Pantai Sosro, pantai eksotis dengan pemandangan alam yang mempesona di Karangasem Bali - WisataHits
wisatahits

Pantai Sosro, pantai eksotis dengan pemandangan alam yang mempesona di Karangasem Bali

Pantai Sosro, pantai eksotis dengan pemandangan alam yang mempesona di Karangasem Bali
Harga tiket: Bebas, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Subang, Kec. Karangasem, Kab. Karangasem, Bali; Kasus: Verifikasi lokasi

Pantai Sosro merupakan salah satu tempat wisata di Karangasem Bali yang cocok untuk anda berlibur. Memang tidak seramai pantai-pantai pada umumnya, seperti Pantai Lovina, Pantai Kuta, dan Pantai Seminyak. Namun bukan berarti tidak memiliki keindahan, berkunjung ke sini dijamin betah berlama-lama karena suasananya yang tenang.

Bali adalah pulau dengan sejuta keindahan. Ada banyak tempat wisata yang bisa anda kunjungi baik berupa perbukitan, pegunungan, air terjun dan permainan. Namun, tidak dapat disangkal bahwa Bali terkenal dengan ratusan pantainya yang menakjubkan, masing-masing dengan karakteristiknya yang unik seperti pesona.

Rata-rata pantai di Bali memiliki ombak yang tinggi. Hal ini dikarenakan posisinya yang berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Namun, ada juga yang tidak terlalu tinggi, ombaknya tenang dan menciptakan suasana syahdu. Dengan banyaknya pantai, Bali dikenal sebagai pulau seribu pantai dan surga bagi wisatawan.

Daya tarik yang dimiliki Pantai Sosro

Objek Wisata Pantai SosroKredit gambar: Google Maps Milan Hrůza

Salah satu pantai di Bali yang memiliki keindahan alam yang luar biasa adalah Pantai Sosro. Dari namanya sudah sangat jelas bahwa pantai indah ini berada di Kabupaten Karangasem, tepatnya di kawasan Subagan. Pantai ini memang masih tenang, namun tetap memiliki pesona tersendiri.

1. Indahnya pemandangan laut lepas

Setiap pantai harus memiliki pemandangan laut, bahkan bisa dikatakan pemandangan utama. Di sini, laut tampak luas dan sangat indah. Tidak ada batas ketika Anda melihat ke depan, hanya ada garis horizontal yang memisahkan air laut dari langit biru cerah.

Sedangkan jika dilihat dari samping, pantai Sosro Karangasem dibatasi oleh daratan yang berkelok-kelok. Berbeda dengan pantai pada umumnya yang berpasir putih, pantai ini dihiasi dengan pasir berwarna coklat kehitaman yang teksturnya agak kasar karena bebatuan. Pantainya juga tidak terlalu luas, hanya beberapa meter memisahkan laut dari daratan.

2. Air Laut Biru yang Menenangkan

Daya tarik selanjutnya bisa dilihat dari warna air lautnya yang terlihat biru dingin. Ini tidak selalu, karena warna air laut cenderung berubah mengikuti pasang surut dan arus yang kuat. Jika arusnya tenang, warna air laut tampak biru cerah menampakkan keindahannya.

Sebaliknya, jika arusnya kencang, air laut umumnya berubah warna menjadi coklat. Hal ini disebabkan bagian dasar laut yang berupa lumpur dan pasir sehingga mengembang ke atas. Perbedaan warna airnya juga tergantung dari kedalaman lautnya, jika sedang pasang berarti airnya tinggi, warna air lautnya cukup jernih dan indah.

3. Gelombang cenderung tenang

Pantai Sosro berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Namun ombak disini cenderung tenang, hampir tidak ada ombak yang bergulung tinggi. Terkadang ombak besar terlihat dari jauh saat angin bertiup kencang. Perpaduan birunya laut dengan buih ombak yang putih semakin memeriahkan suasana.

Berkunjung ke pantai cantik di Bali ini dijamin bikin betah, siapapun itu. Meski sering ke pantai, suasana yang muncul berbeda dengan di sini. Apalagi sampai saat ini masih sepi pengunjung, cocok dijadikan tempat berobat untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari.

4. Eksotisme pegunungan terpencil

Selain yang disebutkan di atas, daya tarik Pantai Sosro selanjutnya adalah pemandangan gunung dari kejauhan. Meski dari kejauhan, pemandangan ini masih cukup jelas. Hal ini dikarenakan gunung tersebut sangat tinggi, dari kejauhan terlihat begitu eksotik.

Adapun yang kita dengar adalah Gunung Rinjani yang berada di Pulau Lombok. Bisa dibayangkan betapa besarnya sehingga dari Bali masih sangat jelas. Kontur bebatuan khas pegunungan terlihat jelas, demikian pula bentuknya yang mengerucut. Kombinasi dari semua atraksi inilah yang membuat pantai ini layak untuk dikunjungi.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Pantai SosroKredit gambar: Google Maps Yusrina Foury

Jika ingin mengunjungi Pantai Sosro silahkan menuju ke Alamat Desa Subagan, Kecamatan Karangasem, Kabupaten Karangasem, Bali. Tak sulit menemukan trik cantik ini, karena cukup strategis. Dari pusat kota jaraknya hanya sekitar 18 kilometer, Anda bisa mengendarainya dalam waktu 40 menit.

Jika Anda membawa kendaraan pribadi, silakan menuju ke Pura Penataran Agung terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan perjalanan ke Jalan Dharmawangsa, lalu belok kanan setelah pertigaan menuju Jalan Saren Kauh. Sekitar 1 km belok kiri menuju Jalan Nanas setelah menemukan pertigaan.

Rute selanjutnya adalah menuju Jalan Achmad Yani hingga sampai di patung Salak. Ambil arah yang menuju Jalan Raya Perasi, lalu belok kiri setelah pertigaan SPBU. Dari sini silahkan ikuti rambu-rambu, pantai Sosro Karangasem berjarak sekitar 600 meter. Jika masih bingung, tidak ada salahnya menggunakan Google Maps.

Pantai yang indah ini menawarkan tempat parkir yang cukup luas, selanjutnya Anda tinggal berjalan kaki menuju pantai. Tidak ada gerbang masuk atau loket tiket, yaitu tidak ada biaya masuk untuk mengunjungi pantai Karangasem yang indah ini. Namun, sebaiknya Anda menyiapkan sedikit uang untuk biaya parkir tergantung jenis kendaraan yang Anda bawa.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Sosro

Aktivitas menarik di Pantai SosroKredit gambar: Google Maps Yusrina Foury

Dikatakan sebelumnya bahwa berada di Pantai Sosro tidaklah membosankan meski memakan waktu yang cukup lama. Hal ini dikarenakan banyak sekali aktivitas yang bisa dilakukan, ada pula yang hampir seperti pantai pada umumnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak beberapa aktivitas keren di bawah ini!

1. Main air dan pasir

Salah satu kekurangan dari segi aktivitas pantai eksotis di Bali ini adalah tidak bisa digunakan untuk aktivitas berenang. Bukan hanya karena kedalaman air lautnya, namun di bagian pinggirnya sebagian besar dipenuhi bebatuan karang. Namun jangan khawatir, Anda tetap bisa bermain air dan pasir di pantai sambil mengejar ombak yang datang.

2. Nikmati pemandangan alam

Daya tarik keindahan alam yang dimiliki Pantai Sosro sayang jika dilewatkan. Terkadang air laut berwarna biru, ombaknya tenang, dan beberapa tumbuhan hijau cukup indah dipandang. Ditambah lagi, ada pemandangan ikonik yang belum tentu dimiliki pantai lain, yaitu Gunung Rinjani.

3. Bersantai di Pantai Sosro

Jika Anda sedang tidak ingin melakukan aktivitas apa pun, tidak ada salahnya bersantai di udara khas pantai. Di sini tidak ada tiket masuk, tapi dari segi fasilitas cukup lengkap. Anda bisa bersantai di pondok jerami atau kios yang disediakan oleh penduduk setempat, Anda juga bisa bermain ayunan di pantai.

4. Menunggu matahari terbenam

Tak jauh berbeda dengan kondisi pantai pada umumnya, Pantai Sosro di Karangasem juga menyuguhkan pemandangan sunset yang begitu eksotik. Cahaya oranye redup perlahan memudar ke dalam kegelapan. Langit biru cerah membuat pemandangan semakin indah, tak terasa malam telah datang menggantikan siang.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas Pantai SosroKredit gambar: Google Maps Indra Gunawan

Dari segi fasilitas, objek wisata pantai ini tidak ada kekurangannya, meskipun Anda bisa masuk kapan saja dengan gratis. Tempat parkir mobil yang luas tersedia untuk Anda, silakan cari lokasi yang teduh tergantung pada jenis kendaraan yang Anda kendarai. Di sini juga tersedia kamar kecil bagi yang ingin bersih-bersih, gazebo untuk tempat bersantai dan istirahat, serta warung yang menjual makanan ringan.

Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk mendapatkan liburan yang layak Anda dapatkan. Anda bisa mengunjungi Pantai Sosro yang selama ini belum memiliki tiket masuk. Meski gratis, namun dari segi keindahan dan daya tariknya tidak kalah dengan objek wisata lainnya. Sedikit tips sebelum berkunjung, pastikan cuaca sedang cerah untuk mendapatkan keindahan yang lebih sempurna.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button