KAI mengadakan hari terbuka Balai Yasa, orang dapat melihat perawatan kereta secara langsung! - WisataHits
wisatahits

KAI mengadakan hari terbuka Balai Yasa, orang dapat melihat perawatan kereta secara langsung!

Di usianya yang ke-77, Kereta Api Indonesia menggelar kegiatan open house Balai Yasa dan mengedukasi masyarakat tentang proses perawatan kereta api dan lokomotif di berbagai Balai Yasa milik KAI.

Chief Executive Officer KAI Didiek Hartantyo mengatakan, “KAI mengajak masyarakat untuk bisa melihat secara langsung seluk-beluk Railway Yasa Center yang selama ini belum bisa diakses oleh masyarakat umum.

KAI menyelenggarakan open house di Yasa HallKAI mengadakan open day di Balai Yasa, foto: KAI.id

Open Day Balai Yasa bertujuan untuk memberikan wadah interaksi langsung antara masyarakat dengan Balai Yasa Kereta Api.

“Open House Balai Yasa ini merupakan bagian dari rangkaian perayaan HUT KAI ke-77 yang diperingati pada 28 September dengan tema Rise Up Faster, Serve Better.

Kali ini KAI merayakan hari jadinya bersama masyarakat melalui kegiatan Open House Balai Yasa”,

kata Didiek.

Presentasi Balai Yasa, bengkel kereta api modern

KAI ingin mempresentasikan kepada masyarakat bahwa pelayanan KAI tidak hanya berada di lingkungan stasiun saja, namun KAI juga memiliki bengkel kereta modern yaitu Balai Yasa.

Balai Yasa berperan dalam menjaga fasilitas untuk menjamin keamanan dan kenyamanan tamu.

Misi Balai Yasa adalah melakukan pekerjaan pemeliharaan besar pada instalasi kereta api untuk jangka waktu 2 dan 4 tahun dengan tingkat kesulitan yang kompleks.

Ruang Terbuka YasaOpen House Sapu Yasa, foto: KAI.id

Fasilitas yang dimaksud adalah lokomotif, kereta api penumpang, gerbong barang dan fasilitas lainnya.

Selama ini pemeliharaan rutin seperti harian, 6 bulan dan 1 tahun dengan tingkat kerusakan ringan dilakukan di depo.

Open Day akan diadakan di 3 Yasa Center selama 3 hari sejak dibuka.

Pembukaan masing-masing Balai Yasa berlangsung Jumat (23/9) di Balai Yasa Yogyakarta, kemudian Minggu (25/9) di Balai Yasa Surabaya Gubeng dan Senin (26/9) di Balai Yasa Manggarai.

Open Day Balai Yasa terbuka untuk umum dan dapat dihadiri oleh siapa saja yang ingin melihat Balai Yasa Kereta Api dari dekat.

Dalam kegiatan open day Balai Yasa, pengunjung dapat melihat dan memahami proses perawatan fasilitas, melihat kereta api, gerbong dan lokomotif yang diperbaiki, melihat berbagai fasilitas perawatan Balai Yasa, produk unggulan dan inovasi Balai Yasa, cerita masing-masing Balai Yasa, menyelenggarakan mini-tour di lingkungan Balai Yasa, pameran produk UMKM, serta permainan dan hiburan yang menarik.

Untuk menjaga ketertiban selama kegiatan Open Day Balai Yasa, masyarakat yang ingin menghadiri Open Day Balai Yasa harus melakukan registrasi terlebih dahulu secara online.

Kapasitas pengunjung di Balai Yasa Yogyakarta adalah 1.000 orang per hari, Balai Yasa Surabaya Gubeng 200 orang per hari, dan Balai Yasa Manggarai 300 orang per hari.

Untuk informasi lengkap pendaftaran, waktu dan lokasi kegiatan, lihat media sosial Instagram @keretaapikita.

“Kami berharap masyarakat dapat memanfaatkan kesempatan open day Balai Yasa untuk mempelajari dan memahami proses pemeliharaan fasilitas perkeretaapian.

Sehingga masyarakat akan menyukai dan terus menggunakan kereta api sebagai moda transportasi pilihan mereka saat bepergian,”

tutup Didiek

Source: www.piknikdong.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button