Pantai Banyu Meneng Malang - Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket - WisataHits
wisatahits

Pantai Banyu Meneng Malang – Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi & Harga Tiket

Atraksi, Aktivitas Liburan, Lokasi dan Harga Tiket – Pantai Banyu Meneng merupakan salah satu pantai eksotis di Malang, Jawa Timur. Wisata bahari ini menyuguhkan pemandangan alam yang mempesona, perbukitan berbatu, perairan tenang yang cocok untuk permainan air dan berenang.

Harga tiket: Rp15.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Desa Bandungrejo, Kec. Bantur, Kota Malang, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Malang memiliki banyak tempat wisata yang belum terekspos dan luput oleh wisatawan, termasuk Pantai Banyu Meneng. Wisata pantai ini memiliki lokasi yang tersembunyi. Akses jalan menuju lokasi pantai ini juga sangat terbatas. Dimana angkutan umum belum sampai ke tempat ini.

Meski belum diketahui keberadaannya, pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling banyak dicari oleh para wisatawan. Pantai eksotis yang sepi ini memang menjadi incaran banyak pecinta alam. Pantai ini menjadi populer setelah beberapa unggahan foto-foto indah bertebaran di media sosial tentang pantai di Malang ini.

Pantai Banyu Meneng merupakan kawasan yang dijadikan sebagai kawasan konservasi Lutung Jawa. Untuk itu pantai ini harus dijaga dan dipelihara oleh pemerintah. Akses jalan menuju pantai ini juga akan segera diperbaiki dan tempat ini juga sedang dalam proses mempercantik kembali.

Tempat Wisata di Pantai Banyu Meneng

Aktivitas di Pantai Banyu MenengKredit gambar: Google Maps Puspita Ayu Nugraheni

1. Pantai yang teduh dan menyenangkan

Di tepi pantai yang indah ini, pohon-pohon besar yang rindang tumbuh di sekitar tempat ini. Meski terik matahari, di Pantai Banyu Meneng kamu bisa duduk-duduk santai di bawah pohon besar ini.

Ombaknya tenang dan airnya bersih dan sejuk. Garis pantainya tidak terlalu panjang tapi sangat indah. Karena air pantainya memiliki warna hijau yang sangat bagus.

Pantai ini tidak memiliki banyak pengunjung, sehingga pantai ini selalu indah, alami, bersih dan tidak banyak sampah. Di sekitar pantai ini juga terdapat hutan bakau yang menambah kesegaran dan kenyamanan tempat ini.

2. Dekat dengan pantai lain

Selain menikmati keindahan Banyu Meneng yang menawan, Anda juga bisa mengunjungi beberapa pantai lain yang berdekatan dengan pantai ini. Ada Pantai Merak dan Pantai Selok yang terkenal.

Kedua pantai ini bersebelahan dengan Banyu Meneng. Anda hanya perlu berjalan kaki sekitar dua menit untuk sampai ke pantai ini. Selain dekat, Anda juga tidak perlu membayar tiket masuk untuk mengunjungi dua pantai cantik ini.

3. Spot foto di atas bukit

Ada sebuah bukit berbatu yang terletak di Pantai Banyu Meneng. Bukit berbatu ini terletak di pantai barat. Anda bisa mendaki bukit ini untuk mendapatkan spot foto yang unik dan indah.

Di bukit ini juga terdapat landmark berupa tugu dan prasasti Banyu Meneng. Di depan monumen ini sering dijadikan sebagai spot foto instagrammable. Selain bagus, lokasi ini menjadi salah satu daya tarik utama dan tempat favorit para wisatawan untuk datang.

Selain digunakan sebagai tempat untuk berfoto bersama teman, tempat ini juga digunakan sebagai tempat untuk foto prewedding.

4. Berburu Foto

Tempat Wisata di Pantai Banyu MenengKredit Gambar: Google Maps devia malawang

Bagi Anda yang tidak suka mandi di air pantai, Anda bisa berjalan-jalan di sekitar pantai yang tidak terlalu lama. Saat Anda berjalan-jalan dan mencari foto di sekitar Pantai Banyu Meneng, Anda akan menemukan banyak spot foto yang akan menghasilkan foto yang bagus. Jika Anda mendaki ke puncak bukit karang pantai ini, Anda akan menemukan banyak spot unik dan anti mainstream untuk berfoto.

5. Tempat berenang yang menyenangkan

Kondisi pantai yang memiliki perairan dangkal dengan pesona pasir putih dan air yang jernih menjadi salah satu daya tariknya. Pesona alam yang belum terjamah ini menjadi pilihan banyak keluarga untuk datang berlibur mengisi ulang otak mereka sebagai sebuah keluarga.

Pantai ini juga merupakan tempat yang asyik untuk berenang. Pantai ini juga dikelilingi oleh hutan yang menjadi salah satu poin kuat untuk datang dan menikmati keindahan pantai ini.

6. Indahnya matahari terbenam di pantai

Senja, saat matahari terbenam, menjadi momen yang menenangkan. Dimana 45 menit senja yang menunjukkan keindahannya kepada manusia merupakan momen yang ditunggu-tunggu oleh semua orang selamanya. Matahari terbenam ini selalu ditunggu oleh banyak orang.

Saat cuaca cerah, Anda akan menyaksikan keajaiban indahnya sunset di Pantai Banyu Meneng yang akan menyihir Anda. Keindahan senja di tengah pantai selalu menjadi tujuan pertama para pengunjung untuk datang ke tempat ini.

Alamat, Lokasi, Rute dan Harga Tiket Masuk Pantai Banyu Meneng

Alamat Pantai Banyu MenengKredit gambar: Google Maps Re

Lokasi persisnya pantai eksotis ini berada di Bandungrejo, Bantur, Malang, Jawa Timur. Ada beberapa jalur menuju pantai ini yang sangat ekstrim dan Anda harus berhati-hati.

Jika Anda ingin mengunjungi Pantai Banyu Meneng, Anda perlu menyewa kendaraan untuk menuju ke sana. Karena tidak ada angkutan umum yang bisa mengantar Anda ke titik lokasi. Perjalanan dari kota Malang menuju lokasi pantai ini kurang lebih 66 km.

Dari kota Malang ke selatan, ikuti jalan menuju Gadang. Kemudian melanjutkan perjalanan menuju Balulang. Anda akan menemukan pertigaan di kawasan Krebet, lalu ikuti jalan menuju Gondang Legi. Setelah itu, pada perjalanan selanjutnya, Anda akan menemukan perempatan di Balekambang dan mengarahkan kendaraan ke kanan.

Setelah mengikuti jalan, Anda akan menemukan pintu masuk ke Pantai Merak yang terkenal. Dari pantai ini, Anda akan diarahkan ke lokasi Banyu Meneng dengan berjalan kaki sejauh 100 meter.

Harga tiket yang harus dibayar untuk menikmati keindahan pantai ini adalah Rp 10.000 untuk satu orang pada hari biasa. Di akhir pekan Anda akan dikenakan tarif Rp 15.000 untuk satu orang.

Untuk tiket parkir motor, biaya yang akan dikenakan adalah Rp 7500. Sedangkan untuk kendaraan roda empat dikenakan biaya Rp 10.000.

Aktivitas menarik yang bisa dilakukan di Pantai Banyu Meneng

Aktivitas Menarik di Pantai Banyu MenengKredit gambar: Google Maps Zahrotun Nisa’

1. Mandi dan bermain air

Banyu Meneng memiliki ombak yang tenang dengan air yang bersih. Suasana ini sangat cocok bagi Anda yang suka berenang di tengah pantai. Anda bisa mengajak anak-anak bermain air dengan aman dan nyaman.

Perairan di sekitar pantai ini tidak dalam, sangat dangkal dan bagus untuk mandi, berenang dan bermain dengan anak-anak. Hingga jarak beberapa meter dari pusat pantai, kedalamannya masih sebatas lutut.

Jadi Anda tidak perlu khawatir jika membawa anak dan keluarga berlibur ke pantai ini. Kegiatan ini selalu menjadi momen utama saat berkunjung ke pantai. Jadi Anda hanya perlu memperhatikan saat anak-anak bermain air di pantai ini.

2. Bermain ayunan di pantai

Di pinggir Pantai Banyu Meneng terdapat ayunan. Ayunan ini bisa Anda gunakan untuk bersantai sambil menikmati semilir angin pantai. Ayunan ini menempel di pucuk pohon besar di dekat pantai. Saat Anda bermain di ayunan, kaki Anda akan langsung merasakan lembutnya pasir putih pantai ini.

Ayunan ini menjadi salah satu tempat utama untuk berfoto. Ayunan ini juga digunakan sebagai spot foto dengan latar belakang tulisan Banyu Meneng. Anda juga bisa melakukan pemotretan prewedding di sini.

3. Berkemah di sekitar pantai

Beberapa pengunjung sudah bermalam di pantai ini. Berkemah dan membuat tenda di sekitar pantai ini akan sangat seru bersama teman-teman. Nikmati bintang-bintang di langit dengan pemandangan laut yang indah.

Suasana malam yang dingin dengan semilir angin malam akan membuat suasana semakin seru. Membuat api unggun ditemani secangkir kopi dan aksen gitar akan menciptakan kenangan yang tak terlupakan.

Jika Anda ingin mendirikan tenda di pantai ini, Anda harus meminta izin terlebih dahulu kepada Coast Guard. Hal ini dilakukan agar Coast Guard mengetahui dan menjaga keamanan di pantai ini. Selain camping, ada biaya tambahan sebesar Rp 5.000 per orang.

4. Matahari terbit yang mempesona

Setelah menghabiskan malam yang seru dan sejuk di bumi perkemahan ini, di pagi hari Anda bisa menikmati keindahan matahari terbit di tepi pantai. Momen ini selalu ditunggu oleh banyak orang.

Fajar yang mulai muncul selalu indah dari segala arah. Apalagi saat berada di pantai. Menikmati matahari terbit dengan kopi panas di tepi pantai.

5. Snorkeling dan menyelam yang menyenangkan

Tidak hanya memiliki pantai yang indah dan asri, Pantai Banyu Meneng juga memiliki pesona alam yang luar biasa. Menikmati keindahan alam bawah laut merupakan salah satu kegiatan yang sering dilakukan.

Wisatawan yang suka snorkeling dan berenang menyaksikan terumbu karang di pantai ini tanpa bosan. Terbukti dengan banyaknya pengunjung yang menyewa alat snorkeling ini di sekitar pantai.

Penginapan murah terdekat dengan Pantai Banyu Meneng

Penginapan murah terdekat dengan Pantai Banyu MenengKredit gambar: Google Maps André Eka

Pantai ini, masih tergolong baru, belum memiliki penginapan atau sejenisnya di dekat pantai. Pantai ini sangat jauh dari asrama.

Solusi bagi anda yang tidak ingin meninggalkan pantai indah ini adalah bermalam di pantai. Di dekat pantai ini terdapat sebuah tempat yang dibuat untuk para wisatawan yang ingin bermalam di pantai ini. Perkemahan ini merupakan salah satu kegiatan yang menarik bagi wisatawan yang datang.

Akan ada pengunjung yang membuat tenda di pantai ini saat hari mulai gelap. Kamu bisa membantu membuat tenda di sana, agar kamu bisa melanjutkan jalan-jalan dan berpetualang di sekitar pantai ini keesokan harinya.

Fasilitas yang tersedia di Pantai Banyu Meneng Malang

Fasilitas Pantai Banyu MenengKredit gambar: Google Maps Puspita Ayu Nugraheni

Fasilitas di pantai ini cukup lengkap. Ada tempat parkir mobil yang aman dan sangat luas untuk meninggalkan kendaraan Anda. Parkir mobil yang luas ini disediakan jika kedatangan pengunjung dalam jumlah besar. Terdapat beberapa fasilitas umum lainnya seperti toilet, tempat wudhu dan mushola.

Ada beberapa kios yang menjual makanan dan minuman. Anda tidak perlu khawatir kelaparan jika bermalam di pantai ini. Selain itu, warung di Pantai Banyu Meneng ini juga menawarkan hidangan tradisional dan seafood yang segar dan lezat.

Ada beberapa komunitas yang menawarkan penyewaan peralatan di pantai. Ada peralatan bermain air seperti snorkeling dan permainan lainnya.

Demikian ulasan mengenai Pantai Banyu Meneng yang indah, menakjubkan dan selalu bersih ini. Jika Anda berkunjung ke pantai ini, cobalah untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan membawa kembali sampah plastik Anda. Jika tidak bisa membantu membersihkan pantai, setidaknya jagalah.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button