Orang asing China yang memasuki Indonesia dengan paspor palsu mengaku membakar bukti untuk menutupi jejak mereka - WisataHits
Yogyakarta

Orang asing China yang memasuki Indonesia dengan paspor palsu mengaku membakar bukti untuk menutupi jejak mereka

ilustrasi paspor. (Foto: Shutterstock)

Chen Yongtong adalah WNA asal China yang saat ini ditahan di Penjara Negara Kelas I Jakarta Pusat.

SuaraJogja.id – Chen Yongtong, 34, warga negara asing (WNA) dari China, mengaku membakar paspor Meksiko palsunya dalam upaya untuk membersihkan jalur kontrol petugas imigrasi di Indonesia.

“Berdasarkan informasi dan penyidikan Chen Yongtong, paspor yang bersangkutan dibakar,” kata Hajar Aswad, koordinator penyidikan keimigrasian Direktorat Pengawasan dan Penegakan Keimigrasian Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham), di Jakarta, Rabu. .

Chen Yongtong adalah WNA asal China yang saat ini ditahan di Lapas Kelas I Jakarta Pusat karena dicurigai menggunakan paspor Meksiko palsu untuk masuk ke Indonesia.

Petugas imigrasi juga tidak menemukan jejak atau sisa-sisa barang bukti yang dibakar oleh WNA asal China tersebut. Namun, berdasarkan data penyeberangan dan sistem imigrasi, petugas berhasil menemukan dan mencocokkan identitas Chen Yongtong yang disita petugas.

Baca Juga: Orang Asing Timor Ini Punya Masa Lalu Gelap, Dilarang Masuk ke Indonesia

“Secara fisik kami belum menerima dokumen perjalanan terkait. Berdasarkan hasil pemeriksaan, paspornya dibakar,” kata Aswad.

Chen Yongtong masuk Indonesia pada 16 Januari 2022 dengan paspor Meksiko dan visa turis untuk keperluan bisnis bersama Wu Jinge, 36, yang juga diamankan pihak imigrasi.

Penyelidikan petugas imigrasi menemukan bahwa mereka berdua sengaja masuk ke negara itu dengan paspor palsu, menjadikan Indonesia negara transit. Motifnya adalah pergi ke negara ketiga, Kanada.

“Bagi mereka, Indonesia adalah negara transit, kemudian mereka melanjutkan kembali ke negara ketiga, Kanada,” katanya.

Menurut deklarasi imigrasi, orang asing yang ingin masuk ke Kanada membutuhkan banyak prangko dari negara lain, sehingga mereka tidak dapat masuk secara langsung, terutama Meksiko.

Baca Juga: Turis China Terpeleset Saat Mendaki Gunung Rinjani, Evakuasi Melibatkan 10 Porter dan 2 Tenaga Medis

Dua warga negara asing asal China itu diduga sengaja masuk ke Indonesia dengan paspor palsu agar perjalanan mereka ke Kanada bisa lancar. [ANTARA]

Source: jogja.suara.com

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button