Gurun Telaga Biru, surga tersembunyi yang eksotis di Bintan - WisataHits
wisatahits

Gurun Telaga Biru, surga tersembunyi yang eksotis di Bintan

Harga tiket: Rp2.000, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Jl.Raya Busung, Busung, Kec. Seri Kuala Lobam, Kab. Bintan, Kepulauan Riau; Kasus: Cek lokasi

Gurun Telaga Biru Bintan merupakan objek wisata yang menawarkan pemandangan indah danau air biru serta hamparan pasir putih yang menawan dengan luas sekitar 6000 hektar. Berwisata melewati gurun pasir di Bintan Kepulauan Riau akan membuat Anda serasa berada di Timur Tengah.

Gurun pasir ini dulunya merupakan daerah penambangan pasir bauksit yang potensial. Namun, kini pasir bauksit di kawasan gurun ini telah mengeras menjadi karang. Kawasan ini juga terbengkalai selama puluhan tahun, hingga akhirnya masyarakat setempat mengubah fungsinya menjadi objek wisata yang kini ramai dikunjungi wisatawan.

Meski hanya bekas kawasan pertambangan, namun keindahan tempat ini sudah tidak perlu diragukan lagi. Di gurun ini, Anda juga akan mendapatkan pengalaman luar biasa yang belum pernah Anda dapatkan di tempat lain. Meski gurun ini dipenuhi pasir, Anda tetap bisa berjalan dengan mudah karena gundukan pasir di tempat ini bertekstur keras.

Atraksi Gurun Danau Biru

Atraksi Gurun Danau BiruKredit gambar: Google Maps Sohpeng Chua

1. Hamparan pasir seperti gurun Sahara

Sesaat setelah tiba di Gurun Telaga Biru, Anda akan langsung disambut dengan hamparan pasir putih yang mempesona. Hamparan pasir putih ini membentuk gumuk pasir yang akan semakin mempertegas kesan gurun pasir. Keindahan eksotis seperti di gurun Sahara menjadi daya tarik kawasan ini.

2. Danau Biru yang Mempesona

Ada juga beberapa danau di tengah area gurun. Danau berwarna biru cerah ini akan memanjakan mata siapa saja yang melihatnya. Sinar matahari yang memantulkan cahayanya juga akan membuat warna danau ini semakin indah. Sebenarnya air danau ini bercampur dengan tanah liat, namun hal ini tidak mengurangi keindahan warna yang didapat.

3. Tanaman kering estetis

Atraksi Gurun Danau BiruKredit gambar: Google Maps Mia Rahmiawati

Selain keindahan danau dan gurun pasir, tempat ini juga menawarkan keindahan lainnya. Tanaman kering yang ada membuat tempat ini semakin artistik. Bagi Anda yang suka berfoto dengan spot atau objek estetis, Anda bisa memanfaatkan tanaman kering ini untuk lebih mempercantik foto Anda.

4. Berkano di sekitar danau

Tempat wisata ini memiliki beberapa wahana untuk berfoto, misalnya dermaga kecil dengan rumah-rumah kayu yang terletak di tepi danau. Ada juga kano dan perahu bambu yang bisa Anda tumpangi untuk berkeliling danau.

Alamat dan rute menuju lokasi

Gurun Telaga Biru AlamatKredit gambar: Google Maps Wahyudi Kristanto

Gurun Telaga Biru memiliki alamat di Desa Busung, Seri Kuala Lobam, Bintan, Kepulauan Riau. Lokasi wisata ini memiliki lokasi yang strategis, dekat dengan Bandara Internasional New Bintan Resort, Rumah Sakit Tanjung Uban, serta Kawasan Industri Bintan.

Sebelum menuju ke tempat wisata Telaga Biru ini tentunya Anda harus terlebih dahulu menuju ke Pulau Bintan. Anda bisa sampai ke pulau ini melalui jalur udara melalui Batam atau langsung ke Pulau Bintan.

Untuk mencapai tempat wisata Telaga Biru ini, Anda harus berkendara sekitar 57 kilometer dari Bandara Internasional Raja Haji Fisabilillah yang terletak di kota Tanjung Pinang. Perjalanan ini memakan waktu sekitar satu jam. Selain itu, Anda juga dapat menempuh perjalanan dari Pelabuhan Tanjung Uban yang hanya berjarak 17 kilometer atau melalui jalan darat selama 20 menit.

Dalam perjalanan Anda, Anda akan menemukan lanskap rindang yang didominasi oleh hutan dataran rendah, rawa-rawa dan perkebunan karet. Rumah-rumah penduduk setempat juga terkadang terlihat berjauhan. Setelah melewati jalan yang cukup berkelok-kelok, Anda akan sampai di kawasan gurun pasir dan disambut dengan hamparan pasir yang luas dan indah.

Harga tiket masuk objek wisata

Harga Tiket Blue Lake Sand MountainKredit Gambar: Google Maps shabana khan

Sudah bisa dipastikan ketika Anda memasuki kawasan objek wisata, Anda pasti akan dikenakan biaya masuk. Namun, tidak demikian halnya di Gurun Telaga Biru. Anda bisa langsung masuk ke tempat wisata ini tanpa dipungut biaya sepeser pun atau gratis. Dengan tidak membayar tiket masuk, Anda bisa langsung menikmati keindahan alam tempat ini.

Danau ini hanya memungut biaya parkir kendaraan oleh pengelola. Bahkan biaya tersebut dikatakan tidak merogoh kocek terlalu dalam, hanya dengan Rp 2.000,- Anda sudah bisa memarkir kendaraan pribadi, motor dan mobil Anda dengan aman.

Sedangkan untuk setiap tur foto, Anda hanya akan dikenakan biaya sekitar Rp 5.000. Anda juga bisa mengambil foto sebanyak-banyaknya di spot-spot foto yang ada. Apalagi hanya dengan membayar biaya sewa Rp 20.000 selama 30 menit, Anda sudah bisa mengelilingi danau dan menikmati keindahannya menggunakan perahu yang tersedia.

Aktivitas Menarik Di Gurun Telaga Biru

Aktivitas seru di gurun danau biruKredit gambar: Google Maps Dimas Albar Kurniawan

1. Berkeliling danau dengan kano atau bebek

Menikmati liburan akhir pekan bersama teman atau keluarga sambil mengendarai perahu kecil atau kano bisa menjadi hal yang sangat mengasyikkan untuk dilakukan. Selain kano, ada juga bebek yang bisa menjadi pilihan Anda. Saat mengendarai kano atau bebek, Anda bisa merasakan ketenangan dan merilekskan pikiran.

Selain itu, Anda juga bisa mengabadikan momen di tengah danau sambil mengendarai perahu ini. Bagi Anda yang takut akan keselamatan saat mengendarai perahu tidak perlu khawatir karena pengelola juga menyediakan pelampung yang bisa digunakan untuk wisatawan.

2. Piknik

Anda juga bisa piknik di gurun Telaga Biru Bintan. Namun ketika Anda pergi piknik, jangan lupa membawa payung besar atau apapun yang dapat melindungi Anda dari sinar matahari, karena daerah ini mendapat banyak sinar matahari. Dengan piknik, Anda bisa menikmati pemandangan danau yang indah bersama keluarga atau teman.

3. Berburu foto dengan pemandangan yang indah

Berfoto memang sudah menjadi hal wajib yang harus kita lakukan saat kita traveling. Keindahan antara telaga biru dan hamparan pasir ini membuat tak ada yang mau melewatkan momen berfoto. Anda dapat menikmati danau biru dan bukit pasir putih yang indah ini sebagai latar belakang Anda saat mengambil foto.

Selain itu, ada juga spot foto yang telah dihias dengan berbagai dekorasi yang juga bisa menjadi background foto Anda. Berbagai spot atau jalan-jalan foto ditawarkan pengelola kepada pengunjung. Anda juga bisa berfoto di atas danau sambil berlayar di atas sampan atau bebek yang juga disediakan oleh pengelola.

4. Nikmati sore hari

Aktivitas di Gurun Telaga BiruKredit gambar: Saluran Google Maps Astrada

Aktivitas menarik lainnya yang bisa dilakukan di kawasan ini adalah menikmati suasana sore yang sangat menawan. Keindahan langit sore yang dipadukan dengan jernihnya air danau dan pasir putihnya membuat suasana romantis danau ini semakin tercipta. Momen sore ini bisa Anda nikmati bersama keluarga, teman atau bahkan pasangan Anda.

5. Duduk dan bersantai di tepi danau

Liburan adalah salah satu cara untuk melepaskan stres yang Anda rasakan. Jika Anda memiliki banyak masalah yang membebani Anda, Anda harus benar-benar memikirkan rencana liburan dan bersantai sejenak. Saat berlibur di Telaga Biru Bintan, Anda bisa bersantai dengan duduk-duduk di tepi danau dan menikmati suasana damai.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas kawasan Blue Lake Sand MountainKredit gambar: Google Maps Muhammad Fadl Insani

Fasilitas dan pelayanan yang menjanjikan memang sangat dibutuhkan di sebuah tempat wisata. Telaga Biru Gurun Bintan memiliki beberapa fasilitas yang dapat menunjang liburan Anda. Fasilitas dan pelayanan tersebut antara lain akses jalan menuju danau ini yang cukup mudah, juga terdapat penunjuk arah yang dapat membantu anda menemukan tempat ini dengan lebih mudah.

Selain tempat parkir yang luas, pengelola juga menawarkan spot foto menarik di tempat wisata ini. Ada juga jasa sewa kano dan bebek yang bisa Anda gunakan untuk berkeliling Telaga Biru. Mengelilingi danau bisa menjadi pengalaman yang menarik bagi anda yang berkunjung ke tempat ini.

Fasilitas penunjang lain yang tersedia di lokasi ini antara lain toilet umum, warung makan yang menjual berbagai macam makanan, area parkir kendaraan yang luas yang dikelola dengan baik oleh pengelola, bahkan tempat istirahat dan bersantai juga disediakan di kawasan gurun pasir ini.

Nah, itulah hal-hal menarik dari kawasan wisata gurun Telaga Biru Bintan di Kepulauan Riau. Danau dengan pasir putih seperti gurun Sahara ini bisa menjadi alternatif bagi Anda yang belum tahu harus berwisata kemana. Keindahan pemandangan yang ditawarkan bisa menjadi tempat untuk menyegarkan pikiran dari segala penat pikiran yang Anda rasakan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button