Pantai Cibangban Sukabumi - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Cibangban Sukabumi – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Harga tiket: Rp2.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Raya Cisolok, Pasir Baru, Kec. Pelabuhan Ratu, Kab. Sukabumi, Jawa Barat; Kasus: Cek lokasi

Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki garis pantai yang panjang. Dan bukan rahasia lagi bahwa Indonesia memiliki segudang pantai yang indah dan mempesona. Berbicara tentang pantai yang indah, Sukabumi memiliki banyak pantai yang indah. Salah satunya adalah Pantai Cibangban. Penasaran dengan keindahan pantainya, yuk simak ulasannya berikut ini.

Aktivitas di Pantai Cibangban

Aktivitas di Pantai CibangbanKredit gambar: Google Maps Ayatullah Mfp

Sebagai pantai yang sering dikunjungi turis, Pantai Cibangban tentu memiliki pesona tersendiri. Dimana salah satu daya tariknya adalah suasana pantai yang tenang jauh dari keramaian. Sehingga banyak yang mengatakan pantai ini terlihat eksotis. Berkunjung ke Pantai Cibangban akan menghadirkan suasana seperti di pulau terpencil dan jarang dikunjungi karena selalu terlihat indah dan eksotis.

Selain pantainya yang indah dan eksotis, pengunjung juga akan dimanjakan dengan ombak yang jernih karena berpadu dengan laut lepas di Jawa Selatan. Pantai Cibangban semakin menarik dengan hadirnya hamparan pasir lembut di sepanjang pantai. Dimana fasilitas alam tersebut dapat menimbulkan rasa rileks pada kaki dan mampu menjernihkan otak.

Karena Pantai Cibangban masih jarang dikunjungi sehingga membuat tempat tersebut terasa seperti pulau terpencil, maka bisa dimanfaatkan pengunjung untuk memanjakan diri dengan berfoto selfie. Bagi Anda yang menyukai pose eksotis atau penikmat foto yang ingin mengabadikan momen menawan, berkunjung ke Pantai Cibangban sangat direkomendasikan.

Dengan adanya larangan ketat pemerintah terhadap kegiatan membuang sampah sembarangan, menjadikan Pantai Cibangban salah satu pantai terbersih di Sukabumi. Dimana hal tersebut merupakan keuntungan yang sangat menyenangkan bagi pengunjung pantai. Karena pantainya yang bersih dari sampah, menjadi impian dan tempat yang wajib dikunjungi.

Alamat dan Rute Menuju Pantai Cibangban

Alamat Pantai CibangbanKredit Gambar: Google Maps Chandra Giovani

Kota Sukabumi dikenal dikelilingi oleh beberapa pantai, termasuk Pantai Cibangban. Secara administratif, pantai ini terletak di Desa Pasirbiru, Kecamatan Cisolok, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat. Dimana pantai ini berjarak sekitar 10 kilometer dari Pantai Pelabuhan Ratu, sehingga hanya membutuhkan waktu sekitar 10 menit perjalanan.

Jika Anda sudah mengetahui lokasi Pantai Pelabuhan Ratu atau jika Anda datang dari Sukabumi, Anda hanya perlu mencari gapura besar yang terletak 10 kilometer dari Pantai Pelabuhan Ratu. Setelah menemukan pintunya, Anda hanya perlu berbalik dan mengikuti rambu-rambu yang ada. Tidak ada kendala berarti dalam perjalanan menuju pantai, karena jalan yang rusak sudah diperbaiki oleh pemerintah setempat.

Bagi pengunjung yang datang dari luar Sukabumi, khususnya Jawa Tengah atau Jawa Timur, perjalanan akan lebih lama. Pengunjung dari Jawa Tengah dan sekitarnya yang menggunakan kendaraan pribadi sangat disarankan untuk mengambil jalan tol Cipali melewati jalan raya Pantura. Karena perjalanan melalui tol Cipali menghemat waktu selama 1 jam.

Kemudian, dari tol Cipali, Anda bisa melanjutkan perjalanan sekitar 515,4 kilometer menuju Sukabumi. Dimana perjalanan akan melewati pusat kota Bandung kemudian menuju ke selatan menuju Sukabumi mengikuti petunjuk arah untuk menemukan Pantai Pelabuhan Ratu sebagai landmark. Dari Pantai Pelabuhan Ratu, Anda dapat berkendara 10 kilometer untuk menemukan Gerbang Pantai Cibangban.

Sedangkan pengunjung dari Jakarta, Tangerang atau Bekasi bisa menggunakan Tol Jagorawi dan Tol Tangkil Agrabinta. Dimana perjalanan dari Jakarta Pusat hanya memakan waktu sekitar 3 jam 50 menit. Sedangkan pengunjung ke Banten dapat menggunakan jalur melalui Jalan Tol Pantura, Tol Merak, atau melalui Jakarta kemudian ke Tol Tangerang dengan jarak tempuh sekitar 6 jam.

Harga Tiket Masuk Pantai Cibangban

Harga Tiket Masuk Pantai CibangbanKredit gambar: Google Maps Hidayat Dayat

Pantai yang dikelola oleh pemerintah setempat ini dibuka untuk umum dari Senin hingga Minggu, yakni buka setiap hari dengan tarif yang sangat terjangkau. Dimana tiket masuknya hanya Rp 2.000 per orang untuk akses seharian ke pantai menikmati segala keindahan pantai Cibangban, dari sekedar duduk menikmati deburan ombak hingga keindahan sunrise dan sunset.

Biasanya harga tiket masuk akan naik pada hari libur nasional. Namun tetap sangat ekonomis, karena hanya dua kali lipat dari harga biasa sebagai kompensasi jasa pemesanan. Harga untuk parkir kendaraan juga cukup murah, untuk parkir motor dikenakan biaya Rp 3 ribu. Kemudian untuk mobil pribadi dan minibus parkir dilepas seharga Rp 12 ribu. Sedangkan untuk bus besar dan truk derek Rp 22 ribu.

Aktivitas Menarik di Pantai Cibangban

Aktivitas Menarik di Pantai CibangbanKredit Gambar: Google Maps Lina-nya

Sebagian besar pantai di selatan pulau Jawa terkenal dengan ombaknya yang ganas. Hal ini disebabkan pertemuan langsung dengan Samudera Hindia. Namun pantai Cibangban memiliki ombak yang tidak seganas pantai lainnya. Meski begitu, Anda tetap perlu berhati-hati jika ingin melakukan aktivitas berenang. Namun jika Anda hanya tidak ingin berenang di laut, Anda juga bisa duduk dan menikmati pemandangan para nelayan mencari ikan di siang hari.

Apalagi hembusan angin sepoi-sepoi bisa dimanfaatkan untuk bersantai di pantai sambil menikmati pemandangan bebatuan. Karena pantainya menghadap matahari terbit, di lokasi ini pengunjung bisa melihat pemandangan matahari terbit yang menakjubkan. Jika bosan menikmati sunrise dari pantai, Anda bisa menyewa perahu untuk berlayar di tengah laut, sehingga Anda akan merasakan sensasi sunrise yang berbeda.

Selain pantai, pemandangan indah yang disuguhkan Pantai Cibangban juga bisa dilihat dari atas bukit yang tidak jauh dari bibir pantai. Tempat ini juga menjadi spot favorit para pemburu foto untuk mengambil foto Pantai Cibangban dari ketinggian. Karena dilihat dari atas, potret pantai memberikan kesan indah karena membentuk teluk dengan perahu nelayan yang menghadap ke pantai. Karena tempatnya yang sepi, pantai ini juga cocok untuk kamu yang suka selfie.

Fasilitas Umum di Pantai Cibangban

Fasilitas Pantai CibangbanKredit gambar: Google Maps Endang Priyatna

Karena lokasi Pantai Cibangban yang tidak jauh dari pantai sekitarnya, pengunjung dapat dengan mudah menemukan berbagai macam fasilitas umum, terutama masalah akomodasi. Di sana pengunjung dapat menemukan tempat menginap berupa losmen, villa, hotel, resort, hotel. Tempat menginap yang berbeda ini menawarkan berbagai harga dan fasilitas. Menginap di area pantai akan semakin menyenangkan, karena Anda akan disuguhi pemandangan Samudera Hindia.

Selain itu, untuk mengakomodir pariwisata daerah, pemerintah daerah telah menyediakan berbagai fasilitas umum yang dapat digunakan pengunjung, seperti toilet umum dan ruang ganti yang memadai. Tak hanya itu, pengelola juga menggelar warung-warung yang menjajakan aneka makanan dan minuman, baik makanan khas Jawa Barat maupun seafood di sekitar pantai.

Bagi pengunjung yang ingin membeli oleh-oleh dan oleh-oleh khas daerah, juga terdapat berbagai toko oleh-oleh di sekitar pantai. Salah satunya adalah rumah kios bagi para kolektor dan pengrajin batu. Di Pantai Cibangban juga terdapat tempat penyewaan papan selancar atau peralatan bermain air lainnya. Bagi pengunjung yang tidak membawa kamera, ada juga fotografer keliling yang menyediakan jasa.

Tips Jalan-jalan ke Pantai Cibangban

Tips Wisata CibangbanKredit gambar: Google Maps Endang Priyatna

Banyak orang bepergian tanpa persiapan sebelumnya. Dimana pengunjung terlalu terburu-buru, sehingga tidak ada persiapan matang saat mengunjungi tempat wisata. Tak jarang ada momen yang terlewatkan karena liburan yang tidak direncanakan. Untuk itu, cobalah merencanakan perjalanan untuk mendapatkan kenangan yang tak terlupakan.

Saat Anda berlibur ke pantai Cibangban, ada beberapa tips yang perlu Anda ketahui. Sebelum Anda pergi, pastikan untuk membawa kamera, lensa sudut lebar, dan tripod. Dimana ketiga objek tersebut sangat membantu dalam mengabadikan keindahan Pantai Cibangban secara maksimal. Kemudian, di pantai, jagalah barang-barang Anda dengan hati-hati. Dan jangan lupa untuk menjaga kebersihan pantai dengan membuang sampah pada tempatnya.

Liburan merupakan salah satu cara untuk melepas penat dan penat dari hiruk pikuk kehidupan di perkotaan. Tempat yang tenang dan sunyi adalah tujuan yang paling cocok. Dan Pantai Cibangban Sukabumi adalah tujuan liburan yang tepat. Saat berada di Sukabumi, tidak ada salahnya untuk mengunjungi Pantai Cibangban yang menawarkan pemandangan indah dan mempesona.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button