Pantai Popoh Tulungagung - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Popoh Tulungagung – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi, dan Harga TiketPantai Popoh salah satu hits di pantai Tulungagung. Pantai-pantai eksotis yang menawarkan pesona alam yang menakjubkan dan wajib Anda jelajahi selama liburan.

Harga tiket: Rp 3.000 – 10.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Raya Pantai Prigi, Watulimo, Popoh, Besole, Kec. Besuki, Kab. Tulungagung, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Tulungagung adalah salah satu kota yang terletak di antara kota Blitar dan Trenggalek. Hal inilah yang menjadikan Tulungagung sebagai kawasan wisata pantai yang cukup indah dan beragam. Salah satunya adalah Pantai Popoh Tulungagung.

Pantai yang terletak di Desa Besole ini memiliki zona satu arah dengan pantai-pantai lainnya di kawasan Popoh. Pantai ini sendiri merupakan salah satu tujuan wisata yang paling populer dan disukai di antara banyak kawasan wisata pantai Tulungagung.

Pantai ini selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal maupun mancanegara. Apalagi saat musim liburan telah tiba. Sering dijadikan destinasi, tentunya dilatarbelakangi oleh panorama pantai yang sangat indah.

Tempat wisata milik Pantai Popoh

Aktivitas di Pantai PopohKredit gambar: Google Maps Hendra Setiawan

1. Memiliki kuburan bersejarah

Wisata tepi laut ini ternyata memiliki daya tarik selain keindahan panorama pantainya. Daya tarik dari tempat ini adalah memiliki makam kuno yang bersejarah. Bagi Anda yang sangat menyukai sejarah kuno, liburan ke Pantai Popoh adalah pilihan yang tepat.

Di sini Anda dapat mengetahui dan mempelajari sejarah kuno makam kuno ini. Selain menyimpan cerita sejarah, makam juga menyimpan sesuatu yang terkesan mistis. Keberadaan makam di sekitar kawasan wisata pantai kerap dikaitkan dengan cerita mistis yang diyakini warga sekitar sebagai kisah nyata.

2. Atraksi Tebing

Salah satu daya tarik lain dari pantai ini adalah wisata tebing. Lokasi tebing ini berada di sebelah barat dan timur Pantai Popoh. Lokasinya yang sangat alami memberikan tampilan yang sangat halus. Khusus untuk spot foto, tentunya tempat ini sangat instagramable.

Bagi anda yang ingin menikmati keindahan tebing tidak perlu khawatir lagi, karena di sekitar tebing telah dibangun pagar pengaman. Namun, meski sudah ada pagar pengaman, Anda tetap perlu berhati-hati untuk menjaga keamanan Anda sendiri.

Tebing ini memiliki relief yang agak ekstrim. Jalan yang terjal dan terjal membuatnya begitu menakutkan. Untuk itu, wisatawan disarankan untuk lebih berhati-hati saat melintasi jalan ini.

3. Tempat matahari terbenam

Selain memiliki makam bersejarah dan tebing alam, ada daya tarik lain yang membuat pengunjung selalu datang ke kota wisata ini. Ya, ruang matahari terbenam menjadikannya magnet bagi pengunjung yang selalu datang ke pantai Popoh ini.

Melihat matahari terbenam dari laut atau di pantai akan terlihat sangat indah dan megah. Apalagi jika keindahan itu diabadikan lewat sebuah foto. Hasilnya pasti akan sangat epic. Sudah bukan rahasia lagi bahwa sebuah foto matahari terbenam dengan konteks laut adalah salah satu pilihan terbaik.

4. Ritual tradisional

Objek wisata yang dimiliki oleh Pantai PopohKredit gambar: Google Maps Khafidz 00

Pantai Tulungagung yang menawan ini menyimpan daya tarik lain yang penuh dengan adat dan budaya. Ya, ritual adat ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan untuk terus mengunjungi kota wisata ini.

Di sini Anda akan menyaksikan ritual adat tradisional yang dilakukan pada hari-hari tertentu. Untuk itu, jika Anda memang ingin berlibur sambil menikmati pertunjukan ritual ini, cobalah mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai waktu dan hari pelaksanaan ritual ini.

Kegiatan ritual adat tradisional ini bebas dilakukan oleh pengunjung yang datang bertepatan dengan acara secara gratis tanpa dipungut biaya tambahan apapun. Sembari menikmati keindahan panorama alam yang luar biasa, Anda juga bisa memadukannya dengan pertunjukan ritual adat kuno yang mungkin belum pernah Anda lihat sebelumnya.

5. Keindahan pantai lepas pantai

Salah satu daya tarik utama bagi pengunjung untuk terus datang ke tempat wisata Pantai Popoh ini adalah keindahan pantai lepas pantainya. Dimana pantai ini terletak cukup strategis dengan menghadap langsung ke laut lepas.

Namun, untuk sampai ke lokasi pantai, Anda harus menempuh jalan yang cukup terjal dan menanjak. Perjalanan ini terjadi dengan melewati tangga. Ini dilakukan dengan berjalan kaki.

Alamat dan Arah Lokasi Pantai Popoh Pantai

Alamat Pantai PopohKredit Gambar: Google Maps Yonk Java Channel

Wisata bahari ini merupakan salah satu pantai yang mempesona di Tulungagung yang terletak di Jalan Raya Pantai Prigi Jawa Timur. Jarak dari pantai ke pusat kota Tulungagung kurang lebih 33 km. Sedangkan waktu perjalanan tunggal membutuhkan waktu sekitar satu jam perjalanan, asalkan jalannya mulus.

Untuk mencapai pantai, Anda harus melalui rute mulai dari Jalan Raya Tulungagung hingga Blitar. Anda berjalan lurus lalu belok kanan di persimpangan dengan kafe dan lapangan futsal.

Perjalanan berlanjut hingga menemukan persimpangan jalan besar, lalu pilih kiri. Setelah itu Anda belok kanan. Sekitar 2 km dalam perjalanan Anda mengambil belokan kiri yang nantinya akan melewati lokasi wisata lain di sebelah kiri jalan.

Lanjutkan perjalanan hingga menemukan perempatan pasar lalu pilih arah kiri menuju Jalan Ki Mangun Sarkoro hingga melewati Jalan Raya Palem dan Jalan Kanigoro. Setelah itu, ketika Anda menemukan pasar, jalan yang harus Anda pilih adalah yang kiri.

Di sinilah Jalan Raya Popoh berada. Namun, perjalanan dilanjutkan ke Jalan Neyama dan kemudian Anda memilih belok kiri ke Jalan Pantai Popoh. Perjalanan akan mulai berliku. Setelah menempuh perjalanan sekitar 5 km, Anda akan sampai di tempat parkir kawasan wisata ini.

Bagi anda yang datang dari luar kota dan ingin mengunjungi pantai ini, anda bisa menggunakan kereta api atau bus sebagai kendaraan anda. Jika Anda menggunakan kendaraan umum, Anda akan turun nanti di kota Tulungagung.

Harga Tiket Masuk Pantai Popoh Tulungagung

Harga Tiket Masuk Pantai Popoh TulungagungKredit Gambar: Google Maps zee cell

Liburan pantai umumnya terkenal karena biayanya yang tinggi. Namun, hal tersebut tidak berlaku jika Anda memutuskan untuk berlibur ke Pantai Popoh di Tulungagung. Di sini Anda hanya membayar tiket masuk mulai dari Rp 3.000 hingga Rp 10.000 per orang.

Namun, harga tiket yang dikenakan juga disesuaikan dengan hari kunjungan Anda. Biaya masuk ke kawasan wisata pantai ini akan jauh lebih murah jika Anda datang dengan rombongan dengan jumlah anggota yang banyak.

Nah, jika kamu datang liburan pantai menggunakan mini elf bus, kamu akan dikenakan tiket masuk sekitar Rs 120.000 per bus. Namun, harga ini dapat berubah sewaktu-waktu tergantung keadaan.

Harga tiket masuk ke tempat wisata tepi pantai ini belum termasuk pembayaran tiket parkir. Tiket parkirnya sendiri bervariasi tergantung kendaraan yang digunakan. Semakin besar kendaraan, semakin mahal pula tiket parkirnya.

Hal menarik yang bisa dilakukan di Pantai Popoh

Aktivitas menarik di Pantai PopohKredit gambar: Google Maps Widya Alsharafi

1. Ambil gambar

Hal menarik pertama yang bisa Anda lakukan adalah berfoto. Dimanapun tempatnya, seorang wisatawan pasti akan menyempatkan diri untuk berfoto selfie di tempat yang dianggap memiliki hasil yang instagenic.

2. Mandi

Selain berfoto, Anda juga bisa bermain air atau berenang di tempat wisata di Pantai Popoh Tulungagung ini. Namun, perhatikan intensitas dan ketinggian gelombang laut, usahakan menjauh dari pantai saat gelombang mulai tumbuh dengan intensitas yang sering.

3. Berselancar

Bagi Anda yang menyukai tantangan, Anda bisa berselancar di lokasi wisata ini. Anda hanya tinggal melihat bagaimana kualitas ombak yang dihasilkan dari pantai tersebut.

4. Snorkeling

Disini kamu juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya yang lebih mahal dan keren yaitu snorkeling. Namun untuk kegiatan snorkeling Ini akan membutuhkan lokasi yang strategis dan peralatan yang detail.

5. Bermain di pantai berpasir

Nggak enak sih kalau liburan ke Pantai Popoh, tapi nggak main-main dengan pasirnya. Apalagi jika Anda datang bersama anak-anak. Pasti akan sangat menyenangkan bermain pasir pantai dengan membuat istana darinya. Anda juga bisa langsung membenamkan diri di pasir pantai yang hangat.

6. Bepergian dengan perahu

Selain semua aktivitas seru yang disebutkan di atas, ada juga aktivitas seru lainnya yang bisa kamu coba. Yaitu berkeliling pantai menggunakan perahu sewaan. Pemandangannya pasti akan semakin indah ketika Anda bisa berjalan-jalan di sekitar pantai.

7. Perkemahan

Jangan lewatkan kegiatan menarik seperti berkemah atau berkemah di pantai akan sangat menyenangkan. Apalagi kalau seafoodnya panas, pasti lebih seru.

Akomodasi murah dekat pantai Popo

Akomodasi murah dekat pantai PopoKredit Gambar: Google Maps zee cell

Bagi anda yang sangat lelah dengan segala aktivitas di pantai, anda bisa menyewa kamar di villa yang ada di sekitar pantai ini. Nama villanya adalah Villa Pantai Popoh yang terletak di pinggir pantai.

Tarif per kamar cukup bervariasi, mulai dari Rp 150.000 hingga Rp 300.000 per malam. Di pagi hari, tamu vila akan disuguhi minuman hangat seperti teh atau kopi serta snack teh sore.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Popoh Tulungagung

Fasilitas Pantai Popoh TulungagungKredit gambar: Google Maps Wahyu Prih Mardoyo

1. Kamar mandi

Fasilitas pertama yang disediakan pengelola pantai adalah kamar mandi. Kamar mandi merupakan salah satu fasilitas umum yang selalu digunakan oleh pengunjung dan sangat dicari ketika pengunjung datang ke suatu tempat.

Kamar mandi memiliki peranan yang sangat penting dalam kelangsungan segala perlengkapan suatu tempat wisata.

2. Penjual Makanan dan Minuman

Tidak ada sejarah bahwa tempat wisata ada tanpa penjual makanan atau minuman. Fasilitas ini juga ada sebagai tambahan tempat wisata di Pantai Popoh. Jadi, jika pengunjung bosan dengan segala aktivitasnya di pantai, maka akan mudah untuk mendapatkan makanan dan minuman sebagai kebutuhan pokok mereka.

3. Perahu atau Kano

Di pantai ini juga telah disediakan fasilitas penunjang lainnya seperti perahu atau kano. Di sini Anda juga bisa menyewa perahu untuk berjalan-jalan menikmati pemandangan di sekitar pantai. Yakinlah, karena harga yang ditawarkan sangat terjangkau. Apalagi jika Anda menyewa perahu dengan rombongan, tentunya akan lebih murah.

4. Campuran

Campurdarat adalah kerajinan marmer yang sangat indah. Di sini Anda bisa membeli oleh-oleh untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh. Ada juga berbagai toko suvenir atau pernak-pernik yang menawarkan berbagai aksesoris sebagai oleh-oleh.

Inilah keindahan panorama yang ditawarkan oleh Pantai Popoh di Tulungagung. Jika anda sedang berada di Tulungagung, jangan lupa untuk singgah berlibur di pantai yang indah ini, dijamin akan membawa anda liburan yang seru.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button