Pantai Bopong Kebumen, pantai eksotis dengan laguna - WisataHits
wisatahits

Pantai Bopong Kebumen, pantai eksotis dengan laguna

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga Tiket Pantai Bopong salah satu pantai populer di pesisir selatan Kebumen, Jawa Tengah. Tamasya di pantai pasir coklat ini menawarkan pemandangan laut dan laguna yang indah.

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Surorejan, lingkungan. Puring, Kab. Kebumen, Jawa Tengah; Kasus: Cek lokasi

Kabupaten Kebumen merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang memiliki beberapa tempat wisata yang cukup menarik untuk dikunjungi. Pantai Bopong sendiri merupakan salah satu pantai yang sebenarnya merupakan laguna yang indah di sebuah pantai untuk dikunjungi wisatawan. Beberapa hal bisa dilakukan oleh pengunjung yang singgah di pantai ini.

Tempat tersebut memiliki pesona yang tak kalah indah dengan beberapa pantai yang ada di daerah tersebut. Meski tidak setenar objek wisata sejenis lainnya, mengunjunginya akan memberikan sensasi lain berwisata di Kebumen. Laguna adalah ikon khas yang paling menonjol dari objek wisata ini.

Hamparan pasir di Pantai Bopong juga cukup berbeda dengan pantai-pantai di daerah tersebut. Pemandangan yang ditampilkan juga cukup indah untuk diamati. Beberapa vegetasi alami juga dapat ditemukan dengan mudah dan semakin menambah keindahan pantai. Pengunjung juga dapat mengaksesnya dengan mudah karena aksesnya tidak terlalu ekstrim untuk dilalui.

Atraksi Pantai Bopong

Atraksi mendebarkan dari Pantai BopongKredit gambar: Google Maps spet naze

1. Keindahan pasir yang mempesona

Pantai Bopong merupakan salah satu pantai pasir putih yang berada di bagian selatan pulau Jawa, tepatnya di Kabupaten Kebumen. Karena beberapa pantai di daerah tersebut memiliki pasir hitam, tempat ini cukup berbeda. Dengan demikian, objek wisata ini cukup menarik untuk dikunjungi.

Hamparan pasirnya cukup lembut saat menyentuh kulit. Pesona pasirnya cukup indah untuk dijamah oleh wisatawan bertelanjang kaki. Pengunjung dapat menikmati pemandangan yang ditawarkan oleh lingkungan sekitar sambil berjalan di sepanjang area berpasir. Apalagi bermain pasir juga merupakan hal yang cukup menarik untuk dilakukan.

2. Laguna yang menarik di tepi pantai

Inilah ciri khas Pantai Bodong, yaitu adanya kawasan perairan yang cukup dekat dengan kawasan laut. Merupakan lahan hijau karena ditumbuhi berbagai rerumputan yang tumbuh cukup subur dan diselingi aliran sungai di tengahnya. Tanah adalah keunikan tempat yang paling mencolok.

Beberapa tanaman juga tampak hidup diselingi dengan hijaunya area lahan. Lokasinya yang berada tepat di sebelah area berpasir membuat laguna ini semakin indah untuk dijelajahi oleh siapa saja yang menghabiskan waktu di sana. Kehadirannya seolah menambah sempurna lanskap kawasan dan memperindah keadaan sekitarnya.

Kehadiran laguna di dekat pantai membuat tampilan semakin indah. Perairan laguna menyerupai kolam tunggal dan sering menjadi subjek wisatawan yang mencari foto. Di salah satu bagian juga dibentuk jembatan wisata yang khusus diperuntukkan sebagai background untuk mengabadikan momen-momen wisatawan.

Di dalam perairan tersebut juga terdapat tempat yang dapat digunakan untuk menikmati air selain laut di sekitarnya. Ini benar-benar aman untuk dilakukan, terutama ketika membawa anak kecil ke sana. Kedalamannya cukup dangkal dan asyik untuk dijadikan tempat bermain.Ini merupakan alternatif lain, apalagi saat ombak laut selatan cukup ganas dan menghantam pantai serta hamparan pasir.

3. Keindahan pemandangan laut

Salah satu ciri khas Pantai Bopong adalah air laut di sini cukup jernih. Itu sebabnya beberapa pengunjung sangat suka bermain air yang cukup sejuk di kulit. Pemandangan laut tampak menyatu dengan baik dengan sungai di laguna. Deburan ombaknya cukup deras dan wisatawan yang singgah di sana harus selalu waspada.

Memang pantai ini termasuk dalam pantai selatan pulau jawa yang tentunya langsung berhadapan dengan Samudera Hindia. Ombak yang menerjang cukup deras dan terkadang cukup tinggi. Namun, ada keindahan tersendiri di balik deburan ombak yang memanggil untuk singgah di tempat ini.

Ombak datang disertai hembusan angin yang datang menyambut orang-orang yang sedang menghabiskan waktu di sana. Suasana di sini juga cukup tenang, yang bisa menenangkan hati dan pikiran. Angin yang menerpa pantai selalu memiliki nuansa tersendiri yang sayang jika dilewatkan, apalagi jika sudah terlanjur ke sana.

4. Kawasan Konservasi Penyu

Hal ini menjadi daya tarik lain dari Pantai Bopong karena selain dapat menikmati keindahan alamnya, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan penangkaran penyu. Tempat ini memang merupakan salah satu dari tiga tempat wisata yang menjadi konservasi alam penyu. Pemandangan alamnya sepertinya cocok untuk tempat melepas dan mengerami telur penyu.

Kadang-kadang, wisatawan mungkin cukup beruntung untuk melihat pelepasan benih penyu dalam bentuk anak ayam muda dan tentu saja mereka terlihat lucu dan menggemaskan. Dengan cara ini, kehadiran mereka menambah sesuatu yang berbeda dari tempat yang cukup menarik menjadi tujuan wisata saat singgah di kawasan Kebumen.

Alamat, lokasi rute dan harga tiket Pantai Bopong

Alamat Pantai BopongKredit Gambar: Google Maps mardiana rahman

Pantai indah ini terletak di sebuah desa di kecamatan Puring, yaitu desa Surorejan. Terletak di sebelah selatan Kabupaten Kebumen, jarak yang ditempuh dari pusat kota kurang lebih 24 kilometer. Pengunjung akan lebih dekat untuk mencapainya jika memulai dari kota Gombong, karena hanya berjarak sekitar 4 kilometer lebih dekat dari pusat keramaian Kebumen di Jawa Tengah.

Rute yang harus ditempuh untuk mencapai tempat megah ini adalah dimulai dari kota Kebumen di barat daya. Pengunjung harus melalui Jalan Ronggowarsito terlebih dahulu. Setelah itu, ambil jalur yang mengarah ke Chemin de la Défense. Navigasi di kendaraan yang digunakan untuk perjalanan ke Kecamatan Klirong dan terakhir ke Kecamatan Pertahanan itu sendiri.

Saat Anda berada di Jalan Deandles, Anda akan menemukan pertigaan T. Persimpangan tersebut berada di Desa Klegensari. Wisatawan sebaiknya mengambil jalur kanan dan mengikuti jalan tersebut hingga tiba di pertigaan yang sering disebut pertigaan Munggu.

Sesampai di sana, ikuti saja jalan dan masuk ke Kecamatan Puring. Dari kecamatan tersebut terdapat papan petunjuk arah yang membawa pengunjung ke Pantai Bopong atau lebih tepatnya ke desa Surorejan itu sendiri.

Seperti halnya tempat wisata pantai lainnya di tempat lain, mengunjungi tempat ini tidak akan dikenakan biaya untuk membayar tiket masuk. Pengunjung bisa leluasa memasuki kawasan pantai dengan gratis tanpa perlu merogoh kocek dalam-dalam.

Namun, jika Anda membawa kendaraan sendiri ke sana, Anda harus membayar biaya parkir. Tarif parkir juga tidak terlalu tinggi seperti kebanyakan tempat lain. Untuk mobil Anda hanya perlu membayar 5 ribu. Namun, untuk kendaraan roda dua, Anda hanya perlu membayar 2.000 saja.

Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pantai Bopong

Aktivitas Seru di Pantai BopongKredit gambar: Google Maps Ady Soemitro

1. Menikmati keindahan pantai

Untuk mengunjungi tempat-tempat wisata tersebut tentunya Anda cukup tinggal atau berjalan menyusurinya saja. Dengan berbagai hal yang ditawarkan Pantai Bopong, tidak lengkap rasanya jika pengunjung tidak memanfaatkan pemandangan tersebut. Beberapa titik dapat digunakan untuk berhenti sejenak sambil duduk dan melihat sekeliling.

2. Kunjungi laguna

Keberadaan laguna yang hanya berjarak 400 meter dari bibir pantai, sangat menarik untuk dijelajahi. Dataran yang dihias dengan rerumputan hijau terlihat asri dan lembut bagi wisatawan. Ini adalah tempat favorit bagi pengunjung ketika mereka berada di sana. Ada juga sungai kecil yang bisa diatur untuk bermain dan ruang untuk istirahat yang tenang.

3. Menunggu matahari terbenam

Pantai Bopong juga bisa dijadikan tempat untuk sementara menunggu matahari terbenam dan bersembunyi di gelapnya malam. Momen saat matahari terbenam sangat indah untuk dinikmati karena membawa kombinasi warna yang apik ke cakrawala.

Penginapan termurah terdekat dengan pantai Bopong

OYO 90385 Hotel CadakaKredit Gambar: Google Maps Die Hard Gooner

1. Hotel dan Restoran Candisari

Dengan berbagai fasilitas yang dapat dinikmati para tamu seperti penyejuk udara dan wi-fi, para tamu hostel ini akan merasa nyaman bermalam di sini. Biaya menginap tiap malam cukup bersahabat, sekitar 400.000 lift.

2. Bungalo Pemandangan Sungai Suwuk

Hostel ini menawarkan beberapa fasilitas seperti AC, kolam renang dan tempat parkir yang memadai. Harganya hanya ratusan hingga ribuan sehingga Anda bisa bermalam di sana.

3. OYO 90385 Hotel Cadaka

Biaya tempat ini juga cukup murah seperti tempat sebelumnya. Pelanggan juga dapat memanfaatkan berbagai hal seperti jaringan wifi, layanan sarapan pagi, serta tempat parkir kendaraan bekas.

Fasilitas wisata yang tersedia di Pantai Bopong Kebumen

Fasilitas Pantai Bopong KebumenKredit gambar: Google Maps Febbiardani

Tempat ini memiliki beberapa fasilitas yang menunjang aktivitas para wisatawan yang hadir. Tersedia tempat parkir yang cukup luas untuk menampung kendaraan penumpang. Selain itu, ada juga mushola dan toilet bagi siapa saja yang membutuhkan. Tidak jauh dari lokasi, Anda dapat dengan mudah menemukan beberapa gubuk makan untuk memuaskan perut Anda saat berwisata ke pantai ini.

Berkunjung ke Kebumen belum lengkap rasanya jika tidak mencoba mampir ke tempat wisata ini. Dengan berbagai hal dan pemandangan yang menakjubkan, Pantai Bopong akan memukau siapa saja yang berkunjung ke sana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button