akomodasi, restoran, persewaan peralatan snorkeling, perahu
Akses jalan: Bagus
Toko: Ada
Peta daring: Tampilkan peta

Siapa yang tidak mengenal gunung yang satu ini, gunung yang terletak di Selat Sunda dan memiliki sejarah letusan yang sangat besar.

Di balik sejarah letusannya, gunung ini menawarkan pesona pemandangan alam yang sangat indah. Ya, gunung yang berpuncak pada 230 meter di atas permukaan laut ini menarik banyak wisatawan setiap tahunnya.

Kalian pasti tahu kan gunung seperti apa itu ya, Gunung Krakatau. Bagaimana keseruan menjelajah gunung, simak artikel di bawah ini.

Krakatau secara singkat

Gunung Krakatau merupakan gunung berapi yang masih aktif hingga saat ini. Gunung ini juga dikenal di seluruh dunia, tidak hanya karena sejarahnya, tetapi juga karena pesona alam dan bawah lautnya.

Gunung yang terletak di Selat Sunda ini memang menjadi daya tarik wisata. Gunung yang sangat berbahaya namun juga bisa dijadikan sebagai tujuan wisata yang sangat menarik. Secara umum, Gununi ini juga merupakan cagar alam yang dilindungi oleh pemerintah.

Cerita

Menurut catatan kitab Jawa kuno, pada zaman dahulu di Selat Sunda (nama sekarang) terdapat sebuah gunung yang sangat besar. Gunung tersebut meletus dan membentuk kawah atau kaldera besar dan gunung ini menjadi induk dari gunung ini yang meletus pada tahun 1883.

Pada tanggal 27 Agustus 1883, terjadi letusan dahsyat gunung ini. Letusan ini menyebabkan runtuhnya dua pertiga gunung dan menghancurkan pulau-pulau kecil di sekitarnya.

Hujan abu panas yang turun di Banding, Kabupaten Rajabasa, Lampung juga menewaskan sekitar 1000 orang. Letusannya begitu dahsyat sehingga menimbulkan tsunami, suara letusan terdengar dalam radius 3.110 km.

Letusan terdengar di Perth, Australia Barat dan sejauh Rodrigues Mauritius. Daya ledak gunung ini diperkirakan 30.000 kali lipat dari bom atom yang meluluhlantakkan Hiroshima dan Nagasaki. Insiden itu juga merenggut nyawa 36.417 orang. Namun, banyak sumber melaporkan bahwa jumlah korban tewas saat itu adalah 120.000.

Kapal-kapal yang berlayar jauh di Afrika Selatan juga dilaporkan mendengar suara letusan dan merasakan goncangan tsunami. Peristiwa ini mengubah iklim global. Bagian dunia tetap dalam kegelapan selama dua hari karena abu vulkanik menyelimuti atmosfer.

Setelah tragedi letusan gunung ini muncullah anak Gunung Krakatau, cucu dari Gunung Krakatau Purba. Gunung ini juga masih sangat aktif dan berkembang setiap tahun. Saat ini, gunung tersebut memiliki ketinggian 230 meter di atas permukaan laut dan akan terus bertambah setiap tahun.

Daya tarik

Terlepas dari cerita mengerikan letusan, berapa banyak kerusakan dan berapa banyak nyawa yang hilang. Gunung ini terlihat sangat gagah sekaligus eksotis.

Tidak hanya pemandangan alamnya, tetapi pemandangan bawah lautnya pun sangat istimewa. Karena daerah tersebut merupakan bekas letusan gunung berapi purba, yang membuat dunia bawah lautnya sangat subur dan ditumbuhi biota laut yang beraneka ragam. Hal ini juga berlaku untuk lingkungan alam.

Eskalasi

Gunung ini memang sangat berbahaya, namun Anda tetap bisa mendakinya dengan ditemani pemandu yang sangat berpengalaman. Setelah itu, kita bisa menikmati pemandangan dari atas gunung yang sangat bagus.

perahu wisata

Anda bisa mengelilingi gunung ini menggunakan perahu wisata yang ada disana. Biasanya kapal ini disewakan oleh wisatawan untuk berpindah-pindah karena biayanya juga bervariasi tergantung jumlah yang ada di kapal.

Snorkeling

Nah untuk yang satu ini paling banyak diminta oleh wisatawan. Bagaimana tidak, dengan keindahan yang ditawarkan dan keindahan sejati dari anugerah Tuhan yang telah diciptakan alam. Banyak wisatawan snorkeling. Tidak hanya itu, di bawah laut dengan biota yang indah dan ikan yang berwarna-warni, menjadikan obat sakit mata Anda.

Jika Anda datang dari Jawa, Anda bisa menuju Pelabuhan Merak dan menyeberangi Pelabuhan Bakauheni, Lampung. Penyeberangan memakan waktu sekitar 3 jam.

Selanjutnya Anda harus menuju Pelabuhan Canti yang terletak di Kecamatan Kalianda, Kabupaten Lampung Selatan. Pelabuhan ini merupakan pintu masuk wisata Krakatau. Dan setelah Anda datang ke gunung ini, Anda dapat mengunjungi tempat mana pun di atasnya.

Baca juga: Gunung Rinjani

Perkiraan harga

Anda bisa menggunakan jasa paket tour and travel jika ingin kesana, karena menurut saya dengan menggunakan jasa travel and tour memudahkan anda untuk menuju kesana.

Paket Tour dari Pelabuhan Merak

Jika dari pelabuhan merak kayu ek yang ditawarkan adalah :

Peserta minimal 30 orang, per orang dikenakan biaya Rp 460.000,-

Fasilitas yang akan Anda dapatkan dari paket wisata ini adalah:

  • Akomodasi di pulau Sebesi
  • pelayaran 2 hari
  • Tiket Ferry Merak – Bakauheni pp
  • Bus antar jemput
  • Gratis pelampung selama 2 hari
  • Makan 4x
  • Lihatlah Gunung Krakatau
  • Pemandu wisata
  • pemimpin tur
  • Krakatau Rangers
  • Foto selama tour
  • catatan perjalanan
  • Air mineral
  • BBQ tunggal
  • Biaya tiket Pulau Umang-Umang

Tempat yang bisa kamu kunjungi

  • Gunung Krakatau
  • Pulau Sebuku Kecil
  • Pulau Pertapa
  • kabin laguna

Harga diatas belum termasuk biaya snorkling dan sewa alat renang kaki kakat, jika ingin snorkling dan sewa alatnya perlu menambahkan biaya sebesar Rp 45.000/ orang untuk snorkeling dan Rp 30.000 untuk kaki kodok.

Alamat

Secara geografis, Gunung Krakatau terletak di Selat Sunda antara pulau Jawa dan Sumatera.

Jika Anda ingin menginap di hotel terdekat dengan Krakatau, Anda bisa menginap di Novus Jiva Anyer yang berjarak 47,5 km, Aston Anyer Beach Hotel berjarak 48,2 km, atau Tanjung Lesung Beach Hotel yang berjarak 49,4 km .

Kalau mau cari resto biasanya di tempat wisata banyak banget makanannya, hanya saja kalau mau cari resto terdekat dari sini harus jalan kaki dulu, seperti resto Simpang Raya Krakatau, RM Bukit Tinggi, atau Rumah Makan Makan Siang, semuanya terletak di Kabupaten Lampung bagian selatan.

Pertanyaan dan jawaban

Berikut daftar pertanyaan terkait objek wisata gunung ini:

Kesimpulan

Gunung Krakatau adalah gunung berbahaya yang juga mempesona, dengan pemandangan yang luar biasa, ancaman tersembunyi yang luar biasa.

Jika ingin ke sana, selalu waspada dengan terus mengikuti petunjuk pemandu.

Source: dolanyok.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button