Pantai Cacalan Banyuwangi, Spot Keren Menikmati Sunrise Yang Menakjubkan - WisataHits
wisatahits

Pantai Cacalan Banyuwangi, Spot Keren Menikmati Sunrise Yang Menakjubkan

Harga tiket: Gratis, Jam operasional: 24 jam, Alamat: Sukowidi, Klatak, Kec. Kalipuro, Kab. Banyuwangi, Jawa Timur; Kasus: Cek lokasi

Berbeda dengan tahun 2015 yang hanya berupa rawa dan ditumbuhi rerumputan, kawasan ini mengalami perubahan drastis dengan dialihfungsikan menjadi objek wisata. Rerumputan yang tumbuh di rawa-rawa sudah dibersihkan dan diganti dengan wahana yang tentunya sangat menarik untuk dicoba, yaitu Pantai Cacalan yang hits di Banyuwangi.

Pantai ini juga punya cerita tentang asal usul namanya. Menurut cerita, dulu, di sekitar tante pantai Bulusan, dermaga Cacalan Cinta di pantai Ancol rimbun dengan bambu. Kemudian, ketika lahan dibuka untuk pertanian, bambu yang tumbuh subur ini disebut cacal atau nama lain cangkul. Nah, dari sinilah asal mula nama Cacalan digunakan.

Selain perubahan drastis dan asal usul penamaan pantai yang menarik, Pantai Cacalan juga memiliki keindahan alam yang tidak perlu diragukan lagi. Memiliki bentuk pantai yang berbeda dengan pantai lainnya membuat pantai ini sangat diminati oleh para pecinta wisata bahari. Apalagi lokasinya yang ditumbuhi pepohonan juga menciptakan suasana asri yang begitu mesra.

Daya Tarik Pantai Cacalan

Atraksi di Pantai CacalanKredit gambar: Google Maps (Ilham Agung Aribowo)

Pantai indah ini merupakan salah satu destinasi top yang berada di Banyuwangi, tepatnya di kabupaten Kalipuro. Pantai ini merupakan pantai yang ramai dikunjungi oleh pengunjung yang ingin berlibur. Pengunjung tidak hanya datang dari daerah Banyuwangi, tetapi juga dari luar daerah. Berbagai atraksi pantai ini membuat pengunjung tertarik untuk berekreasi di sini.

1. Pasir putihnya indah

Hamparan pasir putih yang bertebaran di bibir pantai Cacalan menjadi daya tarik tersendiri. Pasir putihnya sangat nyaman untuk dilalui karena teksturnya yang lembut. Sehingga wisatawan bisa berjalan menyusuri pantai tanpa harus memakai sepatu, namun tetap berhati-hati. Selain itu, pepohonan rindang yang berdiri di belakang pantai menciptakan suasana sejuk.

2. Ombaknya tenang

Ombak di wilayah pesisir relatif tenang. Sehingga angin yang dibawa ombak tidak terlalu kencang. Angin sepoi-sepoi di pantai yang menawan ini akan membuat suasana menjadi sejuk, apalagi jika ditambah dengan pepohonan yang rindang di pinggir pantai. Warna air lautnya juga sangat indah dengan nuansa biru yang tentunya memanjakan mata.

3. Tersedia kafetaria

Bagi Anda yang menyukai kopi dan mendambakan kopi sambil melihat pemandangan yang menakjubkan, Pantai Cacalan adalah pilihan yang tepat. Pasalnya, di sekitar pantai ini terdapat kafetaria yang menyajikan berbagai jenis kopi untuk para pengunjungnya. Sehingga wisatawan bisa berlibur dengan pemandangan pantai yang indah sambil menyeruput kopi.

Alamat dan rute menuju lokasi pantai

Alamat pantai CacalanKredit gambar: Google Maps (Suga Tangguh)

Pantai Cacalan merupakan pantai indah yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, tepatnya di Desa Klatak, Desa Sukowidi. Pantai ini hanya berjarak 5 km dari pusat Kabupaten Banyuwangi. Jawa Timur. Jarak ini cukup dekat, tak heran pantai ini menjadi destinasi favorit. Jika disukai, wisatawan yang berkunjung ke sini tidak hanya dari daerah Banyuwangi saja.

Waktu tempuh yang dibutuhkan untuk mengunjungi pantai ini adalah sekitar 13 menit jika perjalanan berangkat dari pusat Kabupaten Banyuwangi. Waktu tempuh ini bisa bertambah atau berkurang tergantung kecepatan pengunjung di jalan menuju tempat tujuan. Dalam waktu singkat, wisatawan bisa merasakan keindahan indah yang ditawarkan pantai ini.

Untuk mengunjungi pantai ini, wisatawan dapat menggunakan kendaraan roda empat atau dua. Wisatawan yang berminat dapat melakukan perjalanan dari Pusat Kabupaten Banyuwangi, sehingga memudahkan wisatawan untuk menentukan jalan yang akan dituju. Wisatawan juga tidak perlu khawatir dengan akses jalan raya, meski lokasi pantai ini berada di pedesaan.

Bagi wisatawan yang ingin menginjakkan kaki di pantai ini, bisa memulai perjalanan dari Jalan Nasional III di Jalan Letkol I Gusti Ngurah Rai. Setelah itu, lanjutkan perjalanan ke Jalan Dr. Sutomo dan belok kiri ke Jalan RA Kartini dan Jalan Banterang. Belok kiri lagi menuju Jalan Letjen Di. Panjaitan kemudian belok kanan ke Jalan Lundin sampai Anda mencapai tujuan Anda.

Harga tiket masuk untuk kunjungan ke pantai Cacalan

Harga tiket pantai CacalanKredit gambar: Twitter.com @radioelshinta

Wisatawan yang ingin mengunjungi pantai ini tidak perlu mengeluarkan banyak uang. Dengan harga yang murah, wisatawan sudah bisa menikmati pemandangan indah yang ditawarkan pantai Cacalan. Keteduhan pepohonan dan angin sepoi-sepoi yang dibawa oleh ombak kecil terasa di sini dengan kecepatan yang relatif bersahabat.

Bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke pantai dari Banyuwangi dapat menyiapkan dana sebesar Rp 2.000 sebagai biaya parkir kendaraan roda dua seperti sepeda motor dan Rp 5.000 sebagai biaya parkir mobil. Dengan kata lain, tempat wisata ini tidak memungut tiket masuk, melainkan biaya parkir kendaraan. Tidak ada alasan bagi Anda untuk melewati pantai yang sejuk dan indah ini.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di pantai Cacalan

Aktivitas di pantai CacalanKredit gambar: Instagram.com @gati_meyla

1. Piknik di bawah naungan pepohonan

Pantai ini memiliki deretan pepohonan yang rindang di tepiannya. Keberadaan pepohonan tersebut mampu menciptakan suasana yang segar dan asri. Wisatawan bisa memanfaatkan rindangnya pepohonan di sini untuk piknik. Piknik keluarga di bawah rindangnya pepohonan adalah hal yang wajib dicoba wisatawan di sini. Ditambah lagi, pasir putihnya yang lembut aman untuk anak-anak.

2. Pesiar pantai dengan perahu

Wisatawan dapat memanfaatkan perahu wisata di sini untuk menjelajahi pantai laut. Ombak yang tenang juga kondusif untuk menjelajahi lautan dengan perahu. Seperti melihat Pantai Cacalan dari sudut pandang yang berbeda, kegiatan ini wajib dicoba wisatawan saat berkunjung ke wisata pantai hit Banyuwangi. Wisatawan juga bisa mengabadikan momen tersebut dalam foto yang memukau.

3. Menikmati matahari terbit di pantai

Kabupaten Banyuwangi sendiri dikenal dengan sebutan sunrise of Java. Istilah ini bisa dirasakan ketika wisatawan bersantai di sekitar pantai. Entah karena terlalu rajin bangun pagi atau apa, pengelola pantai sejak pagi sudah menyediakan fasilitas bagi wisatawan untuk menikmati sunrise dari pantai. Seperti kafetaria, wisatawan bisa menyeruput kopi saat matahari terbit.

Penginapan murah di sekitar lokasi

Akomodasi di Pantai CacalanKredit gambar: Booking.com

1. Villa begitu lama

Keunggulan villa ini adalah kamarnya bersih dan tidak terlalu berdebu. Kamar-kamarnya juga dianggap luas oleh pengunjung disertai fasilitas yang lengkap dan memadai. Suasana tenang dapat dengan mudah ditemukan oleh wisatawan saat menginap di sini. Dekorasi di atasnya sangat indah, bahkan presiden kita Joko Widodo pernah menginap di vila yang terletak di Banyuwangi ini.

2. Homestay Indah Nusantara

Indah Nusantara Homestay mengusung dekorasi minimalis di setiap sisi bangunannya. Selain minimalis, wisatawan juga bisa merasakan udara segar selama menginap di sini. Area bersih juga menjadi indikator penting yang diperhatikan Indah Nusantara Homestay. Fasilitas yang tersedia cukup memadai, mulai dari kolam renang, area parkir dan Wi-Fi gratis, kamar ber-AC hingga antar jemput bandara.

3. Guest House Nakula Banyuwangi

Hostel ini merupakan hostel yang sangat cocok untuk dijadikan tempat peristirahatan setelah mengunjungi Pantai Cacalan Banyuwangi, karena tempatnya yang terbilang bersih guna meningkatkan kenyamanan istirahat. Fasilitas yang disediakan juga cukup lengkap dengan Wi-Fi gratis, kamar ber-AC untuk mengakses kamar tidur. Tertarik untuk menginap disini?

Fasilitas yang tersedia di Pantai Cacalan Banyuwangi

Fasilitas Pantai CacalanKredit gambar: Google Maps (Duta Kresna)

Fasilitas yang disediakan pengelola pantai Cacalan cukup lengkap dan memadai. Mengingat letaknya yang tidak jauh dari pusat Kabupaten Banyuwangi yang hanya berjarak sekitar 5 km dan dapat ditempuh hanya dalam waktu 13 menit. Meskipun terletak di pedesaan, pantai ini tidak pernah kehilangan fasilitas bagi para pengunjungnya.

Fasilitas berupa mushola bagi wisatawan yang ingin melaksanakan ibadahnya. Juga, sebuah ruangan kecil untuk menyalin pakaian sebelum mandi di pantai tersedia di sini. Kamar mandi bilas juga tersedia di sini dan dapat digunakan untuk membilas tubuh setelah berenang. Toilet dapat digunakan oleh pengunjung untuk buang air besar atau keperluan lainnya. Bagaimana, sangat lengkap bukan?

Tak hanya itu, wisata tepi laut ini juga dilengkapi dengan kafetaria yang buka dari pagi dan akan memudahkan pengunjung untuk menikmati matahari terbit. Selain kafetaria yang menyajikan kopi, di pantai ini juga terdapat warung makan yang menyajikan aneka makanan laut.Bagi anda yang hobi fotografi dan ingin tetap eksis, pantai ini juga menawarkan ayunan kayu dan gazebo untuk berfoto. bintik-bintik.

Demikian beberapa informasi menarik terkait pesona pantai Cacalan di Banyuwangi. Pesona cantik yang disuguhkan dengan harga tiket masuk yang bersahabat menjadikan pantai ini favorit sebagai tempat rekreasi. Selain itu, lokasinya yang tidak jauh dari keramaian dan fasilitas yang memadai menjadi nilai tambah dari pantai Banyuwangi ini. Tertarik untuk berlibur di pantai indah di Banyuwangi?

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button