Balong Geulis, wisata unik di Sumedang dan rasakan sensasi berenang di atas awan - WisataHits
wisatahits

Balong Geulis, wisata unik di Sumedang dan rasakan sensasi berenang di atas awan

Balong Geulis, wisata unik di Sumedang dan rasakan sensasi berenang di atas awan

Balong Geulis merupakan wisata unik yang menyuguhkan sensasi berenang di atas awan, ditemani pemandangan alam yang indah dan tentunya berkesan.

Harga tiket: Rp 20.000 Jam operasional: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Jayamekar, Kec. Cibugel, Kab. Sumedang, Jawa Barat; Kasus: Verifikasi lokasi

Berenang adalah kegiatan yang menyenangkan, tidak hanya untuk anak-anak tetapi juga untuk orang dewasa. Namun tempat liburan ini memiliki nuansa yang berbeda, karena wisatawan yang datang berkunjung akan merasakan sensasi berenang di atas awan. Tempat unik ini bernama Balong Geulis.

Destinasi wisata di Sumedang ini tergolong baru karena dibuka pada tahun 2020. Meski masih baru, namun antusias masyarakat yang ingin merasakan pengalaman berenang di sini sangat tinggi. Selain menyuguhkan nuansa yang berbeda, pemandangan sekitar juga sangat indah.

Di sekelilingnya terdapat perkebunan teh dan kopi yang membuat suasana semakin menyejukkan. Jadi, selain menikmati keindahan alam, wisatawan yang datang berkunjung bisa mencicipi kopi khas Cibubut atau kopi geulis. Selain itu tempat yang indah ini masih memiliki banyak keunikan sehingga tidak heran jika banyak orang yang ingin datang ke sini untuk berlibur.

Daya Tarik Balong Geulis

Fasilitas Balong GeulisFoto Sri Suryani di Google Maps

Tempat wisata baru di Sumedang ini banyak menarik perhatian masyarakat, karena antusias masyarakat yang datang sangat tinggi. Hal ini tentunya tidak lepas dari keunikan dan daya tarik kolam renang unik ini.

✦ Berenang di atas awan

Daya tarik utama yang diminati banyak orang adalah merasakan sensasi berenang di ketinggian 1.200 mdpl. Bahkan, kolam ini konon satu-satunya yang setinggi itu, sehingga banyak orang menyebutnya kolam di atas awan.

Balong Geulis merupakan nama yang berasal dari bahasa sunda yaitu balong yang artinya kolam dan geulis artinya indah. Jadi, arti namanya adalah sebuah kolam yang memiliki wajah cantik. Paras yang dimaksud di sini adalah pemandangan alam yang disajikan memiliki keindahan alam yang indah.

Perpaduan antara pepohonan hijau dan pegunungan disekitarnya memberikan suasana mandi yang berbeda. Apalagi di pagi atau sore hari, Anda akan melihat suasana berkabut yang membuatnya terlihat seperti negeri di atas awan.

✦ Kolam yang seru dan menyenangkan

Selain memiliki ruang yang unik, kolam renang yang tersedia juga dilengkapi dengan area bermain yang seru. Terdiri dari dua kolam, yaitu kolam khusus untuk anak-anak dan kolam untuk dewasa. Kedua kolam tersebut terletak berdampingan dengan bentuk memanjang.

Kolam renang anak dilengkapi dengan seluncuran air seperti seluncuran dan seluncuran dengan berbagai ukuran. Tersedianya wahana-wahana ini pasti bisa membuat renang dan permainan air menjadi menyenangkan. Selain itu, ada juga wahana ember terbalik yang membuat suasana semakin seru.

Kedalaman kolam dewasa 165 cm dan kolam anak 80 cm. Air kolam ini juga lebih sejuk dan segar karena air ini berasal dari mata air pegunungan. Sehingga bagi sebagian orang, mungkin air di kolam tersebut akan sangat dingin, ditambah lagi dengan suasana sejuk khas pegunungan.

✦ Tersedia perkemahan

Daya tarik lain dari Balong Geulis adalah memiliki area yang bisa dijadikan tempat berkemah, bersama keluarga atau teman. Suasana tempat wisata populer ini tentunya sangat kondusif untuk berkemah, sambil menikmati suasana sejuk dan hangat dengan bara api unggun.

Untuk merasakan suasana bermalam di atas awan, Anda harus membayar ekstra Rp 40.000 untuk seorang turis. Namun, biaya ini sudah termasuk kayu bakar yang digunakan untuk membuat api unggun. Namun untuk segala macam perlengkapan camping seperti tenda, Anda harus membawa sendiri.

Peralatan camping atau berkemah tidak disediakan di tempat wisata, disini hanya menyediakan area atau area camping. Jadi pastikan membawa perlengkapan lengkap terlebih dahulu, agar Anda bisa melakukan camping dengan aman dan nyaman.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Balong GeulisFoto oleh Nunuy Julaiva di Google Maps

Lokasi tempat wisata populer di Sumedang ini berada di antara hutan pinus Gunung Kareumbi dan kebun teh Cibubut. Wisata ini berlokasi di Dusun Cibubut, Desa Jayamekar, Kecamatan Cibugel, Jawa Barat. Posisinya berada di perbatasan antara Garut dan Sumedang, namun masih dalam wilayah Kabupaten Sumedang.

Jika Anda ingin mengunjungi Balong Geulis, rute yang paling mudah adalah dari Garut-Limbangan. Jika rute yang ditempuh dimulai dari Alun-alun Limbangan, belok kiri menuju Cibugel kemudian lanjutkan mencari tempat wisata. Namun jika Anda datang dari Sumedang, yaitu dari Alun-alun Darmaraja, belok kanan menuju Cibugel.

Waktu tempuh menuju tempat wisata di atas awan ini dari pusat kota Sumedang memakan waktu 2 jam. Namun sebelum berangkat pastikan kondisi kendaraan dalam keadaan prima, karena tidak semua jalan yang akan dilalui mulus dan sempit.

Bahkan, ada beberapa tempat yang kondisi jalannya masih berbatu dan berlubang, selain itu banyak pula jalan yang berupa tanjakan dan tikungan tajam. Jadi pastikan mobil memiliki rem yang masih berfungsi dengan baik.

Harga tiket masuk dan jam buka

Tarif masuk ke tempat wisata megah ini terbagi menjadi dua kategori, yaitu dewasa dan anak-anak. Untuk dewasa harga tiketnya Rp 20.000 (dapat air mineral), sedangkan untuk anak-anak harus membayar tiket Rp 15.000.

Kegiatan yang menarik untuk dilakukan

Kegiatan Menarik Balong GeulisFoto oleh Dian Ferdy di Google Maps

Selain menikmati keindahan alam yang ada di sekitar Anda, berbagai aktivitas lain juga bisa dinikmati di sini, antara lain:

1. Fotografi

Keindahan alam yang dimiliki Balong Geulis menjadi daya tarik tersendiri, salah satunya bagi orang-orang yang menyukai fotografi atau sekedar mengabadikan momen di tempat-tempat yang indah. Ada banyak spot foto menarik yang bisa digunakan untuk mengambil foto bagus.

2. Berenang dan bermain air

Kegiatan selanjutnya tentu saja berenang dan bermain air, karena tempat wisata yang indah ini menawarkan dua buah kolam yang dilengkapi dengan berbagai jenis wahana air yang seru dan menyenangkan. Apalagi suasana dan sensasi berenang di tempat yang tinggi dengan pemandangan alam yang menakjubkan pasti bisa merilekskan tubuh.

3. Coba kopi Geulis

Di sekitar lokasi terdapat perkebunan kopi bernama café geulis. Selain menikmati sejuknya air di kolam, wisatawan juga bisa menikmati kopi jenis ini. Apalagi bagi pecinta kopi, tentunya kegiatan ini akan menyenangkan.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Iming-iming Balong GeulisFoto Ruhiyat di Google Maps

Fasilitas yang disediakan adalah untuk kenyamanan wisatawan, antara lain sebagai berikut:

  • Area parkir yang luas untuk kendaraan.
  • Taman air.
  • Masjid.
  • Tempat untuk selfie.
  • perkemahan.
  • Warung makanan dan minuman.
  • Saung atau gazebo untuk beristirahat dan bersantai.

Kolam di atas awan adalah istilah Balong Geulis, yang seharusnya menjadi satu-satunya kolam yang berada di ketinggian 1.200 meter di atas permukaan laut. Apalagi suasana pagi dan sore hari yang diselimuti kabut membuatnya tampak seperti negeri di atas awan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button